Kursus illustrator Carrot Academy

Carrot Academy

Haii paolars, kali ini kita akan membahas tentang tempat kursus illustrator yang ada di Jakarta nih, nama tempat kursusnya itu Carrot Academy. 

Kamu ingin tau lebih lagi penjelasan tentang Carrot Academy ini? Baca terus ya sampai bawah hehe..

Jadi paolars, Carrot Academy ini adalah tempat kursus dimana khusus untuk kamu yang ingin belajar dan suka menggambar atau yang disebut dengan illustrator. Dan mereka itu menjadi no 1 loh karena sudah banyak sekali alumni. Carrot Academy ini sudah ada sejak tahun 2008 dan pendirinya bernama Putra Adi Setiyawan. Ia mendirikan tempat kursus ini karena merasa resah jika hanya berkumpul dengan adanya kegiatan saja, maka dari itu beliau memiliki ide untuk mendirikan tempat kursus ini bersama dengan banyak orang. 

Carrot Academy

Bahkan nih ya paolars, illustrator yang bergabung dengan Carrot Academy ini bisa dari semua kalangan, luar negeri maupun kuliah yang memiliki hobi gambar khususnya. 

Koridor Carrot Academy

karya -karya yang ditampilkan

Hasil karya sculpting

Tidak hanya identik menggambar, bahkan kegiatan sculpting/ seni terapan pun ada beserta karya-karyanya di Carrot Academy ini.

Dan juga yang kursus disana, banyak juga pekerja yang sudah bekerja dan ingin menyalurkan hobinya dengan mengikuti kursus di Carrot Academy ini. 

Ini adalah pendiri Carrot Academy paolars. 

Dan Carrot Academy ini tidak sering mengadakan workshop namun, inisiatif dari para orang tua murid mengadakan event dengan menjual hasil karya di Carrotonomy seperti bazar. Dengan cara mengumpulkan anak – anak dari Carrot Academy, yang diadakan di mall, anak – anak tersebut diberikan meja untuk mereka menjual produk mereka, ada juga panggung hiburan. Karya yang dijual seperti buku cerita anak – anak, gantungan kunci. 

Terus ya paolars, program yang di Carrot Academy itu ada kelas 1 tahun, ada juga kelas modular jadi terserah pendaftar lebih ingin menggunakan gambar pensil atau cat air. 

Yang menarik dari Carrot Academy ini mereka pernah menang membuat lukisan kue terbesar dengan gambar Pak Presiden kita, Bapak Jokowi di Mall Taman Anggrek Jakarta. Wow banget kan paolars. Terus mereka juga sering diundang ke acara tv yaitu Jak Tv sama Global Tv dan juga mereka pernah diwawancarai oleh majalah juga loh. 

Ini pesan yang disampaikan oleh pendiri Carrot Academy untuk kamu yang hobi gambar ; gambar itu susah, ketika menghadapi kesulitan jangan dihindari karena masalah itu jalan, jangan termakan ajarah cepat – cepat kaya, karena itu ga masuk akal. 

Nah paolars itulah informasi sedikit tentang Carrot Academy. Buat kamu yang suka menggambar kamu bisa banget nih kursus di Carrot Academy ini. 

Kamu juga bisa tanya – tanya mereka informasi detailnya.

Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat ya paolars 

See you paolars 

Komunitas Hearthstone Indonesia

Halo paolars, kamu apa kabarnya? Baik dong pastinya. 

Nah hari ini kita akan membahas tentang komunitas esports yang ada di Indonesia loh!. Kamu pasti pengen tau dong? Apalagi buat kamu yang suka main games, informasi lebih lanjut dibawah ini ya paolars,

Salah satu komunitas esports yang ada di Indonesia ini namanya Hearthstone Indonesia. Sudah berdiri sejak 20 Maret 2014 loh. Tujuan komunitas ini sebagai wadah pembinaan, pendidikan, pelatihan, dan sebagai penyaluran bakat – bakat atlet esports. 

HSID adalah komunitas game yang well managed dan sifatnya non profit karena adanya program pembinaan untuk usia 18-24 tahun untuk remaja yang ingin berkarir sebagai atlet esport namanya #youngblood. HSID merupakan komunitas game yang mempunyai gamer agency untuk penyaluran bakat atlet esport. Penyaluran talent ini ada levelnya yaitu semi-pro, content creator, dan streamer. Selama 5 tahun ini HSID sudah menyalurkan tiga atlet profesional esports. Dan pada saat Asian Games 2019 HSID merebut medali perak dari cabang Heartstone loh dan membela Indonesia di SEA Games 2019, serta prestasi yang didapatkan dari atlet profesional lainnya. Komunitas ini juga ada kegiatan kumpul bersama lohh, yaitu fireside gathering dan penyelenggaraan turnamen online. 

Kamu pasti mau tau kan kenapa HSID ini bisa terbentuk paolars? Baca terus yaa

Jadi, alasan awal terbentuknya HSID karena produktivitas dan prestasi, karena Farando Prakoso selaku pendiri sekaligus ketua komunitas mengatakan bahwa ia melihat bahwa gamer memerlukan pekerjaan dan penghidupan yang layak, dan juga ingin memperkenalkan bahwa gamer itu juga bisa dijadikan salah satu pilihan karir profesional. Dan juga ia ingin mengamalkan pengetahuan game selama 7 tahun ia di industri game kepada industri lokal maupun internasional. Serta ingin menyatukan gamer – gamer agar dapat meningkatkan kualitas manusia untuk teknologi kedepannya dan juga untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. 

Nih paolars salah satu foto prestasi mereka pada saat ASIAN GAMES 2018

Dibawah ini merupakan prestasi yang pernah didapatkan HSID selama berkarir

Sejak tahun 2014 prestasi yang ditorehkan oleh anggota-anggota komunitas game HSID antara lain: 

● Juara medali perak Asian Games 2018 

● Juara team pertama antar komunitas game Hearthstone tingkat Asia Tenggara 2015 

● Mewakili Indonesia di SEA Games 2019 

● Mewakili Indonesia di turnamen team tingkat global yang diikuti oleh 48 negara dari tahun 2017, 2018. 

● Juara-juara dan mengikuti langsung turnamen individu di berbagai event turnamen internasional seperti WESG, WCG, Minor,Major, Master, dan terbaru Grand Master Hearthstone di Las Vegas

Nahh buat kamu yang suka main game dan ingin meningkatkan skill kamu, kamu bisa menghubungi merekaa paolars. 

Menarik juga kan membaca informasi seputar Esports 

Buat kamu yang ingin mengetahui tentang HSID lebih lanjut bisa ke website mereka di https://www.hearthstone.id/ dan instagramnya : @hearthstone.id 

Oke segitu aja dulu ya info tentang salah satu komunitas E-sport di Indonesia…. See you paolars dengan informasi yang menarik – menarik dan bermanfaat lainnya.

Perkembangan Esport di Indonesia

Hai paolars, sebelumnya kita kan udah bahas tentang Esport, nah sekarang kita mau bahas gimana sih perkembangan Esport di Indonesia? Yuk kita bahas…

Game online saat ini sangat mudah di akses baik yang menggunakan computer ataupun smartphone. Bahkan Gustav Wood (Production Manager Ultimo hombre dari Inggirs) menyatakan kalau dia amaze sama masyarakat Indonesia yang bisa main game online melalui smartphone dimana aja, bisa di pinggir jalan atau saat nongkrong. Gustav menyatakan bahwa kalau di Inggris itu gamer ngga bisa sebebas seperti di Indonesia.

Game memang digemari bukan hanya oleh anak-anak namun berbagai kalangan dari remaja hingga dewasa. Game bukan lagi sebagai hobi saja namun menjadi profesi dan sumber penghasilan yang menguntungkan (Esport). Sehingga membuat Esport semakin diperhitungkan eksistensinya.

Game yang dimainkan ada yang di komputer kemudian ada juga yang di smartphone. Game komputer yang Serdang terkenal di Indonesia diantaranya Dota 2, League of Legends, Point Blank, CS:GO dan lain-lain. Sedangkan game smartphone yang sedang terkenal di Indonesia diantaranya Mobile Legends, Arena of Valor, Vain Glory, FPS (First Person Shooter), Clash Royale dan lain-lain.

Kompetisi-kompetisi Esport sering diadakan baik itu skala kecil, sedang ataupun besar. Hadiah yang ditawarkan bahkan terbilang cukup besar. Apabila sudah menjadi pemain yang pro kemudian masuk komunitas yang sudah besar akan menarik perusahaan-perusahaan untuk melakukan kerjasama yang imbasnya akan mendatangkan penghasilan yang besar.

IesPA (Indonesia eSport Association) mendukung Esport sebagai salah satu cabang olahraga. Berbeda dengan atlet cabang olahraga lain, Atlet Esport bertanding dengan strategi dan dipertandingkan secara online melalui komputer. Pada tahun 1999 Liga Game menjadi pionir bagi kemunculan Esports di Indonesia dengan mengadakan kompetisi game online pertama saat itu. Walaupun memang antusiasme masyarakat belum terlalu tinggi saat itu.

Kemudian baru pada tahun 2000-an ketika warnet ada dimana-mana membuat Esport semakin diminati banyak orang. Esport semakin berkembang, semakin banyak pula kompetisi yang diselenggarakan. Hingga terakhir pada tahun 2018 lalu kejuaraan Indonesia Games Championship mampu mengundang tim-tim internasional, kompetisi itu diikuti oleh 9.000 peserta dan dihadiri lebih dari 13.000 pengunjung dengan total hadiah mencapai 500 juta. Menurut Eddy Lim (Ketua IeSPA) menyatakan bahwa perkembangan Esport di Indonesia ini didukung oleh warnet yang menjamur pada tahun 2000-an.

Sekilas tentang Esport di Indonesia

Hai paolars, udah pada tau belum tentang Esport? Kali ini kita mau sharing tentang Esport nih…

Perkembangan teknologi saat ini udah ngga bisa kita dihindari apalagi dalam bidang teknologi dan internet yang terus mengalami perkembangan setiap harinya. Paolars, tau kan kalau saat ini ada salah satu cabang olahraga yang merupakan cerminan perkembangan teknologi saat ini?.

Yup! Namanya Esport. Esport atau Electronic Sport sekarang justru mengalami pergeseran makna menjadi  Electronic Device. Nah, Esport ini merupakan suatu kegiatan adu ketangkasan antar individu atau kelompok yang tidak terbatas hanya pada kegiatan fisik dan dilakukan, kegiatannya menggunakan alat yang menjalankan fungsinya secara elektronik.

Sebenernya Esport itu udah diakui di berbagai belahan dunia loh paolars bahkan Esport udah resmi menjadi salah satu cabang olahraga di SEA Games 2019 (Liputan6, 2018). Walaupun di Indonesia sendiri regulasi mengenai Esport masih di perdebatkan karena dampak buruk yang bisa ditimbulkan contohnya seperti kecanduan, tapi tenang paolars itu masih dikaji sama pemerintah dan pakar di Indonesia ko.

Bekraf melihat peluang besar dari Esport ini yaitu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat maka dari itu pemerintah Indonesia yaitu melalui Bekraf, KSP, Kemenpora dan Kemkominfo bekerja sama mendukung Esport dengan mendirikan Indonesia e-sports Essociation (IeSPA). IeSPA merupakan asosiasi yang menaungi komunitas gaming dari berbagai kalangan (Esportnesia, 2018). Paolars ada yang ikutan IeSPA ga nih?

Kolaborasi Bekraf, KSP, Kominfo dan Kemenpora ini mendukung Piala Presiden Esports 2020 loh paolars. Salah satu games yang akan dipertandingkan adalah Free Fire dan eFootball PES 2020 yang memiliki jenjang Internasional kemudian satu game casual Mobile Premier League dan satu game nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional (Bekraf, 2019).Kalian yang ikuta komunitas Esport udah siap-siap belum ikut perlombaannya?

Komunitas Roma Club Indonesia, Bekasi

Hai paolars, hari ini kita akan membahas tentang komunitas fans klub sepak bola yang ada di Bekasi, namanya Roma Club Indonesia. Ingin tau lebih lanjut simak informasi dibawah ini paolars..

Roma Club Indonesia merupakan komunitas fans klub sepak bola asal Italia, AS Roma. dan komunitas ini didirikan di Bekasi, 09 Februari 2007.

Ini merupakan foto anggota komunitas RCI Bekasi 

Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini :

  1. Nonton bareng saat ada pertandingan, biasanya diadakan di BuburQu, adalah cafe yang ada di Bekasi lebih tepatnya di Bekasi Timur.
  2. Main futsal bareng di Alibaba Futsal Bekasi kalau ngga di Planet Futsal 
  3. Suka mengadakan acara futsal juga nihh..
  4. Mereka juga mengadakan turnamen bergengsi 
  5. Ada acara kumpul bareng buat ngebahas futsal 
  6. Ada acara buka puasa setiap tahunnya lohh.. 

Nah itu merupakan kegiatannya, kamu pasti mau juga dong tau prestasi yang didapat oleh komunitas ini adalah :

  1. Juara Turnamen Nasional antar fans ASRoma se Jabodetabek – JaBar
  2. Juara tiga paguyuban antar fans club se – Bekasi 

Komunitas ini juga aktif loh dalam penggalangan dana untuk membantu korban. Misalnya saat ini penanggulangan untuk korban bencana asap yang ada di wilayah Riau yang dikoordinasi RCI yang merupakan rekan mereka yang ada di Riau, karena komunitas Roma Club Bekasi ini terhubung dengan seluruh komunitas Roma Club yang ada di Indonesia..

Itu merupakan informasi terkait Komunitas Roma Club Indonesia dengan domisili di Bekasi, jadi buat kamu yang suka dengan klub ASRoma, bola dan futsal dan domisili kamu ada di Bekasi, bisa banget ini kamu join ke komunitas ini, untuk mengisi waktu luang kamu sambil bertemu orang baru yang sama – sama menyukai futsal, kamu bisa contact mereka di :

  • Youtube ; Andi Putra 17 (dikelola oleh anggota)
  • Instagram ; @rci_bekasi
  • Facebook ; Roma Club Indonesia Bekasi 
  • Twitter ; @rci_bekasi 

Nah paolars itulah informasi terkait salah satu komunitas futsal yang ada di Bekasi. Jangan lupa buat kalian yang tertarik bisa banget bergabung sama mereka. 

Semoga informasi komunitas futsal yang dibahas di atas bisa jadi informasi buat kalian dan semoga bermanfaat juga ya informasi nya..  

Mengenal Komunitas Musik di Bekasi – Bekasi Indie Pop Society

Halo paolars, ketemu lagi nih hari ini kita juga akan bahas tentang komunitas musik yang ada di Bekasi dengan genre Pop. komunitas musik ini dikenal dengan nama Bekasi Indie Pop Society (BIPS).

Kamu pasti suka musik dong? Bisa banget nih join di komunitas ini terbuka banget buat kamu yang suka musik dan join di komunitas ini. 

So, buat kalian yang suka musik indie pop juga harus banget join sama komunitas ini. Dibawah ini bakal dibahas ini dijamin bisa bikin kalian mau join komunitas BIPS ini. 

Ini merupakan salah satu foto dokumentasi anggota komunitas musik BIPS 

Komunitas BIPS atau Bekasi Indie Pop Society berawal dari hobi para anggota dan memiliki tujuan untuk memajukan perkembangan musik dengan genre pop. Mereka juga ingin menjalin tali silaturahmi dan persaudaraan dengan sesama penyuka musik maupun musisi pop yang di Bekasi. Komunitas ini didirikan sejak 25 September 2016. 

Jadi era tahun 80’ – 90’ perkembangan musik itu berkembang pesat banget dan saat itu perkembangan untuk musik indie minim, jadi mereka tergerak untuk membentuk komunitas BIPS ini. Komunitas ini bersifat terbuka untuk siapapun kamu yang mempunyai karya musik indie. Ruang lingkup komunitas BIPS ini adalah berbudaya dan bermusik.

Biar kamu lebih tau lagi tentang komunitas BIPS ini, kita kasih tau nih Visi dan Misi dari komunitas ini :

Visi BIPS :

  • Memajukan musik pop Indie 
  • Memperkuat persaudaraan antara musik Bekasi 
  • Bermanfaat bagi banyak orang 

Misi BIPS :

  • Sharing edukasi musik bersama 
  • Mengadakan event musik sebanyak mungkin 
  • Mempererat tali persaudaraan sebanyak mungkin dengan para musisi lainnya juga masyarakat sekitar 

Makin tertarik gak nih kamu untuk gabung dengan komunitas ini ? Nah dibawah ini informasi tentang band yang masih aktif untuk informasi tambahan kamu dan kegiatan rutin yang dilakukan komunitas BIPS ini.

BIPS ini juga ada loh band yang berpartisipasi di Komunitas musik ini, ini band yang masih eksis ya :

  • The Marshell – BRISAT
  • ARENSHIA – CAPTURE 
  • PAROCKCETAMOL 
  • Fajar Arzines (solois)
  • R16 (rellay Sixteen)
  • QUETZAL
  • Bulan – D’Basic 
  • Past Medic
  • S.Flame 
  • Martabat 7 
  • Apriansyah B_I (solois)
  • Say Something 
  • Jelang Pagi
  • Imagine 
  • ECO Band 
  • Lexa
  • ROLLOVE
  • Theotherside – WORY ROCK 
  • Marindka – SEWING 
  • Saviour – Babendut (solois)
  • Breakout – ANEMONZ 
  • Pomboys
  • TAA
  • Plester – 2ND HEAD
  • FFF – Raindy Setiawan (solois)
  • Collegium 

Ini kegiatan rutinitas komunitas musik BIPS :

  1. Event – event musik di berbagai cafe maupun mall untuk mengisi acara
  2. Acara anniversary tahunan di Grand Charly
  3. BIPS hangout 
  4. Jamming Santai
  5. Acara perform band acoustic night 
  6. Membuat CD kompilasi untuk berkarya 
  7. BIPS goes to Radio
  8. Acara buka puasa rutin setiap tahunnya 

Foto ini merupakan foto pada saat BIPS melakukan kegiatan mereka.

Selain itu, mereka juga mempunyai kegiatan yang mulia seperti acara amal santunan sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan dengan panti asuhan, juga anggota 

Komunitas BIPS ini juga aktif loh berkembang di musik yang ada di Indonesia. Bahkan BIPS ini juga berafiliasi dengan komunitas – komunitas musik lainnya yang ada di luar daerah, ini menunjukkan bahwa komunitas musik BIPS ini memiliki solidaritas dan ingin memajukan industri musik bersama dengan berkarya serta menghasilkan bakat – bakat musik terbaik. 

Nah, kamu jadi lebih tertarik gak nih dengan komunitas musik BIPS ini ? kalau iya kamu boleh langsung ke base camp mereka di Jl. IR. H JUANDA No. 302B, Bulak Kapal. Bekasi Timur ( seberang bebek goreng Bulak kapal ). Selain itu juga, kamu bisa menghubungi mereka di :

  • Instagram ; @bips.id
  • Facebook ; Bips Pop Indie 
  • Twitter ; @bips_pop
  • Youtube ; Bekasi Indie Pop Society 
  • 0821 – 13933900 ; Bambang 
  • 0857 – 11694401 ; Gandhi 

Nah itu lah informasi terkait komunitas musik BIPS, semoga kamu tertarik ya join komunitas BIPS ini dan semoga informasi yang dibagikan ini bisa bermanfaat bagi kamu yang baca maupun komunitas nya.. 

Tips Mengatur Budget untuk Hobi agar Tidak Menghabiskan Banyak Uang

Halo paolars, kali ini kita akan membahas mengenai hobi… 

Saat ini, banyak sekali orang yang suka memanjakan dirinya untuk kesenangannya, dengan melakukan kegiatan hobi yang dimilikinya. Penting untuk kita memanjakan diri dengan melakukan kegiatan hobi yang kita sukai di waktu luang, untuk melepaskan penat setelah bekerja maupun beraktivitas sehari-hari. 

Namun, setiap hobi memiliki kebutuhannya masing – masing, tapi bagaimana dengan hobi yang akan membutuhkan banyak sekali budget ?

Misalnya, kalau kamu memiliki hobi traveling yang bisa menghabiskan banyak pengeluaran untuk sekali perjalanan.

Melakukan atau menyukai hobi traveling itu merupakan hobi yang sangat menyenangkan, namun jika kamu mampu mengeluarkan dana yang cukup itu tidak jadi masalah selama kamu memiliki budget yang baik untuk kamu melakukan hobi tersebut. Tapi bagaimana untuk kamu yang sulit melakukannya karena budget yang kamu miliki tidak selalu mendukung untuk melakukan hobi tersebut. 

Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa meminimalkan budget untuk melakukan hobi yang kamu sukai walaupun hobi tersebut mengeluarkan budget yang lumayan banyak. 
1. Mencari Diskon dan Promo yang terbaik

Semaksimal mungkin kamu memanfaatkan informasi terkait diskon dan promo yang ada baik dari store langsung maupun bisa juga di online store sekarang apalagi didukung dengan teknologi yang sekarang sudah berkembang dengan pesat. Yang bisa menunjang kamu mencari semua yang kamu butuhkan untuk hobi kamu, sebaiknya kamu selalu memastikan mencari promo atau diskon yang terkait dengan hobi kamu, seperti kamu menyukai hobi traveling kamu bisa cari diskon maupun promo untuk tiket pesawat, hotel, dll. 

2. Mencari teman atau komunitas yang memiliki hobi yang sama 

Ini salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menunjang hobi kamu, apalagi jika hobi itu dilakukan bersama dengan orang yang menyukai hobi tersebut juga. Dimana kamu bisa saling menambah wawasan akan informasi hobi kamu, jadi sebisa mungkin untuk mencari teman yang memiliki hobi yang sama, sekaligus karena hobi tersebut kamu bisa memiliki banyak teman. Namun walaupun kamu memiliki banyak teman dalam hobi kamu tetap ingat jangan mengeluarkan budget hanya untuk kegiatan yang tidak terlalu penting. 

3. Hindari Kebutuhan yang Tidak Penting 

Kamu tidak harus memenuhi kebutuhan kamu untuk kegiatan yang tidak terlalu penting dan membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Sesekali boleh namun kamu harus membatasi diri untuk membeli atau melakukan kegiatan tersebut, simpan budget kamu untuk hal yang tidak perlu dan budget yang kamu simpan itu bisa kamu lakukan untuk hobi kamu. 

4. Tulis Kebutuhan Budget untuk Hobi

Hal ini bisa kamu coba untuk meminimalkan pengeluaran budget hobi kamu, jika kamu menulis budget yang dibutuhkan untuk hobi kamu, ini bisa menjadi acuan untuk kamu menyimpan sedikit budget kamu untuk terlaksananya hobi kamu. 

5. Jadikan Hobi untuk Sesuatu yang Berguna atau Menjadi Lahan Bisnis 

Ini bisa kamu coba juga untuk mendukung hobi kamu, kamu bisa menjual barang terkait hobi tersebut dengan teman maupun komunitas, karena jika kamu memiliki koneksi maka orang akan percaya kepada kamu maupun barang yang kamu jual. Ini bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan terhadap hobi kamu. 

Nah kira – kira itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan budget kamu agar kamu tidak mengeluarkan budget yang banyak untuk hobi kamu. 

Semoga tips yang disampaikan di atas bisa bermanfaat ya buat kamu.

Bagaimana Sih Cara Gabung Komunitas untuk Seorang Introvert ?

Halo paolars, kali ini kita akan bahas mengenai komunitas…

Komunitas di Indonesia semakin hari semakin bertambah dan seperti yang kamu tau biasanya komunitas – komunitas rutin mengadakan acara kopdar alias kopi darat atau beberapa komunitas melakukan kegiatannya bersama-sama seperti gowes bareng untuk komunitas sepeda, mabar untuk komunitas game online dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan bersama-sama.

Untuk seorang extrovert yang emang dasarnya gampang bergaul sih mungkin akan sangat merasa nyaman ketika mengikuti sebuah komunitas..

Tunggu dulu, sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara-cara seorang introvert untuk gabung komunitas, aku jelasi dulu ya apa itu introvert dan extrovert..

Menurut C.G Jung, introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya. Kepribadian introvert cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru. Sedangkan extrovert memiliki sifat atau kebiasaan yang menyenangkan dari luar diri mereka sendiri. Bagi mereka, aktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, bertukar informasi dengan banyak orang dan senang bergaul adalah hal yang menyenangkan. Jadi extrovert itu kebalikan dari introvert karena kalau seorang introvert itu lebih senang menyendiri, sedangkan seorang extrovert lebih menyukai lingkungan yang interaktif dan senang bergaul.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai introvert dan extrovert kamu bisa baca banyak referensi atau mungkin ada diantara kamu ada yang belum tau kepribadiannya termasuk sebagai introvert atau extrovert, kamu bisa melakukan test kepribadian ya paolars.

Jika kamu merupakan orang yang termasuk Introvert tapi pengen banget ikut komunitas, berikut ini tips agar kamu bisa nyaman berkomunitas…

1. Ikut komunitas yang kamu sangat minati

Alasan utama kamu ikut komunitas pasti karena sebelumnya kamu punya hobi atau minat terhadap sesuatu maka dari itu kamu harus mengikuti komunitas yang berhubungan dengan hobi atau minat kamu agar bisa merasa nyaman dan bertahan lama. Selain itu, kamu juga harus memilih komunitas dengan melihat informasi secara rinci tentang komunitas tersebut. Pasti kamu ga mau kan salah masuk komunitas dan harus berhenti di tengah jalan, jadi pastikan komunitas tersebut udah sesuai sama kebutuhan dan kepribadian kamu.

2. Tentukan tujuan kamu untuk ikut komunitas

Tentukan tujuan kamu untuk mengikuti komunitas sedari awal, sehingga hal tersebut akan menbuat kamu merasa nyaman ketika menjalaninya. Dan sebisa mungkin jangan keluar dari tujuan kamu. Contohnya jika kamu bertujuan untuk menambah ilmu terkait dengan minat maka kamu harus serius menjalaninya.

3. Buat diri senyaman mungkin di dalam komunitas

Buat diri kamu berbaur dengan komunitas, walaupun sifat introvert itu sangat sulit membuka diri minimal kamu mau berkenalan atau berbagi atau bertukar ilmu terkait dengan komunitas tersebut. Jangan “Jutek” dan Ramah terhadap sesama anggota komunitas

4. Jangan “jutek” dan ramah terhadap sesama anggota komunitas

Kalau kamu udah gabung sama komunitas udahakan untuk bersikap ramah ya. Minimal nih, kalau ada yang senyum ya kamu senyum balik. Kalau ada yang nanya-nanya juga jawab sebaik mungkin.

5. Jauhi drama dalam komunitas

Kalau di komunitas yang kamu ikutin ada drama-drama yang gak jelas sebaiknya kamu pikir lagi deh untuk bertahan di komunitas itu. Karena biasanya orang yang introvert gak nyaman kalau berada di lingkungan yang penuh drama. Tapi, kalau kamu udah merasa cocok banget sama komunitas ini, kamu cukup menjauhi diri aja dari drama itu dan bersifat netral.

6. Bertindak apa adanya

Sebaiknya kamu bertindak apa adanya sesuai dengan kepribadian kamu, kecuali kalau hal itu buruk kamu harus berbenah diri dan pelan-pelan merubah sikap kamu itu.

7. Banyak mendengarkan

Kalau kamu gak nyaman atau ngerasa grogi untuk banyak bicara coba deh untuk banyak mendengarkan aja. Namun agar pembicaraan terus berlanjut kami bisa coba untuk tanya-tanya mengenai lawan bicara kamu. Misalnya nih dia baru aja post kalau dia abis liburan, kamu bisa tanya ke dia mengenai liburan dia. Tujuannya sih supaya kamu gak baca bicara, tapi mereka yang bicara sehingga kamu hanya perlu mendengarkan saja.

8. Aktiflah berinteraksi secara online

Jika kamu merasa tidak nyaman untuk banyak komunikasi secara langsung kamu bisa melakuakn interaksi dengan anggkota komunitas lain secara online terlebih dulu. Tujuannya agar kamu bisa mendekatkan diri terlebih dahulu dengan senyaman mungkin.

9. Jangan memaksakan diri

JIka kamu tidak merasa nyaman di lingkungan tersebut jangan terlalu memaksakan diri apalagi jika kamu sudah merasa banyak hal yang malah membuat kamu tidak menjadi diri kamu sendiri. Kamu bisa mencari komunitas lain yang akan membuat kamu lebih nyaman. Atau jika kamu merasa waktu bersosialisasi di komunitas tersebut terasa lama dan membuatmu tidak nyaman, kamu bisa pulang lebih awal sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan kamu dalam bersosialisasi. Yang terpenting adalah lakukan senyaman dan sebisa kamu saja tetapi secara rutin sehingga kamu akan terbiasa.

Nah itulah cara-cara untuk seorang introvert bergabung di komunitas… Oiya, karena banyaknya orang di komunitas tidak semuanya memiliki kepribadian extrovert banyak juga seorang introvert yang bergabung di komunitas tersebut.

Tentang paola.id

Halo paolars…

Kalian pasti belum tau ya apa itu paola.id ?

Paola.id merupakan e-commerce yang menjual berbagai produk yang dibutuhkan oleh komunitas / hobi di Indonesia dengan harga yang kompetitif dan memberikan layanan yang terjamin.

Kami memiliki tagline #pastiotomatislanggan.

Website paola.id pada saat ini masih tahap perkembangan dan belum launching. So, doain kami ya supaya cepat launching dan memenuhi kebutuhan kalian semua 🙂

Dan di blog ini kami akan membagi informasi seputar komunitas, hobi, produk yang bagus dan masih banyak lagi.

Untuk rencana kedepan paola juga bakal sering buat event-event komunitas 🙂

Salam kenal semua…….