Kapan Jam Terbaik Minum Kopi?

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Minuman ini mengandung stimulan yang sangat populer dan disenangi banyak orang yaitu kafein. 

Di Indonesia sendiri, kopi mulai banyak diminati oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, menyukai kopi setelah bermunculan banyak aneka sajian kopi dari kedai kopi kekinian yang rasanya nggak cuma pahit saja. 

Umumnya orang-orang mulai menyeduh kopi mereka di waktu pagi sebelum melakukan rutinitas harian. Efek kafein dalam kopi disebut dapat meningkatkan konsentrasi dalam melakukan kegiatan di sepanjang hari nanti. Karena itulah kopi identik dengan suasana pagi hari. 

Meskipun mayoritas orang berkata demikian, dari sisi medis, ternyata minum kopi terlalu pagi dirasa kurang baik loh bagi kesehatan. Terdapat jam-jam tertentu dalam meminum kopi yang dapat memberikan manfaat besar serta meminimalkan efek buruk dari kopi bagi tubuh. 

https://unsplash.com/@naipo_de

Kortisol dan Kopi

Kopi bisa disebut sebagai minuman berenergi. Hal ini karena kebanyakan orang merasa, belum pas rasanya memulai aktivitas sebelum menyeruput secangkir kopi. 

Sayangnya, minum kopi di pagi hari terlebih saat matahari baru saja naik justru kurang disarankan lho. Alasannya yaitu kondisi hormon kortisol yang sedang berada pada puncaknya di pagi hari. 

Kortisol adalah hormon adrenalin yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Hormon ini berfungsi untuk mengatur emosi, sistem kekebalan tubuh, juga tekanan darah. Selain itu, kortisol berfungsi mengubah energi menjadi gula yang dapat menjadi cadangan bahan bakar bagi tubuh.

Tingkatan hormon kortisol memiliki ritme khusus, di mana kortisol akan mencapai puncak dalam waktu 30-45 menit setelah bangun tidur lalu menurun seiring berjalannya hari hingga akhirnya tidur kembali di waktu malam. 

Kafein yang bertemu dengan hormon kortisol saat kadarnya memuncak dapat menaikkan hormon tersebut lebih tinggi lagi. Peningkatan kortisol yang berlangsung lama dan rutin disebabkan oleh kafein dapat berakibat pada kerusakan sistem kekebalan tubuh serta muncul masalah kesehatan lainnya.

Sayangnya belum ada penelitian lebih lanjut dari masalah kesehatan yang terjadi akibat kenaikan hormon kortisol dari kafein ini.

https://unsplash.com/@hieudoquang

Pertengahan Hari

Jika terhitung waktu bangun tidur setiap orang adalah pukul 06.30 pagi. Maka waktu yang tepat untuk menyeruput kopi adalah pada jam 09.30 hingga 11.30 siang. Di jam inilah hormon kortisol kadarnya sedang menurun dan kafein akan bekerja maksimal untuk membangkitkan rasa “awas” yang sudah mulai kendor.Tubuh pun akan merasa lebih berenergi, bertenaga, dan siap menyelesaikan kegiatan hingga ke sore hari.

Selain di jam tersebut, waktu terbaik untuk minum kopi adalah maksimal pada pukul 14.00 siang. Hindari minum kopi pada malam hari atau di waktu menjelang tidur. Kafein dalam kopi dapat mengganggu kualitas tidur. Rasa kantuk pun akan hilang meski tubuh merasa kelelahan. Hal ini pun tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh.

https://unsplash.com/@jonasleupe

Batasan Minum Kopi

Seperti diketahui bahwa kopi mengandung stimulan berupa kafein. Kafein adalah senyawa yang punya tingkat adiktif lumayan tinggi yang dapat dijumpai pada beberapa makanan dan minuman, salah satunya kopi. Nggak heran kalau banyak peminum dan penikmat kopi akan menghabiskan lebih dari satu cangkir kopi dalam sehari. Bahkan ada yang mampu mengkonsumsi hingga lebih dari enam cangkir dalam satu hari.

Namun kamu harus tau, minum kopi sebanyak lebih dari enam cangkir sehari dan rutin setiap hari dapat mengantarkanmu ke dalam masalah komplikasi kesehatan yang serius. Hal ini pun sudah diteliti oleh The American Journal of Clinical Nutrition. 

Normalnya, orang dewasa diperbolehkan mengonsumsi kafein sebanyak 400 mg atau setara dengan 4 cangkir kopi. Hal ini pun sama dengan kafein dalam sumber lainnya seperti teh, minuman ringan, dll.

Selain itu, penelitian dari Australia mengungkapkan bahwa meminum setengah lusin cangkir kopi dalam sehari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebanyak 22 persen.

Minum kopi pagi hari memang kenikmatan yang tiada tara. Tapi kamu perlu juga peduli sama kesehatanmu kedepannya. Biar bisa minum kopi terus, kan hehe!

Mengenal Aneka Jenis Minuman Kopi Populer

Berbagai Jenis Minuman Kopi

Semua jenis minuman kopi yang ada di dunia ini tercipta hanya dari campuran biji kopi dan air yang luar biasanya, hasilnya sangat bisa bikin orang ketagihan. Latte, cappuccino, americano, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun kamu adalah salah satu penikmat kopi legend ataupun yang baru aja ketagihan ngopi tiap saat, tentunya ada banyak jenis minuman kopi yang bisa kamu coba. Karena rasa tiap jenisnya pasti beda-beda. Artikel ini akan menjelaskan berbagai macam tentang jenis minuman kopi yang tersebar di seluruh dunia. 

Taste of Home

Latte

Kopi Latte adalah salah satu minuman kopi yang paling populer di seluruh dunia. Rasanya yang nggak pahit, creamy, dan milky bikin beberapa orang merasa cocok dengan minuman ini. Tentu saja begitu, karena komposisi susu dalam kopi latte lebih banyak dibandingkan dengan espressonya, yakni 2:1. Kopi latte juga banyak digemari karena latte art yang selalu menjadi andalannya. 

Cappucino

Cappucino adalah latte namun dengan komposisi foam susu yang lebih banyak dibandingkan susu itu sendiri. Takarannya yaitu ⅓ espresso, ⅓ susu, dan ⅓ foam susu yang dipanaskan di mesin. Seringkali beberapa orang bingung diantara keduanya. Nah untuk lebih membedakan lagi, cappucino biasanya punya tampilan akhir berupa foam padat dengan taburan cocoa di atasnya.

Macchiato

Kopi yang satu ini punya komposisi yang sama dengan latte dan cappucino, hanya saja berbeda takaran. Di tampilan akhirnya, macchiato akan memunculkan foam susu di atas permukaan. Ada dua tipe macchiato, yaitu latte macchiato dan caffè macchiato. Latte macchiato biasa disajikan dingin dengan wadah berukuran tinggi, sedangkan caffè macchiato disajikan hangat menggunakan cangkir kecil. 

Moccacino

Kalau yang satu ini sering jadi pilihan banyak orang yang nggak demen pahit nih. Moccacino adalah minuman kopi, perpaduan antara espresso, susu, dan coklat yang rasanya bikin nagih.

Long Black

Kopi yang satu ini benar-benar hanya terdiri dari air panas dan espresso saja. Cara penyajiannya yaitu dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu di dalam cangkir, baru kemudian bubuk kopi dimasukkan ke dalamnya. Karena hanya mengandung kopi dan air saja, maka kualitas bubuk kopi yang digunakan pun harus yang berkualitas.

Americano

Kopi satu ini komposisinya sama persis dengan long black. Hanya saja yang membedakan adalah cara penyajiannya. Caranya taruh kopi di dalam cangkir baru tuangkan air panas ke dalamnya. Satu lagi yang menjadikan americano berbeda adalah tidak adanya krema yang muncul saat kopi disajikan.

Ps. krema adalah busa coklat yang muncul di permukaan cangkir juga sebagai penanda bahwa kopi yang disajikan masih segar.

Espresso

Minuman kopi jenis ini adalah fondasi dari beragam minuman kopi berbasis espresso lainnya. Kopi espresso bisa diseduh tanpa tambahan apapun. Diekstrak menggunakan mesin penyeduh bertekanan tinggi dan hasilnya berupa kopi hitam kental dengan krema di atasnya.

Ristretto

Ristretto umumnya adalah sebuah minuman espresso. Hanya saja digunakan lebih sedikit air panas dibanding yang seharusnya, sehingga tercipta rasa yang lebih kaya dan manis yang lebih pekat dibandingkan sebuah espresso. Proses ekstrasinya pun hanya kisaran waktu 15 detik saja

Lungo

Kopi ini kebalikannya dari ristretto. Dalam penyeduhannya, setiap satu shot espresso ditambahkan lebih banyak air ke dalamnya. Hal ini pun membuat proses ekstrasinya berjalan lebih lama. 

Doppio

Atau yang lebih sering dikenal dengan double shot espresso. Kopi doppio menggunakan dua kali takaran espresso di setiap satu cangkirnya.

Cortado

Minuman kopi satu ini jika diartikan dalam bahasa Spanyol, artinya adalah memotong. Kandungan di dalamnya adalah espresso dan susu hangat yang punya takaran seimbang. Tujuan dari susu hangat itu adalah untuk “memotong” keasaman yang dihasilkan dari espresso. 

Red Eye

Untuk kopi yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang dalam keadaan ngantuk berat, mata tinggal 2 watt, dan butuh minuman yang bisa menimbulkan efek seperti habis berlari lima putaran di GBK (contohnya ya T_T). Sebenarnya ada banyak nama dari kopi ini. Semua tergantung dari campuran di dalamnya. Tentu tujuannya sama, untuk membuat mata tetap terjaga.

Affogato

Kalau kamu mau menikmati sajian kopi dengan tambahan lainnya, yang satu ini cocok sepertinya. Affogato adalah minuman kopi dengan isian berupa satu sampai dua shot espresso lalu ditambahkan es krim ke dalam kopi. Es krim yang biasa digunakan adalah gelato, es krim khas dari Italia. Akan lebih nikmat lagi jika disantap dengan kue brownies hangat.

Flat White 

Umumnya kopi satu ini adalah minuman berbasis espresso yang terdiri dari dua shot espresso dengan lapisan microfoam diatasnya hasil dari steamed milk. Umumnya disajikan dalam porsi kecil namun punya rasa yang kuat.

Café au Lait

Berupa campuran kopi hitam tajam dicampur dengan susu panas. Cocok untuk kamu yang ingin minum kopi hitam tapi dengan sedikit tambahan rasa.

Itu dia berbagai jenis minuman kopi yang populer dari seluruh dunia. Kamu yang mungkin seorang penikmat atau sekedar peminum kopi, lebih prefer sama minuman yang mana nih? 

Sweet Box by Paola

Hi Paolars!

Sudah memasuki bulan Desember nih, yang pasti di bulan ini banyak banget keistimewaan yang kita bisa rasakan. Selain menjadi bulan penutup di setiap tahunnya, bulan Desember juga identik dengan musim dinginnya. Meskipun di Indonesia tidak ada musim dingin, tetapi musim hujan juga bisa dikategorikan sebagai musim yang dingin bukan?

Anyway kalo bicara tentang musim hujan seringkali nafsu makan kita bertambah, betul apa enggak nih Paolars? Kalo udah turun hujan pengennya tarik selimut, nyalain laptop, nonton film sambil ngemil-ngemil kan?

Selain identik dengan musim hujan, bulan Desember juga menjadi bulan yang paling dinantikan oleh sebagian orang yang merayakan Natal, di hari ini beberapa dari mereka seringkali memanfaatkan momen dengan cara bertukar kado ataupun mengirim hadiah ke orang-orang tersayang.

Nah pas banget nih, minpao mau kasih tahu ke kalian sebuah produk terbaru dari Paola yaitu Sweet Box. Produk makanan dari Paola ini bisa banget untuk menemani waktu santai kalian di musim hujan ataupun untuk kalian bagikan ke orang terkasih sebagai hadiah Natal..

Sebenernya apa sih Sweet Box dari Paola ini?

Sweet Box by Paolamerupakan sebuah box lucu berisi cemilan-cemilan manis seperti permen dan cokelat. Sweet Box ini gak hanya pas untuk kalian nikmati sendiri tetapi juga cocok untuk kalian berikan kepada orang-orang tersayang kalian. Selain karena berisi makanan yang manis, Sweet Box juga dilengkapi dengan kemasan box dan kartu ucapan yang didesain dengan imut loh Paolars..

Apa aja isi Sweet Boxnya?

Sweet Box berisi cokelat dan permen enak seperti :

  • Milo Cube
  • Ferrero Rocher
  • Beng-Beng Bite Size
  • Truffle Choco
  • Cadburry Mini
  • Toblerone Mini
  • Oat Choco
  • Delfi Treasure
  • Cokelat Tobelo

Tak lupa juga sematan kartu ucapan dari Paola untuk kalian

Berapa Harganya?

Dengan isian yang lengkap dan variatif, Desain box dan Kartu ucapan yang lucu ini kalian bisa pre-order dengan harga Rp. 89.000, tapi tenang.. kalian bisa dapetin diskon loh dengan cara order pada link https://www.paola.id/product/sweetbox-by-paola-size-s hanya dengan harga Rp. 80.000 aja! Murah banget kan?

Jika kalian ingin memberikan hadiah Natal yang lebih mewah, bisa banget loh melakukan pre-order Hampers Natal ‘Snowflake’ yang berisi kue kering, snack, dan sweet box berukuran xs didalamnya dengan harga Rp.156.000. Dengan diskon kalian akan mendapatkan harga Rp. 140.400 loh..  Langsung di cek disini yuk! -> https://www.paola.id/product/hampers-natal-snowflake

Mengenal makanan-makanan khas zaman perang dari berbagai negara

Paolars..

Makanan yang biasa kita nikmati sehari-hari merupakan anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri di setiap harinya. Dengan memakan makanan yang lezat mengartikan bahwa kita masih bisa menikmati nimat Tuhan yang sudah Ia berikan.

Apakah kalian pernah membayangkan jika makanan-makanan yang kalian makan di keseharian itu sulit untuk didapatkan? Mungkin beberapa diantara kalian sedang merasakannya saat ini karena dampak pandemi yang tak kunjung usai..

Tapi Paolars.. pada zaman perang dulu, orang-orang bisa sangat kreatif untuk menciptakan makanan yang sederhana namun tetap lezat loh! Yuk di simak sampai akhir makanan apa saja dan dari mana makanan tersebut berasal

Nasi Jagung – Indonesia

Food.detik.com

Makanan khas perang yang pertama berasal dari negeri kita sendiri nih Paolars..

Nah.. makanan ini adalah Nasi Jagung. Nasi jagung merupakan makanan pengganti nasi beras tetapi meskipun namanya nasi, makanan ini sama sekali tidak berasal dari beras ataupun campuran beras. Nasi jagung terbuat dari jagung yang diolah dengan cara ditumbuk. Jagung yang dipakai pada makanan yang sering disebut juga dengan nasi ampok ini adalah jagung yang sudah tua atau bisa disebut juga sebagai jagung pipil. Para masyarakat Indonesia kala perang memakan nasi jagung karena dinilai memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti Vitamin B1, B6, A, B12, C dan E. Selain itu juga nasi jagung mengandung mineral dan serat yang bagus, sehingga masyarakat Indonesia memilih makanan ini agar kuat melawan penjajah.

Budae Jjigae – Korea Selatan

Sbs.com.au

Makanan yang satu ini bisa dibilang salah satu makanan Korea terkenal di seluruh dunia loh Paolars.. Budae Jjigae atau yang disebut juga sebagai Army Base Stew ini diciptakan oleh rakyat Korea Selatan yang kala itu sedang merasakan kemiskinan dan kelaparan akibat perang.

Pada awalnya rakyat Korea Selatan ini mengambil sisa-sisa bahan makanan yang dimiliki oleh tantara Amerika di pangkalan militer Amerika. Sisa-sisa makanan tersebut berupa keju dan makanan kalengan seperti Spam dan juga ham. Mereka kemudian mencampurkan sisa-sisa bahan makanan tersebut dengan bahan-bahan makanan Korea yang mereka miliki dan juga Gochujang menjadi makanan berkuah yang dimasak di dalam panci. Campuran antara bahan Amerika dan Korea ini tanpa disangka menghasilkan cita rasa yang luar biasa, dan hingga saat ini makanan ini masih digemari oleh rakyat Korea Selatan.

Hoto – Jepang

Ja.m.wikipedia.org

Hoto merupakan makanan yang berasal dari Yamanashi, Jepang. Makanan terdiri dari mie yang lebar dan tipis dengan dicampuri dengan sayur-sayuran juga berbagai toping dan disajikan didalam hot pot. Sup yang terdiri dari kuah miso ini disebut sebagai pengganti nasi yang mulai langka pada zaman Perang Dunia II. Makanan ini dinilai bergizi dan juga mengenyangkan, sehingga cocok untuk orang-orang yang sedang dilanda perang.

Potato Pastry – Inggris

Kirbiecravings.com

Makanan khas Inggris ini pada tercipta saat Perang Dunia II. Makanan yang berbahan dasar kentang ini pada mulanya dibuat oleh para orang Inggris yang menyukai makanan manis kala itu. Namun sayangnya pada Perang Dunia II ini bahan-bahan baku seperti mentega, terigu dan telur sangat susah untuk didapatkan. Pemerintah Inggris memutuskan kepada para rakyat Inggris untuk mengolah kentang menjadi berbagai jenis makanan karena kentang dinilai mudah tumbuh dimana saja sehingga mudah untuk didapatkan.

Eggless Mayonnaise – Amerika

Feenix.co.in

Eggless Mayonnaise merupakan makanan alternatif yang dibuat oleh rakyat Inggris pada zaman Perang Dunia II. Orang Inggris suka memakan Mayonnaise sebagai saus dan salah satu bahannya menggunakan telur. Namun pada saat Perang Dunia II, telur menjadi makanan yang dijatah di Inggris. Sehingga para rakyat Inggris memikirkan alternatif penggantinya dengan Mayonnaise tanpa telur. Pada dasarnya Eggless Mayonnaise ini terbuat dari kentang rebus, mustard, minyak salad, garam dan cuka. Karena makanan ini tidak mengandung bahan dasar dari hewan, maka makanan ini seringkali disebut sebagai Vegan Mayonnaise. Boleh dicoba tuh untuk kalian yang ingin diet!

Kulesh – Rusia

123rf.com

Kulesh merupakan makanan yang disebut-sebut sebagai makanan pejuang. Makanan ini menjadi makanan pokok untuk para tantara Uni Soviet pada zaman Perang Dunia II. Kulesh dapat dimasak dengan mudah di atas api terbuka, sehingga ini memudahkan para tentara dalam keadaan perang. Makanan ini memiliki bahan dasar Millet atau biji-bijian yang biasanya tumbuh di negara yang hangat. Selain Millet, bahan lain yang digunakan untuk membuat Kulesh adalah kentang, wortel, daging ham, telur dan minyak zaitun. Kulesh dihidangkan secara hangat lebih nikmat.

Mengenal Snack unik yang terdapat di beberapa Negara

Mengenal Snack unik yang terdapat di beberapa Negara

Halo Paolars.. Seberapa suka kamu sama nyemil?

Di saat-saat pandemi seperti ini makan cemilan yang kita suka bisa jadi salah satu opsi untuk bikin mood kalian happy loh! Kalau kalian bosan nyoba makanan Indonesia, minpao akan kasih info cemilan-cemilan  unik dari negara lain!

JEPANG

  • Morinaga DARS
Sumber gambar : amazon.com

Morinaga DARS merupakan cokelat yang terdiri dari berbagai macam rasa. ‘DARS’ diambil dari Bahasa Jepang yang berarti selusin yang mana cokelat ini tersedia dengan 12 potongan cokelat yang pas untuk dimakan dalam satu suapan.

  • Pocky
Sumber gambar : japancandystore.com

Snack yang satu ini mungkin sudah gak asing lagi karena di Indonesia juga sudah tersedia dalam beberapa rasa. Tapi, di negara asalnya Jepang, Pocky ini tersedia dengan banyak varian rasa loh! Bahkan Jepang juga menciptakan rasa-rasa unik seperti rasa Brazilian Orange, Coconut, Orange Peel dan masih banyak yang lainnya. Pocky juga seringkali berkolaborasi dengan brand, karakter atau artis terkenal.

  • Ramune
Sumber gambar : amazon.com

Ramune merupakan minuman bersoda asal Jepang yang memiliki keunikan pada kemasannya. Terdapat kelereng pada bibir botol Ramune sehingga ketika ingin meminum minuman ini, kita perlu mendorong kelereng tersebut dengan tutup botol, lalu kelereng tersebut akan berhenti pada leher botol. Kelereng ini berfungsi untuk menahan uap dari soda sehingga minuman ini akan tetap bersoda jika sudah dibuka.

KOREA

  • Market O Real Brownie
Sumber gambar : says.com

Brownies ini cukup popular di Korea bahkan tak jarang para turis memilih produk ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Market O Brownie ini menjadi unik karena tersedia dengan banyak varian rasa, dimulai dari rasa cokelat, stroberi hingga jeruk.

  • Kyoho Jelly
Sumber gambar : mg.gmarket.co.kr

Cemilan yang satu ini sempat popular pada tahun 2019 kemarin loh, Paolars.. Kyoho Jelly merupakan cemilan jelly berbentuk bulat yang dilapisi plastik, inilah yang membuat Jelly ini menarik dan sempat viral. Cemilan ini terdiri dari berbagai varian rasa buah seperti mangga, anggur, stroberi dan leci.

  • Tom’s Farm Almond
Sumber gambar : amazon.com

Snack yang satu ini sudah terkenal dan mendunia loh, bahkan sudah tersedia di beberapa Supermarket besar di Indonesia. Tom’s Farm Almond berisi Almond yang dibumbui dengan berbagai macam rasa yang unik seperti Tiramisu, Wasabi, Hot & Spicy, Blacksugar Milk tea dan yang paling terkenal adalah rasa Honey Butter.

AMERIKA

  • Peeps
Sumber gambar : amazon.com

Peeps sebenarnya adalah marshmallow yang dibentuk menjadi anak ayam, kelinci, dan binatang lainnya. Peeps seringkali disediakan saat berbagai perayaan seperti Natal, Paskah, Hari ulang tahun, ataupun perayaan-perayaan lainnya.

  • Twizzlers
Sumber gambar : ebay.co.uk

Twizzlers adalah permen dengan tekstur seperti karet dan tersedia dalam berbagai macam rasa seperti ceri, jeruk, stroberi, licorice dan lain-lain. Twizzlers ini sangat terkenal di Amerika. Selain menarik karena memiliki banyak varian rasa, Twizzlers banyak digemari karena cara makannya yang asik dan seru. Kalian bisa memakannya dengan cara diputar atau ditarik.

  • Pop-Tarts
Sumber gambar : blaircandy.com

Cemilan yang satu ini terdiri dari roti pastri yang memiliki isian gula. Isiannya tersedia dengan berbagai macam rasa yang menarik dan unik. Beberapa rasa menariknya yaitu rasa Crush Orange, Watermelon, Hot Fudge Sundae dan cupcakes.

TURKI

  • Cin Cookies
Sumber gambar : amazon.com

Cin Cookies merupakan cemilan yang bisa dibilang sangat digemari oleh orang Turki. Cemilan ini memiliki gambungan antara cookies, cokelat dan jelly. Jelly yang ada pada Cin Cookies memiliki varian rasa Stroberi dan Jeruk.

  • Eti Puf
Sumber gambar : gittigdiyor.com

Eti Puf merupakan camilan marshmellow yang digabung dengan biskuit lalu dilapisi dengan cokelat kemudian ditaburi oleh sprinkle diatasnya. Cemilan ini menarik karena di Indonesia belum ada cemilan seperti ini, ditambah dengan kemasan transparan yang membuatnya menarik.

  • Ülker Pistachio Chocolate
Sumber gambar : amazon.com

Ülker Pistachio Chocolate sebenarnya adalah cokelat biasa namun memiliki isian kacang pistachio yang merupakan kacang khas Timur Tengah. Perpaduan antara rasa cokelat yang manis dan kacang pistachio yang gurih akan membuat keseluruhan rasa menjadi seimbang dan unik!

Paolars, banyak sekali jenis snack yang menarik untuk dicoba ya dari keempat negara di atas.. Untuk medapatkan cemilan-cemilan unik ini kalian bisa cari di online shop atau titip dari teman yang tinggal di negara tersebut. Menurutmu mana yang paling unik dan pengen banget untuk dicoba?

Rekomendasi tempat nongkrong dengan protokol kesehatan, cocok buat kalian yang bosen diam di rumah!

Hi Paolars! Menjalani kehidupan di masa Pandemi seperti ini pastinya sangat tidak mudah untuk dilalui oleh kita semua ya, tapi bukan berarti kita hanya bisa pasrah oleh keadaan.. Pandemi memanglah bisa disebut sebagai musibah untuk kita semua, tetapi dibalik musibah ini kita tentu perlu untuk tetap kembali melakukan aktvitas dan produktivitas kita agar kita juga dapat terus bertahan hidup.

Nah Paolars, salah satu cara untuk me-refresh keadaan hati dan pikiran di masa pandemi ini, kita boleh kok sesekali meluangkan waktu untuk nongkrong, tetapi tetap dengan mentaati protocol Kesehatan ya tentunya! Dan kali ini Paola akan memberikan Rekomendasi tempat nongkrong di Jabodetabek dengan keamanan protokol kesehatan untuk kalian para Paolars

  • Kopi Kalyan – Jakarta Selatan
Sumber : manual.co.id

Alamat : Jl. Cikajang No.61, RT.7/RW.5, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750

Jam Buka : – Senin – Jumat (07.00-22.00) dan Sabtu-Minggu (07.00-01.00)

  • Arborea Café – Jakarta Pusat
Sumber : Instagram.com/arboreacafe

Alamat : Manggala Wanabakti complex, Jl. Gatot Subroto No.1, RT.1/RW.3, Gelora, Central Jakarta City, Jakarta 10270

Jam Buka : Senin-Jumat (08.00-21.00) dan Sabtu-Minggu (11.00-21.000

  • Mangota Coffee – Bogor 
Sumber : Zomato.com

Alamat : Jl. Raya Semplak No.235, RT.02/RW.04, Semplak, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16114

Jam Buka : Senin-Jumat [Selasa Libur] (11.00-21.00) dan Sabtu-Minggu (13.00-23.00)

  • Maraca Books and Coffee – Bogor
Sumber : qraved.com

Alamat : Jl. Jalak Harupat No.9a, RT.05/RW.04, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122’

Jam Buka : Senin-Minggu (09.00-22.00)

  • San9a Coffee Roasters – Bekasi
Sumber : pergikuliner.com

Alamat : Jalan pulo ribung blok AR 1 no 30, Grand Galaxy City, RT.001/RW.019, Jaka Setia, Bekasi Selatan, Bekasi City, West Java 17148

Jam Buka : Senin-Minggu (06.00-21.00) dan Jumat (13.00-21.00)

  • 3 Cooks –  Bekasi
Sumber : tripadvisor.com

Alamat : Jl. Raya Pekayon No.150, Pekayon Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17148

Jam Buka : Senin-Minggu (11.30-22.00)

  • Games on Café – Tangerang
Sumber : serpongku.com

Alamat : Gading Serpong, Ruko Beryl 3 no 39, Jl. Ki Hajar Dewantara, Pakulonan Bar., Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810

Jam buka : Senin-Minggu [kecuali selasa] (13.00-21.00)

  • Kopi Cat Café by Groovy – Tangerang Selatan
Sumber : groovy.co.id

Alamat : Jl. Bintaro Utama 3A, Sektor 3A, Ruko Victorian, Blok C5, Bintaro, Pd. Karya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15225

Jam Buka : Senin-Jumat (09.00-21.00) dan Sabtu-Minggu (10.00-22.00)

  • Jacob Koffie Huis – Depok
Sumber : tantengopi.com

Alamat : Jl. Kemuning No.1, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431

Jam buka : Senin-Minggu (10.00-22.00)

  • ARTIVATOR – Depok
Sumber : artivator.business.site

Alamat : Jl. Pemuda No.86, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431

Jam Buka : Senin-Minggu (10.00-22.00)

Makanan-makanan ini diciptakan secara tidak sengaja, lho!

Paolars, kita tahu bahwa makanan yang ada di dunia ini sangat beragam. Setiap negara memiliki ciri khas makanan masing-masing. Dari mulai bentuk, rasa, hingga bahan yang digunakan. Tapi, apakah kalian tahu bahwa ternyata ada banyak makanan yang diciptakan secara tidak sengaja? Makanan-makanan tersebut bahkan menjadi popular hingga saat ini loh, Paoalrs.. Mau tahu apa saja? Yuk disimak sampai akhir!

  • Cone Es Krim
Sumber : markbittman.com

Es Krim sudah sangat popular dari dahulu loh, Paolars.. Dikperkirakan semenjak tahun 1904, Es Krim menjadi makanan yang laris ketika musim panas. Suatu hari ada seorang penjual waffle bernama Ernest Hamwi membantu seorang penjual Es Krim bernama Arnold Fornachou yang sedang kehabisan tempat untuk menaruh Es Krim karena pembelinya sangat banyak. Ernest memutuskan untuk membuat wafflenya tergulung untuk menempatkan Es Krim jualan Arnold, dari situlah Cone Es Krim tercipta. Tak disangka, hingga saat ini Ice Cream Cone masih menjadi jajanan yang sering diburu anak kecil..

  • Yogurt
Sumber : minimalistbaker.com

Yogurt berasal dari Bahasa Turki ‘Yogurtmak’ yang berarti Adonan. Hal ini diperkirakan karena wujud Yogurt yang mirip seperti adonan. Sejarah ketidaksengajaan pembuatan Yogurt dimulai dari seorang pengembala yang membawa Susu yang disimpan didalam kantung yang terbuat dari lambung Kambing untuk bekal perjalanan, kemudian setelah ia ingin meminum susu tersebut, ia sadari bahwa susu yang ia bawa berubah menjadi kental, ini dikarenakan susu tersebut tercampur oleh bakteri yang terdapat pada kantung lambung kambing tersebut. Dan setelah kemudian dicoba oleh sang pengembala, rasa susu tersebut berubah menjadi asam. Dan dari sinilah asal muasal terciptanya yogurt.

  • Kerak Telor
Sumber : tripsavvy.com

Siapa sangka bahwa makanan khas Betawi yang satu ini merupakan salah satu makanan yang tidak sengaja diciptakan? Kerak Telor tak sengaja tercipta oleh Sekawanan Pemuda Betawi Menteng yang ‘iseng’ mencampurkan bahan-bahan seperti Telur, Ketan,Kelapa Parut, dan lain-lain dan kemudian dimasak. Makanan itu telah tercipta menjadi Makanan yang sangat lezat dan dinamakan Kerak Telor ini. Setelah tak menyangka bahwa makanan tersebut terasa lezat, mereka pun menjual makanan ini pertama kali di daerah Monas pada tahun 70an silam. Dari situlah, Kerak Telor menjadi laku keras dan hingga saat ini dikenal sebagai makanan khas Betawi.

  • Tahu
 sumber: creativemarket.com

Tahu tercipta dengan tidak sengaja oleh Liu An, seorang Pangeran Huainan, dimana Huainan sendiri merupakan tempat penghasilan Kedelai dengan jumlah melimpah. Dengan melimpahnya jumlah kedelai, Liu An merasa bosan dengan makanan yang biasa ia santap, lalu ia memiliki ide untuk merebus kedelai yang sudah ditumbuk dan dikeringkan sebelumnya, kemudian ia menambahkan garam kedalamnya. Tanpa Liu An tahu, garam yang ia tambahkan kedalam rebusan kedelai tersebut membuatnya menjadi padat. Setelah Liu An coba, ternyata rebusan yang sudah padat tersebut terasa enak dan bertekstur lembut! Kemudian ia memberi nama makanan tersebut dengan Tao-hu, Tao artinya Kedelai dan Hu artinya hancur menjadi bubur.

  • Kopi
Sumber : blackincoffe.com

Sejarah awal ditemukannya Kopi dimulai di Ethiopia, dimana terdapat seorang pengembala yang melihat kambing-kambingnya tidak tidur atau terjaga sepanjang hari,ia menyadari bahwa kejadian tersebut diakibatkan oleh kambing-kambingnya yang memakan biji-bijian yang mirip seperti buah berry. Melalui hal itulah sang pengembala mencoba untuk mengolah biji tersebut danmemakannya, ternyata iapun menjadi terjaga sama seperti yang dialami oleh kambing-kambingnya tersebut. 500 Tahun setelah penemuan tersebut, ditemukanlah alat penghancur biji tersebut yang kemudian lanjut diolah sebagai minuman. Dimulai dari situ pula minuman bernama Kopi tercipta.

  • Donat
Sumber : prettysimplesweet.com

        Siapa sangka makanan popular yang satu ini merupakan salah satu makanan yang tak sengaja diciptakan. Makanan yang tak sengaja tercipta ini memiliki beberapa versi sejarah. Versi pertama mengatakan bahwa dulu, seorang kapten kapal yang berasal dari Denmark bernama Hanson Gregory yang saat itu merasa kerepotan untuk memegang roti yang disediakan awak kapal, ditambah keadaan kapal yang sering terkena gelombang dan kadang diterpa badai membuat sang Kapten perlu mengemudikan kapal dengan dua tangan, kemudian ia memutuskan untuk menusukkan roti tersebut kedalam roda kemudi kapal yang membuat tengah roti tersebut menjadi berlubang, dan darisitulah versi awal terciptanya donat.

Versi kedua muncul dari kejadian jaman dahulu dimana orang-orang Belanda yang suka sekali membuat kue minyak ‘olykoeks’ yang berbentuk bulat dan digoreng dengan lemak hewan. Akan tetapi, bagian tengah kue minyak  tersebut seringkali tidak matang, dengan begitu orang-orang Belanda ini memutuskan untuk menambahkan isian pada bagian tengah kue minyak tersebut.

Nah Paolars, diantara deretan makanan diatas, pasti ada kan makanan favorit kamu.. Makanan-makanan yang tdak sengaja tercipta tersebut bisa jadi sangat enak , juga jadi makanan yang popular dan bertahan hingga saat ini. Jadi, yang mana makanan favoritmu?

Sumber :

https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/17/12/15/p0ztox328-sejarah-yogurt-dimulai-tak-sengaja-oleh-penggembala
https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/sista-noor-elvina/makanan-yang-ditemukan-secara-tidak-sengaja-c1c2/4
https://www.makanabis.com/post/article/donat-tercipta-karena-tidak-sengajahttps://juara.bolasport.com/read/321493236/mengenal-sejarah-kerak-telor-makanan-yang-tidak-sengaja-diciptakan-kawanan-anak-muda-betawi-menteng

Makanan-makanan ini memiliki Kalori yang rendah, cocok untuk diet lho!

Hi Paolars! Selama karantina kemarin pasti banyak kan diantara kalian yang merasa berat badannya naik, dan merasa jadi kurang PD dengan penampilan kalian..

Sekarang sudah New Normal nih, saatnya kalian memperbaiki pola makan kalian menjadi lebih sehat!

Kalian ingin menjalankan aktivitas kalian dengan tubuh yang fit dan semangat yang tinggi kan? Nah, tentunya kalian membutuhkan Kalori untuk memberikan kalian tenaga.

Sebenarnya Kalori itu apa sih?

Kalori merupakan jumlah energi yang kalian dapatkan dari makanan dan minuman yang kemudian kita bakar melalui aktivitas sehari-hari.

Kita hanya memerlukan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk dipakai beraktivitas dalam sehari-hari, jika kita menaruh kalori terlalu banyak, maka akan menyebabkan kelebihan berat badan. Nah ini nih yang selalu dikeluhkan oleh kalian, betul kan?

Maka dari itu sebaiknya Paolars mengatur asupan Kalori sehari-hari agar tidak menimbulkan resiko buruk terhadap tubuh.

Kali ini Paola akan memberikan referensi makanan rendah kalori sekaligus resepnya untuk kalian yang ingin tubuh kalian tetap sehat dan terjaga