Mitos dan Fakta Waxing yang Harus Kamu Tau

Memiliki kulit yang mulus dan tampak kesat adalah salah satu impian bagi sebagian orang. Itulah mengapa sekarang ini perawatan tubuh hadir dengan pilihan yang semakin lengkap. Contohnya seperti menghilangkan rambut kecil yang tumbuh di bagian tangan, tubuh, juga kaki. Waxing pun menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Eits, tapi tunggu dulu. Ada yang bilang waxing itu bisa bikin rambut tumbuh lebih cepat. Katanya juga, waxing bisa bikin kulit jadi keriput. Waduh, itu informasi yang benar atau salah ya? Masuk ke dalam mitos atau fakta sih? 

unsplash/bermixstudio

Banyak sekali bertebaran informasi baik ataupun mengerikan tentang waxing. Informasi yang berkembang dari mulut ke mulut dan terus tersebar ini, sekarang bisa menjadi informasi dominan yang paling sering ditemukan. Alhasil mereka-mereka yang berpikiran ingin waxing, jadi ragu untuk mencobanya. Hmm, mending kita bahas mitos dan fakta tentang waxing yuk. Udah saatnya kamu tau informasi yang sebenarnya.

Mitos ke-1: Rasa Sakitnya Kaya Mau Me…

Fakta: Banyak orang yang pertama kali mencoba waxing, mengeluhkan rasa sakit setelah waxing yang parah dan bikin trauma untuk coba lagi. Mendengar keluhan ini, tentu membuat orang ‘pertama kali’ selanjutnya takut dan ragu untuk coba juga. Rasa sakit yang dirasakan pertama kali ini sebenarnya adalah hal yang wajar. Hal itu karena tubuh, kulit, juga kamu belum pernah merasakan pengalaman waxing sebelumnya.

Ada beberapa cara agar rasa sakit dari waxing bisa sedikit berkurang. Sebelum waxing, kamu bisa scrubbing area target agar sel-sel kulit mati juga rambut yang terjebak di dalam kulit terlepas. Kemudian berikan bedak tabur di sekitar area target waxing. Tujuannya adalah untuk membantu menyerap kelembaban yang berlebih pada area tersebut serta membuat lilin bekerja sempurna. Selain itu, pastikan tubuh relax dan jangan tegang. Setelah waxing, kamu bisa mengoleskan gel dingin seperti aloe vera untuk membuat area bekas waxing terasa lebih calming. 

Mitos ke-2: Waxing Tidak Akan Menyebabkan Rambut Tumbuh ke Dalam

Fakta: Sayangnya, waxing adalah salah satu penyebab rambut tumbuh ke dalam. Kondisi rambut tumbuh ke dalam atau ingrown hair bisa terjadi setelah rambut dicukur atau dicabut. Situasi ini terjadi karena perubahan siklus pertumbuhan folikel rambut, akibat hilangnya lapisan tabung tempat tumbuh rambut sebelum akhirnya naik keluar ke permukaan kulit. Dilansir dari halodoc, ketika melakukan waxing, rambut akan tercabut dengan sangat cepat dan tarikan yang cepat itu benar-benar mengganggu lapisan yang sangat penting tersebut. 

Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan memastikan kulit dalam keadaan lembab sebelum melakukan waxing. Jaga kulit tetap terhindar dari dehidrasi sejak sehari sebelum waxing. Kulit kering akan menyebabkan rambut patah pada tingkat permukaan daripada dikeluarkan dari folikel. Kamu juga bisa melakukan pengelupasan ringan melalui scrubbing agar membantu menghilangkan sel kulit mati yang memungkinkan menghalangi rambut tercabut secara sempurna saat waxing.

Mitos ke-3: Waxing Membuat Rambut Tumbuh Lebih Lebat

Fakta: Rambut yang ada di tubuh manusia tumbuh dari folikel rambut yang berada di bawah lapisan kulit. Sedangkan waxing adalah proses menyingkirkan rambut di tubuh yang tidak diinginkan dengan mengangkatnya hingga ke akar. Dikutip dari alodokter, proses mencabut rambut hingga ke akar ini sudah pasti gak mungkin memicu rambut tumbuh menjadi lebih banyak ataupun lebat. Justru waxing disebut dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut di bawah kulit, sehingga rambut bisa jadi tidak tumbuh lagi. Hal ini mungkin saja terjadi apabila waxing dilakukan terlalu sering. Gak hanya waxing, proses mencukur pun bisa menjadi penyebab rambut tumbuh menjadi lebih lama. Oleh karena itu, melakukan waxing apalagi terlalu sering dan dalam jangka waktu yang panjang malahan dapat membuat rambut tumbuh lebih sedikit.

Mitos ke-4: Waxing Akan Menarik Kulit dan Membuat Kulit Keriput

Fakta: Beberapa sumber menyebutkan, melakukan waxing dapat memunculkan kerutan pada kulit. Hal ini didasarkan pada kegiatan waxing yang melibatkan beberapa tarikan dan menjadi masuk akal apabila kulit jadi kendur hingga menyebabkan kerusakan yakni kerutan. 

Dikutip dari Self, setiap gerakan kasar pada kulit mungkin dapat mengiritasi kulit, tetapi waxing bukanlah satu-satunya faktor utama yang dapat menyebabkan kerutan. Kerutan dapat terjadi apabila produksi kolagen pada kulit terganggu dan membuat kulit tidak sekencang sebelumnya. Kolagen sendiri secara alami bisa berkurang jumlahnya seiring bertambahnya usia. Dan beberapa faktor penting lain yang dapat menyebabkan kulit berkerut adalah paparan sinar UV dalam jangka panjang, pemeliharaan kesehatan yang kurang baik, kebiasaan sehari-hari yang salah, serta kurangnya nutrisi baik ke dalam tubuh. Jadi waxing sama sekali tidak punya pengaruh signifikan terhadap kerutan.

Mitos ke-5: Waxing Lebih Baik daripada Bercukur

Fakta: Hal ini berbeda-beda menurut beberapa orang. Waxing menarik rambut pada tubuh hingga ke akar, yang bisa membuat rambut tumbuh lebih lama. Sedangkan bercukur pada dasarnya hanya menghilangkan rambut yang ada di permukaan kulit sehingga rambut masih tersisa di dalam dan ujung rambut pun menjadi lebih tajam. 

Mitos ke-6: Waxing Saat Menstruasi Rasanya Lebih Menyakitkan

Fakta: Menarik rambut secara tiba-tiba dari tubuh memang pada dasarnya bisa menimbulkan rasa sakit. Namun hal yang satu ini merupakan sebuah opini yang disesuaikan dengan preferensi setiap orang. Dikutip dari beautyjournal.id, tubuh akan mengalami gejolak hormon dan secara tidak langsung hal tersebut membuat indra perasa jadi jauh lebih sensitif dari biasanya. Melakukan waxing pada masa-masa pra hingga saat menstruasi mungkin saja akan terasa lebih menyakitkan. Namun kemungkinan besar itu terjadi karena tingkat kesensitifan yang sedang naik.

Itu dia beberapa mitos legendaris seputar waxing. Harus pintar-pintar dalam membaca informasi yang benar. Kalau tahu faktanya, jadi gak perlu khawatir deh untuk ngelakuin waxing.

Tradisi Kelulusan Sekolah dari Pelbagai Negara

Momen kelulusan sekolah adalah salah satu hal yang hampir setiap orang pernah rasakan. Setiap tahunnya, akan ada ribuan pelajar yang pada akhirnya berhasil menyelesaikan pendidikan dasar mereka, sebelum melangkah naik ke jenjang pendidikan selanjutnya. Namun sebelum melanjutkan perjalanan kembali, sedikit perayaan kecil biasa dilakukan sebagai bentuk self-reward kepada diri.

Di Indonesia sendiri, perayaan kelulusan dilakukan banyak pelajar dengan berbagai cara. Salah satu yang identik dan seakan sudah menjadi tradisi adalah tradisi ‘mewarnai’ seragam. Melakukan corat-coret pada pakaian seragam sekolah, diikuti dengan konvoi kendaraan menuju lokasi tertentu sudah hampir setiap tahun terjadi saat kelulusan diumumkan. 

Nyatanya, acara-acara seperti ini gak hanya heboh dilakukan di Indonesia saja. Perayaan kelulusan rupanya menjadi kegiatan tahunan yang juga dilakukan oleh murid di negara-negara lainnya. Mulai dari mengirimkan hadiah pada sesama murid, melakukan arak-arakan bersama guru, hingga tradisi gantung tas di tiang bendera. Wah kelihatannya unik ya. Kira-kira bagaimana perayaan kelulusan yang dilakukan murid negara lain di berbagai belahan dunia? Yuk kita lihat.

Tradisi Lepas Kancing di Jepang

Jepang menjadi salah satu negara dengan tradisi perayaan kelulusan yang unik nih. Untuk merayakan kelulusan, pelajar pria di Jepang biasanya melepas kancing baju nomor dua paling atas dari seragam sekolah mereka. Kancing ini lalu diberikan kepada perempuan baik yang setingkat atau adik kelas yang mereka sukai.  

Kancing yang diberikan ini disimbolkan sebagai hati. Dan memberikan kancing baju nomor dua tersebut kepada seseorang diartikan bahwa si penerima adalah orang yang berharga di hidupnya.  Selain itu bisa juga diartikan sebagai pernyataan rasa suka, cinta atau sayang kepada orang yang menerima. Gak peduli diterima atau tidak, tradisi ini seolah mengajarkan mereka untuk berani menyatakan perasaan yang dimiliki sebelum harus pergi untuk melangkah ke jenjang kehidupan selanjutnya.

Gak cuma pelajar pria yang bisa memberikan kancing baju mereka kepada perempuan. Pelajar perempuan pun boleh untuk meminta kancing baju dari lelaki yang mereka sukai lho. Tradisi unik dari negeri Sakura ini romantis banget ya.

Hadiah Operasi Plastik di Korea

Mengutip dari Kumparan, operasi plastik rupanya menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan setelah lulus dari sekolah. Gak bisa disebut sebagai sebuah tradisi, namun operasi plastik umumnya diminati sejak usia remaja, yakni dimulai dari usia 19 hingga 29 tahun. Oleh karena itu, gak heran kalau operasi plastik sering dijadikan sebagai wujud perayaan kelulusan. Bentuk hadiahnya pun berupa satu paket treatment operasi plastik dari orang tua untuk anak sebagai penghargaan karena sudah bekerja keras selama sekolah. 

Persaingan yang ketat dan sangat selektif, terutama terhadap penampilan fisik, menjadi alasan operasi plastik banyak dilakukan. Salah satu dokter bedah plastik di Korea pun menyebutkan, banyak yang percaya bahwa seseorang yang terlihat lebih menarik secara fisik akan memiliki keberuntungan lebih juga dalam mencari kerja. Dengan melakukan operasi plastik, para orang tua berharap kehidupan anaknya akan jadi lebih baik setelah kuliah sehingga mudah mendapatkan pekerjaan. 

Tradisi Student Mossa di Swedia

Negara yang terletak di wilayah Skandinavia ini punya tradisi kelulusan yang identik dengan kekhasan negaranya. Para pelajar di sana biasanya akan merayakan kelulusan dengan berpesta sambil berbusana seperti seorang pelaut. 

Pesta akan dilakukan di sekolah, dilakukan bersama dengan keluarga yang datang mengiringi para pelajar yang lulus hari itu. Baik pelajar laki-laki maupun perempuan akan mengenakan pakaian berwarna putih. Tidak lupa dilengkapi dengan topi khas seorang nahkoda bernama Student Mossa. Kegiatan mengabadikan momen atau berfoto pun sudah pasti jangan dilewatkan.

Kemudian selesai dari acara di sekolah, para pelajar akan diarak menuju kota dengan mobil bak terbuka bersama dengan orang tua dan guru yang ikut menemani. Jalanan pun akan ramai dengan riuh gembira berupa nyanyian, teriakan, juga tarian sebagai ungkapan rasa senang atas kelulusan yang telah diraih. Gak hanya para pelajar, orang tua, serta guru yang merasakan kegembiraan. Para warga sekitar pun ikut senang dan merasakan euforia dari acara ini. 

Upacara Tenang di Thailand

Perayaan gak selamanya harus diadakan secara riuh. Di Thailand, hari kelulusan biasa dirayakan secara sakral dan tenang. Tradisi yang terjadi di sini, di setiap acara kelulusan sekolah, akan hadir anggota kerajaan yang ikut andil dalam perayaan. Acara kelulusan juga dilakukan di gedung sekolah dengan hanya dihadiri para lulusan dan orang yang berkepentingan saja. 

Dalam perayaannya, para pelajar putri diwajibkan untuk menggunakan gaun kelulusan, memakai stocking, juga tidak diperkenankan memakai perhiasan bahkan aksesoris rambut selama acara. Sedangkan untuk pelajar laki-laki, diwajibkan menggunakan pakaian berwarna putih lengkap dengan potongan rambut pendek. 

Meskipun dilakukan secara khidmat dan tenang, perayaan ini tentunya punya arti yang besar bagi para pelajar. Salah satu perayaan penting, sebelum mereka melanjutkan langkah ke rencana kehidupan selanjutnya.

Tradisi Turun Temurun di Indonesia

Bagi beberapa pelajar Indonesia, perayaan kelulusan sekolah nampaknya merupakan hal yang dirasa kurang pas jika tidak dilakukan. Perayaan tersebut juga mestilah dilakukan dengan penuh semarak dan heboh. Seperti halnya tradisi yang sudah terjadi secara turun temurun, perayaan ini hampir bisa kita jumpai di setiap tahunnya. 

Tradisi corat-coret baju seragam adalah salah satunya. Pakaian seragam yang dipikir sudah tidak akan lagi digunakan kemudian dijadikan ‘kanvas’ untuk meluapkan ekspresi dan rasa gembira atas kelulusan yang diperoleh. Gak hanya itu, perayaan kelulusan juga dilanjutkan dengan melakukan konvoi kendaraan diiringi nyanyian dan teriakan. 

Sayangnya, kegiatan merayakan kelulusan ini seringkali menimbulkan keresahan bagi masyarakat sekitar. Ekspresi kegembiraan yang berlebihan, cara berkendara yang terkadang ugal-ugalan, ditambah kebanyakan dari pelajar yang ikut dalam perayaan tersebut belum mencapai batas usia diizinkan mengemudi. Hal ini tentunya tidak aman dan dapat membahayakan keselamatan mereka juga orang sekitar. Gak heran kalau selebrasi tahunan ini mendapat pandangan yang negatif di mata umum. 

Itu dia beberapa tradisi kelulusan khas dari beberapa negara. Momen kelulusan memang menjadi salah satu hal yang paling berkesan dalam kehidupan. Pengalaman sekali seumur hidup yang bisa jadi kenangan indah di masa dewasa nanti. Tapi tetap aja ya, harus tertib dan gak menimbulkan kegaduhan bagi orang lain itu penting! Happy graduation!!

6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan

Sejak berabad-abad, teh herbal telah menjadi minuman pilihan yang dipercayakan orang sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya itu, teh herbal juga diyakini dapat membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Pernyataan di atas, didukung oleh beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa beberapa teh herbal dapat memiliki beberapa efek baik untuk mengatasi stress, kesehatan mental maupun fisik. Sebuah studi tahun 2018 juga menunjukkan bahwa hanya dengan menghirup aroma teh herbal saja dapat membantu menurunkan tingkat stress dan menghasilkan suasana hati yang lebih tenang.

Umumnya teh herbal diperoleh dari penyeduhan rempah-rempah, bunga, buah, daun, atau akar tumbuhan yang dikeringkan. Beberapa representasi teh herbal yang ramai di pasaran adalah seperti chamomile, butterfly pea, peppermint, jahe, dan masih banyak lagi. Cara penyajiannya pun terbilang mudah, sama seperti teh pada umumnya. Disajikan panas atau dingin, kenikmatan teh herbal tidak pernah bosan untuk dilewatkan dalam situasi apapun.

Di Indonesia sendiri ada banyak tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai teh herbal. Dengan khasiatnya yang baik bagi tubuh, kepopuleran teh herbal pun semakin meningkat terutama di kondisi pandemi seperti sekarang.

Berikut ini 6 jenis teh herbal yang wajib kamu coba untuk mengatasi berbagai masalahmu.

Teh Sereh

lemongrass tea

Sereh ternyata gak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dalam masakan aja. Mencampurkan sereh ke dalam secangkir teh terbukti punya banyak sekali khasiat bagi kesehatan. 

Teh sereh kaya akan kandungan gizi, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, zinc, selenium, kalsium, mangan, dan beberapa gizi lain yang memberikan khasiat bagi kesehatan. Telah sejak lama sereh dikenal sebagai obat alami untuk mengurangi nyeri, membantu tidur, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Gak cuma terasa nikmat dan bisa menenangkan badan, manfaat lain dari teh sereh adalah dapat membantu mencegah tukak lambung akibat adanya luka pada lapisan dalam lambung. Kemudian dapat meringankan gejala PMS yang seringkali menimbulkan sakit perut atau kram, sebagai obat diuretik alami, membantu mencegah kerusakan gigi, mengurangi risiko kanker, serta dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Ada banyak variasi resep yang bisa kamu coba dari minuman teh sereh ini. Seperti mencampurkannya dengan madu dan jahe, atau mencoba teh sereh dengan perasan jeruk nipis, atau juga menikmati teh sereh murni tanpa pemanis. 

Teh Bunga Telang

butterfly pea tea

Bunga telang merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Warnanya yang bermacam-macam membuat bunga telang berguna sebagai pewarna alami pada makanan dan minuman. 

Namun, selain untuk mempercantik tampilan dari sebuah hidangan, bunga telang juga telah lama digunakan sebagai obat herbal atau pengobatan tradisional karena diklaim mengandung berbagai nutrisi dan zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya pada tubuh yaitu seperti obat antihistamin yang dapat mencegah dan meringankan reaksi alergi, bersifat anti radang, dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil, juga sebagai obat diare. 

Tidak hanya itu, teh bunga telang diyakini dapat membantu memelihara fungsi dan kesehatan otak dan saraf. Caranya dengan meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Teh Osmanthus 

osmanthus tea

Pernah tau jenis teh yang satu ini? Ya kita mungkin jarang denger tentang teh ini, tapi nyatanya tumbuhan osmanthus cukup populer di Asia Timur terutama daerah China dengan aroma fruity dan richnya yang menggugah. 

Tanaman osmanthus sendiri hanya tumbuh di Cina daratan, dan telah ratusan tahun dijadikan sebagai bahan baku teh istimewa oleh berbagai dinasti setempat. Teh ini memiliki aroma sangat harum serta cita rasa perpaduan teh hijau dan teh hitam yang pekat namun menyegarkan.

Gak hanya juara karena aromanya yang bikin adem, teh osmanthus juga punya banyak manfaat sehat bagi tubuh. Diantaranya adalah kaya akan antioksidan, membantu menurunkan berat badan, bagus untuk detoks alami tubuh, membantu menenangkan pikiran, mengurangi stress, menstabilkan nafsu makan berlebih, dan membantu menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, teh osmanthus juga baik untuk kesehatan kulit dengan membantu melembabkan kulit dan bikin kulit makin sehat. Oleh karena itu, di beberapa negara di kawasan Asia Timur, khususnya China, osmanthus juga diolah sebagai produk kecantikan seperti bahan dalam skincare hingga parfum

Teh Leci 

lychee tea

Teh leci sepertinya menjadi salah satu minuman yang seringkali ditemui di tempat makan saji. Rasanya yang memang enak menjadi alasan, minuman ini sering masuk menjadi salah satu pilihan menu di beberapa restoran. 

Selain enak dinikmati, ternyata teh leci memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Teh yang terdiri dari buah leci yang dicampur dengan teh hitam tradisional ini dipercaya memiliki gizi yang baik, dengan kalium yang tinggi juga senyawa polifenol, flavonoid, dan beta-karoten, serta vitamin C dan B-nya.

Manfaat dari teh leci yaitu, seperti kemampuannya untuk meringankan pencernaan, mencegah risiko kanker, membantu penurunan berat badan, dan melindungi dari penyakit jantung. Gak hanya itu, teh leci dipercaya dapat memperkecil risiko diabetes, mengurangi tingkat kolesterol, menjaga berat badan, serta mencegah flu dan pilek

Teh Hijau

green tea

Kalau teh yang satu ini, pasti udah gak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia dan diyakini dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Bahkan, minuman ini telah menjadi bahan dalam pengobatan Jepang dan China selama berabad-abad lamanya. 

Proses pengolahan teh hijau berlangsung lebih singkat dibandingkan dengan jenis teh lainnya, seperti teh hitam. Hal ini yang menjadikan kandungan nutrisi dan antioksidan dalam teh hijau masih sangat terjaga. Dalam 100 gram teh hijau, terkandung beragam nutrisi, seperti energi, protein, magnesium, kalium, kafein, antioksidan, zat antiradang dan antikanker yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Merupakan alternatif yang baik apabila kamu bosan minum air putih. 

Mengkonsumsi teh hijau secara teratur terbukti punya manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya mencegah penyakit jantung dan stroke, menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, serta dapat menstabilkan tekanan darah. 

Di masa pandemi seperti saat ini, udah jadi kewajiban kita untuk saling menjaga diri sendiri dan orang tersayang agar terhindar dari berbagai penyakit. Keenam jenis teh herbal di atas selain nikmat, juga punya khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi secara teratur, bukan tidak mungkin kalau imun tubuh akan semakin kuat.

Kabar baiknya, Paola menyediakan paket lengkap dari keenam jenis teh herbal di atas lho.

Blooming Tea Hampers, terdiri dari enam kotak varian teh herbal yang masing-masing jenisnya berisikan empat teabag teh. Kemudian terdapat satu kotak madu dan gula yang bisa jadi variasi dalam menikmati teh. Lalu sebuah sendok teh dan satu pasang double wall tea glass sebagai wadah kamu menikmati teh bersama pasangan. Gak lupa juga, tersedia gift card yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan pesan indahmu ke dia yang kamu sayangi. 

Blooming Tea Hampers cocok banget untuk jadi hadiah spesial bagi mereka yang kamu sayangi. Kamu bisa order Blooming Tea Hampers lewat website resmi paola.id, atau kunjungi Tokopedia, Shopee, dan Instagram resmi Paola. Jangan sampai kelewatan!

Cara Menjaga Hubungan Pertemanan agar Langgeng

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Seberapa tinggi tingkat kemandirian yang seseorang punya, siapapun tentu tetap butuh menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain. Gak cuma sampai disitu, mereka juga perlu untuk menjaga hubungan pertemanan supaya langgeng dan tahan lama.

unsplash.com/@felixrstg

Ada berapa orang teman yang kamu punya dalam hidupmu? Satu dua atau banyak sampai gak kehitung? Berapapun jumlahnya, penting bagi kamu untuk punya hubungan yang baik dengan mereka. Terlebih teman dekat yang punya frekuensi, kesukaan, hobi atau hal lain yang sama dengan kamu. Bahasa gampangnya sih, sahabat.

Punya sahabat baik bisa dibilang adalah salah satu anugerah terbaik dalam kehidupan. Banyak manfaat dari memiliki sahabat, baik untuk diri sendiri, mental, hingga kebiasaan hidup. Mereka bisa bikin suasana hati jadi lebih baik, penolong disaat kamu butuh bantuan atau sekedar teman ngobrol, dan beberapa manfaat lain yang bikin kehidupan jadi terasa bahagia. Gak perlu banyak, satu orang tapi bisa bikin kamu nyaman dan merasa happy aja udah bisa bikin hati senang banget.

unsplash.com/@courtneymcook

Tapi yang namanya sahabat, ia tetaplah orang asing dengan sifat dan karakter yang belum tentu sama dengan kamu. Karena perbedaan itu, mesti beberapa kali ada hal yang gak sejalan terjadi di antara kalian. Perbedaan itu normal. Menghargai satu sama lain jadi kunci agar hubungan persahabatan dapat berjalan langgeng.

Lalu kira-kira, bagaimana ya cara menjaga persahabatan agar panjang umur dan berjalan dengan baik. Tim Paola sudah merangkum caranya nih untuk kamu.

1. Memilih Teman

Bukan bermaksud mengajarkan sifat jelek, memilih teman yang baik adalah kewajiban bagi setiap orang. Teman yang baik akan berdampak baik juga untuk dirimu dan perjalanan hidupmu nantinya. Jika kamu salah memilih teman dalam, bisa-bisa kamu ikutan masuk ke jalan yang salah. Bersikap baiklah pada semua orang, namun hanya pilih orang tertentu yang bisa ikut terlibat dalam kehidupanmu.

2. Perlakukan Teman dengan Baik

Kamu pasti pernah dengar pepatah yang bunyinya, “Perlakukanlah seseorang, sebagaimana kamu ingin diperlakukan.” Hal yang pertama ini adalah salah satu poin penting agar hubungan pertemanan berjalan baik dan tahan lama. Jangan pernah bertindak semena-mena terhadap siapapun, seperti memandang rendah seseorang. Perlakukanlah siapapun secara setara dan adil.

3. Tidak Ada Manusia yang Sempurna

Pahamilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kekurangan, juga kebiasaan yang mungkin bisa membuat beberapa orang kurang nyaman. Memahami kekurangan satu sama lain dan mencoba menerimanya sebagai bagian dari diri adalah kunci persahabatan yang baik. 

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Gak ada manusia yang hidupnya berjalan mulus-mulus aja. Pasti ada satu waktu di mana seseorang punya masalah yang mungkin berat tapi jarang diungkapkan. Teman dekat biasanya bisa tau kalau temannya sedang ada masalah, hanya dengan lihat ia nampak berbeda dari biasanya. Kamu bisa ajak mereka ngobrol dan jadi pendengar yang baik. Temanmu pasti akan merasa lega jika keluhannya didengarkan oleh orang terdekatnya.

5. Luangkan Waktu Satu Sama Lain

Meski mungkin diantara kalian punya jadwal yang padat atau sibuk, tetap tunjukkan bahwa kalian memang saling peduli dan ingat terhadap satu sama lain. Jadwalkan waktu bertemu, tidak perlu rutin, dan pastikan tepati janji bertemu itu. Jika memang gak memungkinkan untuk bertemu, kalian bisa kok berhubungan secara virtual. Yang terpenting, buat sahabatmu merasa ia adalah orang yang penting di hidupmu. 

6. Tunjukkan Dukungan & Kepedulian

Selain membuat sahabat merasa kalau diri mereka penting, pastikan juga untuk menunjukkan rasa sayangmu kepada mereka dengan tindakan tertentu. Tindakan tertentu ini untuk menunjukkan bahwa kamu memang peduli pada mereka. Seperti pujian atau kata-kata penyemangat. Yakin deh, sahabatmu pasti senang kalau mereka dipuji olehmu.

7. Hilangkan Rasa Iri

Terkadang, manusia itu suka gak terima kalau ada orang yang lebih jago dibanding dirinya. Alih-alih berusaha keras agar bisa sama-sama sukses, yang ada malah cuma bisa ngedumel dan yah gitu deh. Nah kamu harus hindari nih sifat yang satu ini. Apalagi iri sama sahabat sendiri. Setiap manusia itu unik. Kalau sahabatmu dapat pencapaian membanggakan, kamu juga harus turut merasa bahagia karenanya. Positif yuk.

8. Dapat Dipercaya

Sebuah hubungan tidak akan bertahan lama tanpa pondasi berupa kejujuran yang kuat. Untuk itu kamu harus bisa menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya oleh sahabatmu. Jika sahabatmu yakin untuk mau berbagi cerita dan rahasia dalam hidupnya kepada kamu. Maka kamu juga harus yakin bisa menyimpannya hanya untuk diri sendiri saja. Sebuah rahasia haruslah tetap jadi rahasia sampai kapanpun ya. 

9. Akui Kesalahan dan Minta Maaf

Dalam pertemanan, gak selamanya keadaan berjalan baik sesuai harapan. Terkadang akan ada waktu di mana salah satu dari kalian bikin ulah, dan berdampak pada panasnya hubungan. Gak apa, berantem-berantem kecil itu wajar. Siapapun yang salah, kalian cuma perlu minta maaf dengan tulus dan belajar mengakui kesalahan. Jangan sampai diam saja dan menganggap semua akan selesai jika dibiarkan. Menerima kesalahan dan tulus meminta maaf adalah bagian dari pendewasaan lho. 

Menjaga hubungan pertemanan itu memang tidak semudah kita memperkenalkan diri di awal pertemuan. Sifat dan karakter yang berbeda, menjadikan manusia harus bisa melatih diri menerima segala perbedaan di lingkungan sosial. Tentu dengan tujuan agar hubungan pertemanan berjalan hangat dan langgeng. Love you sahabat!

Perbedaan Buku Harian dan Jurnal

Menulis adalah kegiatan yang punya banyak manfaat bagi otak. Salah satu kegiatan menulis yang pernah banyak manusia kerjakan sewaktu kecil adalah menulis buku harian. Tapi semakin beranjak besar, ada lagi bentuk kegiatan menulis lainnya yaitu menulis jurnal. Dan beberapa orang beranggapan bahwa buku harian atau diary dan jurnal itu punya pengertian dan fungsi yang sama. Benarkah?

Buku harian dan jurnal memang sama-sama digunakan untuk menyimpan catatan pribadi. Namun keduanya punya perbedaan dalam tingkatannya. Seperti, buku harian cenderung digunakan untuk mencatat peristiwa-peristiwa yang terjadi. Sedangkan jurnal merupakan buku yang berguna sebagai media untuk menyimpan eksplorasi ide-ide yang sebelumnya sudah terbentuk. 

Berdasarkan contoh pernyataan di atas, hal ini membuktikan bahwa buku harian dan jurnal itu gak sepenuhnya sama. Lalu apa sebenarnya perbedaan buku harian dan jurnal? Yuk kita bahas

Buku Harian

Kedua kata ini – buku harian dan jurnal – seringkali digunakan secara bergantian. Akan tetapi sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya. Buku harian biasanya disusun secara kronologis dan cenderung digunakan untuk merekam perasaan, suasana hati, dan emosi yang terjadi pada hari-hari tertentu secara berurutan. Karena sumber informasi dalam buku harian didasarkan pada pengalaman pribadi diri sendiri, maka isinya adalah tentang hal yang telah terjadi.

unsplash.com/@all_who_wander

Misalnya, saat merasa sedih kita akan menuliskan apa-apa saja di hari itu yang membuat kita menjadi sedih. Atau saat terjadi sesuatu hal yang menggembirakan. Kita juga pasti akan menjelaskan kronologi dari pengalaman menyenangkan yang terjadi di hari itu. Sehingga lembaran-lembaran cerita itu bisa menjadi sumber bagi kita untuk mengetahui emosi yang terjadi di suatu aktivitas tertentu. 

Contoh isi buku harian: “Cuaca di hari ini begitu panas. Caramel frappe yang baru saja aku beli mendadak berkeringat hebat karena teriknya matahari.

Jurnal

Sebuah jurnal, di sisi lain, tidak selalu dibatasi oleh tanggal pada kalender. Umumnya catatan yang ditulis mencakup beberapa aspek spesifik yang menurut penulis harus ditulis. Isi dalam jurnal dapat berupa pemikiran acak, daftar, ide, gambar, coretan, kenangan, lirik lagu, dan hal lain yang terlintas dalam pikiran. Hal ini berarti jurnal berisikan pembahasan yang lebih detail dibandingkan dengan buku harian. Jika memuat pengalaman, pembahasannya pun akan lebih kompleks dan terperinci. 

unsplash.com/@thoughtcatalog

Menulis jurnal berarti menuangkan buah pikiran ke dalam bentuk kata-kata. Hasilnya pun akan berupa laporan progresif tentang konten apa pun. Ada banyak jenis jurnal yang biasa dibuat, seperti jurnal akademik, jurnal harian, jurnal publik, dan jurnal bisnis. 

Contoh isi jurnal: 

– turn a memory into a story

– record your dream

– make a list

– draw doodle

– paste pictures

– record song lyrics or quotes

Untuk lebih membuat kita semua paham, tabel berikut ini bisa membantu

Topik atau TemaApa yang Kamu Masukkan ke dalam Buku HarianApa yang Kamu Masukkan ke dalam Jurnal
Makanan dan masakanCatatan makanan yang dimakan hari ini dan bagaimana perasaan saat memakannyaCatatan resep yang akan kamu coba
Fashion dan GayaBagaimana penampilanmu hari iniKliping majalah dan gambar tas desainer yang menginspirasi gayamu
Pekerjaan dan karirTugas apa saja yang sudah berhasil diselesaikan di tempat kerjaGambaran besar tujuan karir, to do list
Kebugaran dan olahragaCatatan aktivitas fisik hari iniTips melakukan pose yoga tertentu
Perbedaan isi buku harian dan jurnal

Manfaat Menulis Buku Harian dan Jurnal

Biasanya, menulis buku harian atau jurnal dianggap berguna sebagai wadah penampung keluh kesah semata. Padahal manfaatnya sangat lebih dari sekedar itu lho! Dua hal ini gak hanya bermanfaat bagi kesehatan, juga dapat melatih emosi, ingatan, dan beberapa hal menakjubkan lainnya

1. Meredakan Stress

Saat dilanda masalah yang bikin cemas dan stress, cobalah untuk menuangkannya ke dalam tulisan lewat menulis buku harian. Melalui kegiatan menulis, pikiran akan menjadi lebih rileks dan mengurangi beban pikiran yang mengganjal di hati. Suasana hati pun akan merasa lebih baik.

Menuangkan perasaan ke dalam tulisan berfungsi memperbaiki kondisi mental bagi orang yang memiliki gangguan mental, seperti depresi, bipolar, gangguan kecemasan, gangguan makan, hingga skizofrenia.

2. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Rasa cemas dan gelisah seringkali menjadi faktor utama yang dapat membuat tidur seseorang terganggu. Jika kamu sedang dalam masalah ini, kamu bisa mengatasinya dengan meluapkan kegelisahan tersebut pada buku harian. Efeknya rasa gelisah menjadi berkurang dan tidur pun jadi lebih nyenyak. 

Fokuskan pikiranmu pada hal-hal positif yang kamu rasakan, seperti tentang apa yang kamu syukuri dalam hidup misalnya. Menurut penelitian, menuliskan hal-hal positif yang ada pada dirimu dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang dan damai. Tubuh terasa lebih rileks. Tidur pun akan jauh lebih berkualitas.

3. Mengenal Diri Sendiri

Kamu sering merasa kalau hidupmu berjalan gitu-gitu aja? Gak bersemangat dalam menjalani aktivitas tapi bingung harus apa? Ini mungkin aja terjadi karena kamu belum benar-benar mengenal dirimu sepenuhnya. 

Untuk itu, cobalah menulis di buku harian tentang apa-apa saja yang kamu sukai, hal apa yang bisa kamu syukur, dan angan atau cita-cita apa yang ingin kamu capai. Dengan rutin menulis, kamu akan lebih mengenal dirimu dan lebih yakin dalam menentukan tujuan apa yang ingin kamu capai dalam hidup.

4. Meningkatkan Produktivitas

Menulis jurnal dipercaya mampu meningkatkan produktivitas dan mengembangkan diri. Kamu bisa coba menuliskan skala prioritas dalam hidupmu dan mengurutkannya mulai dari yang terpenting. Apa-apa saja yang kamu pikir butuh diselesaikan dengan cepat, serta yang bisa ditunda. 

Tujuan dari menulis ini adalah agar kamu bisa fokus dan lebih terarah dalam mengembangkan diri. Jika sudah ditulis, jangan lupa untuk dibaca dan diwujudkan ya.

5. Meningkatkan Kreativitas

Nyatanya gak cuma otot aja yang mesti dilatih biar jadi kuat, kreativitas pun juga perlu lho. Daya ingat dan pikiran kreatif akan semakin berkembang baik apabila rajin diasah. Salah satu caranya bisa dengan menulis. 

Menulis dapat melatih otak untuk bisa memikirkan dan membayangkan segala hal secara baik. Gak hanya itu, kita pun bisa jadi lebih kritis dan detail terhadap sesuatu. Menurut sebuah penelitian, menulis memberikan kita kebebasan untuk berekspresi dan dengan melakukan tulis tangan, seseorang dapat berkreasi dengan bentuk-bentuk huruf yang digunakan, lebih dari sekedar garis lurus. Imajinasi pun jadi lebih aktif.

Itu dia perbedaan menulis buku harian dan jurnal. Walaupun berbeda, manfaatnya bisa sama-sama melatih otak dan tubuh pun jadi lebih sehat. Yuk rajin menulis!

Kelebihan Mie Shirataki dibanding Mie Biasa

Siapa yang gak suka mie. Dari usia muda hingga tua, mie adalah salah satu makanan yang godaannya paling sukar untuk ditolak. Proses masaknya yang mudah, instan, dan praktis menjadikan mie pilihan yang pas untuk mengisi perut secara cepat. Tapi apa kamu pernah cobain mie shirataki?

Kebanyakan dari kita terbiasa mengkonsumsi mie instan yang komposisi utamanya adalah tepung terigu. Namun saat ini, ada inovasi baru dari mie yang tengah menjadi bahan perbincangan di dunia kuliner khususnya bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan atau diet. Mie itu adalah mie shirataki.

ketodietapp

Apa Itu Mie Shirataki?

Mie shirataki adalah mie panjang berwarna putih bening yang hampir mirip seperti bihun atau kwetiau di Indonesia. Mie shirataki sendiri terbuat dari air dan pati akar tanaman konjac yang umum tumbuh di Jepang, China, dan beberapa negara di Asia Tenggara. Sedikit informasi, tanaman konjac merupakan tanaman sejenis umbi-umbian dimana di dalamnya terkandung sejenis serat bernama glukomanan. 

Glukomanan sendiri merupakan serat yang sangat kental, sejenis serat larut yang dapat menyerap air hingga membentuk gel. Glukomanan dapat menyerap hingga 50 kali berat air. Hal inilah yang membuat mie shirataki sangat rendah kalori dan karbohidrat, karena seratnya justru menjadi tambahan energi bagi tubuh.

Mie shirataki mengandung banyak sekali air. Hampir 97% dari kandungan mie shirataki adalah air dan sekitar 3% adalah serat glukomanan. Terkadang, para produsen juga menambahkan sedikit air jeruk nipis ke dalam adonan mie. Jeruk nipis bertujuan untuk membantu mie tetap pada bentuk yang sempurna. Selain diolah menjadi mie, akar tanaman ini juga kerap dibuat menjadi tahu, makanan ringan, makanan pengganti nasi, hingga obat-obatan tradisional. 

webconsultas

Kelebihan Mie Shirataki

Kita sudah sedikit tau kandungan apa yang terdapat dalam adonan mie shirataki. Lalu apa aja manfaat dari mengkonsumsi mie shirataki ini bagi tubuh? 

Tinggi Serat

Mie shirataki seringkali disebut sebagai mie konjac atau mie unik. Hal ini karena mie shirataki mengandung pati yaitu glukomanan yang dalam sistem pencernaan, glukomanan bertindak seperti serat makanan. Seperti wujud serat lainnya, mie ini bergerak melalui sistem pencernaan dengan sangat lambat, yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dan menunda penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah. 

Selain itu, serat dalam mie shirataki dapat berfungsi sebagai prebiotik yang berguna memelihara bakteri baik yang hidup di usus besar. Bakteri baik pada usus berperan penting dalam proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Bakteri ini juga dapat mempengaruhi aspek kesehatan lainnya, seperti suasana hati dan berat badan. 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Mie shirataki disebut mampu menjadi alat menurunkan berat badan yang ampuh. Serat glukomanan yang terkandung dalam mie shirataki benar-benar dapat membantu menunda pengosongan perut yang bisa menimbulkan rasa lapar. Kamu jadi merasa kenyang lebih lama dan akhirnya makan dalam jumlah yang lebih sedikit. 

Gak hanya itu, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi serat glukomanan selama 4-8 minggu dapat membantu menurunkan kadar hormon lapar di dalam tubuh yaitu ghrelin. Dengan menurunnya hormon ini, alhasil tubuh lebih bisa menahan diri untuk makan. Tambahan lainnya, berat badan pun terbukti bisa turun sebanyak 1,4-2,5 kg.

Penelitian ini menggunakan 2-4 gram glukomanan yang dikemas dalam wujud tablet atau suplemen. Meski tidak ada penelitian khusus tentang mie shirataki, kemungkinan efek yang dikandung dalam mie bening ini akan sama. 

Aman Bagi Penderita Diabetes

Mie shirataki memiliki indeks glikemik rendah yang berarti tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah memakannya. Serat glukomanan yang ada di dalam mie shirataki juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin. Makanan ini pun boleh dikonsumsi oleh mereka penderita prediabetes, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2 yang mungkin perlu untuk membatasi asupan karbohidrat mereka. 

Hal ini bisa terjadi karena serat glukomanan dapat menunda pengosongan perut sehingga gula darah dan kadar insulin yang masuk ke aliran darah akan meningkat dengan lambat, sedikit demi sedikit. Selain itu, ditemukan dalam penelitian bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi serat glukomanan selama 3 minggu mengalami penurunan fruktosamin atau indikator gula darah yang signifikan

Menurunkan Kolesterol

Serat pada dasarnya memiliki efek menurunkan jumlah kolesterol yang ada dalam aliran darah. Termasuk serat glukomanan yang ada dalam mie shirataki.

Serat glukomanan dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mendorong hati untuk melepaskan empedu yang mengandung kolesterol, yang dikeluarkan oleh tubuh melalui proses buang air besar. Kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah pun menjadi lebih sedikit dan tidak berlebihan. Studi menemukan bahwa mengkonsumsi 3 gram serat glukomanan setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL “jahat” hingga 10%.

Meringankan Sembelit

Beberapa orang punya masalah dalam buang air besar yang jarang bahkan hingga sulit untuk dikeluarkan. Namun kandungan dalam mie shirataki bisa menjadi solusinya. Dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi, glukomanan dalam mie shirataki bisa membantu usus bekerja lebih baik. 

Glukomanan punya efek merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus. Pertumbuhan baik ini dapat menghasilkan lebih banyak aktivitas bakteri baik di usus. Pergerakan usus pun jadi semakin lancar sampai ke pembuangan feses. Bahkan, pemberian serat glukomanan diketahui dapat membantu mengatasi sembelit parah pada anak.

Merangsang Pergerakan Usus yang Teratur

Sama seperti sumber serat lainnya, mie shirataki dapat membantu pencernaan dan melancarkan buang air besar secara teratur. Solusi bagi orang yang kerap mengalami sembelit atau yang ingin meningkatkan asupan serat untuk memperbaiki pencernaan secara umum. 

Pengganti Makanan yang Sehat

Mie shirataki seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang sedang fokus menjalani pola hidup sehat atau program diet. Selain itu, beberapa beranggapan mie shirataki berguna dan bermanfaat bagi kesehatan terutama mereka yang memiliki alergi makanan, intoleransi makanan, atau kondisi pencernaan lainnya. Hal ini tentu berkaitan dengan komposisi yang dikandung oleh mie shirataki. Kandungan tersebut diantaranya tidak mengandung gandum, perekat, dan telur. 

Itu dia kelebihan dari mie bening yang akhir-akhir ini lagi populer. Mie shirataki dapat rutin kamu konsumsi. Namun, di samping itu kamu juga perlu untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi lainnya terutama sumber protein. Rutin berolahraga, perbanyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan berbagai kebiasaan sehat lainnya bisa membantu menopang kebutuhan hidup sehat kamu. 

Mindful Eating untuk Hidup yang Lebih Baik

Siapa sih yang gak senang makan. Ketika dihadapkan dengan makanan, banyak dari kamu pasti langsung gercep alias gerak cepat buat deketinnya. Ya, wajar lah. Namanya juga manusia. Kalau kata pepatah sih, gak makan gak hidup, hihi.

Tapi makan gak selamanya menyenangkan nih. Beberapa dari kamu pasti pernah ngerasain lapar yang gak habis-habis. Porsi udah banyak tapi tetap lapar. Atau menu makanan udah nikmat dan enak banget, tapi pas disantap kok biasa aja ya. Hmm, kira-kira apa yang salah sih?

Tenang-tenang, gak ada yang salah. Kamu mungkin belum kenal aja sama konsep Mindful eating. Konsep menaruh perhatian khusus pada waktu makanmu, agar proses makan terasa lebih nikmat dan kamu pun jadi lebih kenal diri sendiri. Kenal lebih dalam yuk sama Mindful eating.

Apa itu Mindful Eating?

unsplash.com/@bradyn

Mindful eating adalah konsep menaruh perhatian penuh terhadap waktu di saat kita makan, seperti memperhatikan porsi, emosi, isyarat fisik, dan sebagainya. Mindful eating juga bisa disebut sebagai teknik yang membantu kamu dalam mengendalikan kebiasaan makan. 

Seperti tujuan dasar mindfulness yaitu meditasi, tujuan dari konsep ini adalah untuk mengenali diri sendiri serta meresapi kenikmatan rasa dan pengalaman dalam makanan tersebut. Gak hanya itu, mindful eating dapat digunakan untuk mengobati banyak kondisi, seperti gangguan makan, depresi, kecemasan, dan berbagai perilaku terkait kebiasaan makan. 

Pada dasarnya, mindful eating melibatkan beberapa hal:

  • Makan secara perlahan, tidak terburu-buru saat mengunyah makanan 
  • Makan tanpa gangguan, tidak melakukan aktivitas lain saat makan 
  • Makan hanya saat kamu benar-benar lapar dan berhenti makan saat tubuh merasa cukup. Kamu harus sadar akan isyarat fisik yang diberikan oleh tubuh
  • Membedakan antara rasa lapar yang sebenarnya dengan rasa lapar yang tidak dapat memicu makan 
  • Libatkan indera kamu saat makan, seperti memperhatikan warna, aroma, tekstur, suara, dan rasa saat makan
  • Belajar mengatasi rasa bersalah dan kecemasan karena makanan
  • Makan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh
  • Memperhatikan efek makanan terhadap perasaan dan diri kamu
  • Menghargai makanan yang kamu makan

Mengapa Harus Mulai Mindful Eating?

unsplash.com/@alexhaney

Di tengah kehidupan yang modern, manusia dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan dengan cepat dan tidak jarang mesti dilakukan di waktu yang bersamaan juga. Selain itu, banyaknya gangguan yang bisa mengalihkan perhatian, seperti gadget, membuat kita jadi sering melupakan kenikmatan berproses yang sedang terjadi saat waktu makan.

Konsep mindful eating sebenarnya didasarkan pada kebiasaan makan cepat yang saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang. Makan cepat ini merupakan tindakan ceroboh, di mana hal ini bisa membuat sinyal kenyang tidak akan datang sampai kamu sadar sudah makan terlalu banyak. Ini adalah masalah, karena otak perlu waktu hingga sekitar 20 menit untuk bisa menyadari bahwa kamu sebenarnya sudah kenyang. 

unsplash.com/@louishansel

Dengan mindful eating, kamu bisa memulihkan perhatian dan menikmati proses makan yang sedang kamu lakukan. Menyadari bahwa kegiatan makan adalah bagian dari kegiatan hidup sehari-hari, bukan selingan. Kamu juga bisa meningkatkan pengenalan akan rasa lapar fisik dan isyarat kenyang. Gak hanya itu, kamu pun jadi tau tanda lapar seperti apa yang gak harus diselesaikan dengan makanan.

Manfaat lainnya adalah mindful eating terbukti dapat menurunkan berat badan juga membantu pasien dalam penerapan diet penyakit tertentu. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa makan lebih lambat membuat otak merespon kenyang dalam waktu yang benar. 

Bagaimana Cara Menerapkan Mindful Eating?

unsplash.com/@icons8

Setelah kamu membaca dan sudah mempertimbangkan untuk memulai, kamu bisa menerapkannya secara bertahap. Fokus dan melakukan makan dengan kesadaran penuh adalah kunci dalam menerapkan mindful eating. 

Ini tips yang bisa kamu ikuti untuk memulai melakukan mindful eating:

  • Sebelum mengambil makanan, sebaiknya kamu tanyakan pada diri sendiri apakah saat ini benar-benar merasa lapar? Juga apakah makanan yang akan dimakan itu baik dan sehat?
  • Makan dengan perlahan dan tidak terburu-buru
  • Kunyah setiap bagian dari makanan, sampai benar-benar lembut baru ditelan
  • Jauhkan gangguan saat makan, seperti main handphone, menonton tv atau film, ataupun sambil bekerja. Usahakan untuk selalu makan di meja makan untuk menghindari gangguan
  • Tidak makan sambil berbicara
  • Fokus pada makanan dan bagaimana makanan membuat kamu kenyang
  • Berhenti makan saat kamu sudah merasa kenyang

Kamu dapat mulai melakukan mindful eating dengan menerapkan satu tips di atas secara bertahap. Satu kali sehari saat kamu makan. Jika sudah berhasil, kamu bisa tingkatkan lagi menjadi dua hingga semua tips terlaksana. Konsisten adalah kunci. Semoga hal baik ini bisa jadi kebiasaan kamu ya. Semangat hidup sehat!!

Rekomendasi Teh untuk Rileks hingga atasi Insomnia

Ada banyak sekali jenis teh yang tersedia di Indonesia bahkan di dunia. Sama seperti jenisnya, manfaat dari secangkir teh pun juga sangat bermacam-macam. Bisa menenangkan, menyembuhkan, memberi energi, dan masih banyak lagi! Dengan begitu banyak manfaat yang dikandung, teh memang pilihan terbaik dan lebih sehat untuk mengatasi banyak masalah dibandingkan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi kurang baik atau juga minum-minuman beralkohol yang memabukkan.

Beraneka jenis teh dengan kandungan nutrisi yang berbeda-beda tersebut, bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan mu. Butuh teh untuk mengatasi rasa mual? Atau untuk menghilangkan pengar? Yuk cari tahu di bawah!

1. Merasa Mual? Coba Teh Peppermint Yuk

medicalnewstoday

Rasa mual memang bikin tubuh jadi gak nyaman. Kita jadi gelisah dan khawatir kalau tiba-tiba isi lambung mendadak pengen keluar. Akan terasa mudah kalau berada di rumah dan beristirahat di kasur yang nyaman. Namun akan jadi lebih sulit jika kita lagi di tempat umum yang jauh dari toilet atau gak ada persiapan penampungan sama sekali. 

Selain kamu bisa berbaring atau mengusap perut dengan minyak hangat, minum teh peppermint bisa juga jadi pilihan lho. Teh peppermint berasal dari daun peppermint yang merupakan ramuan aromatik hasil dari persilangan antara watermint dan spearmint. Daun peppermint diketahui mengandung minyak yang disebut mentol. Mentol dikenal memiliki sifat atau rasa dingin yang diyakini dapat membantu meredakan mual hampir dalam waktu seketika. 

Gak hanya meredakan mual dan masalah perut, teh peppermint bermanfaat juga dalam menghilangkan stres, membantu proses tidur, membantu menurunkan berat badan, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta dapat membersihkan kuman penyebab bau mulut.

2. Habis Jam Makan Siang malah Loyo? Tahan dengan Teh Hitam 

teafloor

Masalah yang sering terjadi di waktu kerja adalah rasa ngantuk yang menyerang selepas jam istirahat makan siang. Orang-orang biasanya akan langsung ke pantry dan menyeduh secangkir kopi sebagai penahan. Tapi kalau kamu lagi dalam kondisi gak minum kopi, teh hitam adalah alternatif terbaik selain minuman berkarbonasi manis. Sebagai salah satu teh yang jumlah kafeinnya paling banyak, teh hitam jadi minuman yang sempurna dan cukup untuk memberi tubuh dorongan energi. Bisa lah sedikit bertahan sampai jam pulang nanti.

Gak hanya bisa membantu menahan rasa ngantuk, teh hitam juga punya beberapa manfaat yang bagus untuk tubuh. Diantaranya, bersifat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, menurunkan kolesterol LDL ‘jahat’, meningkatkan kesehatan usus, menurunkan tekanan dan kadar gula darah, mengurangi resiko kanker, menjaga kesehatan otak, mulut, dan tulang, penghilang stres, serta membantu dalam peningkatan fokus dan energi. 

Meski mengandung kafein lebih banyak dibanding teh lainnya, perlu diketahui bahwa kafein dalam teh hitam tetap berjumlah lebih rendah dari secangkir kopi. Jadi, kamu gak perlu khawatir.

3. Insomnia Melanda? Teh Chamomile Solusinya

smartsexypaleo

Setelah beraktivitas seharian penuh, penting bagi tubuh untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Kalau tidak, tentunya kamu gak akan bisa tampil maksimal di pagi hari dan jadi mudah jatuh sakit.

Sayangnya, gak semua orang bisa langsung tidur ketika mereka merasa lelah. Mereka yang mengidap insomnia, seringkali sulit untuk bisa tidur tepat waktu dan sudah bisa dipastikan tak punya cukup waktu tidur yang dibutuhkan tubuh. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia. Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan minum teh chamomile. Chamomile merupakan herba yang telah banyak digunakan dan dimanfaatkan selama berabad-abad. Kandungan flavonoid, coumarin, polyacetylenes, dan sesquiterpenes yang ada di dalamnya merupakan senyawa-senyawa yang berfungsi setara obat. Sedikit kafein dan kaya antioksidan dalam teh chamomile dapat membantu mengikat reseptor di otak yang mendorong kantuk dan mengurangi insomnia.

4. Teh Lavender untuk Menenangkan Saraf

teabreakfast

Bunga lavender atau Lavandula angustifolia adalah salah satu tanaman paling wangi di dunia. Gak heran kalau tanaman yang satu ini seringkali digunakan dalam pembuatan sabun dan produk yang butuh wewangian cantik nan menenangkan lainnya. 

Saking populernya, olahan lavender juga mulai merambah menjadi minuman teh yang bisa menenangkan pikiran setelah seharian beraktivitas. Terbuat dari kuncup lavender kering, teh lavender adalah alternatif alami yang efektif untuk menenangkan saraf. Nilainya pun lebih baik dan aman dibandingkan dengan obat yang dijual bebas. 

Gak hanya aromanya aja yang bermanfaat, khasiat dari teh lavender pun udah terbukti secara ilmiah. Diantaranya, membantu memperbaiki mood, meningkatkan kualitas tidur, meredakan nyeri haid, dan juga menjaga kesehatan kulit. 

5. Tingkatkan Konsentrasi dengan Teh Hijau

newtimes

Mesti ngejar deadline tapi fokus dan perhatian malah aur-auran? Waduh, bahaya ini. Daripada kena marah atasan, mendingan kamu seduh teh hijau sekarang. 

Kenapa mesti teh hijau? Karena teh ini mampu membantu kamu mengembalikan dan meningkatkan fokus yang sempat hilang. Kandungan L-theanine serta kafein yang bekerja sinergis, diyakini mampu menghasilkan efek yang merangsang, memberi energi, dan meningkatkan kinerja otak.

Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis yang memiliki proses pengolahan yang lebih singkat, jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Gak heran kalau kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga. 

Minuman yang sejak lama digunakan dalam pengobatan Jepang dan Cina ini disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia lho. Diyakini juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Selain membantu meningkatkan fokus, teh yang kaya akan antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan stroke, menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, menstabilkan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

10 Hal Saat Bertemu dengan Orang Tua Pacar

vogue

Ketika udah yakin dan serius dalam menjalin hubungan dengan seseorang, siapapun pasti berharap bisa lanjut terus ke tahap berikutnya. Salah satu tahapan yang dinantikan adalah saat bisa kenalan sama keluarganya, terlebih orang tuanya. Jika sudah berhasil berkenalan bahkan dekat sama orang tuanya, bukan tidak mungkin restu yang diharapkan jadi lebih mudah didapat. 

Bertemu dengan orang tua pacar untuk pertama kali bisa menjadi momen yang menegangkan bagi siapapun. Banyak yang bilang kalau momen ini sama pentingnya seperti hendak melakukan interview pekerjaan. Siapapun pasti berusaha melakukan yang terbaik agar kesan yang dihasilkan juga baik sesuai dengan harapan. 

Agar perasaan tegang yang dirasakan nggak bikin momen menjadi kacau, kamu tentu perlu persiapan. Persiapan yang matang dan pengetahuan yang cukup tentang mereka bisa sedikit membantu kamu di hari ‘eksekusi’ nantinya. Lewat artikel ini Paola mau kasih kamu tips dalam menjalani salah satu tahapan penting dalam hubungan percintaan. Di simak baik-baik yuk!

1. Cari Informasi Pendukung Sebanyak-Banyaknya

Jika ingin lancar dalam pertemuan nanti, salah satu caranya ialah kamu harus cukup informasi tentang keadaan dan orang yang akan dijumpai. Dalam hal ini, bersyukurlah kamu karena ada ‘orang dalam’ yang pasti punya informasi akurat mengenai mereka. Yup, siapa lagi kalau bukan pacarmu. 

Tanya semua hal yang bisa membantu kamu dalam menghadapi orang tua pacarmu. Hal tersebut biasanya seperti apa yang disukai, apa yang tidak disukai, kebiasaan, dll. Pengetahuan tentang hal-hal di atas bisa membantu kamu dalam menjalani hari H nanti dengan percaya diri. Kamu pun bisa sedikit terhindar dari salah-salah kata atau perbuatan yang bisa jadi berakibat nggak baik untuk kesanmu atau hubungan kalian.

2. Datang di Waktu yang Tepat

Penting untuk menciptakan momen baik di waktu yang tepat. Agar pertemuan berjalan lancar, kamu harus tau kapan sekiranya waktu yang baik untuk mengunjungi mereka. Jangan sampai pertemuan pertama yang seharusnya jadi awal pondasi kokoh bagi hubunganmu dengan pasangan, runtuh karena kedatanganmu yang ga terencana.

Obrolan yang nyaman biasanya terjadi jika kedua belah pihak sama-sama sedang dalam kondisi santai. Hindari datang bertamu ketika orang tua pacarmu sedang merasa lelah, sibuk karena pekerjaan, atau hendak melakukan perjalanan. Kamu juga bisa meminta pacarmu untuk memberitahukan niatmu mengunjungi orang tuanya. Dengan begitu, mereka pun mungkin juga bisa sedikit melakukan persiapan dalam menyambut kedatanganmu.

3. Siapkan Buah Tangan sebagai Hadiah

Bertamu ke tempat seseorang, rasanya akan tampak lebih baik jika membawa buah tangan. Cara ini tentu bisa kamu lakukan saat bertamu ke rumah orang tua pacar. Selain terlihat sopan, membawa hadiah untuk tuan rumah bisa menunjukan kesan bahwa kamu berterima kasih sudah diijinkan datang. Ga perlu barang mahal, hadiah kecil pun akan sangat berharga bagi mereka. Bisa menambah nilai positif kamu di mata orang tua pacar.

4. Ciptakan Kesan Pertama yang Baik, Sopan, dan Ramah

Kesan pertama menentukan bagaimana seseorang memandang diri kita di pertemuan selanjutnya. Maka dari itu pastikan kamu meninggalkan kesan pertama yang cakap di mata orang tua pacarmu. Hal ini mencakup banyak hal, seperti bagaimana caramu berpakaian, caramu memberi mereka salam, caramu berperilaku, juga dalam bertutur kata.

5. Tampil dengan Busana Sopan & Semestinya

Hindari memakai pakaian yang terlalu menunjukkan bagian tubuhmu, seperti dress atau baju dengan potongan rendah. Ga hanya itu, jangan juga memakai pakaian yang berlebihan. Pilih pakaian yang semestinya dipakai saat bertemu dengan orang yang lebih tua, gunakan riasan sederhana, serta pastikan rambut tertata rapi. Dengan begini, kamu akan tampak merencanakan kunjungan dengan amat serius.

6. Berikan Salam Terbaik

Ini dia saatnya. Ini waktunya kamu menunjukkan niatmu berkunjung dengan memberikan salam pertama terbaik dan pastinya bersahabat. Tunjukkan rasa percaya dirimu dengan senyum tulus yang menawan. Jangan lupa untuk memperkenalkan dirimu dengan jelas dan tidak bertele-tele. Intinya, jalani pertemuan dengan serius tapi santai.

7. Jangan Ragu Membantu

Ketika melihat adanya kerepotan, jangan ragu mengulurkan tanganmu untuk membantu mereka. Jangan diam saja. Berdiam diri hanya akan membuat situasi tambah canggung. Inisiatif membantu bisa menaikan nilai tambah pada dirimu. Kamu akan punya kesan peka dan peduli. Apabila kamu sudah menawarkan bantuan namun akhirnya ditolak, ga masalah. Yang terpenting kamu sudah menunjukan keinginan mu untuk membantu. 

8. Bangun Obrolan Kecil & Jangan Malu untuk Bergabung

Berada di lingkungan baru cenderung membuat seseorang merasa kurang nyaman. Alhasil kita memilih diam dan jadi penonton. Saat kamu berada dalam pertemuan bersama orang tua pacar, jangan malu untuk ikut bergabung dalam obrolan. Kamu bisa ikut mengajukan pertanyaan kecil, menjawab pertanyaan yang diajukan, atau sekedar tertawa kecil. Hal ini tentu untuk menunjukkan bahwa kamu menaruh perhatian pada mereka. Tapi tetap ingat untuk tidak berlebihan dalam berbicara. 

9. Jangan Sibuk Pacaran

Walaupun kamu sedang dalam agenda bertemu dengan orang tua pacar, jangan lupa tetap perhatikan pacarmu. Tujuan kedatanganmu adalah untuk menunjukan hubunganmu dengan anaknya. Namun tetap jangan berlebihan dalam hal ini. Jangan juga kamu malah sibuk pacaran dan bikin orang tua merasa tidak nyaman. Nantinya kamu akan dikira tidak menghormati mereka di rumah mereka sendiri.

10. Hormati Peraturan Keluarga

Setiap tempat tentu punya aturannya sendiri. Begitupun dengan lingkungan baru yang akan kamu datangi, yaitu tempat orang tua pacarmu berada. Sebisa mungkin, kamu harus bisa menghormati peraturan yang mungkin ada dalam keluarga pacarmu. Seperti aturan jam malam dalam berkunjung. Hindari berkunjung hingga larut malam atau melewati aturan waktu yang berlaku. Hal ini berlaku juga apabila kamu datang atas undangan mereka. Tetap perhatikan aturan lain yang berlaku. Sikap menghormati aturan ini menunjukan bahwa kamu menghargai mereka sebagai tuan rumah.

Itu dia tips dalam menghadapi pertemuan pertama dengan orang tua pacar. Gimana menurutmu? Bisa diterapkan bukan? Selamat berjuang!

Love Languages yang Tepat bikin Hubungan Makin Lekat

Cinta adalah salah satu hal yang pasti semua orang pernah rasakan, bagaimanapun bentuk kehadirannya. Dalam sebuah hubungan cinta, seringkali ada tingkah laku salah satu pihak yang bikin kamu bingung. Sebenarnya mereka ini inginnya kamu bagaimana dan harus apa? Bisa jadi memang mereka yang sedang sensitif. Atau bahkan kamu yang nggak paham love languages yang mereka harapkan. Eh tapi apa sih Love Languages itu?

Istilah Love languages sendiri awalnya datang dari sebuah buku berjudul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate karya Gary Chapman tahun 1992. Pada intinya ada lima bahasa cinta yang bisa kamu tunjukkan kepada pasangan dan diterapkan ke dalam hubungan kamu.

Setuju atau tidak, setiap pasangan harus bisa mengetahui bahasa cinta yang digunakan masing-masing pasangannya. Karena pada dasarnya setiap orang di muka bumi, menunjukkan kasih sayang mereka dengan cara yang berbeda-beda. 

Nggak sedikit orang yang salah mengartikan tindakan dari pasangan, malah berujung pada perpisahan dan berakhirnya hubungan. Maka, memahami bahasa cinta dapat membantu kamu meminimalisir kesalahpahaman. Tentunya bisa menjadikan hubungan lebih harmonis dari sebelumnya, tanpa harus terpaku pada ucapan “i love you” di setiap waktu.

Berdasarkan teori dari Chapman, ada lima bahasa cinta yang biasa orang gunakan. Mungkin pasanganmu termasuk dalam salah satu grup ini. Kita kenali lebih dalam yuk.

1. Words of Affirmation

i love u baby | unsplash/@john_cameron

Kalau kamu merasa nggak selalu rasa sayang harus ditunjukkan, itu tentu tidak berlaku bagi orang-orang dengan bahasa cinta ini. Mereka sangat menyukai dipuji dan diberi kata-kata positif bernada cinta dari pasangan. Penting bagi mereka untuk tau bahwa pasangannya peduli dan sayang dengan adanya pembuktian melalui tindakan verbal. 

Cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya memberi ucapan penyemangat, mengucapkan rasa syukur atas kehadiran ia di hidupmu, atau sekedar ungkapan terima kasih atas hal-hal kecil yang ia lakukan untuk membuatmu senang. 

Meski begitu, ucapan yang kamu sampaikan sebagai tanda kasih sayang haruslah sebuah kalimat jujur. Tentu akan menyakitkan jika rasa cinta itu hanya terlintas di mulut saja. Bagaimanapun mereka juga orang penting yang mesti kamu bahagiakan lewat tindakan.

2. Acts of Service

sesekali bantu pasangan di dapur | unsplash/@beccatapert

Orang-orang dalam kategori ini, lebih senang jika diperlihatkan rasa sayang dari pasangan melalui aksi atau tindakan. Kata-kata sayang tidak terlalu berpengaruh bagi mereka, jika perlakuan yang ditunjukkan tidak setara dengan kata-kata tersebut. Tindakan sederhana pun akan menjadi sangat berharga apabila itu dilakukan tanpa diminta.

Hal-hal seperti membantu pekerjaan rumah tangga, memberikan kejutan manis tidak terduga, dan banyak lainnya, bisa menjadi sesuatu yang membuat mereka merasa dihargai dan disayangi.

Nggak harus berlebihan, kamu cukup peka dan tau apa yang sedang mereka butuhkan. Atau juga membantu mereka tanpa disuruh bisa menjadi hal yang manis lho.

3. Receiving Gifts

bunga spesial hanya untuknya | unsplash/@j

Terkadang, bahasa cinta yang satu ini sering disalahpahami sebagai tindak materialistik. Padahal nggak selalu berarti seperti itu lho. Orang-orang dengan bahasa cinta ini, akan merasa dicintai dan disayangi melalui hadiah atau pemberian dari pasangannya. 

Yang menjadi berbeda, pemberian ini nggak selalu harus berkaitan dengan barang-barang atau hal-hal dengan nilai tinggi. Hadiah kecil sebagai bentuk perhatian menjadi lebih bermakna bagi mereka. Seperti contohnya kiriman makanan di waktu jam makan siang, dapat menjadikan mereka merasa sangat diperhatikan dan disayangi.

Ingat ya, mereka dengan bahasa cinta ini bukan berarti harus dituruti keinginannya. Kamu hanya perlu menunjukkan bahwa kamu peduli dan menaruh perhatian pada mereka.

4. Quality Time

senangnya punya waktu berdua | unsplash/@jonathanborba

Ini dia yang biasanya selalu dituntut orang kepada pasangannya. Bentuk bahasa cinta yang satu ini, seringkali kurang dipahami beberapa pasangan yang pada akhirnya menjadikan hubungan kurang harmonis. 

Satu contoh kasus yang sering terjadi; sepasang kekasih dengan intensitas waktu berdua yang kurang, di mana ketika bertemu salah satu pasangannya justru sangat sibuk dengan hal lain seperti gadget atau urusan pekerjaan. Hal ini menyebabkan salah satu pihak merasa terabaikan dan kurang berkualitasnya waktu yang dijalani saat itu. Hal inipun sama saja berakhir nggak baik untuk hubungan.

Maka dari itu, orang dengan bahasa cinta ini akan merasa berharga dan disayangi apabila pasangannya punya waktu khusus untuk dihabiskan berdua. Tapi bukan cuma berduaan, namun perhatian yang sepenuhnya terfokus hanya pada hubungan diri pasangannya saja. 

5. Physical Touch

sandarkan keluh kesahmu padaku | unsplash/@nate_dumlao

Sentuhan fisik di sini, bukan yang mengarah ke hal negatif ya. Namun, lebih ke keintiman antar satu sama lain dari sepasang kekasih. Orang dengan bahasa cinta satu ini bahagia dengan sentuhan fisik dari pasangannya yang mereka ibaratkan sebagai tanda kasih sayang.

Contohnya seperti berpegangan tangan saat menyusuri tempat wisata, merangkul bahu, menyandarkan kepala, dan beberapa lainnya. 

Nggak harus berlebihan, dengan sentuhan fisik sederhana, pasanganmu yang termasuk dalam grup ini akan merasa bahwa kamu mencintainya. Ini juga bisa jadi bukti kalau ia memang dibutuhkan oleh pasangannya

Hubungan akan jadi lebih mudah kalau, kalau kamu tau jenis bahasa cinta apa yang pasanganmu inginkan. Kesalahpahaman pun akan berkurang. Tentunya tidak dilakukan dengan berlebihan juga ya. Sebutuhnya mereka aja.