10 Hal Saat Bertemu dengan Orang Tua Pacar

vogue

Ketika udah yakin dan serius dalam menjalin hubungan dengan seseorang, siapapun pasti berharap bisa lanjut terus ke tahap berikutnya. Salah satu tahapan yang dinantikan adalah saat bisa kenalan sama keluarganya, terlebih orang tuanya. Jika sudah berhasil berkenalan bahkan dekat sama orang tuanya, bukan tidak mungkin restu yang diharapkan jadi lebih mudah didapat. 

Bertemu dengan orang tua pacar untuk pertama kali bisa menjadi momen yang menegangkan bagi siapapun. Banyak yang bilang kalau momen ini sama pentingnya seperti hendak melakukan interview pekerjaan. Siapapun pasti berusaha melakukan yang terbaik agar kesan yang dihasilkan juga baik sesuai dengan harapan. 

Agar perasaan tegang yang dirasakan nggak bikin momen menjadi kacau, kamu tentu perlu persiapan. Persiapan yang matang dan pengetahuan yang cukup tentang mereka bisa sedikit membantu kamu di hari ‘eksekusi’ nantinya. Lewat artikel ini Paola mau kasih kamu tips dalam menjalani salah satu tahapan penting dalam hubungan percintaan. Di simak baik-baik yuk!

1. Cari Informasi Pendukung Sebanyak-Banyaknya

Jika ingin lancar dalam pertemuan nanti, salah satu caranya ialah kamu harus cukup informasi tentang keadaan dan orang yang akan dijumpai. Dalam hal ini, bersyukurlah kamu karena ada ‘orang dalam’ yang pasti punya informasi akurat mengenai mereka. Yup, siapa lagi kalau bukan pacarmu. 

Tanya semua hal yang bisa membantu kamu dalam menghadapi orang tua pacarmu. Hal tersebut biasanya seperti apa yang disukai, apa yang tidak disukai, kebiasaan, dll. Pengetahuan tentang hal-hal di atas bisa membantu kamu dalam menjalani hari H nanti dengan percaya diri. Kamu pun bisa sedikit terhindar dari salah-salah kata atau perbuatan yang bisa jadi berakibat nggak baik untuk kesanmu atau hubungan kalian.

2. Datang di Waktu yang Tepat

Penting untuk menciptakan momen baik di waktu yang tepat. Agar pertemuan berjalan lancar, kamu harus tau kapan sekiranya waktu yang baik untuk mengunjungi mereka. Jangan sampai pertemuan pertama yang seharusnya jadi awal pondasi kokoh bagi hubunganmu dengan pasangan, runtuh karena kedatanganmu yang ga terencana.

Obrolan yang nyaman biasanya terjadi jika kedua belah pihak sama-sama sedang dalam kondisi santai. Hindari datang bertamu ketika orang tua pacarmu sedang merasa lelah, sibuk karena pekerjaan, atau hendak melakukan perjalanan. Kamu juga bisa meminta pacarmu untuk memberitahukan niatmu mengunjungi orang tuanya. Dengan begitu, mereka pun mungkin juga bisa sedikit melakukan persiapan dalam menyambut kedatanganmu.

3. Siapkan Buah Tangan sebagai Hadiah

Bertamu ke tempat seseorang, rasanya akan tampak lebih baik jika membawa buah tangan. Cara ini tentu bisa kamu lakukan saat bertamu ke rumah orang tua pacar. Selain terlihat sopan, membawa hadiah untuk tuan rumah bisa menunjukan kesan bahwa kamu berterima kasih sudah diijinkan datang. Ga perlu barang mahal, hadiah kecil pun akan sangat berharga bagi mereka. Bisa menambah nilai positif kamu di mata orang tua pacar.

4. Ciptakan Kesan Pertama yang Baik, Sopan, dan Ramah

Kesan pertama menentukan bagaimana seseorang memandang diri kita di pertemuan selanjutnya. Maka dari itu pastikan kamu meninggalkan kesan pertama yang cakap di mata orang tua pacarmu. Hal ini mencakup banyak hal, seperti bagaimana caramu berpakaian, caramu memberi mereka salam, caramu berperilaku, juga dalam bertutur kata.

5. Tampil dengan Busana Sopan & Semestinya

Hindari memakai pakaian yang terlalu menunjukkan bagian tubuhmu, seperti dress atau baju dengan potongan rendah. Ga hanya itu, jangan juga memakai pakaian yang berlebihan. Pilih pakaian yang semestinya dipakai saat bertemu dengan orang yang lebih tua, gunakan riasan sederhana, serta pastikan rambut tertata rapi. Dengan begini, kamu akan tampak merencanakan kunjungan dengan amat serius.

6. Berikan Salam Terbaik

Ini dia saatnya. Ini waktunya kamu menunjukkan niatmu berkunjung dengan memberikan salam pertama terbaik dan pastinya bersahabat. Tunjukkan rasa percaya dirimu dengan senyum tulus yang menawan. Jangan lupa untuk memperkenalkan dirimu dengan jelas dan tidak bertele-tele. Intinya, jalani pertemuan dengan serius tapi santai.

7. Jangan Ragu Membantu

Ketika melihat adanya kerepotan, jangan ragu mengulurkan tanganmu untuk membantu mereka. Jangan diam saja. Berdiam diri hanya akan membuat situasi tambah canggung. Inisiatif membantu bisa menaikan nilai tambah pada dirimu. Kamu akan punya kesan peka dan peduli. Apabila kamu sudah menawarkan bantuan namun akhirnya ditolak, ga masalah. Yang terpenting kamu sudah menunjukan keinginan mu untuk membantu. 

8. Bangun Obrolan Kecil & Jangan Malu untuk Bergabung

Berada di lingkungan baru cenderung membuat seseorang merasa kurang nyaman. Alhasil kita memilih diam dan jadi penonton. Saat kamu berada dalam pertemuan bersama orang tua pacar, jangan malu untuk ikut bergabung dalam obrolan. Kamu bisa ikut mengajukan pertanyaan kecil, menjawab pertanyaan yang diajukan, atau sekedar tertawa kecil. Hal ini tentu untuk menunjukkan bahwa kamu menaruh perhatian pada mereka. Tapi tetap ingat untuk tidak berlebihan dalam berbicara. 

9. Jangan Sibuk Pacaran

Walaupun kamu sedang dalam agenda bertemu dengan orang tua pacar, jangan lupa tetap perhatikan pacarmu. Tujuan kedatanganmu adalah untuk menunjukan hubunganmu dengan anaknya. Namun tetap jangan berlebihan dalam hal ini. Jangan juga kamu malah sibuk pacaran dan bikin orang tua merasa tidak nyaman. Nantinya kamu akan dikira tidak menghormati mereka di rumah mereka sendiri.

10. Hormati Peraturan Keluarga

Setiap tempat tentu punya aturannya sendiri. Begitupun dengan lingkungan baru yang akan kamu datangi, yaitu tempat orang tua pacarmu berada. Sebisa mungkin, kamu harus bisa menghormati peraturan yang mungkin ada dalam keluarga pacarmu. Seperti aturan jam malam dalam berkunjung. Hindari berkunjung hingga larut malam atau melewati aturan waktu yang berlaku. Hal ini berlaku juga apabila kamu datang atas undangan mereka. Tetap perhatikan aturan lain yang berlaku. Sikap menghormati aturan ini menunjukan bahwa kamu menghargai mereka sebagai tuan rumah.

Itu dia tips dalam menghadapi pertemuan pertama dengan orang tua pacar. Gimana menurutmu? Bisa diterapkan bukan? Selamat berjuang!

Love Languages yang Tepat bikin Hubungan Makin Lekat

Cinta adalah salah satu hal yang pasti semua orang pernah rasakan, bagaimanapun bentuk kehadirannya. Dalam sebuah hubungan cinta, seringkali ada tingkah laku salah satu pihak yang bikin kamu bingung. Sebenarnya mereka ini inginnya kamu bagaimana dan harus apa? Bisa jadi memang mereka yang sedang sensitif. Atau bahkan kamu yang nggak paham love languages yang mereka harapkan. Eh tapi apa sih Love Languages itu?

Istilah Love languages sendiri awalnya datang dari sebuah buku berjudul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate karya Gary Chapman tahun 1992. Pada intinya ada lima bahasa cinta yang bisa kamu tunjukkan kepada pasangan dan diterapkan ke dalam hubungan kamu.

Setuju atau tidak, setiap pasangan harus bisa mengetahui bahasa cinta yang digunakan masing-masing pasangannya. Karena pada dasarnya setiap orang di muka bumi, menunjukkan kasih sayang mereka dengan cara yang berbeda-beda. 

Nggak sedikit orang yang salah mengartikan tindakan dari pasangan, malah berujung pada perpisahan dan berakhirnya hubungan. Maka, memahami bahasa cinta dapat membantu kamu meminimalisir kesalahpahaman. Tentunya bisa menjadikan hubungan lebih harmonis dari sebelumnya, tanpa harus terpaku pada ucapan “i love you” di setiap waktu.

Berdasarkan teori dari Chapman, ada lima bahasa cinta yang biasa orang gunakan. Mungkin pasanganmu termasuk dalam salah satu grup ini. Kita kenali lebih dalam yuk.

1. Words of Affirmation

i love u baby | unsplash/@john_cameron

Kalau kamu merasa nggak selalu rasa sayang harus ditunjukkan, itu tentu tidak berlaku bagi orang-orang dengan bahasa cinta ini. Mereka sangat menyukai dipuji dan diberi kata-kata positif bernada cinta dari pasangan. Penting bagi mereka untuk tau bahwa pasangannya peduli dan sayang dengan adanya pembuktian melalui tindakan verbal. 

Cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya memberi ucapan penyemangat, mengucapkan rasa syukur atas kehadiran ia di hidupmu, atau sekedar ungkapan terima kasih atas hal-hal kecil yang ia lakukan untuk membuatmu senang. 

Meski begitu, ucapan yang kamu sampaikan sebagai tanda kasih sayang haruslah sebuah kalimat jujur. Tentu akan menyakitkan jika rasa cinta itu hanya terlintas di mulut saja. Bagaimanapun mereka juga orang penting yang mesti kamu bahagiakan lewat tindakan.

2. Acts of Service

sesekali bantu pasangan di dapur | unsplash/@beccatapert

Orang-orang dalam kategori ini, lebih senang jika diperlihatkan rasa sayang dari pasangan melalui aksi atau tindakan. Kata-kata sayang tidak terlalu berpengaruh bagi mereka, jika perlakuan yang ditunjukkan tidak setara dengan kata-kata tersebut. Tindakan sederhana pun akan menjadi sangat berharga apabila itu dilakukan tanpa diminta.

Hal-hal seperti membantu pekerjaan rumah tangga, memberikan kejutan manis tidak terduga, dan banyak lainnya, bisa menjadi sesuatu yang membuat mereka merasa dihargai dan disayangi.

Nggak harus berlebihan, kamu cukup peka dan tau apa yang sedang mereka butuhkan. Atau juga membantu mereka tanpa disuruh bisa menjadi hal yang manis lho.

3. Receiving Gifts

bunga spesial hanya untuknya | unsplash/@j

Terkadang, bahasa cinta yang satu ini sering disalahpahami sebagai tindak materialistik. Padahal nggak selalu berarti seperti itu lho. Orang-orang dengan bahasa cinta ini, akan merasa dicintai dan disayangi melalui hadiah atau pemberian dari pasangannya. 

Yang menjadi berbeda, pemberian ini nggak selalu harus berkaitan dengan barang-barang atau hal-hal dengan nilai tinggi. Hadiah kecil sebagai bentuk perhatian menjadi lebih bermakna bagi mereka. Seperti contohnya kiriman makanan di waktu jam makan siang, dapat menjadikan mereka merasa sangat diperhatikan dan disayangi.

Ingat ya, mereka dengan bahasa cinta ini bukan berarti harus dituruti keinginannya. Kamu hanya perlu menunjukkan bahwa kamu peduli dan menaruh perhatian pada mereka.

4. Quality Time

senangnya punya waktu berdua | unsplash/@jonathanborba

Ini dia yang biasanya selalu dituntut orang kepada pasangannya. Bentuk bahasa cinta yang satu ini, seringkali kurang dipahami beberapa pasangan yang pada akhirnya menjadikan hubungan kurang harmonis. 

Satu contoh kasus yang sering terjadi; sepasang kekasih dengan intensitas waktu berdua yang kurang, di mana ketika bertemu salah satu pasangannya justru sangat sibuk dengan hal lain seperti gadget atau urusan pekerjaan. Hal ini menyebabkan salah satu pihak merasa terabaikan dan kurang berkualitasnya waktu yang dijalani saat itu. Hal inipun sama saja berakhir nggak baik untuk hubungan.

Maka dari itu, orang dengan bahasa cinta ini akan merasa berharga dan disayangi apabila pasangannya punya waktu khusus untuk dihabiskan berdua. Tapi bukan cuma berduaan, namun perhatian yang sepenuhnya terfokus hanya pada hubungan diri pasangannya saja. 

5. Physical Touch

sandarkan keluh kesahmu padaku | unsplash/@nate_dumlao

Sentuhan fisik di sini, bukan yang mengarah ke hal negatif ya. Namun, lebih ke keintiman antar satu sama lain dari sepasang kekasih. Orang dengan bahasa cinta satu ini bahagia dengan sentuhan fisik dari pasangannya yang mereka ibaratkan sebagai tanda kasih sayang.

Contohnya seperti berpegangan tangan saat menyusuri tempat wisata, merangkul bahu, menyandarkan kepala, dan beberapa lainnya. 

Nggak harus berlebihan, dengan sentuhan fisik sederhana, pasanganmu yang termasuk dalam grup ini akan merasa bahwa kamu mencintainya. Ini juga bisa jadi bukti kalau ia memang dibutuhkan oleh pasangannya

Hubungan akan jadi lebih mudah kalau, kalau kamu tau jenis bahasa cinta apa yang pasanganmu inginkan. Kesalahpahaman pun akan berkurang. Tentunya tidak dilakukan dengan berlebihan juga ya. Sebutuhnya mereka aja.

Kapan Jam Terbaik Minum Kopi?

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Minuman ini mengandung stimulan yang sangat populer dan disenangi banyak orang yaitu kafein. 

Di Indonesia sendiri, kopi mulai banyak diminati oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, menyukai kopi setelah bermunculan banyak aneka sajian kopi dari kedai kopi kekinian yang rasanya nggak cuma pahit saja. 

Umumnya orang-orang mulai menyeduh kopi mereka di waktu pagi sebelum melakukan rutinitas harian. Efek kafein dalam kopi disebut dapat meningkatkan konsentrasi dalam melakukan kegiatan di sepanjang hari nanti. Karena itulah kopi identik dengan suasana pagi hari. 

Meskipun mayoritas orang berkata demikian, dari sisi medis, ternyata minum kopi terlalu pagi dirasa kurang baik loh bagi kesehatan. Terdapat jam-jam tertentu dalam meminum kopi yang dapat memberikan manfaat besar serta meminimalkan efek buruk dari kopi bagi tubuh. 

https://unsplash.com/@naipo_de

Kortisol dan Kopi

Kopi bisa disebut sebagai minuman berenergi. Hal ini karena kebanyakan orang merasa, belum pas rasanya memulai aktivitas sebelum menyeruput secangkir kopi. 

Sayangnya, minum kopi di pagi hari terlebih saat matahari baru saja naik justru kurang disarankan lho. Alasannya yaitu kondisi hormon kortisol yang sedang berada pada puncaknya di pagi hari. 

Kortisol adalah hormon adrenalin yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Hormon ini berfungsi untuk mengatur emosi, sistem kekebalan tubuh, juga tekanan darah. Selain itu, kortisol berfungsi mengubah energi menjadi gula yang dapat menjadi cadangan bahan bakar bagi tubuh.

Tingkatan hormon kortisol memiliki ritme khusus, di mana kortisol akan mencapai puncak dalam waktu 30-45 menit setelah bangun tidur lalu menurun seiring berjalannya hari hingga akhirnya tidur kembali di waktu malam. 

Kafein yang bertemu dengan hormon kortisol saat kadarnya memuncak dapat menaikkan hormon tersebut lebih tinggi lagi. Peningkatan kortisol yang berlangsung lama dan rutin disebabkan oleh kafein dapat berakibat pada kerusakan sistem kekebalan tubuh serta muncul masalah kesehatan lainnya.

Sayangnya belum ada penelitian lebih lanjut dari masalah kesehatan yang terjadi akibat kenaikan hormon kortisol dari kafein ini.

https://unsplash.com/@hieudoquang

Pertengahan Hari

Jika terhitung waktu bangun tidur setiap orang adalah pukul 06.30 pagi. Maka waktu yang tepat untuk menyeruput kopi adalah pada jam 09.30 hingga 11.30 siang. Di jam inilah hormon kortisol kadarnya sedang menurun dan kafein akan bekerja maksimal untuk membangkitkan rasa “awas” yang sudah mulai kendor.Tubuh pun akan merasa lebih berenergi, bertenaga, dan siap menyelesaikan kegiatan hingga ke sore hari.

Selain di jam tersebut, waktu terbaik untuk minum kopi adalah maksimal pada pukul 14.00 siang. Hindari minum kopi pada malam hari atau di waktu menjelang tidur. Kafein dalam kopi dapat mengganggu kualitas tidur. Rasa kantuk pun akan hilang meski tubuh merasa kelelahan. Hal ini pun tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh.

https://unsplash.com/@jonasleupe

Batasan Minum Kopi

Seperti diketahui bahwa kopi mengandung stimulan berupa kafein. Kafein adalah senyawa yang punya tingkat adiktif lumayan tinggi yang dapat dijumpai pada beberapa makanan dan minuman, salah satunya kopi. Nggak heran kalau banyak peminum dan penikmat kopi akan menghabiskan lebih dari satu cangkir kopi dalam sehari. Bahkan ada yang mampu mengkonsumsi hingga lebih dari enam cangkir dalam satu hari.

Namun kamu harus tau, minum kopi sebanyak lebih dari enam cangkir sehari dan rutin setiap hari dapat mengantarkanmu ke dalam masalah komplikasi kesehatan yang serius. Hal ini pun sudah diteliti oleh The American Journal of Clinical Nutrition. 

Normalnya, orang dewasa diperbolehkan mengonsumsi kafein sebanyak 400 mg atau setara dengan 4 cangkir kopi. Hal ini pun sama dengan kafein dalam sumber lainnya seperti teh, minuman ringan, dll.

Selain itu, penelitian dari Australia mengungkapkan bahwa meminum setengah lusin cangkir kopi dalam sehari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebanyak 22 persen.

Minum kopi pagi hari memang kenikmatan yang tiada tara. Tapi kamu perlu juga peduli sama kesehatanmu kedepannya. Biar bisa minum kopi terus, kan hehe!

Eclectic Design, Gaya Unik nan Cantik

Kebanyakan dari kita pasti lebih kenal dengan minimalist style, scandinavian style, atau industrial style dalam hal dekorasi rumah. Lalu apa jadinya kalau kita ingin mencampur semua ide yang ada berikut dengan tekstur, pola, gaya, dan masih banyak lagi. Tentu saja dekorasi yang dihasilkan akan nampak ramai, bukan? Inilah yang dinamakan dengan Desain Eklektik.

Eklektik sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa Yunani yaitu eklektikos, yang bisa diartikan sebagai “memilih yang terbaik.” Istilah ini awalnya hanya digunakan dalam ilmu filsafat. Lalu pada akhir abad ke-19 sampai awal abad 20, konsep ini mulai bertransisi dengan baik ke dalam dunia arsitektur. Seperti konsep awal yaitu “hanya memilih yang terbaik dari berbagai aliran,” para arsitek pun memilih mengkombinasikan banyak elemen dari berbagai gaya untuk menciptakan tampilan baru. Akhirnya, filosofi desain inipun ditransfer ke dalam dunia dekorasi dan terciptalah gaya eklektik.

Namun ada hal yang perlu kamu tau nih. Menerapkan gaya eklektik untuk sebuah ruangan bukanlah hal yang mudah lho. Karena keunikannya, penggunaan desain model ini bisa membuat ruangan tampak berkarakter namun jika gagal bahkan bisa menampilkan kesan berantakan dan nggak beraturan. 

Ada beberapa karakteristik dan tips yang kamu mesti tau sebelum menerapkan desain ini. 

Related: 5 Reasons to Love Eclectic, Maximalist Style

Karakteristik dari Desain Eklektik

Sebetulnya tidak terlalu banyak aturan yang melekat dalam menerapkan desain eklektik. Namun ada beberapa karakteristik yang bisa kamu jadikan acuan, sebelum melaksanakan redecorate ruangan mengikuti desain eklektik.

  • Campuran Motif dan Tekstur

Desain eklektik bukanlah sebuah desain yang homogen. Kamu harus berani mencampurkan berbagai gaya baik dari motif maupun tekstur bahkan keduanya agar tercipta tampilan yang unik.

  • Kombinasi Antara Antik dan Modern

Pada dasarnya desain eklektik selalu digambarkan dengan pencampuran gaya lintas zaman. Seperti meletakkan furniture dengan gaya klasik diantara furniture modern dalam sebuah ruangan. Hal ini dapat menambahkan unsur historis yang membuat ruangan jadi lebih cantik dan tentunya mempertahankan ciri khas dari desain eklektik.

  • Perpaduan Warna Cerah

Pada desain interior eklektik ini, akan lebih sering dijumpai penggunaan dua warna berkontras terang yang dapat menghasilkan harmoni yang indah. Selain bikin ruangan tampak lebih cerah, juga bermanfaat untuk menjadikan ruang lebih hidup.

  • Gallery Walls

Dalam desain eklektik, seringkali orang-orang memanfaatkan bagian dinding lebar mereka sebagai sudut untuk memamerkan karya seni. Tidak hanya karya seni, bahkan mereka juga bisa sekedar membuat space untuk dijadikan tempat menaruh koleksi kebanggaan mereka di sudut ini.

  • Gaya Lintas Budaya

Dalam satu ruangan yang menerapkan desain eklektik, bisa ditemukan furniture antik yang berasal dari satu budaya lalu dipadukan dengan furniture lain yang justru punya asal budaya yang berbeda. Hal ini wajar dan nggak akan bikin ruangan kelihatan berantakkan.

Next Post Next post: Eclectic Style Defined And How To Get The Look

Tips dalam Desain Eklektik

Meskipun desain eklektik tampaknya terlihat tidak padu dan terkesan kacau karena banyaknya kombinasi ide, model desain ini akan menghasilkan tampilan yang mewah dan unik jika dieksekusi dengan benar. Berikut tips yang bisa dicontoh untuk menghasilkan desain eklektik yang menarik mata

  • Tentukan Warna Utama

Menentukan warna untuk sebuah ruangan adalah salah satu langkah krusial dalam dekorasi. Memilih warna utama yang tepat untuk sebuah ruangan dapat membuat ruangan menjadi lebih hidup dan berpadu satu sama lain. Begitupun dengan furniture yang akan melengkapi nantinya. 

Untuk menjadikan desain eklektik menjadi lebih enak dipandang, gunakan satu warna netral untuk dijadikan latar pada dinding. Lalu padukan dengan warna cerah lain yang mencolok sehingga kehadirannya lebih tampak menonjol. Warna netral di sini harus menjadi pemersatu di dalam konsep desain agar menjadikan ruangan lebih kohesif.

  • Dinding Berwarna Netral Lebih Baik dibanding Bermotif

Seperti yang sudah dijelaskan, desain eklektik adalah desain yang mengkombinasikan beragam ide, motif, tekstur, juga unsur seni dari berbagai budaya. Hal ini tentunya sudah pasti membuat ruangan terlihat lebih ramai. Oleh karena itu desain pun harus diseimbangkan. Salah satu caranya adalah dengan membuat dinding lebih polos. 

Hal ini berlaku juga sebaliknya jika furniture yang digunakan punya motif yang lebih lembut dan tenang. Tujuan dari hal ini adalah agar mata bisa punya tempat beristirahat setelah melihat segala keramaian yang ada. Ruangan pun jadi terlihat lebih rapi dan tidak terkesan berantakan.

  • Pilih Motif yang Disukai

Di sinilah kemampuan kreativitas kamu dimulai. Pilih semua motif yang kamu senangi untuk bisa ditempatkan dalam ruangan berdesain eklektik kamu. Padu padankan serta sesuaikan dengan tone warna yang telah kamu pilih sebelumnya. 

  • Bermain dengan Tekstur

Begitu juga dengan tekstur, jangan ragu untuk memilih beragam tekstur yang bisa ikut mewarnai ruangan kamu. Cara cerdas dalam melakukan hal ini adalah dengan menggunakan banyak tekstur sekaligus dengan kuantiti kecil

  • Tidak Ada Aturan Khusus, Bersenang-Senanglah

Desain eklektik sepenuhnya adalah tentang mengekspresikan kepribadianmu ke dalam wujud interior ruangan. Jangan batasi keinginan yang kamu punya dan bersuka rialah dalam menghadirkannya secara nyata. 

Have Fun!!

Quirkyalone: Jomblo? Nggak Masalah Kok

Pasti kamu pernah kenal seseorang yang hampir setiap waktu, di usia dewasanya, sering terlihat ‘sendirian.’ Sendirian disini maksudnya adalah sedang tidak memiliki status hubungan dengan siapapun. Saat itu mungkin kamu berpikiran bahwa mereka sepertinya kesepian, merasa sedih karena hubungan percintaan yang tidak berjalan dengan baik. 

Tapi ternyata nggak semuanya ‘semenyedihkan’ yang kamu bayangkan lho. Bisa jadi memang itulah keinginan mereka. Karena ada sebagian orang yang menjomblo dengan alasan sedang fokus pada hal-hal penting lain, betah sendirian, atau malah sengaja tidak sedang ingin mencari kekasih. Dan betah jomblo ini pun punya istilah psikologinya tersendiri, yang disebut sebagai Quirkyalone

Sendiri itu tenang

Quirkyalone adalah kondisi dimana seseorang menikmati masa jomblo atau kesendirian mereka. Ini tidak berarti mereka menentang tawaran cinta yang ada. Melainkan sedang tidak ingin terlibat dalam momen romansa dengan siapapun untuk sementara waktu. 

Orang-orang yang bisa disebut sebagai quirkyalone, cenderung lebih memilih fokus pada hal-hal bermanfaat untuk mencapai tujuan penting tertentu dalam hidupnya. Ini lebih mereka suka lakukan daripada berkutat dalam jalinan asmara dengan seseorang. Selain itu mereka juga tidak akan merasa kesepian akibat kurangnya sosok kekasih, karena mereka punya banyak cara menikmati waktu dalam kesendirian.

Quirkyalone biasanya lebih selektif dalam memilih pendamping dan sebisa mungkin menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Selain karena pengalaman di masa lalu atau juga pengetahuan lebih yang menjadi tameng dalam diri untuk melangkah ke dalam sebuah hubungan bersama orang lain

Kapan nih?

Namun sayangnya, dibalik nyamannya seorang quirkyalone menyendiri. Ada beberapa orang di sekitarnya yang merasa khawatir kalau-kalau ia putus asa karena kesepian dan keadaan sulitnya mencari pasangan. Terlebih lagi pertanyaan tentang ‘pacar mana,’ ‘kapan nikah,’ ‘kok nggak ada yang ngapelin’ dan sederet lainnya lagi yang kadang bikin mulut ingin berucap-ucap.

So, kesendirian saat ini bukanlah suatu masalah besar bagi beberapa orang. Hal ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, yang sebagian orang merasa lebih damai dan nyaman dibanding harus menjalin hubungan seperti orang pada umumnya. Dan kamu pun nggak perlu merasa khawatir, Pal, jika merasa terlalu nyaman dengan kesendirian. Bisa jadi memang saat ini itulah yang diri kamu inginkan, berduaan bersama jiwa sendiri. Juga supaya bisa lebih mengerti diri sendiri dibanding sebelumnya. Cheer Up!

‘Derita’ Lebaran yang Introvert Can Relate

Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu momen paling ditunggu oleh seluruh umat muslim. Siapapun rasanya sangat bersuka cita menyambut hari spesial ini. 

Namun bagi introvert, momen lebaran nggak hanya mereka sambut dengan bahagia tapi juga adanya sedikit perasaan khawatir. Khawatir disini adalah dengan adanya kegiatan berinteraksi sesama manusia selama satu hari penuh yang sangat jarang mereka lakukan di hari-hari biasa. Kira-kira hal apa aja yang jadi derita introvert di momen lebaran? Kalau kamu introvert, mungkin aja relate sama hal-hal di bawah ini.  

Keramaian yang Menguras Banyak Tenaga

Berbeda dengan para ekstrovert yang senang berada di tengah keramaian, introvert adalah orang-orang yang justru akan kehilangan banyak energi dan cepat merasa lelah jika berada di situasi yang bukan bagian dari dirinya. Di tengah keramaian, mereka akan merasakan bahwa energi dalam dirinya terserap habis oleh keadaan yang pada akhirnya menyendiri menjadi cara mereka untuk mengembalikan energi yang habis tadi. 

Dipaksa Senyum Terus-Terusan, Padahal Niat Hati udah Pengen Rebahan

Momen lebaran sangat identik dengan kegiatan halal bihalal yang mengharuskan kita menampilkan ekspresi terbaik berupa senyuman di muka umum. Orang-orang introvert bukanlah orang yang suka basa-basi sambil menebar senyuman di tengah keramaian. Mereka lebih senang diam, memerhatikan keadaan, dan bertindak jika itu memang sesuai dengan diri mereka. Kalau seorang introvert tidak dilibatkan dalam percakapan, jangan harap mereka bakal nimbrung ke obrolan.

Belum Lebaran Udah Khawatir Duluan

Para introvert pada dasarnya lebih suka situasi tenang dan jauh dari keramaian. Ketika datang momen lebaran, banyak introvert yang jadi overthinking, memikirkan tentang bagaimana hari spesial bagi umat muslim tersebut akan berjalan. Memikirkan nanti akan seperti apa dan harus apa saja sudah bikin diri pusing.

Sering Dibilang Sombong karena Jarang Ngomong

Karena jarangnya ikut nimbrung dalam obrolan, para introvert seringkali disalah pahami kalau mereka ini orang yang pemalu. Atau parahnya bahkan dikatakan sebagai orang yang sombong. Sayangnya mereka nggak pernah punya maksud untuk dianggap seperti itu lho. Mereka ingin sekali ikut terlibat dalam obrolan tapi rasanya sulit sekali mengeluarkan pendapat dengan panjang lebar. Ujung-ujungnya nyimak aja deh. 

Waktu yang Berjalan Lebih Lambat dari Biasanya

Hari Raya Idul Fitri bagi introvert merupakan hari yang penuh dengan aktivitas yang menguras energi lebih cepat. Walau sebenarnya mereka ingin bisa menikmati, kalau terlalu lama juga rasanya mereka nggak sanggup. Maka nggak salah juga kalau para introvert merasa di hari itu waktu berjalan lebih lambat dari biasanya hingga keinginan untuk bisa kembali ke rumah pun menjadi harapan tinggi bagi mereka saat itu.

Itu dia beberapa hambatan yang dirasakan introvert saat momen lebaran datang. Kamu setuju nggak sama hal-hal diatas? Semoga tetap bisa aman di momen lebaran ya

Lebih Produktif Saat Sendirian, Kenapa Ya?

“Main HP aja terooss, gini-gini aja ya kerjaan kamu di rumah? Bantuin kek, ngapain kek” Sepertinya hampir semua anak di dunia ini pernah dimarahi ibu dengan kalimat seperti itu ya. Apa kamu termasuk? Hihi. 

Orang tua terutama ibu seringkali jengkel dengan kelakuan anaknya yang dianggap kerjaannya males-malesan. Pasalnya, kita (anak-anak) lebih sering terlihat oleh ibu saat sedang rebahan sambil main handphone dibandingkan saat melakukan kegiatan lain. Tiap papasan kerjaannya rebahan, papasan lagi posisinya aja yang berubah tapi kerjaannya tetap sama. Rebahan. Nggak ada kerjaan lain yang nampak bisa dikerjakan, terlebih lagi kerjaan itu seperti membantu membereskan rumah.

Menyinggung soal membantu membereskan rumah, pernah nggak sih kamu berpikir kenapa ya kita (sebagai anak) jika disuruh bantu beberes ngeyel banget. Justru kita lebih akan sigap dan rajin saat rumah dalam keadaan kosong. Orang rumah pergi dan hanya tersisa kita sendiri justru membuat kita lebih berinisiatif daripada saat mereka menyuruh. 

  • Kalau bukan kita, siapa lagi?

Kalau kamu anak kos, mungkin akan lebih paham dengan hal satu ini. Saat sendirian, kita lebih sering berpikir bahwa nggak ada lagi yang bisa diandalkan selain diri sendiri. Nggak mungkin ada orang lain yang bisa kita minta tenaganya bahkan untuk membereskan tempat milik sendiri. Inisiatif pun muncul, dari hal yang terkecil seperti sekedar menyapu lantai yang kotor sampai tiba-tiba rumah udah kinclong aja.

Berbeda halnya saat berada di rumah milik sendiri. Terlihat kalau orang rumah yang biasa mengerjakan. Jadi kita lebih merasa santai saja lah, nanti juga ada yang membereskan, itu kan ungkapan yang biasa keluar dari dalam hati masing-masing dari kamu.

  • Paling sebel disuruh-suruh

Emang dasarnya sifat manusia itu paling nggak suka diperintah. Kalau disuruh beli bumbu dapur ke warung aja kadang ngedumelnya bisa sampai sore, jalannya dihentak-hentakin biar kelihatan keselnya. Sama halnya saat kamu (anak) disuruh bantu beres-beres rumah oleh ibu, disuruh beberes nya pagi baru dilakuin kalau gayung kamar mandi udah di lempar ke depan muka. Masih mending kalau beneran gerak, terkadang kamu malah jadi lebih galak dibanding ibu kamu.

  • Nggak ada yang mendadak jadi komentator

Yang paling males kalau lagi beberes adalah dikomentari ini itu sama ibu. Dibilang nyapunya nggak bersih, debunya masih sisa, ngelipet bajunya nggak rapi dan segala keluhan yang bikin kita jadi males ngerjainnya. Nah ini juga alasan kenapa kita (para anak) kebanyakan lebih rajin beberes pas orang tua lagi nggak di rumah. Segala pekerjaan akan lebih cepat selesai tanpa ada komentator dadakan. 

  • Nggak tau mau ngapain

Setuju nggak nih kalau kita akan beberes rumah disaat nggak ada lagi aktivitas yang bisa dikerjain. Nonton YouTube udah bosen, instastory teman juga udah habis di cek satu-satu, baca wattpad lagi nggak mood, liat-liat barang di e-commerce sayang uangnya nggak mendukung. Yaudah deh daripada bengong takutnya kesurupan mending beberes aja lah. Hitung-hitung olahraga

  • Gengsi sama Teman
Lihat! Rumah ku bersih kan

Ketika ada teman yang mau main ke rumah, nggak mungkin dong kita nampilin keadaan rumah yang kalau kata ibu berantakan macem kapal pecah. Walau sebenernya beberapa dari mereka nggak peduli sama keadaan rumah kita. Tapi ingat, image tetap nomor satu. Makanya dengan begini kamu mau nggak mau harus mencurahkan tenaga untuk beberes rumah. Yaa seenggaknya barang nggak bergeletakan sembarangan lah ya.

  • Bisa santay sambil cosplay

Kalau yang satu ini pasti diantara kamu pernah ada yang lakuin deh. Seperti jadiin gagang vacuum cleaner seolah-olah gitar elektrik sambil cosplay jadi gitaris keren atau gaya-gayaan muterin gagang sapu biar kaya mayoret di marching band gitu, ngaku aja hihi. Emang ngelakuin sesuatu tuh harus dengan perasaan riang gembira. Salah satunya dalam beberes, gimana kita mau semangat kalau hati tegang berasa dikejar-kejar deadline.

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau

https://unsplash.com/@jamievalmat

Banyak anggapan berupa mitos yang seringkali orang ucapkan dan terus berpindah dari mulut ke mulut lalu dijadikan sebuah keyakinan dan kebenaran oleh orang lainnya walau faktanya belum jelas atau malah sama sekali tidak berdasar. Salah satunya mitos dalam hal diet. Siapa sih yang nggak ingin tujuannya dalam hal menurunkan berat badan tercapai? Hingga ‘menelan’ semua informasi yang salah satunya bahkan hanya sebuah mitos. Buat kamu yang sedang dalam proses diet, berikut ini beberapa fakta yang perlu kamu mengerti biar tahu mana yang benar untuk tubuh kamu

https://unsplash.com/@thenewmalcolm

Mitos: Kurangi karbohidrat jika ingin tubuh turun berat

Fakta: Nyatanya karbohidrat hadir dalam bentuk yang berbeda-beda lho. Ada dua macam karbohidrat yang perlu kamu tahu, yaitu Karbohidrat Simplex/Sederhana serta Karbohidrat Kompleks. Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbo yang lebih cepat diserap tubuh, biasanya hadir dalam wujud makanan seperti cookies dan manisan yang kandungan vitamin, mineral dan seratnya sedikit atau bahkan nggak ada sama sekali. Mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis tersebut adalah jalan terbaik jika kamu ingin beralih ke gaya hidup sehat. 

Berbeda dengan simple carbo, karbohidrat kompleks penyerapannya dalam tubuh lebih lama dan butuh waktu tertentu. Akan tetapi karbohidrat jenis ini diketahui lebih sehat dan bergizi, sehingga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Kamu bisa menjumpai karbohidrat kompleks di makanan seperti roti, kacang-kacangan dan buah-buahan. 

Kesimpulan: Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana dan pertahankan karbohidrat kompleks dalam menu diet kamu.

https://unsplash.com/@neonbrand

Mitos: Jika tertulis pernyataan “no-fat” or “low-fat,” makan sepuasnya dan tidak perlu khawatir akan kenaikan badan.

Fakta: Banyak makanan dan minuman kemasan yang dinyatakan sebagai produk no-fat atau low-fat, telah ditambahkan gula, pati atau garam untuk menggantikan fungsi lemak. Produk “ajaib” ini seringkali punya jumlah kalori yang berlebihan dari takaran biasanya. 

Kesimpulan: Periksa label nutrisi dari produk tersebut untuk melihat berapa banyak kalori yang dikandung. Pastikan juga berat bersih dari produk tersebut sesuai hitungan yang seharusnya ya.

https://unsplash.com/@thoughtcatalog

Mitos: Melewatkan sarapan dapat menambah kenaikan berat badan

Fakta: Mengkonsumsi sarapan yang bergizi dapat membantu kamu mengendalikan rasa lapar serta membantu kamu untuk menolak jauh-jauh cemilan yang tidak sehat. Tidak ada penelitian khusus yang menunjukkan bahwa melewatkan sarapan dapat mengarahkan kamu ke kenaikan berat badan.

Kesimpulan: Kalau kamu nggak lapar, pastikan kalau tubuhmu memang belum ingin makan bukan ‘terpaksa’ ditahan. Saat kamu memang ingin makan, sediakan makanan pilihan terbaik seperti oatmeal agar diet kamu tetap terjaga. 

https://marketwatch.com

Mitos: Makan malam bisa menyebabkan kegemukkan

Fakta: Orang yang gemar makan tengah malam memang cenderung mengalami kelebihan berat badan. Satu alasan yang pasti adalah karena mereka lebih memilih mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi. Mereka yang suka ngemil setelah makan malam biasanya nggak tidur teratur alias berakhir dengan begadang, yang pada akhirnya akan menjadi kebiasaan di kemudian hari.

Kesimpulan: Jika sehabis makan malam kamu masih merasa kelaparan, batasi dirimu dengan hanya mengkonsumsi makanan-makanan rendah lemak seperti yoghurt.

https://theweek.in

Mitos: Kelebihan berat badan tidak bisa dianggap sehat

Fakta: Memang ada beberapa orang yang mengalami kelebihan berat badan namun dengan kondisi tubuh yang tetap terjaga. Sayangnya bagi banyak orang, kelebihan berat badan berarti tubuh dalam keadaan yang kurang baik yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Jika tidak segera ditangani, bisa menjadi lebih buruk kan.

Kesimpulan: Saat kamu sedang mengalami kelebihan berat badan dan sehat, tetaplah waspada. Karena bertambahnya lebih banyak berat akan meningkatkan resiko pada masalah kesehatan di masa mendatang. Tetapi konsumsi makanan yang sehat dibarengi dengan aktivitas yang baik akan bagus untuk tubuh kamu nggak peduli seberapa berat kamu.

https://tribune.com.pk

Mitos: Berpuasa bisa membantu kamu menurunkan berat badan dengan cepat

Fakta: Berpuasa akan menjadi tidak baik untuk kesehatan tubuh jika kamu memilih untuk kelaparan seharian dan ‘membalasnya’ dengan makan besar. Terlebih lagi jika dengan alasan untuk menggantikan kalori yang kamu lewatkan tadi. Dibandingkan dengan orang-orang yang diet dengan makan sedikit kalori, mereka yang mengandalkan diet dengan berpuasa sehari akan kehilangan lebih banyak massa otot dibandingkan lemak.

Kesimpulan: Perhatikan jadwal diet kamu. Lebih baik kamu mengurangi makanan yang mengandung nol kalori dibanding harus tidak makan sama sekali, apalagi tanpa arahan dokter. 

https://unsplash.com/@igapalacz

Mitos: Kamu harus mengatur tujuan sederhana dari diet kamu agar berhasil

Fakta: Dalam teorinya, masuk akal memang jika apabila kamu sudah punya tujuan yang besar namun gagal mewujudkannya, kamu mungkin akan menyerah. Terlebih lagi dalam diet ini. Meski begitu, beberapa orang mampu benar-benar menurunkan banyak berat badan saat mereka membuat tujuan yang memaksa mereka harus melakukannya, seperti pengalaman tidak baik atau lainnya.

Kesimpulan: Setiap orang sudah pasti berbeda-beda. Apa yang cocok untuk seseorang belum tentu pas untuk orang lainnya. Menurunkan berat badan adalah sebuah proses. Pasang tujuan diet kamu dan pintar-pintarlah menyesuaikan diri dan mencari tahu apa yang cocok untuk tubuh kamu.

https://suarasurabaya.net

Mitos: Menurunkan berat badan secara perlahan adalah satu-satunya cara maka pertahankan. 

Fakta: Memang benar bahwa banyak orang yang kehilangan berat badan dengan cepat bisa kembali naik dalam waktu cepat pula, tapi hal ini tidak berlaku untuk beberapa orang lainnya. Beberapa orang dengan berat badan berlebih tersebut malah lebih sukses dalam diet ketika mereka kehilangan berat dengan cepat, secara instan, dalam waktu singkat.

Kesimpulan: Menurunkan berat badan secara cepat mungkin bukan satu-satunya pilihan untuk kamu. Tetap berhati-hati dalam memilih ragam model diet yang menjanjikan kamu hasil yang tidak masuk akal, hal ini bisa jadi berbahaya untuk kesehatan. Jika kamu tertarik dengan diet yang menampilkan hasil yang instan, pastikan tetap berkonsultasi dengan ahlinya agar nutrisi tubuh kamu tetap terpenuhi.

Benda Portable ini Bisa Memudahkan Kamu Saat Ngekos, Berasa Ada di Rumah

Merantau dan tinggal mandiri jauh dari orang tua adalah salah satu pengalaman yang banyak banget orang ingin coba tapi belum tentu bisa dilakukan, Paolars. Ketika merantau pun kamu akan dihadapkan dengan banyak hal, nggak cuma tentang kuliah atau pekerjaan kamu, tapi juga pekerjaan rumah yang mesti kamu kerjain sendiri. Fasilitas yang tersedia juga seadanya saja, menuntut kamu harus pintar-pintar putar akal demi kenyamanan kamu sendiri. Untungnya saat ini teknologi berkembang pesat banget dan udah banyak barang-barang portable yang bisa kamu manfaatin untuk dibawa ke kosan. Pastinya dengan barang ini bisa membantu menghemat space, tenaga, dan waktu juga bikin serasa berada di rumah. 

Mesin Cuci

https://id.aliexpress.com/item/4001292484975.html

 ‘’Penyakit’ menahun anak kos yang susah banget untuk dihapus adalah malas nyuci, iya nggak nih? Setelah seharian berkegiatan di luar, berjibaku dengan debu jalanan, sampai di kos baju bekas pakai sudah pasti harus dicuci dong ya. Tapi badan rasanya capek dan bikin kita jadi banyak alasan buat hal yang satu ini. Ujung-ujungnya harus keluar uang lagi nih buat laundry. 

Tapi sekarang kamu bisa sedikit tenang. Berkembangnya teknologi bikin segalanya jadi praktis. Salah satunya dengan munculnya teknologi mesin cuci mini atau mesin cuci portable ini. Bentuknya yang praktis, kecil dan mudah dipindah tempat bisa mempermudah hidup anak kos. Sekarang sudah banyak perusahaan yang memproduksi barang ini, merek dan harganya pun beragam bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Dalam sekali operasi, biasanya mampu menampung hingga 5 pakaian sekaligus. Yang pasti bikin hemat uang bulanan deh. 

Meja Laptop

https://www.tokopedia.com/jsone/

Laptop saat ini sudah menjadi barang kebutuhan penting yang hampir setiap orang punya. Terlebih lagi dalam keadaan pandemi seperti sekarang yang menjadikan semua kegiatan dialihkan secara virtual. Namun penggunaan laptop yang salah dan berlebihan juga nggak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, barang ini harus banget tersedia di kamar kos kamu. Meja laptop bisa membuat kamu lebih nyaman dalam mengerjakan tugas ataupun pekerjaan kantor. Ukurannya kini beragam dari yang tinggi hingga yang kecil dimana kamu bisa sembari lesehan santai, tentunya dapat menghemat space kamar juga. Kamu bisa cari barang yang satu ini melalui e-commerce atau toko furniture yang ada.

Pompa Galon Elektrik

https://www.bukalapak.com/u/tokoalde

Air minum merupakan kebutuhan utama makhluk hidup. Anak kos pun biasanya akan menyediakan satu hingga dua galon air mineral untuk persediaan mereka di kosan. Tapi yang sering menjadi masalah adalah bagaimana caranya menyalurkan air tersebut ke tempat minum masing-masing. 

Dispenser, alat umum yang biasa orang gunakan pun jarang ada anak kos yang menyediakan. Selain karena space yang kecil juga karena kesulitan ketika memindahkan galon. Nah untuk itu, kamu bisa gunakan alat praktis ini. Pompa galon elektrik belakangan ini sudah ramai menjadi pilihan bagi banyak orang karena alatnya yang simpel dan juga praktis. Tinggal masukan selang pompa dan menekan tombol yang ada, maka air dari galon akan otomatis keluar. Benar-benar memudahkan alat yang satu ini.

Kompor Portable

https://iprice.co.id/trend/produk-terbaik/kompor-portable-andalan-anak-kos/

Anak kos identik dengan yang namanya go-food atau grab food. Hal ini karena fasilitas kosan yang kurang memadai sehingga mereka nggak punya cara lain selain membeli makanan dari luar. Tentu kebiasaan ini membuat mereka boros dan susah untuk menabung ya, terlebih jika uang yang dimiliki pas-pasan. 

Sudah saatnya nih kalian para anak kos ‘investasi’ melalui kompor portable. Memiliki alat yang satu ini di kos, bisa bantu kamu hemat uang makan lho. Makanan yang kamu konsumsi pun bisa beragam setiap harinya sekaligus bantu kamu belajar memasak juga. Kompor portable ini praktis dan gampang untuk dibawa kemanapun. Merek dan bentuknya pun ada banyak, bisa kamu pilih sesuai selera. Siap banget nemenin aktivitas kos kamu selama bertahun-tahun kedepan deh.

Kipas Mini

https://www.blibli.com/merchant/afandi-ya/AFY-60023

Kalian pasti ngerasa kalau semakin hari udara terasa semakin panas. Ngerjain tugas sambil kegerahan tentunya bikin badan jadi nggak nyaman dan mood pun bisa berkurang. Alat yang satu ini cocok banget untuk nemenin kamu di kosan Paolars. Kipas mini ini bisa jadi pilihan kamu karena bodinya yang kecil imut tapi tenaganya nggak main-main. Cukup taruh di samping kamu, kipas mini ini bisa bantu menyejukkan suasana dan pastinya hemat space dan listrik lho. Bisa juga dibawa kemanapun, simple kan.

Teko Listrik

https://shopee.co.id/jualelektronikrumah

Mau minum yang hangat-hangat tapi nggak punya kompor atau malas masak air? Kamu bisa gunakan alat ini sebagai gantinya, praktis tanpa harus nyalain kompor. Cukup sambungkan ke listrik maka dalam beberapa menit air pun akan matang. Teko listrik biasanya punya kapasitas hingga 1,5 liter air dalam sekali masak. Kamu bisa cari alat ini dengan berbagai merek dan bentuk juga spesifikasinya. Yang pasti tetap berhati-hati ya dalam penggunaannya.

Rice Cooker

https://www.aliexpress.com/store/2689027

Alat yang satu ini sih sudah pasti nggak asing bagi anak kos. Rice cooker menjadi barang yang wajib banget kalian bawa saat ngekos karena bisa membantu menghemat pengeluaran untuk makan. Fungsinya juga sudah mulai berkembang lho. Nggak hanya digunakan untuk memasak nasi, rice cooker sudah bisa kamu pakai untuk masak mie instan, makanan berkuah, bikin nasi goreng bahkan pernah ada yang berhasil bikin opor ayam dengan alat ini. Hebat ya. Bener-bener bisa bantu melatih skill memasak. Kalau mereka bisa, kamu juga pasti bisa nih Paolars. Asal berani dan sabar aja hihihi.

Power Bank

http://axindo.co.id/axindo/productcategory/power-bank?brand=ravpower

Selain alat sebelumnya, alat yang ini sudah pasti kamu semua punya bahkan sebelum pergi ngekos. Power bank bermanfaat banget untuk jaga-jaga kalau power handphone kamu mulai ngedrop. Kamu pun bisa lebih tenang dan nggak perlu khawatir kalau stop kontak nggak tersedia di sekitarmu. Saat ini power bank punya kapasitas yang beragam begitu juga dengan mereknya. Salah satu barang portable penyelamat semua orang.

Kulkas Portable

https://www.bukalapak.com/u/arjunaelektronik

Nggak semua penyedia kos menyediakan kulkas di tempat mereka. Sekalipun ada pasti jadi barang rebutan anak-anak kosan. Selain itu juga kulkas bersama rentan banget sama yang namanya pencurian bahan makanan yang bisa bikin para penyewa kos ribut satu sama lain. Nah makanya supaya kamu bisa simpan bahan makanan tanpa harus takut kemalingan, kamu wajib banget punya alat satu ini. Kulkas mini ini bentuknya imut, nggak banyak makan tempat serta pemakaian listrik. Walaupun punya ukuran yang nggak seluas kulkas di rumahmu, tapi kamu bakal tetap ngerasa puas deh milikin alat ini di kos.

Lampu Emergency

https://www.blibli.com/merchant/electronic-hub/

Alat portable terakhir yang wajib kamu para anak kos miliki adalah lampu emergency. Yang namanya mati listrik tentu selalu nggak bisa diprediksi. Tapi kalau kamu sudah sedia alat ini di kos, kamu bakal lebih tenang. Lampu emergency juga bisa kamu gunakan ketika berkegiatan organisasi di luar. Kebanyakan punya bentuk yang kecil dan pastinya praktis dibawa kemanapun. Dijamin kamu nggak bakal kesusahan. 

Itu dia Paolars, beberapa peralatan rumah tangga portable yang bisa membantu hidup anak kos menjadi lebih mudah. Semuanya punya bentuk yang praktis dan pastinya mudah digunakan. Semangat ngekos untuk semua anak kosan di manapun berada. Ciaooo!

Referensi:

www.hipwee.com/tips/benda-portabel-yang-memudahkan-kehidupan-anak-kos

Jarang diketahui, band-band asal Jepang ini wajib kamu kenali!

Halo Paolars,

Menikmati lagu gak hanya sekedar dapat membuat dirimu terhibur, tetapi mungkin juga dapat membuat hari-harimu lebih berkesan. Beberapa orang biasanya gemar membuat daftar lagu atau Playlist untuk bisa didengarkan sesuai keadaan, atau sesuai musisi favorit mereka. Memiliki musisi favorit juga bisa dijadikan Influencer dan Inspirator bagi kehidupan kita loh Paolars..

Tapi pernah gak sih kalian merasa ingin mengeksplor music lebih jauh dan mengetahui lagu atau musisi baru yang mungkin bisa menambah playlist lagu kalian? Jika kalian pernah merasa seperti itu, kali ini minpao akan bantu kalian untuk mengenal band asal Jepang yang mungkin belum pernah kalian ketahui sebelumnya. Jangan salah, karya-karyanya juga enak untuk didengar loh.. Yuk disimak sampai akhir!

BUMP OF CHICKEN

Moshimoshi-nippon.jpg

Band ini debut pada tahun1994 loh! Meski sudah berumur 26 tahun, Bump of Chicken masih eksis hingga sekarang dan merupakan band popular di Jepang. Band ini memiliki genre Alternative Rock yang lagu-lagunya sering digunakan pada Video Games dan Film. Band yang memiliki 4 member bernama Fujiwara Motoo, Masukawa Hiroaki, Naoi Nashifumi dan Masu Hideo ini seringkali bertengger di 10 tangga lagu teratas pada Oricon’s Chart. Lagu yang harus kalian dengar dari band ini yaitu Ray, Tentai Kasoku, Arue dan Karma.

ONE OK ROCK

Kompas.com

Sepertinya band yang satu ini sudah banyak diketahui oleh Paolars ya? Yup, band ini terkenal karena memiliki kualitas music yang bagus dan seringkali membuat lagu dengan lirik Bahasa Inggris sehingga membuat One Ok Rock menjadi dikenal secara Internasional. Band yang mengusung genre Rock ini berdiri pada tahun 2005 dan nama  One Ok Rock sendiri berasal dari ‘One o’Clock’ atau Jam 1, yang mana para membernya seringkali menggunakan waktu Latihan mereka di jam tersebut. Hasil karya-karya yang menakjubkan ini membuat mereka berhasil berkolaborasi dengan musisi-musisi Internasional seperti 5 Seconds of Summer, All Time Low dan Simple Plan. Tak jarang juga mereka memenangkan Award Internasional seperti Classic Rock Roll of Honour Awards dan Eastern Breakthrough Male Band. Lagu rekomendasi dari minpao adalah Wherever You Are, The Beginning, dan Deeper Deeper.

BAND-MAID

Jpopasia.com

Band-maid memiliki member perempuan yang mengkombinasikan music Rock dengan tampilan maid atau pelayan cafe yang membuat band ini semakin unik. Band yang berdiri sejak tahun 2013 ini mempunyai kepopuleran yang bagus di Jepang. Kontras antara penampilan fisik dan lagunya yang memiliki genre rock membuat mereka berhasil memenangkan award sebagai Best Musical Act of 2020 oleh Neo Awards. Lagu yang harus kalian dengar dari band ini adalah After Life, Domination, Choose Me, dan Thrill.

THE PEGGIES

Amazon.com

Memiliki anggota band perempuan, band rock asal Kanagawa ini berdiri sejak tahun 2011. Band yang beranggotakan Yuuho Kitazawa, Makiko Ishiwata dan Miku Onuki ini sudah berhasil mengadakan banyak tour di berbagai kota di Jepang. Lagu-lagunya sangat ear-catching sehingga para pendengarnya akan mudah untuk menyukai band ini. The peggies juga seringkali bertengger pada platform music Indonesia loh, Paolars.. Lagu yang minpao rekomendasikan adalah BABY!, Fortune, dan LOVE TRIP.

MAN WITH A MISSION

Jurnalotaku.com

Man with a Mission merupakan band rock yang berpenampilan dengan kostum kepala serigala disetiap penampilannya. Banyak lagu-lagu mereka yang sudah dijadikan sebagai theme song pada film dan video game. Band yang berdiri sejak tahun 2010 ini sudah menghasilkan banyak album dan juga sempat memenangkan Award sebagai Mash Up The World oleh Grand Prix. Lagu-lagu yang harus kalian dengar dari band ini adalah Emotions, Seven Deadly Sins, Dark Crow dan Change the World.

WAGAKKI BAND

Moshimoshi-nippon.jp

Kata Wagakki merupakan Bahasa Jepang dari musik Instrumen tradisional Jepang. Band yang berdiri sejak tahun 2013 ini memang mencampurkan genre rock dengan Instrumen tradisional Jepang. Unsur vocal mereka juga seringkali dipengaruhi oleh puisi teatrikal Jepang. Keunikan band ini telah berhasil membawa mereka tampil di Asia, Eropa dan Amerika. Mereka juga sempat memenangkan award sebagai Best 5 New Artist oleh Japan Gold Disc Award dan Planning Award oleh Japan Record Awards. Lagu-lagu yang wajib kalian dengar dari band ini adalah Sasameyuki, Tengaku, dan Senbonzakura.

KING GNU

Jpop.fandom.com

Band yang berdiri sejak tahun 2013 ini awalnya dikenal dengan nama Srv.Vinci, namun band ini mengalami perubahan besar dari mengubah nama mereka dan pindah label. King Gnu tak jarang menempati chart teratas pada Billboard Jepang. Band dengan aliran pop ini juga sudah berhasil menang dalam beberapa award seperti MAMA, MTV Europe Music Awards, dan MTV Video Music Awards Japan di tahun 2019. Lagu-lagu yang harus kalian dengarkan dari band ini adalah Hakujitsu, Kasa, Teenager Forever, dan Doron. 

Sumber :