Alasan Kasih Kado untuk Hadiah Pernikahan

Pernikahan adalah salah satu momen krusial dalam hidup semua orang. Momen ini akan jadi peristiwa yang susah dilupain ketika manusia mulai menua nantinya. Nggak hanya bagi calon mempelai tapi juga bagi orang terdekat salah satunya sahabat. Kalau kamu sedang baca ini sekarang, selamat! Kamu adalah salah satu orang yang dinantikan kehadirannya dalam momen penting ini.

Ngado atau ngamplop? | unsplash.com/@julianhochgesang

Menghadiri acara pernikahan pun nggak bisa asal datang aja nih. Selain harus mikirin tentang outfit yang cocok dan pendamping untuk diajak pergi, ada satu hal lagi yang mesti dipertimbangkan matang-matang. Apalagi kalau bukan buah tangan alias kado

Ketika dapat undangan pernikahan, umumnya masyarakat kita memilih cara simpel dalam memberikan hadiah bagi sang mempelai. Tradisi kondangan di Indonesia identik banget sama yang namanya ngamplop. Kalau dihitung pakai persentase, kayaknya lebih dari 85% tamu yang diundang ke sebuah pernikahan menunjukkan support mereka dengan memberikan hadiah berupa ‘mentahan’ alias uang deh. 

Hal ini wajar sebab ngamplop bisa jadi jalan ninja karena lebih gampang dan ga repot. Selain itu kita juga sering mikir kalau si pasangan baru bakalan lebih butuh uang untuk dibelanjakan sendiri daripada barang yang mungkin aja mereka udah punya duluan. 

Meskipun alasan di atas tadi masuk akal, tapi alasan di bawah ini ga kalah benar juga. Alasan kenapa kamu mendingan ngasih kado daripada ngamplop. 

Unik

Tamu yang hadir dengan ngasih amplop kan udah banyak, warna amplopnya juga sama semua lagi. Ini saatnya kamu tunjukin keunikan kamu pada dunia! Daripada cuma ngasih uang, mending dijadiin barang aja

Menciptakan Kenangan

Dengan nyiapin kado berupa barang atau hal yang unik, seperti cooking set, gelas cantik, atau bed cover set bisa bikin kenangan yang indah buat mereka dan kamu. Kehadiranmu pun jadi lebih diingat oleh mereka. 

Nggak Ragu

Siapa nih yang masih suka bingung nentuin budget yang pas untuk ngamplop? Mau nominal kecil ga enak, mau agak gedean apa daya modal tak sampai~. Ga usah pusing-pusing lah, mendingan uangnya dijadiin barang aja. Rasa ga enakan jadi bye bye deh.

Bermanfaat secara Langsung

Memberikan hadiah pernikahan dalam bentuk uang bagi pasangan mempelai tentunya berguna banget. Mereka bisa kasih pilih sendiri uang tersebut mau digunakan untuk apa. Tapi memberikan hadiah dalam wujud barang juga ga salah lho. Mungkin aja mereka lagi butuh barang yang kamu hadiahkan dan ga perlu repot lagi untuk cari-cari. 

Itu dia beberapa alasan kenapa ngado ke pernikahan lebih baik daripada ngamplop. Sebenarnya semua tergantung pandangan dan selera masing-masing. Kehadiran kamu aja mungkin udah jadi hal yang berarti bagi mereka. So, pick your choice 🙂

Eclectic Design, Gaya Unik nan Cantik

Kebanyakan dari kita pasti lebih kenal dengan minimalist style, scandinavian style, atau industrial style dalam hal dekorasi rumah. Lalu apa jadinya kalau kita ingin mencampur semua ide yang ada berikut dengan tekstur, pola, gaya, dan masih banyak lagi. Tentu saja dekorasi yang dihasilkan akan nampak ramai, bukan? Inilah yang dinamakan dengan Desain Eklektik.

Eklektik sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa Yunani yaitu eklektikos, yang bisa diartikan sebagai “memilih yang terbaik.” Istilah ini awalnya hanya digunakan dalam ilmu filsafat. Lalu pada akhir abad ke-19 sampai awal abad 20, konsep ini mulai bertransisi dengan baik ke dalam dunia arsitektur. Seperti konsep awal yaitu “hanya memilih yang terbaik dari berbagai aliran,” para arsitek pun memilih mengkombinasikan banyak elemen dari berbagai gaya untuk menciptakan tampilan baru. Akhirnya, filosofi desain inipun ditransfer ke dalam dunia dekorasi dan terciptalah gaya eklektik.

Namun ada hal yang perlu kamu tau nih. Menerapkan gaya eklektik untuk sebuah ruangan bukanlah hal yang mudah lho. Karena keunikannya, penggunaan desain model ini bisa membuat ruangan tampak berkarakter namun jika gagal bahkan bisa menampilkan kesan berantakan dan nggak beraturan. 

Ada beberapa karakteristik dan tips yang kamu mesti tau sebelum menerapkan desain ini. 

Related: 5 Reasons to Love Eclectic, Maximalist Style

Karakteristik dari Desain Eklektik

Sebetulnya tidak terlalu banyak aturan yang melekat dalam menerapkan desain eklektik. Namun ada beberapa karakteristik yang bisa kamu jadikan acuan, sebelum melaksanakan redecorate ruangan mengikuti desain eklektik.

  • Campuran Motif dan Tekstur

Desain eklektik bukanlah sebuah desain yang homogen. Kamu harus berani mencampurkan berbagai gaya baik dari motif maupun tekstur bahkan keduanya agar tercipta tampilan yang unik.

  • Kombinasi Antara Antik dan Modern

Pada dasarnya desain eklektik selalu digambarkan dengan pencampuran gaya lintas zaman. Seperti meletakkan furniture dengan gaya klasik diantara furniture modern dalam sebuah ruangan. Hal ini dapat menambahkan unsur historis yang membuat ruangan jadi lebih cantik dan tentunya mempertahankan ciri khas dari desain eklektik.

  • Perpaduan Warna Cerah

Pada desain interior eklektik ini, akan lebih sering dijumpai penggunaan dua warna berkontras terang yang dapat menghasilkan harmoni yang indah. Selain bikin ruangan tampak lebih cerah, juga bermanfaat untuk menjadikan ruang lebih hidup.

  • Gallery Walls

Dalam desain eklektik, seringkali orang-orang memanfaatkan bagian dinding lebar mereka sebagai sudut untuk memamerkan karya seni. Tidak hanya karya seni, bahkan mereka juga bisa sekedar membuat space untuk dijadikan tempat menaruh koleksi kebanggaan mereka di sudut ini.

  • Gaya Lintas Budaya

Dalam satu ruangan yang menerapkan desain eklektik, bisa ditemukan furniture antik yang berasal dari satu budaya lalu dipadukan dengan furniture lain yang justru punya asal budaya yang berbeda. Hal ini wajar dan nggak akan bikin ruangan kelihatan berantakkan.

Next Post Next post: Eclectic Style Defined And How To Get The Look

Tips dalam Desain Eklektik

Meskipun desain eklektik tampaknya terlihat tidak padu dan terkesan kacau karena banyaknya kombinasi ide, model desain ini akan menghasilkan tampilan yang mewah dan unik jika dieksekusi dengan benar. Berikut tips yang bisa dicontoh untuk menghasilkan desain eklektik yang menarik mata

  • Tentukan Warna Utama

Menentukan warna untuk sebuah ruangan adalah salah satu langkah krusial dalam dekorasi. Memilih warna utama yang tepat untuk sebuah ruangan dapat membuat ruangan menjadi lebih hidup dan berpadu satu sama lain. Begitupun dengan furniture yang akan melengkapi nantinya. 

Untuk menjadikan desain eklektik menjadi lebih enak dipandang, gunakan satu warna netral untuk dijadikan latar pada dinding. Lalu padukan dengan warna cerah lain yang mencolok sehingga kehadirannya lebih tampak menonjol. Warna netral di sini harus menjadi pemersatu di dalam konsep desain agar menjadikan ruangan lebih kohesif.

  • Dinding Berwarna Netral Lebih Baik dibanding Bermotif

Seperti yang sudah dijelaskan, desain eklektik adalah desain yang mengkombinasikan beragam ide, motif, tekstur, juga unsur seni dari berbagai budaya. Hal ini tentunya sudah pasti membuat ruangan terlihat lebih ramai. Oleh karena itu desain pun harus diseimbangkan. Salah satu caranya adalah dengan membuat dinding lebih polos. 

Hal ini berlaku juga sebaliknya jika furniture yang digunakan punya motif yang lebih lembut dan tenang. Tujuan dari hal ini adalah agar mata bisa punya tempat beristirahat setelah melihat segala keramaian yang ada. Ruangan pun jadi terlihat lebih rapi dan tidak terkesan berantakan.

  • Pilih Motif yang Disukai

Di sinilah kemampuan kreativitas kamu dimulai. Pilih semua motif yang kamu senangi untuk bisa ditempatkan dalam ruangan berdesain eklektik kamu. Padu padankan serta sesuaikan dengan tone warna yang telah kamu pilih sebelumnya. 

  • Bermain dengan Tekstur

Begitu juga dengan tekstur, jangan ragu untuk memilih beragam tekstur yang bisa ikut mewarnai ruangan kamu. Cara cerdas dalam melakukan hal ini adalah dengan menggunakan banyak tekstur sekaligus dengan kuantiti kecil

  • Tidak Ada Aturan Khusus, Bersenang-Senanglah

Desain eklektik sepenuhnya adalah tentang mengekspresikan kepribadianmu ke dalam wujud interior ruangan. Jangan batasi keinginan yang kamu punya dan bersuka rialah dalam menghadirkannya secara nyata. 

Have Fun!!

Inspirasi Kado Unik Untuk Sahabat

Di dunia ini, siapa sih yang nggak suka diberi hadiah, Paolars? Terlebih lagi jika hadiah tersebut diberikan di hari istimewa dan oleh orang yang spesial. Kamu pun pasti pernah ngadoin sahabat kamu dengan barang-barang yang biasanya mereka suka. Tapi di tahun 2021 ini, gimana kalau kamu mulai jadi yang berbeda dengan kasih hadiah yang beda pula. Bedanya itu kaya gimana ya? Coba rekomendasi dari kita yuk

Skincare Set

Skincare set https://unsplash.com/@charissek

Skincare saat ini udah jadi obrolan yang umum dimanapun. Saat ngumpul dengan teman-teman pasti ada sedikit bahasan soal hal ini. Kalau kamu berniat untuk menghadiahkan sahabatmu sesuatu tapi bingung mereka lagi pengen apa, skincare bisa jadi pilihan. Kamu bisa iseng bertanya soal pendapat kepada temanmu mengenai produk skincare yang kamu inginkan atau butuhkan dan arahkan mereka supaya bisa menjawab hal yang sama. 

Tanaman

Plant Decor https://unsplash.com/@huyphan2602

Memelihara tanaman sekarang nggak cuma dilakukan untuk mempercantik pekarangan rumah aja nih. Menyimpan tanaman di dalam ruangan seperti di kamar pun sedang trend loh saat ini. Biar terlihat beda dari yang lain, ngadoin tanaman ke sahabat kamu bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk menaruhnya di pot yang cantik agar tanaman nampak mewah dan aesthetic.

Selain karena kecantikannya, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh saat kamu menaruh tanaman di dalam ruangan tidur mu. Contohnya seperti tanaman sirih gading atau aloe vera yang bermanfaat sebagai penjernih udara yang sempurna. Udara pun akan terasa lebih segar dan pastinya bebas dari racun nggak sehat.

Cooking Set

Cooking Tools https://aliexpress.com

Di masa pandemi sekarang ini kegiatan akan terbatas dilakukan di rumah. Memasak jadi hobi baru yang banyak orang lakukan untuk mengisi waktu di sela-sela kegiatan. Untuk itu, menghadiahkan peralatan memasak kepada sahabat bisa menjadi ide baru yang kamu bisa pikirkan lho. Mereka akan terbantu dengan hadiah ini. Hobi masak jadi lancar dilakukan deh.

Paket Perawatan 

Spa https://unsplash.com/@caishan119

Hadiah itu nggak harus selalu berupa barang lho. Ada banyak bentuk hadiah yang bisa kamu berikan. Memesan paket perawatan kecantikan untuk kamu dan sahabat bisa kamu lakukan. Bisa santai sembari quality time bersama. 

To-do List

To-do List https://unsplash.com/@thecreative_exchange

Satu-satunya hadiah terindah adalah menikmati waktu bersama dengan orang yang disayang. Merencanakan kegiatan tertentu untuk dirayakan bersama dengan sahabat bisa kamu lakukan. Kegiatannya bisa bermacam-macam, tentunya hal ini yang dipastikan bakal bikin kalian sama-sama happy ya. Susun daftar kegiatan yang ingin kalian lakukan bersama dan tentukan tanggal melaksanakannya. Dijamin hubungan kalian bakal tambah erat.

Itu dia beberapa ide kado unik yang bisa kamu berikan kepada sahabatmu Paolars. Hadiah apapun itu akan jadi sangat berkesan kalau kamu berikan dengan ikhlas dan tentunya kepada orang tersayang

Tren Lilac, Si Warna Manis nan Menawan

http://www.flickr.com/photos/giamarie/

Warna ungu, kalian pasti sudah nggak asing lagi sama warna yang satu ini. Dalam budaya Indonesia warna ini sering dianggap sebagai warna yang identik dengan hal tertentu (yang sudah pasti kamu tahu). Sehingga orang seringkali menghindari pemakaian warna ungu dalam segala aktivitas. Apakah kamu juga termasuk yang menganggap warna ungu seperti itu Paolars?

https://unsplash.com/@thecreative_exchange

Namun di paruh kedua tahun 2020 lalu, masyarakat dunia termasuk Indonesia sedang dibuat candu dengan warna ungu pastel cantik yang punya nama yaitu Lilac. Warna satu ini menjadi tren dan kemudian kerap digunakan oleh banyak orang di setiap sektor, baik fashion, interior design, food industry, dan masih banyak lagi. Saking trendingnya, hampir di manapun dan dalam banyak kesempatan bisa kita jumpai orang yang menggunakan warna ini. Menjadikan pandangan aneh terhadap penggunaan ungu pallete pun kian bergeser ke arah yang lebih baik. Tapi kenapa ya warna yang awalnya ramai dihindari ini bisa jadi sangat viral dan disukai banyak orang sekarang?

Color of the Year

www.pantone.com

Warna Lilac ramai dibicarakan setelah Pantone dalam websitenya menobatkan Ultra Violet sebagai Color of the Year 2018. Warna ini dianggap mengkomunikasikan orisinalitas, kecerdasan, dan pandangan visioner yang mengarahkan kita kepada masa depan. Langit malam yang luas dan tidak terbatas adalah simbol dari kekuatan yang harus terus ada untuk dapat mencapai segala kemungkinan di luar yang kita pikirkan. Penobatan dari Pantone ini menempatkan warna ungu beserta turunannya di posisi yang menguntungkan. 

http://www.bhg.com

Selain itu, dominasi penggunaan warna pastel yang sedang naik saat ini juga menjadi salah satu jalan bagaimana Lilac bisa begitu populer. Palette dengan warna terang ini terus bisa mempertahankan kepopulerannya selama bertahun-tahun. Terlebih lagi warna pastel dirasa sesuai dengan era-era sekarang yang mengandalkan unsur minimalis. Warna pastel juga menghadirkan ketenangan, kelembutan yang nyaman untuk dipandang.

Lilac for Lyfe

https://the-atlantic-pacific.com/

Lilac memiliki karakter warna yang lembut dan sedikit manis. Seperti dasarnya warna ungu yang penuh dengan kesan misterius, Lilac yang manis juga memiliki kesan tersebut sehingga cocok digunakan buat kamu yang tetap ingin terlihat dewasa di samping balutan outfit yang imut

https://deringhall.com/

Dalam dunia desain, penggunaan warna Lilac mampu memberi gambaran yang modern serta mewah. Memadupadankannya pun nggak begitu sulit. Sudah banyak berseliweran tips memasangkan warna Lilac untuk dekorasi sebuah ruangan, salah satunya dengan warna emas seperti gambar di  atas. Nampak mewah dan eye-catching sekali kan. Bisa jadi ide untuk kamar baru kamu nih.

Vibe warna Lilac yang sweet and masculine bisa jadi pilihan kamu dalam bergaya dan menciptakan seni tertentu, Paolars. Bener-bener cakep abis. Worth to try!!

Pro- Kontra Tracing beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Halo Paolars,

Dalam dunia menggambar atau desain, trend mengenai tracing sudah banyak dipakai bagi sebagian kreator dalam membuat karya-karyanya. Lalu, apa itu tracing? Berasal dari kata trace yang artinya jejak, penelusuran atau bahkan dalam definisi lain adalah menjiplak.

Tapi, belum tentu berarti menjiplak dalam artian plagiat lho. Walaupun memang banyak sekali pro-kontra mengenai tracing ini. Dalam hal tracing, banyak sekali yang bisa diadaptasi dari sebuah objek seperti garis, pose, anatomi, background, bentuk objek atau bahkan warnanya sekalipun. Jadi bisa disimpulkan bahwa tracing adalah menggambar ulang dan memolesnya sesuai dengan karakter si kreator.

Menggambar secara digital maupun manual tradisional banyak sekali yang sudah menggunakan teknik ini. Untuk melakukan teknik ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi atau software lho! seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, Zara X maupun aplikasi yang dikhususkan seperti PowerTRACE dan Corel trace serta teknik sederhana dalam menggambar manual.

Walaupun sudah banyak software atau aplikasi yang menyediakan kegiatan tracing. Namun, nyatanya banyak saja polemik dan kasus seperti beberapa tahun silam yang terjadi di dunia webtoon atau platform komik seperti pada kasus author My Unknown Husband yang sempat menghebohkan dan membuat penggemarnya kecewa. 

Banyak sekali alasan-alasan yang melatarbelakangi dalam melakukan tracing misalnya, karena tenggat waktu atau dengan kata lain supaya ingin cepat selesai dalam berkreasi. Teknik ini juga sebenarnya banyak dianggap licik karena melangkahi jauh daripada kegiatan esensial menggambar dari awalannya.

Hal pro kontra mengenai tracing ini menarik dan Kita akan bahas tentang makna dalam tracing supaya tidak terjebak dalam berkarya ya Paolars! 

Untuk membahas kasus ini, sekedar info bahwa Author manga Slam Dunk, Takehiko Inoue menggunakan heavy reference dari foto-foto live action pertandingan NBA sebagai pose-pose di manga tersebut. Mirip dari pose, anatomi, sudut pengambilan gambar. Cukup banyak berbagai adegan dalam manga tersebut yang menggunakan referensi foto para pemain NBA in actions seperti ini:

Nah Paolars, tracing diatas itu sah kok! Kenapa? karena men-tracing objek foto dan bukan karya orang lain. Menggunakan berbagai referensi, heavy reference, bahkan tracing, photobashing itu bukan hal yang tabu atau sah-sah saja bahkan normal. Keahlian sang artist bukan hanya dinilai apakah dia menggunakan hal-hal diatas, tapi bagaimana dia menjadikan referensi tersebut menjadi sebuah karya yang bagus.

Dengan kata lain, berimprovisasi dan mengolahnya dengan potensi yang dimiliki masih-masing kreator. Kesimpulan dari foto-foto diatas memang sah-sah saja dan terlihat memang serupa tapi tak sama yang berarti kreatornya memang hebat dalam membuat karya dari referensi-referensi diatas.

Selanjutnya contoh kedua dari webtoon yang dibahas di atas setelah beberapa orang meng-overlay gambar-gambar milik webtoon tersebut seperti ini:

Lihat  disini

Dan sangat terlihat persamaannya bukan? sangat fatal karena kreator men-tracing gambar karya milik orang lain. Bukan foto ataupun objek non-karya orang lain yang dampaknya bisa merusak reputasi karya-karya kalian.

Dalam menjadi kreator memang banyak sekali godaan-godaan waktu, tenggat serta referensi yang menarik mata. Namun ada kalanya kecerdasan harus tertanam pada setiap kreator sehingga harus berhati-hati dalam memilih referensi terutama karya orang lain dan berusaha mengelola  kecerdasan dengan memanfaatkan referensi.

Setelah mengulas masalah tracing diatas, ternyata tracing mempunyai kelebihan dan kekurangan lho paolars! berikut kelebihan dari tracing yang akan membantumu dalam menyelesaikan kreasi gambar Kalian:

  1. Membuat Kalian mudah untuk latihan menggambar, konsisten membuat outline akan mengasah skill menggambar. Gerakan tanganmu akan mulai terbiasa membuat garis dan detail saat menggambar manual maupun digital.
  2. Mengetahui lebih jauh tentang detail anatomi, menelusuri bentuk tubuh yang ada di gambar membantu kamu untuk belajar memahami anatomi. Mulai dari membuat kepala, badan, tangan, kaki, dan detail-detail lainnya.
  3. Menguasai linear perspektif, menggambar perspektif punya tantangannya tersendiri. Namun setidaknya memiliki pemahaman bagaimana cara kerja perspektif itu penting loh. Supaya kamu lebih mudah membuat gambar 3D.

Namun, tracing juga memiliki banyak kekurangan yang harus diperhatikan lho paolars! berikut juga kelemahan-kelemahan tentang tracing yaitu:

  1. Keaslian ide dipertanyakan, karena kamu membuat gambar berdasarkan referensi foto yang kemudian dijiplak. Kemudian muncul persepsi bahwa ide gambar itu bukan sepenuhnya milikmu.
  2. Menemukan ciri khas gambar menjadi agak lama dan sulit, menggambar tracing akan menyebabkan kamu kesulitan untuk menemukan ciri khas gambar. Karena kamu terlalu terpaku hanya dengan referensi yang ada bukan imajinasi Kamu.
  3. Cenderung tidak memiliki original character, karena original character (OC) dibuat berdasarkan ide, garis, bentuk, dan warna yang dibuat sendiri. Akan berbeda konteksnya dengan gambar hasil tracing yang dimana identitas gambar tidak keluar dari isi kepalamu.
  4. Hasil desain yang flat, masalah ini timbul ketika kamu belum terbiasa membuat dimensi gambar. Selain itu, desain yang flat dapat terjadi karena garis outline yang kamu buat tidak terputus dan tebal-tipisnya tidak variatif.
  5. Kecanduan, dalam artian ketika menggambar Kamu menjadi tidak percaya diri saat menggambar tanpa foto referensi. Sehingga kalau disuruh gambar mendadak, kamu akan merasa seperti tidak punya pedoman.

Ya itu dia serba-serbi tentang tracing beserta kelebihan dan kekurangannya. Intinya sebagai kreator harus cerdas dan menempatkan tracing untuk sekedar membantu dan jangan terlalu mengandalkan tracing apalagi plagiat karya orang lain. Jangan berhenti berkarya dan sukses ya paolars!

Sumber: 

https://id.quora.com/Bagaimana-pendapat-anda-mengenai-tindakan-tracing-yang-dilakukan-oleh-author-Webtoon-My-Unknown-Husband

Review Winsor & Newton Galeria Acrylic

Halo Paolars!

Pada postingan blog kali ini, minpao Kembali untuk mereview sebuah produk cat akrilik nih.. Cat akrilik yang akan dibahas kali ini adalah Winsor & Newton Galeria Acrylic.

Galeria Acrylic adalah cat akrilik berkualitas tinggi yang memberikan hasil profesional, ideal untuk seniman yang menginginkan rangkaian cat akrilik berkualitas tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Rangkaian Galeria Acrylic menawarkan pigmen kualitas profesional, opasitas, dan permanen dengan hasil akhir satin yang halus. Galeria menggunakan pigmen yang sama dengan produk profesional atau pigmen serupa, tetapi dalam konsentrasi yang lebih rendah. Hal ini membuatnya mudah digunakan dengan transisi ke tingkat seniman saat kalian memiliki pilihan yang lebih luas dan memerlukan kekuatan pigmen yang lebih tinggi.

Winsor & Newton Galeria Acrylic tube stet ini tersedia dalam 10 tube yang masing-masing berukuran 20 Ml. Warna-warna yang hadir dalam kemasan tube ini antara lain :

  • Lemon Yellow Hue
  • Cadmium Yellow Medium Hue
  • Cadmium Red Hue
  • Permanent Rose
  • Ultramarine
  • Cerulean Blue Hue
  • Phthalo Green (Blue Shade)
  • Yellow Ochre
  • Raw Umber
  • Titanium White

Cat akrilik ini memiliki konsistensi yang tebal bahkan sulit untuk menghilangkannya dari kuas setelah dipakai. Meskipun begitu cat ini sangat memungkinkan kalian untuk menambahkannya dengan air supaya mempermudah proses melukis. Dengan begitu kalian juga akan menghemat pemakaian meskipun cat akrilik ini hanya berukuran 20 ml saja.

Tekstur dari cat ini ketika dicampur dengan sedikit air sangatlah halus dan ini akan sangat membantu kalian untuk mendapatkan hasil lukis dengan garis yang bersih dan rapi. Namun jika kalian ingin langsung memakainya tanpa campuran air, kalian membutuhkan beberapa lapis hingga mendapatkan hasil yang rapi. Selain itu cat akrilik ini mudah untuk diblend dan cepat kering.

Meskipun hanya berisikan 10 tube set saja, kalian tetap bisa mencampurkan berbagai macam warna untuk menghasilkan warna baru, dan warna yang dihasilkan pun sangat rich.. Jadi gak perlu khawatir akan rugi! 😀

PROS :

  • Sangat kental dan berkualitas tinggi
  • Bisa dipakai pada media mana saja seperti kertas, tas, kanvas, kayu, kaca, dll
  • Mudah diblend dan cepat kering
  • Warna yang dihasilkan sangat rich
  • Menghasilkan garis yang rapi dan halus
  • Tidak memiliki bau yang menyengat

CONS :

  • Konsistensi cat yang sangat kental membuat cat ini susah dihilangkan pada kuas setelah menggunakannya
  • Jika tidak menyampurkannya dengan air, harus mengaplikasikannya berlapis-lapis

Jika Paolars tertarik untuk memiliki cat akrilik berkualitas tinggi, kalian bisa dapatkan produk ini di web Paola.id dengan harga Rp.285.869,- saja loh! Yuk buruan di order -> https://www.paola.id/product/winsor-newton-galeria-acrylic-color-tube-10×20-ml

Review Sakura Acrylic Color 20 ML

Halo Paolars!

Minpao Kembali lagi dengan review sebuah produk painting yang mungkin akan berguna untuk kalian..

Untuk review kali ini, minpao akan membahas produk dari brand Sakura yang udah terkenal banget di kalangan para seniman. Produk tersebut adalah Sakura Acrylic Color. Yup! Minpao akan bahas cat akrilik lagi nih..

Untuk cat akrilik sendiri memiliki komposisi suspensi pigmen emulsi polimer inacrylic. Dalam penggunaannya, cat akrilik dapat diencerkan dengan air, tetapi menjadi kedap air saat kering. Tergantung pada seberapa banyak zat pengencer. Cat akrilik juga merupakan jenis cat yang mudah kering karena memiliki senyawa air pada kandungannya. Cat jenis ini dapat kalian aplikasikan dimana saja. Dimulai dari kertas, kayu, plastik, kaca, kulit, dan lain-lain.

Craypas.com

Cat Akrilik ini memiliki formula yang akan membuat proses melukis kalian menjadi mudah karena cat ini dapat menghasilkan ekstensi yang halus. Cat akrilik berukuran 20 Ml ini cocok untuk para pemula yang ingin mencoba melukis karena tidak akan boros. Cat akrilik Sakura ini juga khas dengan karakter transparannya yang cerah, sehingga kalian dapat digunakan dengan Teknik gambar transparan ataupun glossy selayaknya Cat minyak, tetapi dengan kelebihan yang lebih mudah untuk diaplikasikan karena berbasis air.

Cat akrilik dari brand Jepang ini hadir dalam 58 jenis warna antara lain :

Lemon Yellow, Yellow, Permanent Yellow Deep, Permanent Yellow, Orange, Pale Orange, Sap Green, Naples Yellow Red Light, Naples Yellow, Raw Sienna, Oxide Red, Burnt Sienna, Yellow Ochre, Vandyke Brown, Burnt Umber, Vermilion, Red, Carmine, Carmine Deep, Pink, Rose, Deep Rose Magenta, Dark Red, Primary Magenta, Violet, Red Violet, Mauve, Lavender, Cerulean Blue, Light Blue, Emerald Green, Yellow Green, Greenish Yellow, Brilliant Green, Green, Perm Green Light, Viridian, Phthalo Green, Olive Green Light, Olive Green, Turqoise Blue, Cobalt Blue, Primary Cyan, Ultramarine Blue, Ultramarine Deep, Blue Violet, Prussian Blue, Phthalo Blue, Cool Gray, Warm Gray, Neutral Gray, Carbon Black, Oxide Black,  Titanium White, Mixing White, Gold, Antique Gold, dan Silver.

Jika kalian menginginkan bermacam-macam warna dalam sekali pembelian, kalian dapat membeli Sakura Acrylic Color dengan seri setnya. Set tersebut terdiri dari 12 jenis warna primer. Meskipun terdengar hanya sedikit, kalian dapat mencampurkan warna-warna primer tersebut untuk mendapatkan warna baru tanpa perlu khawatir, sehingga memudahkan para pemula untuk mencobanya.

Craypas.com

PROS :

  • Memiliki varian warna yang sangat banyak
  • Terdapat set untuk pemula
  • Mudah diaplikasikan
  • Hemat karena dapat dicampur dengan air
  • Dapat diaplikasikan dimana saja

CONS :

  • Akan mudah kering jika tidak meletakkannya dengan baik
  • Kuas yang sudah dipakai akan mudah mengering jika tidak langsung dibersihkan dan tidak dapat dipakai lagi
  • Memiliki warna hasil yang transparan sehingga perlu mencampur dengan warna putih jika ingin hasil yang sedikit buram

Review Cat Akrilik Faber Castell 30 ML

Halo Paolars..

Saatnya Review! Kali ini minpao mau me­-review salah satu produk painting dari merk yang bisa dibilang sangat terkenal di Indonesia. Yup! Produk tersebut merupakan produk dari Faber Castell dan yang akan minpao bahas kali ini adalah cat akriliknya yang berukuran 30 ml.

Sebelumnya, minpao mau kasih informasi menegenai cat akrilik dulu nih..

Cat akrilik merupakan cat yang cepat kering dengan terdiri dari larutan pigmen dan resin akrilik. Resin sendiri merupakan getah yang dihasilkan oleh tumbuhan tertentu. Cat akrilik pada umumnya memiliki karakteristik warna yang dapat berubah dimana pada awal saat kalian oleskan cat ini akan memiliki sedikit perubahan warna ketika polesan cat ini sudah mulai kering.

Selain itu cat akrilik juga tidak mudah luntur dibandingkan dengan cat air. Cat akrilik biasanya bisa dipakai dalam media apa saja, bisa kertas, kayu, kain, kanvas bahkan kulit. Tetapi karena cat akrilik bersifat kental, maka kuas yang kalian pakai harus dirawat dengan baik. Jika tidak kuas yang telah dipakai akan mudah mengering dan mengeras, sehingga tidak bisa dipakai lagi. Kalian harus pandai menyimpan cat akrilik karena jika ia akan mudah mengering jika disimpan di tempat yang dingin. Dalam artian jika sudah kering kalian tidak bisa memakainya lagi. Kelebihan yang menarik dari jenis cat ini adalah kalian masih bisa menghapus cat yang sudah kering dari kanvas dengan menggunakan acrylic remover.

Lanjut ke pembahasan utama, minpao mau review cat akrilik dari brand Faber Castell.

Cat yang memiliki ukuran 30 ml ini tersedia dengan 10 pilihan warna yaitu :

  • Brilliant Red
  • Yellow Pale
  • Sky Blue
  • Prussian Blue
  • Mid Green
  • Flesh Tin
  • Black
  • White
  • Gold
  • Silver

Cat akrilik Faber Castell yang berbasis air ini akan segera kering ketika dioleskan dan tidak akan luntur ketika terkena air. Selain itu kalian juga dapat mencampurkan beberapa warna untuk menghasilkan warna baru. Dengan ukuran 30 ml ini dapat kalian gunakan untuk melukis pada media yang luas. Memiliki goresan yang halus, cat akrilik ini membuat kalian memudahkan proses melukis.

PROS :

  • Mudah kering ketika sudah dioleskan
  • Tidak akan luntur jika terkena air
  • Dapat dihapus menggunakan acrylic remover jika kalian mengaplikasikannya di kanvas
  • Bisa diaplikasikan pada media apa saja seperti kaca, kayu, kain, tas, kertas, kanvas, dll
  • Mudah didapat di seluruh Indonesia
  • Cocok digunakan untuk melukis di media yang luas

CONS :

  • Cat akrilik ini akan mudah kering jika menyimpannya dalam suhu yang dingin
  • Kuas yang telah dipakai untuk mengaplikasikan cat akrilik akan mudah kering jika tidak langsung dicuci
  • Warna yang tersedia tidak terlalu banyak dan beragam

Perbedaan krayon dengan pastel


“Krayon itu untuk mewarnai, pastel itu warna” gak salah sih, tapi pastel yang dimaksud disini adalah oil pastel. Masih banyak yang beranggapan Oil pastel itu sama dengan crayon / krayon karena bentuknya dan cara pemakaiannya yang hampir sama. Tetapi ternyata banyak sekali perbedaan dari crayon dengan oil pastel.

Perbedaan crayon dengan oil pastel terutama terletak dari bahan pembuatnya. Crayon dibuat dengan menggunakan wax / lilin sedangkan oil pastel dibuat dengan bahan minyak yaitu non drying oil dan wax binder atau pengikat lilin.

Sedangkan untuk cara pengaplikasian atau pemakaiannya crayon lebih cenderung tebal, keras, dan lebih sulit melakukan blending warna. Kamu harus sedikit mengeluarkan tenaga ekstra jika memakai crayon sebagai media mewarnai karena sifatnya yang cenderung keras ini. Sisi baiknya, crayon tidak akan menghasilkan debu yang banyak saat dipakai.

Berbanding terbalik dengan oil pastel, oil pastel memiliki sifat yang lebih lembut dan creamy. Kamu tidak harus menekan kuat kuat jika memakai oil pastel untuk mewarnai. Dibandingkan dengan memakai crayon, kamu akan dengan mudah melakukan blending warna, layering, shading dengan menggunakan oil pastel. Dikarenakan sifatnya yang lebih soft, oil pastel akan lebih mudah mengotori tangan kamu. Oil pastel dapat dipakai kering seperti crayon atau basah dengan menggunakan media minyak untuk mencairkannya.

Perbedaan yang cukup jelas dari fisiknya, crayon lebih shiny dan glossy, sedangkan oil pastel lebih matte.

Berikut adalah contoh produk crayon dan oil pastel :

CRAYON

OIL PASTEL

Oil pastel lebih mudah diaplikasikan di berbagai macam permukaan seperti kertas, kanvas, kaca, kayu, batu, bahan metal. Sedangkan Crayon hanya bisa kamu aplikasikan di kertas.

Selera seorang artist dalam memakai suatu alat berbeda, beberapa orang lebih suka dengan crayon dan lainnya memilih oil pastel. Pada dasarnya oil pastel lebih mudah untuk dipakai mewarnai dan menghasilkan hasil yang lebih realistik dan menambahkan tekstur seperti 3d, sedangkan krayon akan membantu kamu untuk membuat detail detail karena teksturnya yang solid.

That’s it, itu saja perbedaan dari crayon dan oil pastel, semoga membantu kamu dalam memilih media mewarnai yang pas untuk style kamu. Bye and have a colorful day! 🙂

Oh iya satu lagi kamu bisa menemui produk produk tersebut di web kita loh..
langsung klik aja : https://www.paola.id/products?q=crayon
dijamin murah dan ori!

Review Reeves Soft Pastels 36 Colors Set

Halo Paolars..

Minpao kembali untuk menyuguhkan review mengenai produk painting nih, kali ini produk yang bakal minpao review adalah Reeves Soft Pastels 36 Colors Set. Produk Reeves yang satu ini merupakan produk pastel dengan tipe soft, dimana pastel sendiri memiliki beberapa tipe yaitu hard, soft, panpastel, dan pastel pencils.

Perbedaan dari semua jenis Pastel, soft pastel ini memiliki ciri khas seperti pigmen warna yang kuat sehingga ketika diaplikasikan menghasilkan warna yang pekat dan tekstur yang powdery membuat penggunaan soft pastel dalam blending menjadi mudah.

Reeves Soft Pastel hadir dengan kemasan yang sederhana, namun dari luar kemasan kita sudah dapat melihat macam-macam warna yang ada di dalamnya. Warna yang tersedia pada set 36 warna ini terbilang cukup lengkap. Set ini tersedia dengan warna :

Light Green, Green, Light Brown, Salmon, Mid Brown, Burnt Sienna, Raw Umber, Light Grey, Burnt Umber, Charcoal, Red, Crimson, Magenta, Pink, Black, Grey, Pale Pink, Violet, Dark Purple, Light Purple, Purple, Blue Violet, Mid Blue, Blue, Light Blue, Dark Blue, Turquoise, Aqua Green, White, Dark Yellow, Lemon Yellow, Yellow, Yellow Ochre, Mustard Yellow, Orange, dan Dark Orange.

Soft Pastel ini juga sangat menguntungkan untuk para seniman karena memiliki warna earth tone yang cukup banyak, yang mana earth tone ini dapat membantu kalian untuk menggambar objek natural seperti binatang atau pemandangan dengan hasil yang realistis. Teknik yang cukup terkenal ketika menggunakan soft pastel ialah dengan cara menngusapkan tissue di atas soft pastel yang sudah diaplikasikan untuk mempermudah dan memaksimalkan proses blending.

Produk ini tercipta dengan stick yang akan mempermudah kalian dalam mewarnai, karena bentuknya yang slim dan juga kuat. Meskipun soft pastel sangat mudah untuk blending, produk ini seringkali berdebu. Debu yang dihasilkan dari produk soft pastel ini kemungkinan akan menghasilkan warna di luar area pewarnaan yang kita inginkan jika kita tidak meniup debu-debu tersebut dengan segera, jadi kita perlu hati-hati dalam menggunakan produk ini.

Selain hadir dengan 36 set warna, Reeves Soft Pastels ini juga tersedia dalam beberapa set warna yang berbeda yaitu 12 Set, 24 Set, 32 Set hingga 288 Set warna.

Amazon.co.uk

PROS :

  • Menghasilkan warna yang pekat
  • Tersedia dengan harga yang murah
  • Memudahkan dalam proses blending
  • Memiliki banyak jenis warna
  • Terdapat warna earth tone yang banyak

CONS :

  • Menghasilkan banyak debu ketika dipakai

Reeves Soft Pastels 36 Colors Set ini tersedia di website www.paola.id dengan harga Rp. 95.960,-

Selain menyediakan 36 set warna, paola juga menyediakan set warna 12 dengan harga Rp. 45.455,- dan set warna 24 dengan harga Rp.70.708,- saja, cocok untuk kalian para pemula yang ingin mencoba gambar realis

Yuk di klik -> https://www.paola.id/products?q=reeves+soft+pastels&l=12&o=0&rgFrom=45000&rgUntil=96000