10 Hal Saat Bertemu dengan Orang Tua Pacar

vogue

Ketika udah yakin dan serius dalam menjalin hubungan dengan seseorang, siapapun pasti berharap bisa lanjut terus ke tahap berikutnya. Salah satu tahapan yang dinantikan adalah saat bisa kenalan sama keluarganya, terlebih orang tuanya. Jika sudah berhasil berkenalan bahkan dekat sama orang tuanya, bukan tidak mungkin restu yang diharapkan jadi lebih mudah didapat. 

Bertemu dengan orang tua pacar untuk pertama kali bisa menjadi momen yang menegangkan bagi siapapun. Banyak yang bilang kalau momen ini sama pentingnya seperti hendak melakukan interview pekerjaan. Siapapun pasti berusaha melakukan yang terbaik agar kesan yang dihasilkan juga baik sesuai dengan harapan. 

Agar perasaan tegang yang dirasakan nggak bikin momen menjadi kacau, kamu tentu perlu persiapan. Persiapan yang matang dan pengetahuan yang cukup tentang mereka bisa sedikit membantu kamu di hari ‘eksekusi’ nantinya. Lewat artikel ini Paola mau kasih kamu tips dalam menjalani salah satu tahapan penting dalam hubungan percintaan. Di simak baik-baik yuk!

1. Cari Informasi Pendukung Sebanyak-Banyaknya

Jika ingin lancar dalam pertemuan nanti, salah satu caranya ialah kamu harus cukup informasi tentang keadaan dan orang yang akan dijumpai. Dalam hal ini, bersyukurlah kamu karena ada ‘orang dalam’ yang pasti punya informasi akurat mengenai mereka. Yup, siapa lagi kalau bukan pacarmu. 

Tanya semua hal yang bisa membantu kamu dalam menghadapi orang tua pacarmu. Hal tersebut biasanya seperti apa yang disukai, apa yang tidak disukai, kebiasaan, dll. Pengetahuan tentang hal-hal di atas bisa membantu kamu dalam menjalani hari H nanti dengan percaya diri. Kamu pun bisa sedikit terhindar dari salah-salah kata atau perbuatan yang bisa jadi berakibat nggak baik untuk kesanmu atau hubungan kalian.

2. Datang di Waktu yang Tepat

Penting untuk menciptakan momen baik di waktu yang tepat. Agar pertemuan berjalan lancar, kamu harus tau kapan sekiranya waktu yang baik untuk mengunjungi mereka. Jangan sampai pertemuan pertama yang seharusnya jadi awal pondasi kokoh bagi hubunganmu dengan pasangan, runtuh karena kedatanganmu yang ga terencana.

Obrolan yang nyaman biasanya terjadi jika kedua belah pihak sama-sama sedang dalam kondisi santai. Hindari datang bertamu ketika orang tua pacarmu sedang merasa lelah, sibuk karena pekerjaan, atau hendak melakukan perjalanan. Kamu juga bisa meminta pacarmu untuk memberitahukan niatmu mengunjungi orang tuanya. Dengan begitu, mereka pun mungkin juga bisa sedikit melakukan persiapan dalam menyambut kedatanganmu.

3. Siapkan Buah Tangan sebagai Hadiah

Bertamu ke tempat seseorang, rasanya akan tampak lebih baik jika membawa buah tangan. Cara ini tentu bisa kamu lakukan saat bertamu ke rumah orang tua pacar. Selain terlihat sopan, membawa hadiah untuk tuan rumah bisa menunjukan kesan bahwa kamu berterima kasih sudah diijinkan datang. Ga perlu barang mahal, hadiah kecil pun akan sangat berharga bagi mereka. Bisa menambah nilai positif kamu di mata orang tua pacar.

4. Ciptakan Kesan Pertama yang Baik, Sopan, dan Ramah

Kesan pertama menentukan bagaimana seseorang memandang diri kita di pertemuan selanjutnya. Maka dari itu pastikan kamu meninggalkan kesan pertama yang cakap di mata orang tua pacarmu. Hal ini mencakup banyak hal, seperti bagaimana caramu berpakaian, caramu memberi mereka salam, caramu berperilaku, juga dalam bertutur kata.

5. Tampil dengan Busana Sopan & Semestinya

Hindari memakai pakaian yang terlalu menunjukkan bagian tubuhmu, seperti dress atau baju dengan potongan rendah. Ga hanya itu, jangan juga memakai pakaian yang berlebihan. Pilih pakaian yang semestinya dipakai saat bertemu dengan orang yang lebih tua, gunakan riasan sederhana, serta pastikan rambut tertata rapi. Dengan begini, kamu akan tampak merencanakan kunjungan dengan amat serius.

6. Berikan Salam Terbaik

Ini dia saatnya. Ini waktunya kamu menunjukkan niatmu berkunjung dengan memberikan salam pertama terbaik dan pastinya bersahabat. Tunjukkan rasa percaya dirimu dengan senyum tulus yang menawan. Jangan lupa untuk memperkenalkan dirimu dengan jelas dan tidak bertele-tele. Intinya, jalani pertemuan dengan serius tapi santai.

7. Jangan Ragu Membantu

Ketika melihat adanya kerepotan, jangan ragu mengulurkan tanganmu untuk membantu mereka. Jangan diam saja. Berdiam diri hanya akan membuat situasi tambah canggung. Inisiatif membantu bisa menaikan nilai tambah pada dirimu. Kamu akan punya kesan peka dan peduli. Apabila kamu sudah menawarkan bantuan namun akhirnya ditolak, ga masalah. Yang terpenting kamu sudah menunjukan keinginan mu untuk membantu. 

8. Bangun Obrolan Kecil & Jangan Malu untuk Bergabung

Berada di lingkungan baru cenderung membuat seseorang merasa kurang nyaman. Alhasil kita memilih diam dan jadi penonton. Saat kamu berada dalam pertemuan bersama orang tua pacar, jangan malu untuk ikut bergabung dalam obrolan. Kamu bisa ikut mengajukan pertanyaan kecil, menjawab pertanyaan yang diajukan, atau sekedar tertawa kecil. Hal ini tentu untuk menunjukkan bahwa kamu menaruh perhatian pada mereka. Tapi tetap ingat untuk tidak berlebihan dalam berbicara. 

9. Jangan Sibuk Pacaran

Walaupun kamu sedang dalam agenda bertemu dengan orang tua pacar, jangan lupa tetap perhatikan pacarmu. Tujuan kedatanganmu adalah untuk menunjukan hubunganmu dengan anaknya. Namun tetap jangan berlebihan dalam hal ini. Jangan juga kamu malah sibuk pacaran dan bikin orang tua merasa tidak nyaman. Nantinya kamu akan dikira tidak menghormati mereka di rumah mereka sendiri.

10. Hormati Peraturan Keluarga

Setiap tempat tentu punya aturannya sendiri. Begitupun dengan lingkungan baru yang akan kamu datangi, yaitu tempat orang tua pacarmu berada. Sebisa mungkin, kamu harus bisa menghormati peraturan yang mungkin ada dalam keluarga pacarmu. Seperti aturan jam malam dalam berkunjung. Hindari berkunjung hingga larut malam atau melewati aturan waktu yang berlaku. Hal ini berlaku juga apabila kamu datang atas undangan mereka. Tetap perhatikan aturan lain yang berlaku. Sikap menghormati aturan ini menunjukan bahwa kamu menghargai mereka sebagai tuan rumah.

Itu dia tips dalam menghadapi pertemuan pertama dengan orang tua pacar. Gimana menurutmu? Bisa diterapkan bukan? Selamat berjuang!

Alasan Kasih Kado untuk Hadiah Pernikahan

Pernikahan adalah salah satu momen krusial dalam hidup semua orang. Momen ini akan jadi peristiwa yang susah dilupain ketika manusia mulai menua nantinya. Nggak hanya bagi calon mempelai tapi juga bagi orang terdekat salah satunya sahabat. Kalau kamu sedang baca ini sekarang, selamat! Kamu adalah salah satu orang yang dinantikan kehadirannya dalam momen penting ini.

Ngado atau ngamplop? | unsplash.com/@julianhochgesang

Menghadiri acara pernikahan pun nggak bisa asal datang aja nih. Selain harus mikirin tentang outfit yang cocok dan pendamping untuk diajak pergi, ada satu hal lagi yang mesti dipertimbangkan matang-matang. Apalagi kalau bukan buah tangan alias kado

Ketika dapat undangan pernikahan, umumnya masyarakat kita memilih cara simpel dalam memberikan hadiah bagi sang mempelai. Tradisi kondangan di Indonesia identik banget sama yang namanya ngamplop. Kalau dihitung pakai persentase, kayaknya lebih dari 85% tamu yang diundang ke sebuah pernikahan menunjukkan support mereka dengan memberikan hadiah berupa ‘mentahan’ alias uang deh. 

Hal ini wajar sebab ngamplop bisa jadi jalan ninja karena lebih gampang dan ga repot. Selain itu kita juga sering mikir kalau si pasangan baru bakalan lebih butuh uang untuk dibelanjakan sendiri daripada barang yang mungkin aja mereka udah punya duluan. 

Meskipun alasan di atas tadi masuk akal, tapi alasan di bawah ini ga kalah benar juga. Alasan kenapa kamu mendingan ngasih kado daripada ngamplop. 

Unik

Tamu yang hadir dengan ngasih amplop kan udah banyak, warna amplopnya juga sama semua lagi. Ini saatnya kamu tunjukin keunikan kamu pada dunia! Daripada cuma ngasih uang, mending dijadiin barang aja

Menciptakan Kenangan

Dengan nyiapin kado berupa barang atau hal yang unik, seperti cooking set, gelas cantik, atau bed cover set bisa bikin kenangan yang indah buat mereka dan kamu. Kehadiranmu pun jadi lebih diingat oleh mereka. 

Nggak Ragu

Siapa nih yang masih suka bingung nentuin budget yang pas untuk ngamplop? Mau nominal kecil ga enak, mau agak gedean apa daya modal tak sampai~. Ga usah pusing-pusing lah, mendingan uangnya dijadiin barang aja. Rasa ga enakan jadi bye bye deh.

Bermanfaat secara Langsung

Memberikan hadiah pernikahan dalam bentuk uang bagi pasangan mempelai tentunya berguna banget. Mereka bisa kasih pilih sendiri uang tersebut mau digunakan untuk apa. Tapi memberikan hadiah dalam wujud barang juga ga salah lho. Mungkin aja mereka lagi butuh barang yang kamu hadiahkan dan ga perlu repot lagi untuk cari-cari. 

Itu dia beberapa alasan kenapa ngado ke pernikahan lebih baik daripada ngamplop. Sebenarnya semua tergantung pandangan dan selera masing-masing. Kehadiran kamu aja mungkin udah jadi hal yang berarti bagi mereka. So, pick your choice 🙂

Love Languages yang Tepat bikin Hubungan Makin Lekat

Cinta adalah salah satu hal yang pasti semua orang pernah rasakan, bagaimanapun bentuk kehadirannya. Dalam sebuah hubungan cinta, seringkali ada tingkah laku salah satu pihak yang bikin kamu bingung. Sebenarnya mereka ini inginnya kamu bagaimana dan harus apa? Bisa jadi memang mereka yang sedang sensitif. Atau bahkan kamu yang nggak paham love languages yang mereka harapkan. Eh tapi apa sih Love Languages itu?

Istilah Love languages sendiri awalnya datang dari sebuah buku berjudul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate karya Gary Chapman tahun 1992. Pada intinya ada lima bahasa cinta yang bisa kamu tunjukkan kepada pasangan dan diterapkan ke dalam hubungan kamu.

Setuju atau tidak, setiap pasangan harus bisa mengetahui bahasa cinta yang digunakan masing-masing pasangannya. Karena pada dasarnya setiap orang di muka bumi, menunjukkan kasih sayang mereka dengan cara yang berbeda-beda. 

Nggak sedikit orang yang salah mengartikan tindakan dari pasangan, malah berujung pada perpisahan dan berakhirnya hubungan. Maka, memahami bahasa cinta dapat membantu kamu meminimalisir kesalahpahaman. Tentunya bisa menjadikan hubungan lebih harmonis dari sebelumnya, tanpa harus terpaku pada ucapan “i love you” di setiap waktu.

Berdasarkan teori dari Chapman, ada lima bahasa cinta yang biasa orang gunakan. Mungkin pasanganmu termasuk dalam salah satu grup ini. Kita kenali lebih dalam yuk.

1. Words of Affirmation

i love u baby | unsplash/@john_cameron

Kalau kamu merasa nggak selalu rasa sayang harus ditunjukkan, itu tentu tidak berlaku bagi orang-orang dengan bahasa cinta ini. Mereka sangat menyukai dipuji dan diberi kata-kata positif bernada cinta dari pasangan. Penting bagi mereka untuk tau bahwa pasangannya peduli dan sayang dengan adanya pembuktian melalui tindakan verbal. 

Cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya memberi ucapan penyemangat, mengucapkan rasa syukur atas kehadiran ia di hidupmu, atau sekedar ungkapan terima kasih atas hal-hal kecil yang ia lakukan untuk membuatmu senang. 

Meski begitu, ucapan yang kamu sampaikan sebagai tanda kasih sayang haruslah sebuah kalimat jujur. Tentu akan menyakitkan jika rasa cinta itu hanya terlintas di mulut saja. Bagaimanapun mereka juga orang penting yang mesti kamu bahagiakan lewat tindakan.

2. Acts of Service

sesekali bantu pasangan di dapur | unsplash/@beccatapert

Orang-orang dalam kategori ini, lebih senang jika diperlihatkan rasa sayang dari pasangan melalui aksi atau tindakan. Kata-kata sayang tidak terlalu berpengaruh bagi mereka, jika perlakuan yang ditunjukkan tidak setara dengan kata-kata tersebut. Tindakan sederhana pun akan menjadi sangat berharga apabila itu dilakukan tanpa diminta.

Hal-hal seperti membantu pekerjaan rumah tangga, memberikan kejutan manis tidak terduga, dan banyak lainnya, bisa menjadi sesuatu yang membuat mereka merasa dihargai dan disayangi.

Nggak harus berlebihan, kamu cukup peka dan tau apa yang sedang mereka butuhkan. Atau juga membantu mereka tanpa disuruh bisa menjadi hal yang manis lho.

3. Receiving Gifts

bunga spesial hanya untuknya | unsplash/@j

Terkadang, bahasa cinta yang satu ini sering disalahpahami sebagai tindak materialistik. Padahal nggak selalu berarti seperti itu lho. Orang-orang dengan bahasa cinta ini, akan merasa dicintai dan disayangi melalui hadiah atau pemberian dari pasangannya. 

Yang menjadi berbeda, pemberian ini nggak selalu harus berkaitan dengan barang-barang atau hal-hal dengan nilai tinggi. Hadiah kecil sebagai bentuk perhatian menjadi lebih bermakna bagi mereka. Seperti contohnya kiriman makanan di waktu jam makan siang, dapat menjadikan mereka merasa sangat diperhatikan dan disayangi.

Ingat ya, mereka dengan bahasa cinta ini bukan berarti harus dituruti keinginannya. Kamu hanya perlu menunjukkan bahwa kamu peduli dan menaruh perhatian pada mereka.

4. Quality Time

senangnya punya waktu berdua | unsplash/@jonathanborba

Ini dia yang biasanya selalu dituntut orang kepada pasangannya. Bentuk bahasa cinta yang satu ini, seringkali kurang dipahami beberapa pasangan yang pada akhirnya menjadikan hubungan kurang harmonis. 

Satu contoh kasus yang sering terjadi; sepasang kekasih dengan intensitas waktu berdua yang kurang, di mana ketika bertemu salah satu pasangannya justru sangat sibuk dengan hal lain seperti gadget atau urusan pekerjaan. Hal ini menyebabkan salah satu pihak merasa terabaikan dan kurang berkualitasnya waktu yang dijalani saat itu. Hal inipun sama saja berakhir nggak baik untuk hubungan.

Maka dari itu, orang dengan bahasa cinta ini akan merasa berharga dan disayangi apabila pasangannya punya waktu khusus untuk dihabiskan berdua. Tapi bukan cuma berduaan, namun perhatian yang sepenuhnya terfokus hanya pada hubungan diri pasangannya saja. 

5. Physical Touch

sandarkan keluh kesahmu padaku | unsplash/@nate_dumlao

Sentuhan fisik di sini, bukan yang mengarah ke hal negatif ya. Namun, lebih ke keintiman antar satu sama lain dari sepasang kekasih. Orang dengan bahasa cinta satu ini bahagia dengan sentuhan fisik dari pasangannya yang mereka ibaratkan sebagai tanda kasih sayang.

Contohnya seperti berpegangan tangan saat menyusuri tempat wisata, merangkul bahu, menyandarkan kepala, dan beberapa lainnya. 

Nggak harus berlebihan, dengan sentuhan fisik sederhana, pasanganmu yang termasuk dalam grup ini akan merasa bahwa kamu mencintainya. Ini juga bisa jadi bukti kalau ia memang dibutuhkan oleh pasangannya

Hubungan akan jadi lebih mudah kalau, kalau kamu tau jenis bahasa cinta apa yang pasanganmu inginkan. Kesalahpahaman pun akan berkurang. Tentunya tidak dilakukan dengan berlebihan juga ya. Sebutuhnya mereka aja.

Kapan Jam Terbaik Minum Kopi?

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Minuman ini mengandung stimulan yang sangat populer dan disenangi banyak orang yaitu kafein. 

Di Indonesia sendiri, kopi mulai banyak diminati oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, menyukai kopi setelah bermunculan banyak aneka sajian kopi dari kedai kopi kekinian yang rasanya nggak cuma pahit saja. 

Umumnya orang-orang mulai menyeduh kopi mereka di waktu pagi sebelum melakukan rutinitas harian. Efek kafein dalam kopi disebut dapat meningkatkan konsentrasi dalam melakukan kegiatan di sepanjang hari nanti. Karena itulah kopi identik dengan suasana pagi hari. 

Meskipun mayoritas orang berkata demikian, dari sisi medis, ternyata minum kopi terlalu pagi dirasa kurang baik loh bagi kesehatan. Terdapat jam-jam tertentu dalam meminum kopi yang dapat memberikan manfaat besar serta meminimalkan efek buruk dari kopi bagi tubuh. 

https://unsplash.com/@naipo_de

Kortisol dan Kopi

Kopi bisa disebut sebagai minuman berenergi. Hal ini karena kebanyakan orang merasa, belum pas rasanya memulai aktivitas sebelum menyeruput secangkir kopi. 

Sayangnya, minum kopi di pagi hari terlebih saat matahari baru saja naik justru kurang disarankan lho. Alasannya yaitu kondisi hormon kortisol yang sedang berada pada puncaknya di pagi hari. 

Kortisol adalah hormon adrenalin yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Hormon ini berfungsi untuk mengatur emosi, sistem kekebalan tubuh, juga tekanan darah. Selain itu, kortisol berfungsi mengubah energi menjadi gula yang dapat menjadi cadangan bahan bakar bagi tubuh.

Tingkatan hormon kortisol memiliki ritme khusus, di mana kortisol akan mencapai puncak dalam waktu 30-45 menit setelah bangun tidur lalu menurun seiring berjalannya hari hingga akhirnya tidur kembali di waktu malam. 

Kafein yang bertemu dengan hormon kortisol saat kadarnya memuncak dapat menaikkan hormon tersebut lebih tinggi lagi. Peningkatan kortisol yang berlangsung lama dan rutin disebabkan oleh kafein dapat berakibat pada kerusakan sistem kekebalan tubuh serta muncul masalah kesehatan lainnya.

Sayangnya belum ada penelitian lebih lanjut dari masalah kesehatan yang terjadi akibat kenaikan hormon kortisol dari kafein ini.

https://unsplash.com/@hieudoquang

Pertengahan Hari

Jika terhitung waktu bangun tidur setiap orang adalah pukul 06.30 pagi. Maka waktu yang tepat untuk menyeruput kopi adalah pada jam 09.30 hingga 11.30 siang. Di jam inilah hormon kortisol kadarnya sedang menurun dan kafein akan bekerja maksimal untuk membangkitkan rasa “awas” yang sudah mulai kendor.Tubuh pun akan merasa lebih berenergi, bertenaga, dan siap menyelesaikan kegiatan hingga ke sore hari.

Selain di jam tersebut, waktu terbaik untuk minum kopi adalah maksimal pada pukul 14.00 siang. Hindari minum kopi pada malam hari atau di waktu menjelang tidur. Kafein dalam kopi dapat mengganggu kualitas tidur. Rasa kantuk pun akan hilang meski tubuh merasa kelelahan. Hal ini pun tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh.

https://unsplash.com/@jonasleupe

Batasan Minum Kopi

Seperti diketahui bahwa kopi mengandung stimulan berupa kafein. Kafein adalah senyawa yang punya tingkat adiktif lumayan tinggi yang dapat dijumpai pada beberapa makanan dan minuman, salah satunya kopi. Nggak heran kalau banyak peminum dan penikmat kopi akan menghabiskan lebih dari satu cangkir kopi dalam sehari. Bahkan ada yang mampu mengkonsumsi hingga lebih dari enam cangkir dalam satu hari.

Namun kamu harus tau, minum kopi sebanyak lebih dari enam cangkir sehari dan rutin setiap hari dapat mengantarkanmu ke dalam masalah komplikasi kesehatan yang serius. Hal ini pun sudah diteliti oleh The American Journal of Clinical Nutrition. 

Normalnya, orang dewasa diperbolehkan mengonsumsi kafein sebanyak 400 mg atau setara dengan 4 cangkir kopi. Hal ini pun sama dengan kafein dalam sumber lainnya seperti teh, minuman ringan, dll.

Selain itu, penelitian dari Australia mengungkapkan bahwa meminum setengah lusin cangkir kopi dalam sehari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebanyak 22 persen.

Minum kopi pagi hari memang kenikmatan yang tiada tara. Tapi kamu perlu juga peduli sama kesehatanmu kedepannya. Biar bisa minum kopi terus, kan hehe!

Eclectic Design, Gaya Unik nan Cantik

Kebanyakan dari kita pasti lebih kenal dengan minimalist style, scandinavian style, atau industrial style dalam hal dekorasi rumah. Lalu apa jadinya kalau kita ingin mencampur semua ide yang ada berikut dengan tekstur, pola, gaya, dan masih banyak lagi. Tentu saja dekorasi yang dihasilkan akan nampak ramai, bukan? Inilah yang dinamakan dengan Desain Eklektik.

Eklektik sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa Yunani yaitu eklektikos, yang bisa diartikan sebagai “memilih yang terbaik.” Istilah ini awalnya hanya digunakan dalam ilmu filsafat. Lalu pada akhir abad ke-19 sampai awal abad 20, konsep ini mulai bertransisi dengan baik ke dalam dunia arsitektur. Seperti konsep awal yaitu “hanya memilih yang terbaik dari berbagai aliran,” para arsitek pun memilih mengkombinasikan banyak elemen dari berbagai gaya untuk menciptakan tampilan baru. Akhirnya, filosofi desain inipun ditransfer ke dalam dunia dekorasi dan terciptalah gaya eklektik.

Namun ada hal yang perlu kamu tau nih. Menerapkan gaya eklektik untuk sebuah ruangan bukanlah hal yang mudah lho. Karena keunikannya, penggunaan desain model ini bisa membuat ruangan tampak berkarakter namun jika gagal bahkan bisa menampilkan kesan berantakan dan nggak beraturan. 

Ada beberapa karakteristik dan tips yang kamu mesti tau sebelum menerapkan desain ini. 

Related: 5 Reasons to Love Eclectic, Maximalist Style

Karakteristik dari Desain Eklektik

Sebetulnya tidak terlalu banyak aturan yang melekat dalam menerapkan desain eklektik. Namun ada beberapa karakteristik yang bisa kamu jadikan acuan, sebelum melaksanakan redecorate ruangan mengikuti desain eklektik.

  • Campuran Motif dan Tekstur

Desain eklektik bukanlah sebuah desain yang homogen. Kamu harus berani mencampurkan berbagai gaya baik dari motif maupun tekstur bahkan keduanya agar tercipta tampilan yang unik.

  • Kombinasi Antara Antik dan Modern

Pada dasarnya desain eklektik selalu digambarkan dengan pencampuran gaya lintas zaman. Seperti meletakkan furniture dengan gaya klasik diantara furniture modern dalam sebuah ruangan. Hal ini dapat menambahkan unsur historis yang membuat ruangan jadi lebih cantik dan tentunya mempertahankan ciri khas dari desain eklektik.

  • Perpaduan Warna Cerah

Pada desain interior eklektik ini, akan lebih sering dijumpai penggunaan dua warna berkontras terang yang dapat menghasilkan harmoni yang indah. Selain bikin ruangan tampak lebih cerah, juga bermanfaat untuk menjadikan ruang lebih hidup.

  • Gallery Walls

Dalam desain eklektik, seringkali orang-orang memanfaatkan bagian dinding lebar mereka sebagai sudut untuk memamerkan karya seni. Tidak hanya karya seni, bahkan mereka juga bisa sekedar membuat space untuk dijadikan tempat menaruh koleksi kebanggaan mereka di sudut ini.

  • Gaya Lintas Budaya

Dalam satu ruangan yang menerapkan desain eklektik, bisa ditemukan furniture antik yang berasal dari satu budaya lalu dipadukan dengan furniture lain yang justru punya asal budaya yang berbeda. Hal ini wajar dan nggak akan bikin ruangan kelihatan berantakkan.

Next Post Next post: Eclectic Style Defined And How To Get The Look

Tips dalam Desain Eklektik

Meskipun desain eklektik tampaknya terlihat tidak padu dan terkesan kacau karena banyaknya kombinasi ide, model desain ini akan menghasilkan tampilan yang mewah dan unik jika dieksekusi dengan benar. Berikut tips yang bisa dicontoh untuk menghasilkan desain eklektik yang menarik mata

  • Tentukan Warna Utama

Menentukan warna untuk sebuah ruangan adalah salah satu langkah krusial dalam dekorasi. Memilih warna utama yang tepat untuk sebuah ruangan dapat membuat ruangan menjadi lebih hidup dan berpadu satu sama lain. Begitupun dengan furniture yang akan melengkapi nantinya. 

Untuk menjadikan desain eklektik menjadi lebih enak dipandang, gunakan satu warna netral untuk dijadikan latar pada dinding. Lalu padukan dengan warna cerah lain yang mencolok sehingga kehadirannya lebih tampak menonjol. Warna netral di sini harus menjadi pemersatu di dalam konsep desain agar menjadikan ruangan lebih kohesif.

  • Dinding Berwarna Netral Lebih Baik dibanding Bermotif

Seperti yang sudah dijelaskan, desain eklektik adalah desain yang mengkombinasikan beragam ide, motif, tekstur, juga unsur seni dari berbagai budaya. Hal ini tentunya sudah pasti membuat ruangan terlihat lebih ramai. Oleh karena itu desain pun harus diseimbangkan. Salah satu caranya adalah dengan membuat dinding lebih polos. 

Hal ini berlaku juga sebaliknya jika furniture yang digunakan punya motif yang lebih lembut dan tenang. Tujuan dari hal ini adalah agar mata bisa punya tempat beristirahat setelah melihat segala keramaian yang ada. Ruangan pun jadi terlihat lebih rapi dan tidak terkesan berantakan.

  • Pilih Motif yang Disukai

Di sinilah kemampuan kreativitas kamu dimulai. Pilih semua motif yang kamu senangi untuk bisa ditempatkan dalam ruangan berdesain eklektik kamu. Padu padankan serta sesuaikan dengan tone warna yang telah kamu pilih sebelumnya. 

  • Bermain dengan Tekstur

Begitu juga dengan tekstur, jangan ragu untuk memilih beragam tekstur yang bisa ikut mewarnai ruangan kamu. Cara cerdas dalam melakukan hal ini adalah dengan menggunakan banyak tekstur sekaligus dengan kuantiti kecil

  • Tidak Ada Aturan Khusus, Bersenang-Senanglah

Desain eklektik sepenuhnya adalah tentang mengekspresikan kepribadianmu ke dalam wujud interior ruangan. Jangan batasi keinginan yang kamu punya dan bersuka rialah dalam menghadirkannya secara nyata. 

Have Fun!!

Mengenal Aneka Jenis Minuman Kopi Populer

Berbagai Jenis Minuman Kopi

Semua jenis minuman kopi yang ada di dunia ini tercipta hanya dari campuran biji kopi dan air yang luar biasanya, hasilnya sangat bisa bikin orang ketagihan. Latte, cappuccino, americano, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun kamu adalah salah satu penikmat kopi legend ataupun yang baru aja ketagihan ngopi tiap saat, tentunya ada banyak jenis minuman kopi yang bisa kamu coba. Karena rasa tiap jenisnya pasti beda-beda. Artikel ini akan menjelaskan berbagai macam tentang jenis minuman kopi yang tersebar di seluruh dunia. 

Taste of Home

Latte

Kopi Latte adalah salah satu minuman kopi yang paling populer di seluruh dunia. Rasanya yang nggak pahit, creamy, dan milky bikin beberapa orang merasa cocok dengan minuman ini. Tentu saja begitu, karena komposisi susu dalam kopi latte lebih banyak dibandingkan dengan espressonya, yakni 2:1. Kopi latte juga banyak digemari karena latte art yang selalu menjadi andalannya. 

Cappucino

Cappucino adalah latte namun dengan komposisi foam susu yang lebih banyak dibandingkan susu itu sendiri. Takarannya yaitu ⅓ espresso, ⅓ susu, dan ⅓ foam susu yang dipanaskan di mesin. Seringkali beberapa orang bingung diantara keduanya. Nah untuk lebih membedakan lagi, cappucino biasanya punya tampilan akhir berupa foam padat dengan taburan cocoa di atasnya.

Macchiato

Kopi yang satu ini punya komposisi yang sama dengan latte dan cappucino, hanya saja berbeda takaran. Di tampilan akhirnya, macchiato akan memunculkan foam susu di atas permukaan. Ada dua tipe macchiato, yaitu latte macchiato dan caffè macchiato. Latte macchiato biasa disajikan dingin dengan wadah berukuran tinggi, sedangkan caffè macchiato disajikan hangat menggunakan cangkir kecil. 

Moccacino

Kalau yang satu ini sering jadi pilihan banyak orang yang nggak demen pahit nih. Moccacino adalah minuman kopi, perpaduan antara espresso, susu, dan coklat yang rasanya bikin nagih.

Long Black

Kopi yang satu ini benar-benar hanya terdiri dari air panas dan espresso saja. Cara penyajiannya yaitu dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu di dalam cangkir, baru kemudian bubuk kopi dimasukkan ke dalamnya. Karena hanya mengandung kopi dan air saja, maka kualitas bubuk kopi yang digunakan pun harus yang berkualitas.

Americano

Kopi satu ini komposisinya sama persis dengan long black. Hanya saja yang membedakan adalah cara penyajiannya. Caranya taruh kopi di dalam cangkir baru tuangkan air panas ke dalamnya. Satu lagi yang menjadikan americano berbeda adalah tidak adanya krema yang muncul saat kopi disajikan.

Ps. krema adalah busa coklat yang muncul di permukaan cangkir juga sebagai penanda bahwa kopi yang disajikan masih segar.

Espresso

Minuman kopi jenis ini adalah fondasi dari beragam minuman kopi berbasis espresso lainnya. Kopi espresso bisa diseduh tanpa tambahan apapun. Diekstrak menggunakan mesin penyeduh bertekanan tinggi dan hasilnya berupa kopi hitam kental dengan krema di atasnya.

Ristretto

Ristretto umumnya adalah sebuah minuman espresso. Hanya saja digunakan lebih sedikit air panas dibanding yang seharusnya, sehingga tercipta rasa yang lebih kaya dan manis yang lebih pekat dibandingkan sebuah espresso. Proses ekstrasinya pun hanya kisaran waktu 15 detik saja

Lungo

Kopi ini kebalikannya dari ristretto. Dalam penyeduhannya, setiap satu shot espresso ditambahkan lebih banyak air ke dalamnya. Hal ini pun membuat proses ekstrasinya berjalan lebih lama. 

Doppio

Atau yang lebih sering dikenal dengan double shot espresso. Kopi doppio menggunakan dua kali takaran espresso di setiap satu cangkirnya.

Cortado

Minuman kopi satu ini jika diartikan dalam bahasa Spanyol, artinya adalah memotong. Kandungan di dalamnya adalah espresso dan susu hangat yang punya takaran seimbang. Tujuan dari susu hangat itu adalah untuk “memotong” keasaman yang dihasilkan dari espresso. 

Red Eye

Untuk kopi yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang dalam keadaan ngantuk berat, mata tinggal 2 watt, dan butuh minuman yang bisa menimbulkan efek seperti habis berlari lima putaran di GBK (contohnya ya T_T). Sebenarnya ada banyak nama dari kopi ini. Semua tergantung dari campuran di dalamnya. Tentu tujuannya sama, untuk membuat mata tetap terjaga.

Affogato

Kalau kamu mau menikmati sajian kopi dengan tambahan lainnya, yang satu ini cocok sepertinya. Affogato adalah minuman kopi dengan isian berupa satu sampai dua shot espresso lalu ditambahkan es krim ke dalam kopi. Es krim yang biasa digunakan adalah gelato, es krim khas dari Italia. Akan lebih nikmat lagi jika disantap dengan kue brownies hangat.

Flat White 

Umumnya kopi satu ini adalah minuman berbasis espresso yang terdiri dari dua shot espresso dengan lapisan microfoam diatasnya hasil dari steamed milk. Umumnya disajikan dalam porsi kecil namun punya rasa yang kuat.

Café au Lait

Berupa campuran kopi hitam tajam dicampur dengan susu panas. Cocok untuk kamu yang ingin minum kopi hitam tapi dengan sedikit tambahan rasa.

Itu dia berbagai jenis minuman kopi yang populer dari seluruh dunia. Kamu yang mungkin seorang penikmat atau sekedar peminum kopi, lebih prefer sama minuman yang mana nih? 

Quirkyalone: Jomblo? Nggak Masalah Kok

Pasti kamu pernah kenal seseorang yang hampir setiap waktu, di usia dewasanya, sering terlihat ‘sendirian.’ Sendirian disini maksudnya adalah sedang tidak memiliki status hubungan dengan siapapun. Saat itu mungkin kamu berpikiran bahwa mereka sepertinya kesepian, merasa sedih karena hubungan percintaan yang tidak berjalan dengan baik. 

Tapi ternyata nggak semuanya ‘semenyedihkan’ yang kamu bayangkan lho. Bisa jadi memang itulah keinginan mereka. Karena ada sebagian orang yang menjomblo dengan alasan sedang fokus pada hal-hal penting lain, betah sendirian, atau malah sengaja tidak sedang ingin mencari kekasih. Dan betah jomblo ini pun punya istilah psikologinya tersendiri, yang disebut sebagai Quirkyalone

Sendiri itu tenang

Quirkyalone adalah kondisi dimana seseorang menikmati masa jomblo atau kesendirian mereka. Ini tidak berarti mereka menentang tawaran cinta yang ada. Melainkan sedang tidak ingin terlibat dalam momen romansa dengan siapapun untuk sementara waktu. 

Orang-orang yang bisa disebut sebagai quirkyalone, cenderung lebih memilih fokus pada hal-hal bermanfaat untuk mencapai tujuan penting tertentu dalam hidupnya. Ini lebih mereka suka lakukan daripada berkutat dalam jalinan asmara dengan seseorang. Selain itu mereka juga tidak akan merasa kesepian akibat kurangnya sosok kekasih, karena mereka punya banyak cara menikmati waktu dalam kesendirian.

Quirkyalone biasanya lebih selektif dalam memilih pendamping dan sebisa mungkin menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Selain karena pengalaman di masa lalu atau juga pengetahuan lebih yang menjadi tameng dalam diri untuk melangkah ke dalam sebuah hubungan bersama orang lain

Kapan nih?

Namun sayangnya, dibalik nyamannya seorang quirkyalone menyendiri. Ada beberapa orang di sekitarnya yang merasa khawatir kalau-kalau ia putus asa karena kesepian dan keadaan sulitnya mencari pasangan. Terlebih lagi pertanyaan tentang ‘pacar mana,’ ‘kapan nikah,’ ‘kok nggak ada yang ngapelin’ dan sederet lainnya lagi yang kadang bikin mulut ingin berucap-ucap.

So, kesendirian saat ini bukanlah suatu masalah besar bagi beberapa orang. Hal ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, yang sebagian orang merasa lebih damai dan nyaman dibanding harus menjalin hubungan seperti orang pada umumnya. Dan kamu pun nggak perlu merasa khawatir, Pal, jika merasa terlalu nyaman dengan kesendirian. Bisa jadi memang saat ini itulah yang diri kamu inginkan, berduaan bersama jiwa sendiri. Juga supaya bisa lebih mengerti diri sendiri dibanding sebelumnya. Cheer Up!

‘Derita’ Lebaran yang Introvert Can Relate

Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu momen paling ditunggu oleh seluruh umat muslim. Siapapun rasanya sangat bersuka cita menyambut hari spesial ini. 

Namun bagi introvert, momen lebaran nggak hanya mereka sambut dengan bahagia tapi juga adanya sedikit perasaan khawatir. Khawatir disini adalah dengan adanya kegiatan berinteraksi sesama manusia selama satu hari penuh yang sangat jarang mereka lakukan di hari-hari biasa. Kira-kira hal apa aja yang jadi derita introvert di momen lebaran? Kalau kamu introvert, mungkin aja relate sama hal-hal di bawah ini.  

Keramaian yang Menguras Banyak Tenaga

Berbeda dengan para ekstrovert yang senang berada di tengah keramaian, introvert adalah orang-orang yang justru akan kehilangan banyak energi dan cepat merasa lelah jika berada di situasi yang bukan bagian dari dirinya. Di tengah keramaian, mereka akan merasakan bahwa energi dalam dirinya terserap habis oleh keadaan yang pada akhirnya menyendiri menjadi cara mereka untuk mengembalikan energi yang habis tadi. 

Dipaksa Senyum Terus-Terusan, Padahal Niat Hati udah Pengen Rebahan

Momen lebaran sangat identik dengan kegiatan halal bihalal yang mengharuskan kita menampilkan ekspresi terbaik berupa senyuman di muka umum. Orang-orang introvert bukanlah orang yang suka basa-basi sambil menebar senyuman di tengah keramaian. Mereka lebih senang diam, memerhatikan keadaan, dan bertindak jika itu memang sesuai dengan diri mereka. Kalau seorang introvert tidak dilibatkan dalam percakapan, jangan harap mereka bakal nimbrung ke obrolan.

Belum Lebaran Udah Khawatir Duluan

Para introvert pada dasarnya lebih suka situasi tenang dan jauh dari keramaian. Ketika datang momen lebaran, banyak introvert yang jadi overthinking, memikirkan tentang bagaimana hari spesial bagi umat muslim tersebut akan berjalan. Memikirkan nanti akan seperti apa dan harus apa saja sudah bikin diri pusing.

Sering Dibilang Sombong karena Jarang Ngomong

Karena jarangnya ikut nimbrung dalam obrolan, para introvert seringkali disalah pahami kalau mereka ini orang yang pemalu. Atau parahnya bahkan dikatakan sebagai orang yang sombong. Sayangnya mereka nggak pernah punya maksud untuk dianggap seperti itu lho. Mereka ingin sekali ikut terlibat dalam obrolan tapi rasanya sulit sekali mengeluarkan pendapat dengan panjang lebar. Ujung-ujungnya nyimak aja deh. 

Waktu yang Berjalan Lebih Lambat dari Biasanya

Hari Raya Idul Fitri bagi introvert merupakan hari yang penuh dengan aktivitas yang menguras energi lebih cepat. Walau sebenarnya mereka ingin bisa menikmati, kalau terlalu lama juga rasanya mereka nggak sanggup. Maka nggak salah juga kalau para introvert merasa di hari itu waktu berjalan lebih lambat dari biasanya hingga keinginan untuk bisa kembali ke rumah pun menjadi harapan tinggi bagi mereka saat itu.

Itu dia beberapa hambatan yang dirasakan introvert saat momen lebaran datang. Kamu setuju nggak sama hal-hal diatas? Semoga tetap bisa aman di momen lebaran ya

Rekomendasi Film Pendek YouTube Keren!!

Locker Room (2017)

Locker Room | Award-Winning Short Film Drama by Greta Nash | Short of the Week

Film Australia yang satu ini punya cerita yang diangkat dari sebuah kisah nyata di tahun 2016. Bercerita tentang seorang remaja perempuan bernama Carla yang menemukan sebuah obrolan seluler rahasia milik teman lelakinya. Obrolan tersebut berisikan pembahasan mengenai sekelompok laki-laki dalam tim rugby sekolah yang melecehkan para gadis dengan melakukan penilaian terhadap ‘diri’ mereka. Nggak hanya itu, ada satu video dimana seorang gadis pirang yang sedang tidak sadarkan diri dilecehkan dengan cara disentuh, yang tentunya membuat Carla kaget. Ia juga merasakan dilema antara menyelamatkan temannya dengan berpura-pura tidak tahu apa-apa atau melakukan hal yang seharusnya ia lakukan sebagai sesama perempuan. 

Film ini dibuat oleh Greta Nash yang terinspirasi dari skandal populer di sebuah private school di Melbourne yang sempat menjadi heboh pada pertengahan 2016 lalu. Sedikit informasi, pada saat itu dilaporkan terdapat lebih dari 50 siswa laki-laki kelas 12 yang tampil dalam sebuah video berisikan perilaku diskriminasi gender dan obrolan tentang penilaian mereka terhadap pasangan perempuan dan beberapa gadis lain dengan konteks merendahkan. Hal ini membuat pihak sekolah mengambil langkah yang sangat serius untuk menangani kasus ini.

Menurut pengalamanku, film ini punya suasana ‘tenang’ yang lumayan membuatku nggak nyaman. Seperti bagaimana adegan selanjutnya akan berjalan. Selain karena adegan percakapan yang tidak banyak juga musik yang mendukung dengan latar cerita. Jalan ceritanya termasuk lambat karena hanya berfokus pada bagaimana Carla bisa mengetahui skandal tersebut hingga akhirnya ia melaporkannya kepada guru di keesokan harinya. Keseluruhan film ini berhasil membawa penontonnya ke dalam kejadian sebenarnya 

Forget Me Not (2018)

2 little girls struggle with their mother’s bipolar disorder. | Forget Me Not

Film yang dirilis pada 2018 lalu ini punya tema cerita yang menyentuh banget. Berlatar pada tahun 70-an, di mana ada sepasang kakak beradik bernama Sapphire dan Zoe yang bertumbuh layaknya gadis kecil pada umumnya. Mereka bersekolah, berlatih balet dan bermain bersama, penuh dengan canda tawa. Namun dibalik keriangan tersebut, ada satu rahasia yang menjadikan mereka berbeda diantara temannya yang lain. Seorang ibu yang mengidap gangguan bipolar; dan keadaan tersebut sedikit mengusik kehidupan mereka.

Keadaan ini tentu membuat keduanya harus menjadi lebih dewasa untuk bisa mengurus sendiri kegiatan dan diri mereka. Mengambil peran yang seharusnya belum menjadi urusan orang seusia mereka. Lewat film ini, sutradara dan penulis ingin mengilustrasikan bagaimana gangguan mental punya dampak yang besar. Bisa berdampak tidak hanya bagi yang mengidap, namun juga memiliki efek bagi orang-orang tercinta di sekitarnya. Sayangnya hal penting ini seringkali diabaikan dengan menganggap bahwa si pengidap punya kebiasaan jelek yang mengganggu lingkungan. Sehingga mereka seringkali juga diasingkan dari lingkungan sosial. 

Para pemain dalam film ini mampu memerankan karakter mereka dengan sangat baik. Mereka berhasil menciptakan adegan yang intim dan sensitif layaknya hubungan antara ibu dan anak sungguhan. Nggak hanya itu, cara bagaimana kedua anak tersebut merangkul ibunya dalam keadaan sulit patut untuk diapresiasi. Mereka sukses mengubah keadaan yang sulit menjadi lebih baik. Cerita yang menyentuh!

Di Rumah Sendirian (2020)

DI RUMAH SENDIRIAN (SHORT MOVIE)

Film pendek berikut ini merupakan hasil karya dari sutradara ternama Indonesia, Hanung Bramantyo. Kerennya, pemeran yang terlibat bukanlah aktor aktris kenamaan ibu kota seperti biasanya, melainkan keluarga dari Hanung sendiri. Ia menciptakan film yang tayang di YouTube keluarga miliknya ini saat melakukan self quarantine bersama keluarganya di Yogyakarta.

Di Rumah Sendirian bercerita tentang Kala yang ditinggal sendirian di rumah. Selama sendirian Kala mengalami kejadian yang bikin merinding dan bikin ia terheran-heran. Namun plot twist yang disajikan akan buat kamu sedikit lega. Bisa tenang deh.

Walaupun tanpa kamera mahal dan peralatan yang profesional, film pendek ini tetap menyajikan hasil yang bagus lho. Jalan ceritanya pun disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Meski sedang #dirumahaja, Hanung dan keluarga menunjukkan bahwa siapapun tetap bisa produktif dengan cara apapun. Yuk ditonton.

Istiqlal (2020)

Istiqlal by Kinovia Pictures & Bineka Sinema   Best Story Panasonic Young Filmmaker 2019

Pas banget sekarang lagi bulan Ramadhan. Film yang satu ini pun punya cerita berkaitan Ramadhan lho. Sobari bersama Babeh, ayahnya berencana untuk berbuka puasa di Masjid Istiqlal. Mereka pun berangkat mengendarai sepeda motor sambil ngabuburit dan menikmati suasana jalanan ibukota. 

Sepanjang perjalanan, Babeh menceritakan banyak hal kepada Sobari namun sayangnya ia lupa jalan menuju tujuan mereka karena kondisi jalan yang berubah. Karena keteledoran tersebut, mereka berdua pun gagal sampai di tujuan dan terpaksa berbuka di jalan. Eits tunggu dulu. Keteledoran itu nggak serta merta bikin perjalanan Sobari sia-sia. Ia justru senang bisa punya waktu yang menyenangkan dengan Babeh. 

Alur yang terdapat dalam film ini sangat berfokus pada kedekatan antara Babeh dan Sobari. Cerita yang disampaikan Babeh kepada Sobari membuat perjalanan mereka menjadi lebih berisi dan bermakna. Kisah yang disajikan pun ringan dan menarik, membuat yang menonton tidak kesulitan dalam mencerna. Sangat cocok untuk menjadi pilihan tontonan dalam mengisi kegiatan ngabuburit kamu di bulan Ramadhan ini.

Mudik (2017)

MUDIK (NOMINASI FILM ANIMASI PENDEK TERBAIK FESTIVAL FILM INDONESIA 2017)

Nggak kerasa pandemi sudah berjalan lebih dari satu tahun. Dengan begitu, puasa dan lebaran pun juga harus dirayakan sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Namun sayangnya tahun ini, sama seperti tahun kemarin, mudik terpaksa ditiadakan untuk dapat mencegah penyebaran virus. Tradisi mudik yang sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia pun lagi-lagi tidak terjadi di tahun ini.

Nah buat kamu yang kangen sama suasana saat mudik, mulai dari macetnya, panasnya jalanan, dan berbagai keadaan waktu lagi di kendaraan, film pendek berikut ini boleh banget untuk kamu tonton. Karya animasi ini mengilustrasikan tentang perjalanan seorang bocah laki-laki bersama kedua orang tuanya saat hendak mudik ke kampung halaman. Banyak kejadian yang ia lihat dan alami hingga akhirnya ia sampai dan bertemu sepupu dan keluarga besarnya. 

Melalui film ini, bisa lah sedikit mengobati rasa rindu kamu akan kegiatan mudik yang masih belum bisa terwujud di tahun ini. Ceritanya yang singkat dan seru, ilustrasinya pun menarik. Harus tengok nih.

Dijamin seruuu 😀

Lebih Produktif Saat Sendirian, Kenapa Ya?

“Main HP aja terooss, gini-gini aja ya kerjaan kamu di rumah? Bantuin kek, ngapain kek” Sepertinya hampir semua anak di dunia ini pernah dimarahi ibu dengan kalimat seperti itu ya. Apa kamu termasuk? Hihi. 

Orang tua terutama ibu seringkali jengkel dengan kelakuan anaknya yang dianggap kerjaannya males-malesan. Pasalnya, kita (anak-anak) lebih sering terlihat oleh ibu saat sedang rebahan sambil main handphone dibandingkan saat melakukan kegiatan lain. Tiap papasan kerjaannya rebahan, papasan lagi posisinya aja yang berubah tapi kerjaannya tetap sama. Rebahan. Nggak ada kerjaan lain yang nampak bisa dikerjakan, terlebih lagi kerjaan itu seperti membantu membereskan rumah.

Menyinggung soal membantu membereskan rumah, pernah nggak sih kamu berpikir kenapa ya kita (sebagai anak) jika disuruh bantu beberes ngeyel banget. Justru kita lebih akan sigap dan rajin saat rumah dalam keadaan kosong. Orang rumah pergi dan hanya tersisa kita sendiri justru membuat kita lebih berinisiatif daripada saat mereka menyuruh. 

  • Kalau bukan kita, siapa lagi?

Kalau kamu anak kos, mungkin akan lebih paham dengan hal satu ini. Saat sendirian, kita lebih sering berpikir bahwa nggak ada lagi yang bisa diandalkan selain diri sendiri. Nggak mungkin ada orang lain yang bisa kita minta tenaganya bahkan untuk membereskan tempat milik sendiri. Inisiatif pun muncul, dari hal yang terkecil seperti sekedar menyapu lantai yang kotor sampai tiba-tiba rumah udah kinclong aja.

Berbeda halnya saat berada di rumah milik sendiri. Terlihat kalau orang rumah yang biasa mengerjakan. Jadi kita lebih merasa santai saja lah, nanti juga ada yang membereskan, itu kan ungkapan yang biasa keluar dari dalam hati masing-masing dari kamu.

  • Paling sebel disuruh-suruh

Emang dasarnya sifat manusia itu paling nggak suka diperintah. Kalau disuruh beli bumbu dapur ke warung aja kadang ngedumelnya bisa sampai sore, jalannya dihentak-hentakin biar kelihatan keselnya. Sama halnya saat kamu (anak) disuruh bantu beres-beres rumah oleh ibu, disuruh beberes nya pagi baru dilakuin kalau gayung kamar mandi udah di lempar ke depan muka. Masih mending kalau beneran gerak, terkadang kamu malah jadi lebih galak dibanding ibu kamu.

  • Nggak ada yang mendadak jadi komentator

Yang paling males kalau lagi beberes adalah dikomentari ini itu sama ibu. Dibilang nyapunya nggak bersih, debunya masih sisa, ngelipet bajunya nggak rapi dan segala keluhan yang bikin kita jadi males ngerjainnya. Nah ini juga alasan kenapa kita (para anak) kebanyakan lebih rajin beberes pas orang tua lagi nggak di rumah. Segala pekerjaan akan lebih cepat selesai tanpa ada komentator dadakan. 

  • Nggak tau mau ngapain

Setuju nggak nih kalau kita akan beberes rumah disaat nggak ada lagi aktivitas yang bisa dikerjain. Nonton YouTube udah bosen, instastory teman juga udah habis di cek satu-satu, baca wattpad lagi nggak mood, liat-liat barang di e-commerce sayang uangnya nggak mendukung. Yaudah deh daripada bengong takutnya kesurupan mending beberes aja lah. Hitung-hitung olahraga

  • Gengsi sama Teman
Lihat! Rumah ku bersih kan

Ketika ada teman yang mau main ke rumah, nggak mungkin dong kita nampilin keadaan rumah yang kalau kata ibu berantakan macem kapal pecah. Walau sebenernya beberapa dari mereka nggak peduli sama keadaan rumah kita. Tapi ingat, image tetap nomor satu. Makanya dengan begini kamu mau nggak mau harus mencurahkan tenaga untuk beberes rumah. Yaa seenggaknya barang nggak bergeletakan sembarangan lah ya.

  • Bisa santay sambil cosplay

Kalau yang satu ini pasti diantara kamu pernah ada yang lakuin deh. Seperti jadiin gagang vacuum cleaner seolah-olah gitar elektrik sambil cosplay jadi gitaris keren atau gaya-gayaan muterin gagang sapu biar kaya mayoret di marching band gitu, ngaku aja hihi. Emang ngelakuin sesuatu tuh harus dengan perasaan riang gembira. Salah satunya dalam beberes, gimana kita mau semangat kalau hati tegang berasa dikejar-kejar deadline.