Emotional Sponge, Si Baik yang Kelebihan Empati

Empati adalah sebuah kemampuan dalam diri manusia untuk bisa memahami dan merasakan keadaan yang dialami oleh orang lain. Kemampuan ini pada dasarnya sudah tumbuh dalam diri sejak lahir dan akan berkembang bergantung pada masing-masing orang. Ada yang sulit untuk bisa berempati terhadap sesama, namun ada pula yang terlalu mudah berempati sehingga seringkali berlebihan dalam menanggapi emosi yang dirasakan seseorang. Mereka adalah si emotional sponge.

Dikutip dari Quietrev, emotional sponge adalah seseorang yang selalu menyerap stress yang dialami orang lain ke dalam tubuh mereka sendiri. Ibarat busa cuci yang bisa menyerap banyak cairan, orang dengan kepribadian ini bisa dengan mudah menyerap banyak emosi ke dalam dirinya. 

Seorang emotional sponge cenderung adalah mereka-mereka yang memiliki empati tinggi kepada orang lain. Orangnya sangat mudah diajak ngobrol dan biasanya menjadi tempat curhat yang asik bagi temannya.  Mereka dapat dengan mudah merasakan emosi yang dirasakan oleh orang lain, menjadi lebih sensitif dan mudah peka terhadap emosi yang ada di sekelilingnya. Sifat yang bagus untuk dimiliki, namun sayangnya punya beberapa dampak yang kurang baik nih bagi diri sendiri.

Positif dan Negatif dari Emotional Sponge 

Dikutip dari Zenius, menjadi seorang emotional sponge punya beberapa manfaat bagi diri sendiri dan juga orang sekitar, apabila kita bisa mengendalikan emosi tersebut. Meningkatnya rasa berharga pada diri sendiri, punya kepekaan yang baik terhadap ragam emosi yang ada, tumbuhnya empati terhadap diri dan orang lain, serta dapat menjadi pendengar yang baik, adalah hasil positif jika kita bisa mengatur emosi dengan baik.

Sayangnya, mereka bisa juga memperoleh dampak negatif kalau kurang bisa mengendalikan diri dan malah emosi negatif yang mengendalikan mereka. Seperti rentan merasakan kelelahan atau burn out, muncul rasa bersalah serta merasa harus bertanggung jawab atas permasalahan yang dialami orang lain, dan sering mengambil keputusan secara terburu-buru yang bisa merugikan orang lain bahkan diri sendiri.

Menghindar dari Emotional Sponge

Menjadi spons yang menyerap banyak energi dan emosi dari orang lain, benar-benar bisa membuat diri merasa kewalahan. Jika kamu salah satunya, ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam menghadapi situasi ini. Dilansir dari Zenius, gunakan cara ini untuk menghindarkan kamu dari menjadi spons penyerap emosi.

1. Pahami batasan saat memberi respon

Perlu bagi kamu untuk bisa memahami batasan saat merespon emosi orang lain. Karena gak semua hal yang kamu ketahui harus melibatkan diri kamu di dalamnya. Termasuk masalah-masalah yang sedang terjadi pada teman dan lingkungan sekitar kamu. Ingatlah, ada bagian khusus baik itu milik kamu ataupun orang lain yang seharusnya diselesaikan sendiri.

2. Prioritaskan diri menjadi nomor satu

Memikirkan diri sendiri seharusnya menjadi prioritas nomor satu dalam banyak hal. Termasuk saat seseorang meminta bantuan, tapi terdapat kendala yang memang belum bisa kamu atasi. Gak harus selalu memaksakan untuk terlibat. Di beberapa kesempatan, cukup tunjukkan sikap bahwa kamu peduli pada curhatan mereka namun batasi diri untuk terlibat lebih jauh lagi ke dalamnya.

3. Meningkatkan pemahaman terkait emosi

Untuk menghindarkan diri dari emosional yang tiba-tiba datang, kita wajib juga mengetahui apa saja hal yang bisa menjadi pemicunya. Jika kita lebih bisa memahami bagaimana ragam wujud emosi dapat terbentuk di dalam diri, hal ini dapat memudahkan kita untuk mengatur sensitivitas dan tingkat kebaperan terhadap banyak hal. 

Memiliki kemampuan empati yang tinggi terhadap banyak hal bukanlah hal yang salah. Apabila kita bisa mengatur emosi kita dengan baik, kemampuan tersebut justru dapat menjadi sifat positif yang bisa membantu banyak orang. Menguasai diri dengan baik adalah kuncinya. Jangan ragu untuk berempati terhadap sesama ya 🙂 .

Hal Penting tentang Hubungan yang Bisa Dipelajari dari Hometown Cha Cha Cha

Selama beberapa minggu terakhir, keriuhan netizen terkait drama Hometown Cha Cha Cha mulai menurun. Drama yang selesai dengan rating bagus ini, seperti menyisakan kesan yang baik bagi para penonton. Tema yang menyejukkan juga dengan cerita yang ringan namun penuh pembelajaran membuat para penggemar drama korea gak lantas lupa dengan keseruan para warga Gongjin yang damai dan asik.

Visual dan akting yang cakap, juga dengan cerita penuh inspirasi, kira-kira apa saja ya hal penting tentang hubungan yang bisa kita pelajari dari para warga Gongjin? Yuk disimak.

1. Hidup mandiri itu baik, tapi gak salah untuk meminta bantuan sesekali 

Di usia dewasa, sikap mandiri adalah salah satu hal yang perlu semua orang dewasa miliki. Bu Dokter Yoon pun punya karakter ini dalam dirinya. Lewat masa kecil yang kurang menyenangkan, Hye Jin mulai mengubah sikapnya menjadi lebih mandiri saat ia beranjak besar. Tidak bergantung kepada orang lain, memikirkan banyak keputusan melalui pemikiran sendiri, juga berusaha mewujudkan mimpinya dengan usahanya sendiri. 

Namun, menjadi mandiri bukan berarti kamu harus menutup diri dari bantuan orang lain. Terlebih lagi kepada mereka yang dengan tulus ingin membantu disaat kamu memang terlihat perlu dibantu. Tidak pernah terpikirkan oleh siapapun, seperti apa sebuah kehidupan akan berjalan. Bisa jadi, bantuan dari orang lain akan benar-benar kamu butuhkan di waktu tertentu. Karena pada dasarnya, manusia masih makhluk sosial yang perlu orang lain untuk melengkapi perjalanan hidupnya.

Penting untuk bisa memahami betapa berharganya memiliki seseorang yang bisa diandalkan. Terutama di waktu-waktu genting tertentu. Bukankah, memiliki seseorang yang peduli, bahkan bisa menjadi support system, bikin hati jadi tenang?

2. Jangan takut mengakui kesalahan

Setiap manusia tentu pernah melakukan kesalahan. Namun beberapa dari kita cenderung lari dan enggan untuk segera menyelesaikan kesalahan tersebut. Menganggap seolah-olah waktu bisa menyembuhkan atau bahkan diri sendiri mungkin akan lupa dan masalah juga akan berlalu begitu saja. Padahal hal ini kurang baik lho untuk hubungan bahkan diri sendiri. 

Karakter Hong Banjang memang terkenal dengan keuletannya dalam bekerja. Namun sayangnya, setiap muncul permasalahan, ia kerap menyalahkan diri sendiri. Membuat ia dihantui rasa bersalah terus menerus, bahkan jadi sulit membuka diri terhadap lingkungan. Hal ini tentu bukan sesuatu yang baik untuk dicontoh. 

Dari kasus ini kita bisa belajar bahwa kesalahan adalah suatu hal yang wajar dilakukan oleh manusia. Daripada menyalahkan diri sendiri, kenapa tidak coba untuk memahami kesalahan yang terjadi, membuka pikiran tentang apa yang seharusnya dilakukan agar tidak terulang, dan tidak lupa untuk memaafkan diri sendiri atas suatu hal yang sebenarnya sudah terjadi. Memendam perasaan bersalah dalam waktu lama sungguh kurang baik untuk kehidupan nantinya. Jadi, jangan lupa untuk peduli dengan keadaan diri sendiri ya.

3. Memahami ruang privasi orang lain yang belum bisa diungkapkan

Menjadi dekat bukan berarti semua ruang pribadi menjadi milik bersama. Ada kalanya kita dituntut untuk memahami kebutuhan seseorang, terutama jika itu menyangkut ruang privasi mereka. Terlebih dalam sebuah hubungan, meskipun sudah terjalin suatu ikatan, namun keputusan mereka untuk belum bisa terlalu terbuka kepada pasangan perlu untuk dihormati.

Mencontoh pasangan yang baik, Hye Jin adalah salah satu orang yang paham dengan hak privasi tersebut. Alih-alih memaksa dan menuntut Doo Sik berbagi masalah dengannya, ia justru memberikan ruang dan waktu pribadi bagi Doo Sik untuk secara perlahan terbuka kepadanya. Ia mendorong Doo Sik untuk mengeluarkan semua rasa sakitnya dan menangis jika memang ingin. Saling memahami satu sama lain tentu bisa membuat hubungan menjadi lebih harmonis.

4. Pentingnya belajar menempatkan diri di posisi orang lain

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita seringkali diingatkan untuk saling berempati terhadap satu sama lain. Belajar menempatkan diri di posisi orang lain. Karena semua orang tidak sama, pemikiran mereka tentang sesuatu juga berbeda, maka penting sekali untuk bisa memandang segala sesuatu dari banyak sisi. 

Di balik seseorang yang kuat, selalu ceria, atau bahkan mereka yang penuh emosi dan menanggapi sesuatu dengan cara yang menyebalkan, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi sebenarnya dengan mereka. Seperti halnya Nam Suk, ibu-ibu yang selalu nampak ceria namun siapa sangka harus merelakan putrinya pergi karena sakit parah. Belajar berempati, melatih kita untuk tidak mudah menghakimi, menilai, juga memutuskan bahwa mereka hidupnya selalu enak atau mungkin tidak baik. Maka berpikiran terbuka dan menaruh pandangan dari berbagai hal adalah salah satu cara terbaik yang bisa menghindarkan kita dari sifat berburuk sangka.

5. Teman baik adalah salah satu anugerah indah

Salah satu hal yang melekat dari cerita drama Hometown Cha Cha Cha ini adalah bagaimana kehidupan warga Gongjin yang saling mendukung satu sama lain layaknya teman baik. Mereka menggambarkan contoh pertemanan yang tulus, saling membantu, dan peduli terhadap sesama. 

6. Semua hal di awal mungkin sulit, termasuk saat menjalin hubungan

Saat memulai sesuatu, sangat wajar apabila seseorang merasa bingung dan kesulitan pada awalnya. Inilah yang terjadi pada Shin Min Ah ketika ia harus pindah ke desa Gongjin setelah sebelumnya bekerja di sebuah klinik di Seoul. Perpindahan dari kota ke desa, menghadapi lingkungan dan budaya yang berbeda, menjadi tugas bagi ia untuk bisa beradaptasi dan dan belajar menempatkan diri sebagai bagian dari warga di sana. 

Menjalin hubungan baru tentu akan sulit pada awalnya. Terlebih dalam hal memahami dan menerima perbedaan. Namun jika dijalani dengan ikhlas dan hati yang terbuka, hal ini akan terasa menyenangkan pada akhirnya kok. Percayalah.

Rekomendasi Drakor Misteri yang Bikin Ngeri

Drama Korea semakin lama semakin digemari oleh masyarakat dunia gak ketinggalan juga rakyat Indonesia. Genre yang beragam dengan cerita dan pemeran yang menarik menjadi alasan kenapa drakor sangat ditunggu. Salah satunya ialah drama genre misteri yang masih menjadi kesukaan, karena dilengkapi alur cerita yang tegang dan bikin kita yang nonton agak ngeri.

Ada banyak pilihan drakor bergenre misteri yang punya cerita bagus ditambah dengan rating yang tinggi. Beberapa drakor berikut ini sepertinya boleh banget masuk daftar tontonanmu. Apa aja sih? Yuk ditengok!

Strangers From Hell

Ditawarin staycation disini? Hiii

Daftar rekomendasi akan dibuka dengan sebuah drama korea yang tayang tahun 2019, berjudul Strangers From Hell. Drama ini dibintangi oleh aktor tampan Im Siwan dan Lee Dong Wook dimana latar tempatnya berfokus di sebuah kos kumuh di pinggir kota Seoul. 

Strangers From Hell bercerita tentang ‘orang-orang aneh’ yang tinggal di sebuah kos bernama Eden.  Suatu ketika datang seorang pria yang merupakan pendatang baru di Seoul. Ia sedang mencari sebuah kos yang akan menjadi tempat tinggalnya selama bekerja di sana. Kondisi bangunan yang temaram dengan kelakuan penghuni kos yang gak biasa, membuat Im Siwan heran dan bingung tentang keadaan sebenarnya dari kos. Beberapa kali pula ia sempat terlibat cekcok dengan para penghuni lama. Semakin sering bertengkar, Ia semakin ragu jika ada sesuatu yang mereka semua sembunyikan. 

Drama ini merupakan drama adaptasi dari webtoon populer berjudul sama karya Kim Yong Ki. Jika webtoon aslinya aja udah bisa bikin orang merinding bacanya, gimana kalau tulisan itu diperankan beneran? Ya udah pasti bikin hati dugun-dugun dong. Sedikit tips untuk kamu yang berniat nonton, pastikan hati dan pikiran tetap tenang ya hihi.

Save Me

Coba aja gak kenalan si ketua gila x_x

Selanjutnya ada sebuah drakor rilisan tahun 2017 berjudul Save Me. Drakor misteri thriller ini juga merupakan karya adaptasi dari sebuah web-comic dengan judul Out of the World karya Jo Geum San. Dengan arahan sutradara Kim Sung Soo, Save Me dibintangi oleh para pemain ternama seperti Ok Taecyeon, Seo Ye Ji, dan Woo Do Hwan. 

Save Me sendiri berfokus pada karakter Im Sang Mi (Seo Ye Ji) yang terpaksa pindah dari Seoul ke sebuah desa kecil bernama Muji-gun karena masalah ekonomi. Gak lama pindah, adiknya Im Sang Jin pun meninggal karena tidak tahan menjadi korban bully. Di tengah kesulitan yang terjadi, datang sekelompok orang dewasa dengan ‘kepercayaan’ tertentu yang menawarkan bantuan kepada keluarga Sang Mi untuk ikut tinggal dengan mereka. Kelompok itu mencoba meyakinkan Sang Mi dan keluarga bahwa kehidupan mereka akan jadi lebih baik jika setuju menjadi bagian dari kelompok tersebut. 

Hmm, tapi apa Sang Mi dan keluarga yang lagi putus asa itu bakal percaya begitu aja dengan ‘tawaran’ dari mereka? Drama berjumlah 16 episode ini mesti banget kamu coba tonton. 

Flower Evil

Dilemanya jadi Moon Chae Won

Ahjussi tampan Lee Joon Gi juga punya sebuah drama genre misteri yang populer tahun 2020 lalu. Bersama Moon Chae Won, ia memerankan karakter psikopat tobat dalam serial drama berjudul Flower Evil. Drama berjumlah 16 episode yang tayang di TvN ini merupakan drama pertama Lee Joon Gi sebagai pemeran utama setelah drama terakhirnya tayang di tahun 2017

Menceritakan tentang Cha Ji Won (Moon Chae Won) seorang detektif yang menikah dengan Baek Hee Sung (Lee Joon Gi) dan memiliki kehidupan pernikahan yang sangat harmonis dan penuh cinta dengan kehadiran putri cantik di tengah mereka. Namun siapa sangka, dibalik keharmonisan itu nyatanya masa lalu Baek Hee Sung sangat berbeda dengan keadaan sekarang. Ia pun mati-matian menyembunyikan identitas lamanya. Bahkan hingga menjauhkan keluarganya dari sentuhan orang tuanya. Kira-kira ada apa sih?

Sebelumnya Lee Joon Gi dan Moon Chae Won sudah pernah terlibat dalam projek yang sama, yaitu drama Criminal Minds yang tayang tahun 2017. Mereka berdua sama-sama merupakan pemeran utama, hingga akhirnya bertemu kembali yang juga menjadi pemeran utama. Drama ini bisa dibilang merupakan drama multi genre karena memadukan beberapa genre, seperti melodrama, romance, thriller, dan misteri dalam satu cerita. Mesti nonton nih!

365: Repeat the Year

Tawarannya asik, tapi kok jadi toksik

Drama Korea yang juga diadaptasi dari novel asal Jepang ini adalah salah satu rekomendasi yang bagus untuk ditonton. Pemeran utamanya yakni ada Lee Joon Hyuk dan Nam Ji Hyun, menceritakan tentang kehidupan 10 orang yang melakukan perjalanan waktu ke masa lalu. 

Dikisahkan ada sepuluh orang yang datang ke sebuah klinik bernama Klinik Zian. Mereka ditawarkan kesempatan untuk bisa kembali ke waktu satu tahun ke belakang agar dapat menata ulang kehidupan mereka yang tidak sesuai harapan. Semua berjalan lancar dan bahagia, hingga akhirnya perlahan sebuah kasus muncul satu demi satu. Seramnya, mereka satu persatu mati dengan cara yang tragis hingga menimbulkan kebingungan bagi orang lainnya yang tersisa. Hmm, menurutmu apa yang terjadi? Siapa yang sengaja bikin mereka jadi begitu?

Drama 365: Repeat the Year merupakan drama dengan jumlah episode yaitu 24 dan tayang di channel MBC. Drama adaptasi novel ini sebelumnya juga pernah hadir dalam bentuk dorama Jepang sebelum akhirnya dibuat dalam versi Korea. Untuk kamu yang suka drama dengan konflik dan plot twist bertumpuk, drama ini wajib ditengok. 

Sweet Home

Gak ada sweet-sweetnya :”)

Mas kupu-kupu Song Kang, sebelumnya juga pernah bermain dalam drama misteri, thriller penuh ketegangan berjudul Sweet Home. Gak seperti judulnya, Sweet Home merupakan serial Netflix yang bercerita mengenai sebuah dunia unik di mana manusia dapat berubah menjadi monster yang merepresentasikan hasrat terdalam dari diri mereka. 

Bersama dengan Lee Do Hyun, Go Min Si, dan pemain populer lainnya, mereka berusaha menghadapi serangkaian situasi dan saling menolong satu sama lain demi bisa selamat dari kengerian monster-monster gak masuk akal. Drama ini juga merupakan drama adaptasi webtoon berjudul sama, yang tayang dalam 10 episode. Drama penuh adegan ngeri dengan banyak darah bercucuran ini bisa kamu tonton di platform resmi Netflix.

Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal

Bangun pagi seringkali dianggap sebagai kegiatan penuh rintangan bagi beberapa orang. Jika bukan karena suatu hal penting, sepertinya bangun pagi akan sangat jarang dilakukan deh. Terlebih jika badan terasa masih sangat lelah dan mata kurang bisa diajak kerjasama. Padahal ada beberapa alasan menarik lho, mengapa bangun lebih awal di pagi hari itu bagus untuk dilakukan.

Dikutip dari merdeka.com, terdapat penelitian yang dipresentasikan oleh Dr. Joerg Huber di Konferensi Kesehatan Dunia tahun 2011. Ia menyatakan bahwa orang yang mempunyai kebiasaan bangun pagi akan merasa lebih sehat dan bahagia. Ternyata gak hanya itu aja nih. Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada 5 alasan menarik mengapa bangun tidur lebih awal di pagi hari bagus untuk dilakukan. Apa aja ya? Yuk disimak.

Banyak Waktu untuk Olahraga

Beberapa orang dengan waktu pagi yang ketat, cenderung mengubah waktu olahraganya ke sore hari. Namun beberapa orang meyakini kalau waktu terbaik untuk berolahraga sebenarnya adalah di pagi hari. Selain karena udara yang masih bersih dan sejuk, energi tubuh juga baru saja terisi setelah tidur di malam hari. 

Bangun lebih awal di pagi hari yang kemudian dilanjutkan dengan olahraga meski sebentar, nyatanya punya beberapa manfaat bagus lho. Olahraga pagi bisa membuat tubuh lebih berenergi untuk menjalani aktivitas, dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus, membuat suasana hati menjadi lebih baik, membantu mengontrol nafsu makan, serta studi menyebutkan olahraga pagi efektif menurunkan berat badan.

Membantu Kulit Tampak Lebih Sehat

Setelah tidur nyenyak di malam hari, kulit kita akan berada dalam kondisi terbaiknya di pagi hari. Hal ini bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi jika kita dapat memanfaatkan jam pagi untuk memberi kulit ekstra TLC (Treatment, Love, and Care).

Sama halnya seperti saat malam, ada beberapa ritual perawatan kulit sehat di pagi hari yang ternyata gak kalah penting untuk dilakukan. Manfaatnya tentu bisa membuat kulit tampak sehat dan cantik. Perawatan kulit yang bisa dilakukan diantaranya, mencuci wajah, olahraga pagi, minum air putih, dan menggunakan sunscreen. Jika ini dikerjakan menjadi sebuah kebiasaan, bukan gak mungkin kulit akan jadi lebih bersih.

Kebiasaan Sarapan yang Baik

Banyak orang terutama di kota-kota besar, memenuhi nutrisi pagi mereka dengan sarapan kopi atau donat. Hal ini dianggap lebih praktis, mengingat waktu pagi yang rasanya amat sedikit jika ditambah dengan kegiatan sarapan. Padahal jika kamu bangun lebih awal, kamu akan punya waktu ekstra untuk bisa membuat dan menikmati sarapan yang sehat dan mengenyangkan. 

Dikutip dari alodokter, orang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi lebih mungkin untuk mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan lemak dan kolesterol. Selain sebagai sumber energi, manfaat sarapan pagi yang sehat diantaranya dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit, membuat tubuh lebih fokus,meningkatkan mood, serta terhindar dari rasa lapar berlebih di siang hari.

Meningkatkan Produktivitas

Bangun lebih awal di pagi hari, membuat kamu punya waktu lebih banyak untuk memulai rutinitas pagi agar tetap produktif sepanjang hari. Kamu pun jadi bisa lebih fokus pada tugas-tugas penting tanpa harus terburu-buru dikejar waktu. Selain itu, bangun lebih awal berarti kamu beraktivitas lebih cepat di antara orang lain. Kamu bisa bebas melakukan banyak pekerjaan tanpa adanya gangguan. 

Lebih Banyak Waktu Tenang

Banyak orang mengeluhkan waktu pagi mereka berjalan dengan begitu hectic. Mulai dari ribetnya pekerjaan rumah, perjalanan ke tempat kerja yang ramai cenderung macet, belum lagi harus “dulu-duluan” masuk ke kendaraan umum dengan banyak orang. Dengan keadaan seperti itu, mana mungkin mereka bisa punya waktu tenang di pagi hari. Sekedar berjalan santai sambil menikmati udara pagi saja mungkin rasanya sulit dilakukan.

Bangun lebih awal di pagi hari sesungguhnya menyimpan sebuah kenikmatan yang sederhana. Kamu bisa merasa lebih santai dalam melakukan pekerjaan rumah sebelum berangkat bekerja, bisa pergi dengan tenang ke tempat kerja tanpa harus khawatir telat, plus kamu juga bisa sampai di tempat kerja dengan perasaan aman. Intinya, kamu bisa memulai hari dengan santai dan tenang. 

Mitos dan Fakta Waxing yang Harus Kamu Tau

Memiliki kulit yang mulus dan tampak kesat adalah salah satu impian bagi sebagian orang. Itulah mengapa sekarang ini perawatan tubuh hadir dengan pilihan yang semakin lengkap. Contohnya seperti menghilangkan rambut kecil yang tumbuh di bagian tangan, tubuh, juga kaki. Waxing pun menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Eits, tapi tunggu dulu. Ada yang bilang waxing itu bisa bikin rambut tumbuh lebih cepat. Katanya juga, waxing bisa bikin kulit jadi keriput. Waduh, itu informasi yang benar atau salah ya? Masuk ke dalam mitos atau fakta sih? 

unsplash/bermixstudio

Banyak sekali bertebaran informasi baik ataupun mengerikan tentang waxing. Informasi yang berkembang dari mulut ke mulut dan terus tersebar ini, sekarang bisa menjadi informasi dominan yang paling sering ditemukan. Alhasil mereka-mereka yang berpikiran ingin waxing, jadi ragu untuk mencobanya. Hmm, mending kita bahas mitos dan fakta tentang waxing yuk. Udah saatnya kamu tau informasi yang sebenarnya.

Mitos ke-1: Rasa Sakitnya Kaya Mau Me…

Fakta: Banyak orang yang pertama kali mencoba waxing, mengeluhkan rasa sakit setelah waxing yang parah dan bikin trauma untuk coba lagi. Mendengar keluhan ini, tentu membuat orang ‘pertama kali’ selanjutnya takut dan ragu untuk coba juga. Rasa sakit yang dirasakan pertama kali ini sebenarnya adalah hal yang wajar. Hal itu karena tubuh, kulit, juga kamu belum pernah merasakan pengalaman waxing sebelumnya.

Ada beberapa cara agar rasa sakit dari waxing bisa sedikit berkurang. Sebelum waxing, kamu bisa scrubbing area target agar sel-sel kulit mati juga rambut yang terjebak di dalam kulit terlepas. Kemudian berikan bedak tabur di sekitar area target waxing. Tujuannya adalah untuk membantu menyerap kelembaban yang berlebih pada area tersebut serta membuat lilin bekerja sempurna. Selain itu, pastikan tubuh relax dan jangan tegang. Setelah waxing, kamu bisa mengoleskan gel dingin seperti aloe vera untuk membuat area bekas waxing terasa lebih calming. 

Mitos ke-2: Waxing Tidak Akan Menyebabkan Rambut Tumbuh ke Dalam

Fakta: Sayangnya, waxing adalah salah satu penyebab rambut tumbuh ke dalam. Kondisi rambut tumbuh ke dalam atau ingrown hair bisa terjadi setelah rambut dicukur atau dicabut. Situasi ini terjadi karena perubahan siklus pertumbuhan folikel rambut, akibat hilangnya lapisan tabung tempat tumbuh rambut sebelum akhirnya naik keluar ke permukaan kulit. Dilansir dari halodoc, ketika melakukan waxing, rambut akan tercabut dengan sangat cepat dan tarikan yang cepat itu benar-benar mengganggu lapisan yang sangat penting tersebut. 

Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan memastikan kulit dalam keadaan lembab sebelum melakukan waxing. Jaga kulit tetap terhindar dari dehidrasi sejak sehari sebelum waxing. Kulit kering akan menyebabkan rambut patah pada tingkat permukaan daripada dikeluarkan dari folikel. Kamu juga bisa melakukan pengelupasan ringan melalui scrubbing agar membantu menghilangkan sel kulit mati yang memungkinkan menghalangi rambut tercabut secara sempurna saat waxing.

Mitos ke-3: Waxing Membuat Rambut Tumbuh Lebih Lebat

Fakta: Rambut yang ada di tubuh manusia tumbuh dari folikel rambut yang berada di bawah lapisan kulit. Sedangkan waxing adalah proses menyingkirkan rambut di tubuh yang tidak diinginkan dengan mengangkatnya hingga ke akar. Dikutip dari alodokter, proses mencabut rambut hingga ke akar ini sudah pasti gak mungkin memicu rambut tumbuh menjadi lebih banyak ataupun lebat. Justru waxing disebut dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut di bawah kulit, sehingga rambut bisa jadi tidak tumbuh lagi. Hal ini mungkin saja terjadi apabila waxing dilakukan terlalu sering. Gak hanya waxing, proses mencukur pun bisa menjadi penyebab rambut tumbuh menjadi lebih lama. Oleh karena itu, melakukan waxing apalagi terlalu sering dan dalam jangka waktu yang panjang malahan dapat membuat rambut tumbuh lebih sedikit.

Mitos ke-4: Waxing Akan Menarik Kulit dan Membuat Kulit Keriput

Fakta: Beberapa sumber menyebutkan, melakukan waxing dapat memunculkan kerutan pada kulit. Hal ini didasarkan pada kegiatan waxing yang melibatkan beberapa tarikan dan menjadi masuk akal apabila kulit jadi kendur hingga menyebabkan kerusakan yakni kerutan. 

Dikutip dari Self, setiap gerakan kasar pada kulit mungkin dapat mengiritasi kulit, tetapi waxing bukanlah satu-satunya faktor utama yang dapat menyebabkan kerutan. Kerutan dapat terjadi apabila produksi kolagen pada kulit terganggu dan membuat kulit tidak sekencang sebelumnya. Kolagen sendiri secara alami bisa berkurang jumlahnya seiring bertambahnya usia. Dan beberapa faktor penting lain yang dapat menyebabkan kulit berkerut adalah paparan sinar UV dalam jangka panjang, pemeliharaan kesehatan yang kurang baik, kebiasaan sehari-hari yang salah, serta kurangnya nutrisi baik ke dalam tubuh. Jadi waxing sama sekali tidak punya pengaruh signifikan terhadap kerutan.

Mitos ke-5: Waxing Lebih Baik daripada Bercukur

Fakta: Hal ini berbeda-beda menurut beberapa orang. Waxing menarik rambut pada tubuh hingga ke akar, yang bisa membuat rambut tumbuh lebih lama. Sedangkan bercukur pada dasarnya hanya menghilangkan rambut yang ada di permukaan kulit sehingga rambut masih tersisa di dalam dan ujung rambut pun menjadi lebih tajam. 

Mitos ke-6: Waxing Saat Menstruasi Rasanya Lebih Menyakitkan

Fakta: Menarik rambut secara tiba-tiba dari tubuh memang pada dasarnya bisa menimbulkan rasa sakit. Namun hal yang satu ini merupakan sebuah opini yang disesuaikan dengan preferensi setiap orang. Dikutip dari beautyjournal.id, tubuh akan mengalami gejolak hormon dan secara tidak langsung hal tersebut membuat indra perasa jadi jauh lebih sensitif dari biasanya. Melakukan waxing pada masa-masa pra hingga saat menstruasi mungkin saja akan terasa lebih menyakitkan. Namun kemungkinan besar itu terjadi karena tingkat kesensitifan yang sedang naik.

Itu dia beberapa mitos legendaris seputar waxing. Harus pintar-pintar dalam membaca informasi yang benar. Kalau tahu faktanya, jadi gak perlu khawatir deh untuk ngelakuin waxing.

Review Age of Youth, Drakor Seru ala Anak Kos

Drama Korea banyak disukai bukan hanya karena pemainnya yang cantik atau ganteng aja. Genre yang beragam juga dengan alur kisah yang menarik menjadi salah satu alasan mengapa drakor, saat ini jadi pilihan tontonan bagi banyak orang. Seperti drama bergenre slice of life yang akan direview kali ini. Judulnya Age of Youth, drakor dengan kisah yang berfokus pada kehidupan lima mahasiswi cantik dengan karakter berbeda-beda dalam sebuah rumah kos.

Drama JTBC ini sepertinya akan relate dengan kamu yang baru saja lulus SMA dan akan beranjak ke kehidupan ‘dewasa’ yang ternyata full of surprise. Ceritanya seru, tentang bagaimana lima perempuan muda dengan karakter beda-beda tinggal bersama dalam satu rumah, saling berbagi ruang dengan orang asing, belajar menghargai perbedaan, ditambah mengatur emosi diri akan masalah pribadi dan masa lalu yang juga ga bisa dianggap gampang. Cerita yang kompleks namun dengan alur pembawaan yang santai

Sebelumnya, mari kita jumpa dengan para penghuni dari Rumah Kos Belle Epoque ini. Yang pertama ada maknae polos bernama Yoo Eun Jae (Park Hye Soo), ia merupakan penghuni sekaligus mahasiswi baru yang baru saja akan memulai kehidupan kuliahnya. Lalu ada si paling feminin Jung Ye Eun (Han Seung Yeon), mahasiswi jurusan kuliner yang hobinya pacaran. Si ceria Song Ji Won (Park Eun Bin), yang yakin banget kalau dirinya bisa meramal. Si seksi Kang Yi Na (Ryu Hwa Young), ‘mahasiswi’ dengan visual hot yang gemar belanja barang branded. Dan yang terakhir adalah Yoon Jin Myung eonni (Han Ye Ri), si pekerja keras dengan karakter paling dewasa diantara semuanya.

Drama ini menggambarkan karakter pribadi dari masing-masing pemeran dengan sangat smooth. Kamu akan diajak fokus pada setiap karakter, menjalani keluhan dan masalah mereka lewat cerita-cerita sederhana khas dunia nyata.

Melihat dari karakter masing-masing, kamu gak akan kebayang bagaimana mereka bisa saling toleransi dan hidup rukun bersama dalam satu atap. Kalau dalam dunia nyata, tentu harus melewati banyak rintangan dulu biar semuanya jadi enak. Itu juga yang terjadi pada mereka dalam drama ini. Berbagai masalah yang datanglah, yang pada akhirnya bisa bikin mereka klop satu sama lain. 

Age of Youth sendiri tayang dalam 12 episode. Drama ini bisa dibilang termasuk ke dalam drama underrated. Siapapun yang pernah nonton ini sepertinya beruntung banget, karena bisa menemukan drakor dengan cerita dengan plot dan konsep yang bagus seperti drama ini. Di setiap episode punya fokus masalah yang berbeda-beda. Seperti membahas suatu hal yang lain dari cerita sebelumnya. Meski begitu, cerita yang disajikan tetap punya benang merah yang nyambung dan gak akan bikin bingung kok. 

Cerita-cerita yang disajikan oleh drama ini kebanyakan menyasar pada masalah-masalah para dewasa muda. Mereka umumnya sering merasa bingung akan banyaknya masalah yang bisa muncul dalam waktu yang sekaligus. Mulai dari masalah pekerjaan, keluarga, perkuliahan, pertemanan yang rumit, belum lagi belajar menerima perbedaan, memahami sesuatu yang tidak terjadi sesuai kehendak, kepekaan sosial dan sebagainya. Rumit ya? Iya ih.

Salah satu yang unik dari drama ini adalah di mana semua episode diawali dengan cuplikan-cuplikan video random yang seolah menggambarkan masalah apa yang hendak diceritakan dalam episode tersebut. Gak hanya itu, di akhir video juga selalu dimunculkan adegan semacam credit scene yang bisa melengkapi informasi -tidak tersampaikan- dari cerita utama. 

Selain itu juga, drama ini menghadirkan scene khusus wawancara dari para pemain yang bisa menjadi tambahan informasi bagi penonton. Penting gak penting sih. Namun tetap seru untuk disimak karena biasanya mereka ada aja tingkah lakunya. 

Bukan cuma ceritanya yang seru, visual dari drama ini kelihatannya cantik sekali. Latar utama yaitu Rumah Kos Belle Epoque sepertinya akan menjadi rumah kos paling diidam-idamkan jika benar hadir di dunia nyata. Layout ruangan yang tertata rapi, estetik, dan fungsional bikin suasana rumah jadi homey banget.

Meski bangunannya digambarkan menyatu dengan rumah sang pemilik, namun privasi yang ditawarkan benar-benar terjaga. Anak kos pun bahkan masih sempat merancang pesta ‘heboh’ lho tanpa ketahuan. 

Age of Youth adalah salah satu rekomendasi drama yang wajib banget kamu tonton. Adegan sedih, kocak, so sweet, tegang, ataupun yang mengherankan sekalipun ada dalam drama yang hadir dalam dua season ini. Benar-benar drama dengan cerita yang fresh juga dengan banyak pelajaran di dalamnya.

Rilis Lagu Baru, Begini Perjalanan Karir IU

IU baru saja merilis video musik untuk single terbarunya yang berjudul Strawberry Moon. Single digital ini merupakan bentuk comeback kedua bagi IU di tahun 2021, setelah sebelumnya ia melakukan perilisan album LILAC miliknya di akhir Maret lalu. 

IU – Strawberry Moon

Strawberry Moon sendiri dirilis pada 19 Oktober tengah malam waktu Korea. Meski jam rilisnya dianggap tidak biasa, lagu ini tetap disambut meriah oleh banyak orang termasuk UAENA (fans club IU). Hal ini terbukti dari jumlah viewers yang berhasil mencapai dua juta penonton dalam kurun waktu kurang dari 12 jam. 

Sebelumnya, IU mengalami sukses besar dari perilisan album LILAC. Album studio kelimanya berhasil menyabet banyak prestasi, bahkan sebelum waktu perilisan dilaksanakan. Gak heran, hal ini terjadi karena LILAC menjadi comeback album penuh bagi IU setelah empat tahun terakhir ia berkarir. Kehadirannya kembali di industri musik Korea, menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang. 

Saat ini, IU disebut-sebut sedang berada pada puncak karirnya sebagai salah satu artis dan penyanyi terfavorit di Korea. Hampir semua karyanya, baik lagu hingga drama selalu berhasil disukai banyak orang. Karir dan prestasi gemilangnya ini, nyatanya didapat IU dengan banyak pengorbanan. Penasaran sama kisahnya? Yuk kita baca lewat tulisan di bawah ini.

Masa Kecil yang Berat

Perempuan bernama asli Lee Ji-eun ini lahir pada tanggal 16 Mei 1993. Ia berasal dari wilayah Songjeong-dong, Seoul, dan awalnya tinggal bersama secara lengkap dengan orang tuanya. 

Kehidupan IU di masa kecil gak seindah kehidupannya sekarang. Dikutip dari Koreaboo, IU kecil hidup bersama keluarganya dengan kesulitan finansial yang membuat orang tuanya terlilit hutang. Masalah ini membuat ia harus tinggal terpisah dari orang tuanya, dimana IU, nenek dan adik laki-lakinya mesti tinggal di sebuah kamar kecil tanpa penghangat ruangan dan banyak kecoa yang lalu-lalang. 

Gak berhenti sampai disitu, hingga pada akhirnya mereka pindah ke rumah salah satu kerabat, IU pun pernah dicemooh akan mimpinya sebagai seorang penyanyi. IU disebut gak akan pernah bisa berhasil menjadi artis atau penyanyi sampai kapanpun. Namun keadaan ini gak lekas membuat IU jadi lemah dan pesimis. Hal ini IU jadikan sebagai motivasi baginya untuk benar-benar bisa mewujudkan mimpinya kelak

Sulitnya Zaman Audisi

Kebingungan mencari jalan mencapai karir sangat pernah IU rasakan. Pemeran utama dalam drama Hotel Del Luna ini pernah mengalami masa-masa sulit sebagai trainee tanpa nama yang keluar masuk audisi demi bisa bergabung dalam sebuah agensi. Sekitar sebanyak 20 agensi ia coba datangi, namun kesemuanya menolak dirinya. Termasuk salah satunya agensi ternama, yakni JYP Entertainment. 

Lebih beratnya lagi, pemeran Hae Soo dalam drama Moon Lovers ini ternyata juga pernah ditipu loh. Ia dijanjikan oleh sebuah agensi menjadi trainee resmi dan bisa segera debut di televisi. Agensi tersebut memintanya untuk mengirimkan sejumlah uang dengan nominal besar yang katanya akan dijadikan sebagai biaya pelatihan selama ia disana. Sayangnya agensi itu tidak pernah ada. IU ditipu dan merasa sangat patah hati karena uang tersebut adalah hasil jerih payah yang dikumpulkan neneknya dari berjualan aksesoris kecil di pasar. 

Masa Awal Debut yang Menegangkan

Perjalanan kesana kemari mengikuti banyak audisi dari berbagai agensi, membuat pelantun lagu Celebrity ini jadi lebih kuat. Ia pantang menyerah sampai akhirnya takdir baik membawa ia menggapai impiannya, yaitu menjadi seorang trainee. Saat itu, di tahun 2007 IU akhirnya berhasil diterima di sebuah agensi bernama LOEN Entertainment. Ia pun menjalani trainee selama sepuluh bulan penuh, hingga di tahun berikutnya ia debut menjadi seorang solois.

IU kemudian memulai debutnya di tahun 2008 dengan single berjudul Lost Child, sebuah lagu ballad penuh perasaan yang memamerkan vokalnya yang kuat. Sayangnya, publik tidak bereaksi secara positif kepadanya. IU menyebutkan pernah diragukan penonton, apakah ia benar seorang trainee atau bukan. Selain itu album pertamanya juga gagal. Tiga tahun masa awal debutnya dijalani dengan perasaan sedikit khawatir.

Alih-alih melihat itu dengan perasaan kecewa, pemegang julukan “Nation’s Sweetheart” ini justru bersyukur atas pengalaman itu. “Aku pikir aku telah menaiki tangga sedikit demi sedikit selama bertahun-tahun. Album pertamaku gagal, tapi aku bersyukur untuk itu. Jika aku terlalu cepat sukses setelah debut, aku pikir aku tidak akan menghargai anggota stafku dan popularitas yang aku nikmati sekarang,” ujar IU.

Kemudian di tahun 2010, lewat lagunya yang berjudul Good Day, IU sukses melejit ke puncak popularitas. Lagu yang memamerkan skill bernyanyi tiga oktaf dari IU ini berhasil membuat ia mencuri banyak hati orang-orang di sana. Dari sinilah, IU dapat melunasi hutang keluarga serta mengembalikan kondisi keluarga menjadi lebih baik. Ia pun juga berhasil memperoleh penghargaan Rookie of the Month dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea. Keren yah!

Popularitas yang Kian Menanjak

Single Good Day adalah jalan terang bagi IU menuju karir cemerlangnya. Satu tahun setelah itu, IU mulai mencoba peruntungan di dunia peran lewat serial drama berjudul Dream High yang tayang di tahun 2011. Kamu penggemar drakor pasti tau dia memerankan siapa di drama itu kan? Yak, Kim Pil-suk, seorang murid SMA dengan badan cukup berisi namun punya suara yang indah. Perannya di drama ini, sukses membantu IU meraih predikat seorang aktris. 

Di tahun-tahun berikutnya pun IU dipercaya untuk kembali menjadi female lead utama di beberapa drama, seperti The Producers, Moon Lovers, My Mister, dan yang terakhir adalah Hotel Del Luna. Selain drama, beberapa judul film pernah menjadikan IU sebagai pemerannya. Salah satu yang terbaru dan yang paling ditunggu adalah film berjudul Dream, yang akan melibatkan akting IU dengan aktor terkenal Korea Park Seo-joon. 

Beralih ke dunia musik, hingga kini, IU telah memiliki catatan lima album studio, sembilan album mini, 40 single, dan 39 musik video. Menanjaknya popularitas IU membuat ia sukses untuk selalu membawa pulang penghargaan di setiap nominasi yang ia ikuti. Kesuksesannya ini sampai menjadikan ia punya gelar Digital Monster lho. Hal ini karena setiap lagu yang dirilisnya pasti merajai tangga lagu di layanan streaming musik. 

Baru-baru ini pun, IU mampu meraih prestasi yang mengesankan lewat lagu barunya yaitu Strawberry Moon, yang berhasil meraih Real-time All Kill (RAK), Certified All Kill (CAK), serta mampu menguasai seluruh chart musik Korea. Prestasi ini jadi makin mengesankan karena jam rilis lagu yang tidak biasa sehingga dianggap sulit untuk terjadi.

Kehebatan IU gak cuma sampai disitu aja. Pesona yang dimiliki IU ini memang bisa menggetarkan hati siapapun. Sepertinya udah bukan rahasia lagi kalau IU punya banyak penggemar, bahkan dari kategori idol sekalipun. Bahkan ada yang terang-terangan mengaku sebagai fanboy dan menjadikan IU sebagai tipe idealnya. Beberapa diantaranya seperti, Wonwoo ‘Seventeen’, Jay Park, Suho dan Kai ‘EXO’, Jaehyun ‘NCT’, bahkan Jungkook ‘BTS’ pun mengagumi IU. Bener-bener perempuan idaman juga the real musician and artist ya mba IU!

Itu dia beberapa kisah perjalanan dari our ‘Korean Nation’s Sweetheart’, Lee Ji-eun-ssi. Perjuangannya untuk dapat menggapai mimpi sebagai penyanyi memang bener-bener bisa diteladani nih. Ia gak gampang menyerah terhadap cita-citanya. Meski pernah jatuh ke lubang terdalam sekalipun, tekadnya bulat dan kuat. Gak heran deh kalau karir sekarang manis banget, semanis wajahnya. Keren ih mba IU 🙂

Tradisi Kelulusan Sekolah dari Pelbagai Negara

Momen kelulusan sekolah adalah salah satu hal yang hampir setiap orang pernah rasakan. Setiap tahunnya, akan ada ribuan pelajar yang pada akhirnya berhasil menyelesaikan pendidikan dasar mereka, sebelum melangkah naik ke jenjang pendidikan selanjutnya. Namun sebelum melanjutkan perjalanan kembali, sedikit perayaan kecil biasa dilakukan sebagai bentuk self-reward kepada diri.

Di Indonesia sendiri, perayaan kelulusan dilakukan banyak pelajar dengan berbagai cara. Salah satu yang identik dan seakan sudah menjadi tradisi adalah tradisi ‘mewarnai’ seragam. Melakukan corat-coret pada pakaian seragam sekolah, diikuti dengan konvoi kendaraan menuju lokasi tertentu sudah hampir setiap tahun terjadi saat kelulusan diumumkan. 

Nyatanya, acara-acara seperti ini gak hanya heboh dilakukan di Indonesia saja. Perayaan kelulusan rupanya menjadi kegiatan tahunan yang juga dilakukan oleh murid di negara-negara lainnya. Mulai dari mengirimkan hadiah pada sesama murid, melakukan arak-arakan bersama guru, hingga tradisi gantung tas di tiang bendera. Wah kelihatannya unik ya. Kira-kira bagaimana perayaan kelulusan yang dilakukan murid negara lain di berbagai belahan dunia? Yuk kita lihat.

Tradisi Lepas Kancing di Jepang

Jepang menjadi salah satu negara dengan tradisi perayaan kelulusan yang unik nih. Untuk merayakan kelulusan, pelajar pria di Jepang biasanya melepas kancing baju nomor dua paling atas dari seragam sekolah mereka. Kancing ini lalu diberikan kepada perempuan baik yang setingkat atau adik kelas yang mereka sukai.  

Kancing yang diberikan ini disimbolkan sebagai hati. Dan memberikan kancing baju nomor dua tersebut kepada seseorang diartikan bahwa si penerima adalah orang yang berharga di hidupnya.  Selain itu bisa juga diartikan sebagai pernyataan rasa suka, cinta atau sayang kepada orang yang menerima. Gak peduli diterima atau tidak, tradisi ini seolah mengajarkan mereka untuk berani menyatakan perasaan yang dimiliki sebelum harus pergi untuk melangkah ke jenjang kehidupan selanjutnya.

Gak cuma pelajar pria yang bisa memberikan kancing baju mereka kepada perempuan. Pelajar perempuan pun boleh untuk meminta kancing baju dari lelaki yang mereka sukai lho. Tradisi unik dari negeri Sakura ini romantis banget ya.

Hadiah Operasi Plastik di Korea

Mengutip dari Kumparan, operasi plastik rupanya menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan setelah lulus dari sekolah. Gak bisa disebut sebagai sebuah tradisi, namun operasi plastik umumnya diminati sejak usia remaja, yakni dimulai dari usia 19 hingga 29 tahun. Oleh karena itu, gak heran kalau operasi plastik sering dijadikan sebagai wujud perayaan kelulusan. Bentuk hadiahnya pun berupa satu paket treatment operasi plastik dari orang tua untuk anak sebagai penghargaan karena sudah bekerja keras selama sekolah. 

Persaingan yang ketat dan sangat selektif, terutama terhadap penampilan fisik, menjadi alasan operasi plastik banyak dilakukan. Salah satu dokter bedah plastik di Korea pun menyebutkan, banyak yang percaya bahwa seseorang yang terlihat lebih menarik secara fisik akan memiliki keberuntungan lebih juga dalam mencari kerja. Dengan melakukan operasi plastik, para orang tua berharap kehidupan anaknya akan jadi lebih baik setelah kuliah sehingga mudah mendapatkan pekerjaan. 

Tradisi Student Mossa di Swedia

Negara yang terletak di wilayah Skandinavia ini punya tradisi kelulusan yang identik dengan kekhasan negaranya. Para pelajar di sana biasanya akan merayakan kelulusan dengan berpesta sambil berbusana seperti seorang pelaut. 

Pesta akan dilakukan di sekolah, dilakukan bersama dengan keluarga yang datang mengiringi para pelajar yang lulus hari itu. Baik pelajar laki-laki maupun perempuan akan mengenakan pakaian berwarna putih. Tidak lupa dilengkapi dengan topi khas seorang nahkoda bernama Student Mossa. Kegiatan mengabadikan momen atau berfoto pun sudah pasti jangan dilewatkan.

Kemudian selesai dari acara di sekolah, para pelajar akan diarak menuju kota dengan mobil bak terbuka bersama dengan orang tua dan guru yang ikut menemani. Jalanan pun akan ramai dengan riuh gembira berupa nyanyian, teriakan, juga tarian sebagai ungkapan rasa senang atas kelulusan yang telah diraih. Gak hanya para pelajar, orang tua, serta guru yang merasakan kegembiraan. Para warga sekitar pun ikut senang dan merasakan euforia dari acara ini. 

Upacara Tenang di Thailand

Perayaan gak selamanya harus diadakan secara riuh. Di Thailand, hari kelulusan biasa dirayakan secara sakral dan tenang. Tradisi yang terjadi di sini, di setiap acara kelulusan sekolah, akan hadir anggota kerajaan yang ikut andil dalam perayaan. Acara kelulusan juga dilakukan di gedung sekolah dengan hanya dihadiri para lulusan dan orang yang berkepentingan saja. 

Dalam perayaannya, para pelajar putri diwajibkan untuk menggunakan gaun kelulusan, memakai stocking, juga tidak diperkenankan memakai perhiasan bahkan aksesoris rambut selama acara. Sedangkan untuk pelajar laki-laki, diwajibkan menggunakan pakaian berwarna putih lengkap dengan potongan rambut pendek. 

Meskipun dilakukan secara khidmat dan tenang, perayaan ini tentunya punya arti yang besar bagi para pelajar. Salah satu perayaan penting, sebelum mereka melanjutkan langkah ke rencana kehidupan selanjutnya.

Tradisi Turun Temurun di Indonesia

Bagi beberapa pelajar Indonesia, perayaan kelulusan sekolah nampaknya merupakan hal yang dirasa kurang pas jika tidak dilakukan. Perayaan tersebut juga mestilah dilakukan dengan penuh semarak dan heboh. Seperti halnya tradisi yang sudah terjadi secara turun temurun, perayaan ini hampir bisa kita jumpai di setiap tahunnya. 

Tradisi corat-coret baju seragam adalah salah satunya. Pakaian seragam yang dipikir sudah tidak akan lagi digunakan kemudian dijadikan ‘kanvas’ untuk meluapkan ekspresi dan rasa gembira atas kelulusan yang diperoleh. Gak hanya itu, perayaan kelulusan juga dilanjutkan dengan melakukan konvoi kendaraan diiringi nyanyian dan teriakan. 

Sayangnya, kegiatan merayakan kelulusan ini seringkali menimbulkan keresahan bagi masyarakat sekitar. Ekspresi kegembiraan yang berlebihan, cara berkendara yang terkadang ugal-ugalan, ditambah kebanyakan dari pelajar yang ikut dalam perayaan tersebut belum mencapai batas usia diizinkan mengemudi. Hal ini tentunya tidak aman dan dapat membahayakan keselamatan mereka juga orang sekitar. Gak heran kalau selebrasi tahunan ini mendapat pandangan yang negatif di mata umum. 

Itu dia beberapa tradisi kelulusan khas dari beberapa negara. Momen kelulusan memang menjadi salah satu hal yang paling berkesan dalam kehidupan. Pengalaman sekali seumur hidup yang bisa jadi kenangan indah di masa dewasa nanti. Tapi tetap aja ya, harus tertib dan gak menimbulkan kegaduhan bagi orang lain itu penting! Happy graduation!!

6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan

Sejak berabad-abad, teh herbal telah menjadi minuman pilihan yang dipercayakan orang sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya itu, teh herbal juga diyakini dapat membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Pernyataan di atas, didukung oleh beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa beberapa teh herbal dapat memiliki beberapa efek baik untuk mengatasi stress, kesehatan mental maupun fisik. Sebuah studi tahun 2018 juga menunjukkan bahwa hanya dengan menghirup aroma teh herbal saja dapat membantu menurunkan tingkat stress dan menghasilkan suasana hati yang lebih tenang.

Umumnya teh herbal diperoleh dari penyeduhan rempah-rempah, bunga, buah, daun, atau akar tumbuhan yang dikeringkan. Beberapa representasi teh herbal yang ramai di pasaran adalah seperti chamomile, butterfly pea, peppermint, jahe, dan masih banyak lagi. Cara penyajiannya pun terbilang mudah, sama seperti teh pada umumnya. Disajikan panas atau dingin, kenikmatan teh herbal tidak pernah bosan untuk dilewatkan dalam situasi apapun.

Di Indonesia sendiri ada banyak tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai teh herbal. Dengan khasiatnya yang baik bagi tubuh, kepopuleran teh herbal pun semakin meningkat terutama di kondisi pandemi seperti sekarang.

Berikut ini 6 jenis teh herbal yang wajib kamu coba untuk mengatasi berbagai masalahmu.

Teh Sereh

lemongrass tea

Sereh ternyata gak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dalam masakan aja. Mencampurkan sereh ke dalam secangkir teh terbukti punya banyak sekali khasiat bagi kesehatan. 

Teh sereh kaya akan kandungan gizi, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, zinc, selenium, kalsium, mangan, dan beberapa gizi lain yang memberikan khasiat bagi kesehatan. Telah sejak lama sereh dikenal sebagai obat alami untuk mengurangi nyeri, membantu tidur, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Gak cuma terasa nikmat dan bisa menenangkan badan, manfaat lain dari teh sereh adalah dapat membantu mencegah tukak lambung akibat adanya luka pada lapisan dalam lambung. Kemudian dapat meringankan gejala PMS yang seringkali menimbulkan sakit perut atau kram, sebagai obat diuretik alami, membantu mencegah kerusakan gigi, mengurangi risiko kanker, serta dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Ada banyak variasi resep yang bisa kamu coba dari minuman teh sereh ini. Seperti mencampurkannya dengan madu dan jahe, atau mencoba teh sereh dengan perasan jeruk nipis, atau juga menikmati teh sereh murni tanpa pemanis. 

Teh Bunga Telang

butterfly pea tea

Bunga telang merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Warnanya yang bermacam-macam membuat bunga telang berguna sebagai pewarna alami pada makanan dan minuman. 

Namun, selain untuk mempercantik tampilan dari sebuah hidangan, bunga telang juga telah lama digunakan sebagai obat herbal atau pengobatan tradisional karena diklaim mengandung berbagai nutrisi dan zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya pada tubuh yaitu seperti obat antihistamin yang dapat mencegah dan meringankan reaksi alergi, bersifat anti radang, dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil, juga sebagai obat diare. 

Tidak hanya itu, teh bunga telang diyakini dapat membantu memelihara fungsi dan kesehatan otak dan saraf. Caranya dengan meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Teh Osmanthus 

osmanthus tea

Pernah tau jenis teh yang satu ini? Ya kita mungkin jarang denger tentang teh ini, tapi nyatanya tumbuhan osmanthus cukup populer di Asia Timur terutama daerah China dengan aroma fruity dan richnya yang menggugah. 

Tanaman osmanthus sendiri hanya tumbuh di Cina daratan, dan telah ratusan tahun dijadikan sebagai bahan baku teh istimewa oleh berbagai dinasti setempat. Teh ini memiliki aroma sangat harum serta cita rasa perpaduan teh hijau dan teh hitam yang pekat namun menyegarkan.

Gak hanya juara karena aromanya yang bikin adem, teh osmanthus juga punya banyak manfaat sehat bagi tubuh. Diantaranya adalah kaya akan antioksidan, membantu menurunkan berat badan, bagus untuk detoks alami tubuh, membantu menenangkan pikiran, mengurangi stress, menstabilkan nafsu makan berlebih, dan membantu menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, teh osmanthus juga baik untuk kesehatan kulit dengan membantu melembabkan kulit dan bikin kulit makin sehat. Oleh karena itu, di beberapa negara di kawasan Asia Timur, khususnya China, osmanthus juga diolah sebagai produk kecantikan seperti bahan dalam skincare hingga parfum

Teh Leci 

lychee tea

Teh leci sepertinya menjadi salah satu minuman yang seringkali ditemui di tempat makan saji. Rasanya yang memang enak menjadi alasan, minuman ini sering masuk menjadi salah satu pilihan menu di beberapa restoran. 

Selain enak dinikmati, ternyata teh leci memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Teh yang terdiri dari buah leci yang dicampur dengan teh hitam tradisional ini dipercaya memiliki gizi yang baik, dengan kalium yang tinggi juga senyawa polifenol, flavonoid, dan beta-karoten, serta vitamin C dan B-nya.

Manfaat dari teh leci yaitu, seperti kemampuannya untuk meringankan pencernaan, mencegah risiko kanker, membantu penurunan berat badan, dan melindungi dari penyakit jantung. Gak hanya itu, teh leci dipercaya dapat memperkecil risiko diabetes, mengurangi tingkat kolesterol, menjaga berat badan, serta mencegah flu dan pilek

Teh Hijau

green tea

Kalau teh yang satu ini, pasti udah gak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia dan diyakini dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Bahkan, minuman ini telah menjadi bahan dalam pengobatan Jepang dan China selama berabad-abad lamanya. 

Proses pengolahan teh hijau berlangsung lebih singkat dibandingkan dengan jenis teh lainnya, seperti teh hitam. Hal ini yang menjadikan kandungan nutrisi dan antioksidan dalam teh hijau masih sangat terjaga. Dalam 100 gram teh hijau, terkandung beragam nutrisi, seperti energi, protein, magnesium, kalium, kafein, antioksidan, zat antiradang dan antikanker yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Merupakan alternatif yang baik apabila kamu bosan minum air putih. 

Mengkonsumsi teh hijau secara teratur terbukti punya manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya mencegah penyakit jantung dan stroke, menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, serta dapat menstabilkan tekanan darah. 

Di masa pandemi seperti saat ini, udah jadi kewajiban kita untuk saling menjaga diri sendiri dan orang tersayang agar terhindar dari berbagai penyakit. Keenam jenis teh herbal di atas selain nikmat, juga punya khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi secara teratur, bukan tidak mungkin kalau imun tubuh akan semakin kuat.

Kabar baiknya, Paola menyediakan paket lengkap dari keenam jenis teh herbal di atas lho.

Blooming Tea Hampers, terdiri dari enam kotak varian teh herbal yang masing-masing jenisnya berisikan empat teabag teh. Kemudian terdapat satu kotak madu dan gula yang bisa jadi variasi dalam menikmati teh. Lalu sebuah sendok teh dan satu pasang double wall tea glass sebagai wadah kamu menikmati teh bersama pasangan. Gak lupa juga, tersedia gift card yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan pesan indahmu ke dia yang kamu sayangi. 

Blooming Tea Hampers cocok banget untuk jadi hadiah spesial bagi mereka yang kamu sayangi. Kamu bisa order Blooming Tea Hampers lewat website resmi paola.id, atau kunjungi Tokopedia, Shopee, dan Instagram resmi Paola. Jangan sampai kelewatan!

Cara Menjaga Hubungan Pertemanan agar Langgeng

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Seberapa tinggi tingkat kemandirian yang seseorang punya, siapapun tentu tetap butuh menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain. Gak cuma sampai disitu, mereka juga perlu untuk menjaga hubungan pertemanan supaya langgeng dan tahan lama.

unsplash.com/@felixrstg

Ada berapa orang teman yang kamu punya dalam hidupmu? Satu dua atau banyak sampai gak kehitung? Berapapun jumlahnya, penting bagi kamu untuk punya hubungan yang baik dengan mereka. Terlebih teman dekat yang punya frekuensi, kesukaan, hobi atau hal lain yang sama dengan kamu. Bahasa gampangnya sih, sahabat.

Punya sahabat baik bisa dibilang adalah salah satu anugerah terbaik dalam kehidupan. Banyak manfaat dari memiliki sahabat, baik untuk diri sendiri, mental, hingga kebiasaan hidup. Mereka bisa bikin suasana hati jadi lebih baik, penolong disaat kamu butuh bantuan atau sekedar teman ngobrol, dan beberapa manfaat lain yang bikin kehidupan jadi terasa bahagia. Gak perlu banyak, satu orang tapi bisa bikin kamu nyaman dan merasa happy aja udah bisa bikin hati senang banget.

unsplash.com/@courtneymcook

Tapi yang namanya sahabat, ia tetaplah orang asing dengan sifat dan karakter yang belum tentu sama dengan kamu. Karena perbedaan itu, mesti beberapa kali ada hal yang gak sejalan terjadi di antara kalian. Perbedaan itu normal. Menghargai satu sama lain jadi kunci agar hubungan persahabatan dapat berjalan langgeng.

Lalu kira-kira, bagaimana ya cara menjaga persahabatan agar panjang umur dan berjalan dengan baik. Tim Paola sudah merangkum caranya nih untuk kamu.

1. Memilih Teman

Bukan bermaksud mengajarkan sifat jelek, memilih teman yang baik adalah kewajiban bagi setiap orang. Teman yang baik akan berdampak baik juga untuk dirimu dan perjalanan hidupmu nantinya. Jika kamu salah memilih teman dalam, bisa-bisa kamu ikutan masuk ke jalan yang salah. Bersikap baiklah pada semua orang, namun hanya pilih orang tertentu yang bisa ikut terlibat dalam kehidupanmu.

2. Perlakukan Teman dengan Baik

Kamu pasti pernah dengar pepatah yang bunyinya, “Perlakukanlah seseorang, sebagaimana kamu ingin diperlakukan.” Hal yang pertama ini adalah salah satu poin penting agar hubungan pertemanan berjalan baik dan tahan lama. Jangan pernah bertindak semena-mena terhadap siapapun, seperti memandang rendah seseorang. Perlakukanlah siapapun secara setara dan adil.

3. Tidak Ada Manusia yang Sempurna

Pahamilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kekurangan, juga kebiasaan yang mungkin bisa membuat beberapa orang kurang nyaman. Memahami kekurangan satu sama lain dan mencoba menerimanya sebagai bagian dari diri adalah kunci persahabatan yang baik. 

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Gak ada manusia yang hidupnya berjalan mulus-mulus aja. Pasti ada satu waktu di mana seseorang punya masalah yang mungkin berat tapi jarang diungkapkan. Teman dekat biasanya bisa tau kalau temannya sedang ada masalah, hanya dengan lihat ia nampak berbeda dari biasanya. Kamu bisa ajak mereka ngobrol dan jadi pendengar yang baik. Temanmu pasti akan merasa lega jika keluhannya didengarkan oleh orang terdekatnya.

5. Luangkan Waktu Satu Sama Lain

Meski mungkin diantara kalian punya jadwal yang padat atau sibuk, tetap tunjukkan bahwa kalian memang saling peduli dan ingat terhadap satu sama lain. Jadwalkan waktu bertemu, tidak perlu rutin, dan pastikan tepati janji bertemu itu. Jika memang gak memungkinkan untuk bertemu, kalian bisa kok berhubungan secara virtual. Yang terpenting, buat sahabatmu merasa ia adalah orang yang penting di hidupmu. 

6. Tunjukkan Dukungan & Kepedulian

Selain membuat sahabat merasa kalau diri mereka penting, pastikan juga untuk menunjukkan rasa sayangmu kepada mereka dengan tindakan tertentu. Tindakan tertentu ini untuk menunjukkan bahwa kamu memang peduli pada mereka. Seperti pujian atau kata-kata penyemangat. Yakin deh, sahabatmu pasti senang kalau mereka dipuji olehmu.

7. Hilangkan Rasa Iri

Terkadang, manusia itu suka gak terima kalau ada orang yang lebih jago dibanding dirinya. Alih-alih berusaha keras agar bisa sama-sama sukses, yang ada malah cuma bisa ngedumel dan yah gitu deh. Nah kamu harus hindari nih sifat yang satu ini. Apalagi iri sama sahabat sendiri. Setiap manusia itu unik. Kalau sahabatmu dapat pencapaian membanggakan, kamu juga harus turut merasa bahagia karenanya. Positif yuk.

8. Dapat Dipercaya

Sebuah hubungan tidak akan bertahan lama tanpa pondasi berupa kejujuran yang kuat. Untuk itu kamu harus bisa menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya oleh sahabatmu. Jika sahabatmu yakin untuk mau berbagi cerita dan rahasia dalam hidupnya kepada kamu. Maka kamu juga harus yakin bisa menyimpannya hanya untuk diri sendiri saja. Sebuah rahasia haruslah tetap jadi rahasia sampai kapanpun ya. 

9. Akui Kesalahan dan Minta Maaf

Dalam pertemanan, gak selamanya keadaan berjalan baik sesuai harapan. Terkadang akan ada waktu di mana salah satu dari kalian bikin ulah, dan berdampak pada panasnya hubungan. Gak apa, berantem-berantem kecil itu wajar. Siapapun yang salah, kalian cuma perlu minta maaf dengan tulus dan belajar mengakui kesalahan. Jangan sampai diam saja dan menganggap semua akan selesai jika dibiarkan. Menerima kesalahan dan tulus meminta maaf adalah bagian dari pendewasaan lho. 

Menjaga hubungan pertemanan itu memang tidak semudah kita memperkenalkan diri di awal pertemuan. Sifat dan karakter yang berbeda, menjadikan manusia harus bisa melatih diri menerima segala perbedaan di lingkungan sosial. Tentu dengan tujuan agar hubungan pertemanan berjalan hangat dan langgeng. Love you sahabat!