Hal Penting tentang Hubungan yang Bisa Dipelajari dari Hometown Cha Cha Cha

Hometown Cha Cha Cha

Selama beberapa minggu terakhir, keriuhan netizen terkait drama Hometown Cha Cha Cha mulai menurun. Drama yang selesai dengan rating bagus ini, seperti menyisakan kesan yang baik bagi para penonton. Tema yang menyejukkan juga dengan cerita yang ringan namun penuh pembelajaran membuat para penggemar drama korea gak lantas lupa dengan keseruan para warga Gongjin yang damai dan asik.

Visual dan akting yang cakap, juga dengan cerita penuh inspirasi, kira-kira apa saja ya hal penting tentang hubungan yang bisa kita pelajari dari para warga Gongjin? Yuk disimak.

1. Hidup mandiri itu baik, tapi gak salah untuk meminta bantuan sesekali 

Hometown cha cha cha

Di usia dewasa, sikap mandiri adalah salah satu hal yang perlu semua orang dewasa miliki. Bu Dokter Yoon pun punya karakter ini dalam dirinya. Lewat masa kecil yang kurang menyenangkan, Hye Jin mulai mengubah sikapnya menjadi lebih mandiri saat ia beranjak besar. Tidak bergantung kepada orang lain, memikirkan banyak keputusan melalui pemikiran sendiri, juga berusaha mewujudkan mimpinya dengan usahanya sendiri. 

Namun, menjadi mandiri bukan berarti kamu harus menutup diri dari bantuan orang lain. Terlebih lagi kepada mereka yang dengan tulus ingin membantu disaat kamu memang terlihat perlu dibantu. Tidak pernah terpikirkan oleh siapapun, seperti apa sebuah kehidupan akan berjalan. Bisa jadi, bantuan dari orang lain akan benar-benar kamu butuhkan di waktu tertentu. Karena pada dasarnya, manusia masih makhluk sosial yang perlu orang lain untuk melengkapi perjalanan hidupnya.

Penting untuk bisa memahami betapa berharganya memiliki seseorang yang bisa diandalkan. Terutama di waktu-waktu genting tertentu. Bukankah, memiliki seseorang yang peduli, bahkan bisa menjadi support system, bikin hati jadi tenang?

2. Jangan takut mengakui kesalahan

Hometown cha cha cha

Setiap manusia tentu pernah melakukan kesalahan. Namun beberapa dari kita cenderung lari dan enggan untuk segera menyelesaikan kesalahan tersebut. Menganggap seolah-olah waktu bisa menyembuhkan atau bahkan diri sendiri mungkin akan lupa dan masalah juga akan berlalu begitu saja. Padahal hal ini kurang baik lho untuk hubungan bahkan diri sendiri. 

Karakter Hong Banjang memang terkenal dengan keuletannya dalam bekerja. Namun sayangnya, setiap muncul permasalahan, ia kerap menyalahkan diri sendiri. Membuat ia dihantui rasa bersalah terus menerus, bahkan jadi sulit membuka diri terhadap lingkungan. Hal ini tentu bukan sesuatu yang baik untuk dicontoh. 

Dari kasus ini kita bisa belajar bahwa kesalahan adalah suatu hal yang wajar dilakukan oleh manusia. Daripada menyalahkan diri sendiri, kenapa tidak coba untuk memahami kesalahan yang terjadi, membuka pikiran tentang apa yang seharusnya dilakukan agar tidak terulang, dan tidak lupa untuk memaafkan diri sendiri atas suatu hal yang sebenarnya sudah terjadi. Memendam perasaan bersalah dalam waktu lama sungguh kurang baik untuk kehidupan nantinya. Jadi, jangan lupa untuk peduli dengan keadaan diri sendiri ya.

3. Memahami ruang privasi orang lain yang belum bisa diungkapkan

Hometown cha cha cha

Menjadi dekat bukan berarti semua ruang pribadi menjadi milik bersama. Ada kalanya kita dituntut untuk memahami kebutuhan seseorang, terutama jika itu menyangkut ruang privasi mereka. Terlebih dalam sebuah hubungan, meskipun sudah terjalin suatu ikatan, namun keputusan mereka untuk belum bisa terlalu terbuka kepada pasangan perlu untuk dihormati.

Mencontoh pasangan yang baik, Hye Jin adalah salah satu orang yang paham dengan hak privasi tersebut. Alih-alih memaksa dan menuntut Doo Sik berbagi masalah dengannya, ia justru memberikan ruang dan waktu pribadi bagi Doo Sik untuk secara perlahan terbuka kepadanya. Ia mendorong Doo Sik untuk mengeluarkan semua rasa sakitnya dan menangis jika memang ingin. Saling memahami satu sama lain tentu bisa membuat hubungan menjadi lebih harmonis.

4. Pentingnya belajar menempatkan diri di posisi orang lain

Hometown cha cha cha

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita seringkali diingatkan untuk saling berempati terhadap satu sama lain. Belajar menempatkan diri di posisi orang lain. Karena semua orang tidak sama, pemikiran mereka tentang sesuatu juga berbeda, maka penting sekali untuk bisa memandang segala sesuatu dari banyak sisi. 

Di balik seseorang yang kuat, selalu ceria, atau bahkan mereka yang penuh emosi dan menanggapi sesuatu dengan cara yang menyebalkan, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi sebenarnya dengan mereka. Seperti halnya Nam Suk, ibu-ibu yang selalu nampak ceria namun siapa sangka harus merelakan putrinya pergi karena sakit parah. Belajar berempati, melatih kita untuk tidak mudah menghakimi, menilai, juga memutuskan bahwa mereka hidupnya selalu enak atau mungkin tidak baik. Maka berpikiran terbuka dan menaruh pandangan dari berbagai hal adalah salah satu cara terbaik yang bisa menghindarkan kita dari sifat berburuk sangka.

5. Teman baik adalah salah satu anugerah indah

Hometown cha cha cha

Salah satu hal yang melekat dari cerita drama Hometown Cha Cha Cha ini adalah bagaimana kehidupan warga Gongjin yang saling mendukung satu sama lain layaknya teman baik. Mereka menggambarkan contoh pertemanan yang tulus, saling membantu, dan peduli terhadap sesama. 

6. Semua hal di awal mungkin sulit, termasuk saat menjalin hubungan

Hometown cha cha cha

Saat memulai sesuatu, sangat wajar apabila seseorang merasa bingung dan kesulitan pada awalnya. Inilah yang terjadi pada Shin Min Ah ketika ia harus pindah ke desa Gongjin setelah sebelumnya bekerja di sebuah klinik di Seoul. Perpindahan dari kota ke desa, menghadapi lingkungan dan budaya yang berbeda, menjadi tugas bagi ia untuk bisa beradaptasi dan dan belajar menempatkan diri sebagai bagian dari warga di sana. 

Menjalin hubungan baru tentu akan sulit pada awalnya. Terlebih dalam hal memahami dan menerima perbedaan. Namun jika dijalani dengan ikhlas dan hati yang terbuka, hal ini akan terasa menyenangkan pada akhirnya kok. Percayalah.

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: