Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal

Manfaat Bangun Tidur Lebih Awal

Bangun pagi seringkali dianggap sebagai kegiatan penuh rintangan bagi beberapa orang. Jika bukan karena suatu hal penting, sepertinya bangun pagi akan sangat jarang dilakukan deh. Terlebih jika badan terasa masih sangat lelah dan mata kurang bisa diajak kerjasama. Padahal ada beberapa alasan menarik lho, mengapa bangun lebih awal di pagi hari itu bagus untuk dilakukan.

Dikutip dari merdeka.com, terdapat penelitian yang dipresentasikan oleh Dr. Joerg Huber di Konferensi Kesehatan Dunia tahun 2011. Ia menyatakan bahwa orang yang mempunyai kebiasaan bangun pagi akan merasa lebih sehat dan bahagia. Ternyata gak hanya itu aja nih. Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada 5 alasan menarik mengapa bangun tidur lebih awal di pagi hari bagus untuk dilakukan. Apa aja ya? Yuk disimak.

Banyak Waktu untuk Olahraga

Manfaat Bangun Tidur Lebih Awal

Beberapa orang dengan waktu pagi yang ketat, cenderung mengubah waktu olahraganya ke sore hari. Namun beberapa orang meyakini kalau waktu terbaik untuk berolahraga sebenarnya adalah di pagi hari. Selain karena udara yang masih bersih dan sejuk, energi tubuh juga baru saja terisi setelah tidur di malam hari. 

Bangun lebih awal di pagi hari yang kemudian dilanjutkan dengan olahraga meski sebentar, nyatanya punya beberapa manfaat bagus lho. Olahraga pagi bisa membuat tubuh lebih berenergi untuk menjalani aktivitas, dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus, membuat suasana hati menjadi lebih baik, membantu mengontrol nafsu makan, serta studi menyebutkan olahraga pagi efektif menurunkan berat badan.

Membantu Kulit Tampak Lebih Sehat

Manfaat Bangun Tidur Lebih Awal

Setelah tidur nyenyak di malam hari, kulit kita akan berada dalam kondisi terbaiknya di pagi hari. Hal ini bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi jika kita dapat memanfaatkan jam pagi untuk memberi kulit ekstra TLC (Treatment, Love, and Care).

Sama halnya seperti saat malam, ada beberapa ritual perawatan kulit sehat di pagi hari yang ternyata gak kalah penting untuk dilakukan. Manfaatnya tentu bisa membuat kulit tampak sehat dan cantik. Perawatan kulit yang bisa dilakukan diantaranya, mencuci wajah, olahraga pagi, minum air putih, dan menggunakan sunscreen. Jika ini dikerjakan menjadi sebuah kebiasaan, bukan gak mungkin kulit akan jadi lebih bersih.

Kebiasaan Sarapan yang Baik

Manfaat Bangun Tidur Lebih Awal

Banyak orang terutama di kota-kota besar, memenuhi nutrisi pagi mereka dengan sarapan kopi atau donat. Hal ini dianggap lebih praktis, mengingat waktu pagi yang rasanya amat sedikit jika ditambah dengan kegiatan sarapan. Padahal jika kamu bangun lebih awal, kamu akan punya waktu ekstra untuk bisa membuat dan menikmati sarapan yang sehat dan mengenyangkan. 

Dikutip dari alodokter, orang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi lebih mungkin untuk mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan lemak dan kolesterol. Selain sebagai sumber energi, manfaat sarapan pagi yang sehat diantaranya dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit, membuat tubuh lebih fokus,meningkatkan mood, serta terhindar dari rasa lapar berlebih di siang hari.

Meningkatkan Produktivitas

Manfaat Bangun Tidur Lebih Awal

Bangun lebih awal di pagi hari, membuat kamu punya waktu lebih banyak untuk memulai rutinitas pagi agar tetap produktif sepanjang hari. Kamu pun jadi bisa lebih fokus pada tugas-tugas penting tanpa harus terburu-buru dikejar waktu. Selain itu, bangun lebih awal berarti kamu beraktivitas lebih cepat di antara orang lain. Kamu bisa bebas melakukan banyak pekerjaan tanpa adanya gangguan. 

Lebih Banyak Waktu Tenang

Manfaat Bangun Tidur Lebih Awal

Banyak orang mengeluhkan waktu pagi mereka berjalan dengan begitu hectic. Mulai dari ribetnya pekerjaan rumah, perjalanan ke tempat kerja yang ramai cenderung macet, belum lagi harus “dulu-duluan” masuk ke kendaraan umum dengan banyak orang. Dengan keadaan seperti itu, mana mungkin mereka bisa punya waktu tenang di pagi hari. Sekedar berjalan santai sambil menikmati udara pagi saja mungkin rasanya sulit dilakukan.

Bangun lebih awal di pagi hari sesungguhnya menyimpan sebuah kenikmatan yang sederhana. Kamu bisa merasa lebih santai dalam melakukan pekerjaan rumah sebelum berangkat bekerja, bisa pergi dengan tenang ke tempat kerja tanpa harus khawatir telat, plus kamu juga bisa sampai di tempat kerja dengan perasaan aman. Intinya, kamu bisa memulai hari dengan santai dan tenang. 

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: