Rilis Lagu Baru, Begini Perjalanan Karir IU

Rilis Lagu Baru, Begini Perjalanan Karir IU

IU baru saja merilis video musik untuk single terbarunya yang berjudul Strawberry Moon. Single digital ini merupakan bentuk comeback kedua bagi IU di tahun 2021, setelah sebelumnya ia melakukan perilisan album LILAC miliknya di akhir Maret lalu. 

IU – Strawberry Moon

Strawberry Moon sendiri dirilis pada 19 Oktober tengah malam waktu Korea. Meski jam rilisnya dianggap tidak biasa, lagu ini tetap disambut meriah oleh banyak orang termasuk UAENA (fans club IU). Hal ini terbukti dari jumlah viewers yang berhasil mencapai dua juta penonton dalam kurun waktu kurang dari 12 jam. 

Sebelumnya, IU mengalami sukses besar dari perilisan album LILAC. Album studio kelimanya berhasil menyabet banyak prestasi, bahkan sebelum waktu perilisan dilaksanakan. Gak heran, hal ini terjadi karena LILAC menjadi comeback album penuh bagi IU setelah empat tahun terakhir ia berkarir. Kehadirannya kembali di industri musik Korea, menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang. 

Saat ini, IU disebut-sebut sedang berada pada puncak karirnya sebagai salah satu artis dan penyanyi terfavorit di Korea. Hampir semua karyanya, baik lagu hingga drama selalu berhasil disukai banyak orang. Karir dan prestasi gemilangnya ini, nyatanya didapat IU dengan banyak pengorbanan. Penasaran sama kisahnya? Yuk kita baca lewat tulisan di bawah ini.

Masa Kecil yang Berat

Perempuan bernama asli Lee Ji-eun ini lahir pada tanggal 16 Mei 1993. Ia berasal dari wilayah Songjeong-dong, Seoul, dan awalnya tinggal bersama secara lengkap dengan orang tuanya. 

Kehidupan IU di masa kecil gak seindah kehidupannya sekarang. Dikutip dari Koreaboo, IU kecil hidup bersama keluarganya dengan kesulitan finansial yang membuat orang tuanya terlilit hutang. Masalah ini membuat ia harus tinggal terpisah dari orang tuanya, dimana IU, nenek dan adik laki-lakinya mesti tinggal di sebuah kamar kecil tanpa penghangat ruangan dan banyak kecoa yang lalu-lalang. 

Gak berhenti sampai disitu, hingga pada akhirnya mereka pindah ke rumah salah satu kerabat, IU pun pernah dicemooh akan mimpinya sebagai seorang penyanyi. IU disebut gak akan pernah bisa berhasil menjadi artis atau penyanyi sampai kapanpun. Namun keadaan ini gak lekas membuat IU jadi lemah dan pesimis. Hal ini IU jadikan sebagai motivasi baginya untuk benar-benar bisa mewujudkan mimpinya kelak

Sulitnya Zaman Audisi

Kebingungan mencari jalan mencapai karir sangat pernah IU rasakan. Pemeran utama dalam drama Hotel Del Luna ini pernah mengalami masa-masa sulit sebagai trainee tanpa nama yang keluar masuk audisi demi bisa bergabung dalam sebuah agensi. Sekitar sebanyak 20 agensi ia coba datangi, namun kesemuanya menolak dirinya. Termasuk salah satunya agensi ternama, yakni JYP Entertainment. 

Lebih beratnya lagi, pemeran Hae Soo dalam drama Moon Lovers ini ternyata juga pernah ditipu loh. Ia dijanjikan oleh sebuah agensi menjadi trainee resmi dan bisa segera debut di televisi. Agensi tersebut memintanya untuk mengirimkan sejumlah uang dengan nominal besar yang katanya akan dijadikan sebagai biaya pelatihan selama ia disana. Sayangnya agensi itu tidak pernah ada. IU ditipu dan merasa sangat patah hati karena uang tersebut adalah hasil jerih payah yang dikumpulkan neneknya dari berjualan aksesoris kecil di pasar. 

Masa Awal Debut yang Menegangkan

Perjalanan kesana kemari mengikuti banyak audisi dari berbagai agensi, membuat pelantun lagu Celebrity ini jadi lebih kuat. Ia pantang menyerah sampai akhirnya takdir baik membawa ia menggapai impiannya, yaitu menjadi seorang trainee. Saat itu, di tahun 2007 IU akhirnya berhasil diterima di sebuah agensi bernama LOEN Entertainment. Ia pun menjalani trainee selama sepuluh bulan penuh, hingga di tahun berikutnya ia debut menjadi seorang solois.

IU kemudian memulai debutnya di tahun 2008 dengan single berjudul Lost Child, sebuah lagu ballad penuh perasaan yang memamerkan vokalnya yang kuat. Sayangnya, publik tidak bereaksi secara positif kepadanya. IU menyebutkan pernah diragukan penonton, apakah ia benar seorang trainee atau bukan. Selain itu album pertamanya juga gagal. Tiga tahun masa awal debutnya dijalani dengan perasaan sedikit khawatir.

Alih-alih melihat itu dengan perasaan kecewa, pemegang julukan “Nation’s Sweetheart” ini justru bersyukur atas pengalaman itu. “Aku pikir aku telah menaiki tangga sedikit demi sedikit selama bertahun-tahun. Album pertamaku gagal, tapi aku bersyukur untuk itu. Jika aku terlalu cepat sukses setelah debut, aku pikir aku tidak akan menghargai anggota stafku dan popularitas yang aku nikmati sekarang,” ujar IU.

Kemudian di tahun 2010, lewat lagunya yang berjudul Good Day, IU sukses melejit ke puncak popularitas. Lagu yang memamerkan skill bernyanyi tiga oktaf dari IU ini berhasil membuat ia mencuri banyak hati orang-orang di sana. Dari sinilah, IU dapat melunasi hutang keluarga serta mengembalikan kondisi keluarga menjadi lebih baik. Ia pun juga berhasil memperoleh penghargaan Rookie of the Month dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea. Keren yah!

Popularitas yang Kian Menanjak

Single Good Day adalah jalan terang bagi IU menuju karir cemerlangnya. Satu tahun setelah itu, IU mulai mencoba peruntungan di dunia peran lewat serial drama berjudul Dream High yang tayang di tahun 2011. Kamu penggemar drakor pasti tau dia memerankan siapa di drama itu kan? Yak, Kim Pil-suk, seorang murid SMA dengan badan cukup berisi namun punya suara yang indah. Perannya di drama ini, sukses membantu IU meraih predikat seorang aktris. 

Di tahun-tahun berikutnya pun IU dipercaya untuk kembali menjadi female lead utama di beberapa drama, seperti The Producers, Moon Lovers, My Mister, dan yang terakhir adalah Hotel Del Luna. Selain drama, beberapa judul film pernah menjadikan IU sebagai pemerannya. Salah satu yang terbaru dan yang paling ditunggu adalah film berjudul Dream, yang akan melibatkan akting IU dengan aktor terkenal Korea Park Seo-joon. 

Beralih ke dunia musik, hingga kini, IU telah memiliki catatan lima album studio, sembilan album mini, 40 single, dan 39 musik video. Menanjaknya popularitas IU membuat ia sukses untuk selalu membawa pulang penghargaan di setiap nominasi yang ia ikuti. Kesuksesannya ini sampai menjadikan ia punya gelar Digital Monster lho. Hal ini karena setiap lagu yang dirilisnya pasti merajai tangga lagu di layanan streaming musik. 

Baru-baru ini pun, IU mampu meraih prestasi yang mengesankan lewat lagu barunya yaitu Strawberry Moon, yang berhasil meraih Real-time All Kill (RAK), Certified All Kill (CAK), serta mampu menguasai seluruh chart musik Korea. Prestasi ini jadi makin mengesankan karena jam rilis lagu yang tidak biasa sehingga dianggap sulit untuk terjadi.

Kehebatan IU gak cuma sampai disitu aja. Pesona yang dimiliki IU ini memang bisa menggetarkan hati siapapun. Sepertinya udah bukan rahasia lagi kalau IU punya banyak penggemar, bahkan dari kategori idol sekalipun. Bahkan ada yang terang-terangan mengaku sebagai fanboy dan menjadikan IU sebagai tipe idealnya. Beberapa diantaranya seperti, Wonwoo ‘Seventeen’, Jay Park, Suho dan Kai ‘EXO’, Jaehyun ‘NCT’, bahkan Jungkook ‘BTS’ pun mengagumi IU. Bener-bener perempuan idaman juga the real musician and artist ya mba IU!

Itu dia beberapa kisah perjalanan dari our ‘Korean Nation’s Sweetheart’, Lee Ji-eun-ssi. Perjuangannya untuk dapat menggapai mimpi sebagai penyanyi memang bener-bener bisa diteladani nih. Ia gak gampang menyerah terhadap cita-citanya. Meski pernah jatuh ke lubang terdalam sekalipun, tekadnya bulat dan kuat. Gak heran deh kalau karir sekarang manis banget, semanis wajahnya. Keren ih mba IU 🙂

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: