6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan

6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan

Sejak berabad-abad, teh herbal telah menjadi minuman pilihan yang dipercayakan orang sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya itu, teh herbal juga diyakini dapat membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas untuk mengatasi berbagai penyakit. 

Pernyataan di atas, didukung oleh beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa beberapa teh herbal dapat memiliki beberapa efek baik untuk mengatasi stress, kesehatan mental maupun fisik. Sebuah studi tahun 2018 juga menunjukkan bahwa hanya dengan menghirup aroma teh herbal saja dapat membantu menurunkan tingkat stress dan menghasilkan suasana hati yang lebih tenang.

6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan

Umumnya teh herbal diperoleh dari penyeduhan rempah-rempah, bunga, buah, daun, atau akar tumbuhan yang dikeringkan. Beberapa representasi teh herbal yang ramai di pasaran adalah seperti chamomile, butterfly pea, peppermint, jahe, dan masih banyak lagi. Cara penyajiannya pun terbilang mudah, sama seperti teh pada umumnya. Disajikan panas atau dingin, kenikmatan teh herbal tidak pernah bosan untuk dilewatkan dalam situasi apapun.

Di Indonesia sendiri ada banyak tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai teh herbal. Dengan khasiatnya yang baik bagi tubuh, kepopuleran teh herbal pun semakin meningkat terutama di kondisi pandemi seperti sekarang.

Berikut ini 6 jenis teh herbal yang wajib kamu coba untuk mengatasi berbagai masalahmu.

Teh Sereh

6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan
lemongrass tea

Sereh ternyata gak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dalam masakan aja. Mencampurkan sereh ke dalam secangkir teh terbukti punya banyak sekali khasiat bagi kesehatan. 

Teh sereh kaya akan kandungan gizi, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, zinc, selenium, kalsium, mangan, dan beberapa gizi lain yang memberikan khasiat bagi kesehatan. Telah sejak lama sereh dikenal sebagai obat alami untuk mengurangi nyeri, membantu tidur, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Gak cuma terasa nikmat dan bisa menenangkan badan, manfaat lain dari teh sereh adalah dapat membantu mencegah tukak lambung akibat adanya luka pada lapisan dalam lambung. Kemudian dapat meringankan gejala PMS yang seringkali menimbulkan sakit perut atau kram, sebagai obat diuretik alami, membantu mencegah kerusakan gigi, mengurangi risiko kanker, serta dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Ada banyak variasi resep yang bisa kamu coba dari minuman teh sereh ini. Seperti mencampurkannya dengan madu dan jahe, atau mencoba teh sereh dengan perasan jeruk nipis, atau juga menikmati teh sereh murni tanpa pemanis. 

Teh Bunga Telang

6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan
butterfly pea tea

Bunga telang merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Warnanya yang bermacam-macam membuat bunga telang berguna sebagai pewarna alami pada makanan dan minuman. 

Namun, selain untuk mempercantik tampilan dari sebuah hidangan, bunga telang juga telah lama digunakan sebagai obat herbal atau pengobatan tradisional karena diklaim mengandung berbagai nutrisi dan zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya pada tubuh yaitu seperti obat antihistamin yang dapat mencegah dan meringankan reaksi alergi, bersifat anti radang, dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil, juga sebagai obat diare. 

Tidak hanya itu, teh bunga telang diyakini dapat membantu memelihara fungsi dan kesehatan otak dan saraf. Caranya dengan meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Teh Osmanthus 

6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan
osmanthus tea

Pernah tau jenis teh yang satu ini? Ya kita mungkin jarang denger tentang teh ini, tapi nyatanya tumbuhan osmanthus cukup populer di Asia Timur terutama daerah China dengan aroma fruity dan richnya yang menggugah. 

Tanaman osmanthus sendiri hanya tumbuh di Cina daratan, dan telah ratusan tahun dijadikan sebagai bahan baku teh istimewa oleh berbagai dinasti setempat. Teh ini memiliki aroma sangat harum serta cita rasa perpaduan teh hijau dan teh hitam yang pekat namun menyegarkan.

Gak hanya juara karena aromanya yang bikin adem, teh osmanthus juga punya banyak manfaat sehat bagi tubuh. Diantaranya adalah kaya akan antioksidan, membantu menurunkan berat badan, bagus untuk detoks alami tubuh, membantu menenangkan pikiran, mengurangi stress, menstabilkan nafsu makan berlebih, dan membantu menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, teh osmanthus juga baik untuk kesehatan kulit dengan membantu melembabkan kulit dan bikin kulit makin sehat. Oleh karena itu, di beberapa negara di kawasan Asia Timur, khususnya China, osmanthus juga diolah sebagai produk kecantikan seperti bahan dalam skincare hingga parfum

Teh Leci 

6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan
lychee tea

Teh leci sepertinya menjadi salah satu minuman yang seringkali ditemui di tempat makan saji. Rasanya yang memang enak menjadi alasan, minuman ini sering masuk menjadi salah satu pilihan menu di beberapa restoran. 

Selain enak dinikmati, ternyata teh leci memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Teh yang terdiri dari buah leci yang dicampur dengan teh hitam tradisional ini dipercaya memiliki gizi yang baik, dengan kalium yang tinggi juga senyawa polifenol, flavonoid, dan beta-karoten, serta vitamin C dan B-nya.

Manfaat dari teh leci yaitu, seperti kemampuannya untuk meringankan pencernaan, mencegah risiko kanker, membantu penurunan berat badan, dan melindungi dari penyakit jantung. Gak hanya itu, teh leci dipercaya dapat memperkecil risiko diabetes, mengurangi tingkat kolesterol, menjaga berat badan, serta mencegah flu dan pilek

Teh Hijau

6 Pilihan Teh Herbal untuk Jaga Kesehatan
green tea

Kalau teh yang satu ini, pasti udah gak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia dan diyakini dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Bahkan, minuman ini telah menjadi bahan dalam pengobatan Jepang dan China selama berabad-abad lamanya. 

Proses pengolahan teh hijau berlangsung lebih singkat dibandingkan dengan jenis teh lainnya, seperti teh hitam. Hal ini yang menjadikan kandungan nutrisi dan antioksidan dalam teh hijau masih sangat terjaga. Dalam 100 gram teh hijau, terkandung beragam nutrisi, seperti energi, protein, magnesium, kalium, kafein, antioksidan, zat antiradang dan antikanker yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Merupakan alternatif yang baik apabila kamu bosan minum air putih. 

Mengkonsumsi teh hijau secara teratur terbukti punya manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya mencegah penyakit jantung dan stroke, menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, serta dapat menstabilkan tekanan darah. 

Di masa pandemi seperti saat ini, udah jadi kewajiban kita untuk saling menjaga diri sendiri dan orang tersayang agar terhindar dari berbagai penyakit. Keenam jenis teh herbal di atas selain nikmat, juga punya khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi secara teratur, bukan tidak mungkin kalau imun tubuh akan semakin kuat.

Kabar baiknya, Paola menyediakan paket lengkap dari keenam jenis teh herbal di atas lho.

Blooming Tea Hampers, terdiri dari enam kotak varian teh herbal yang masing-masing jenisnya berisikan empat teabag teh. Kemudian terdapat satu kotak madu dan gula yang bisa jadi variasi dalam menikmati teh. Lalu sebuah sendok teh dan satu pasang double wall tea glass sebagai wadah kamu menikmati teh bersama pasangan. Gak lupa juga, tersedia gift card yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan pesan indahmu ke dia yang kamu sayangi. 

Blooming Tea Hampers cocok banget untuk jadi hadiah spesial bagi mereka yang kamu sayangi. Kamu bisa order Blooming Tea Hampers lewat website resmi paola.id, atau kunjungi Tokopedia, Shopee, dan Instagram resmi Paola. Jangan sampai kelewatan!

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: