Cara Menjaga Hubungan Pertemanan agar Langgeng

Cara Menjaga Hubungan Pertemanan supaya Langgeng

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Seberapa tinggi tingkat kemandirian yang seseorang punya, siapapun tentu tetap butuh menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain. Gak cuma sampai disitu, mereka juga perlu untuk menjaga hubungan pertemanan supaya langgeng dan tahan lama.

Cara Menjaga Hubungan Pertemanan agar Langgeng
unsplash.com/@felixrstg

Ada berapa orang teman yang kamu punya dalam hidupmu? Satu dua atau banyak sampai gak kehitung? Berapapun jumlahnya, penting bagi kamu untuk punya hubungan yang baik dengan mereka. Terlebih teman dekat yang punya frekuensi, kesukaan, hobi atau hal lain yang sama dengan kamu. Bahasa gampangnya sih, sahabat.

Punya sahabat baik bisa dibilang adalah salah satu anugerah terbaik dalam kehidupan. Banyak manfaat dari memiliki sahabat, baik untuk diri sendiri, mental, hingga kebiasaan hidup. Mereka bisa bikin suasana hati jadi lebih baik, penolong disaat kamu butuh bantuan atau sekedar teman ngobrol, dan beberapa manfaat lain yang bikin kehidupan jadi terasa bahagia. Gak perlu banyak, satu orang tapi bisa bikin kamu nyaman dan merasa happy aja udah bisa bikin hati senang banget.

Cara Menjaga Hubungan Pertemanan agar Langgeng
unsplash.com/@courtneymcook

Tapi yang namanya sahabat, ia tetaplah orang asing dengan sifat dan karakter yang belum tentu sama dengan kamu. Karena perbedaan itu, mesti beberapa kali ada hal yang gak sejalan terjadi di antara kalian. Perbedaan itu normal. Menghargai satu sama lain jadi kunci agar hubungan persahabatan dapat berjalan langgeng.

Lalu kira-kira, bagaimana ya cara menjaga persahabatan agar panjang umur dan berjalan dengan baik. Tim Paola sudah merangkum caranya nih untuk kamu.

1. Memilih Teman

Bukan bermaksud mengajarkan sifat jelek, memilih teman yang baik adalah kewajiban bagi setiap orang. Teman yang baik akan berdampak baik juga untuk dirimu dan perjalanan hidupmu nantinya. Jika kamu salah memilih teman dalam, bisa-bisa kamu ikutan masuk ke jalan yang salah. Bersikap baiklah pada semua orang, namun hanya pilih orang tertentu yang bisa ikut terlibat dalam kehidupanmu.

2. Perlakukan Teman dengan Baik

Kamu pasti pernah dengar pepatah yang bunyinya, “Perlakukanlah seseorang, sebagaimana kamu ingin diperlakukan.” Hal yang pertama ini adalah salah satu poin penting agar hubungan pertemanan berjalan baik dan tahan lama. Jangan pernah bertindak semena-mena terhadap siapapun, seperti memandang rendah seseorang. Perlakukanlah siapapun secara setara dan adil.

3. Tidak Ada Manusia yang Sempurna

Pahamilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kekurangan, juga kebiasaan yang mungkin bisa membuat beberapa orang kurang nyaman. Memahami kekurangan satu sama lain dan mencoba menerimanya sebagai bagian dari diri adalah kunci persahabatan yang baik. 

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Gak ada manusia yang hidupnya berjalan mulus-mulus aja. Pasti ada satu waktu di mana seseorang punya masalah yang mungkin berat tapi jarang diungkapkan. Teman dekat biasanya bisa tau kalau temannya sedang ada masalah, hanya dengan lihat ia nampak berbeda dari biasanya. Kamu bisa ajak mereka ngobrol dan jadi pendengar yang baik. Temanmu pasti akan merasa lega jika keluhannya didengarkan oleh orang terdekatnya.

5. Luangkan Waktu Satu Sama Lain

Meski mungkin diantara kalian punya jadwal yang padat atau sibuk, tetap tunjukkan bahwa kalian memang saling peduli dan ingat terhadap satu sama lain. Jadwalkan waktu bertemu, tidak perlu rutin, dan pastikan tepati janji bertemu itu. Jika memang gak memungkinkan untuk bertemu, kalian bisa kok berhubungan secara virtual. Yang terpenting, buat sahabatmu merasa ia adalah orang yang penting di hidupmu. 

6. Tunjukkan Dukungan & Kepedulian

Selain membuat sahabat merasa kalau diri mereka penting, pastikan juga untuk menunjukkan rasa sayangmu kepada mereka dengan tindakan tertentu. Tindakan tertentu ini untuk menunjukkan bahwa kamu memang peduli pada mereka. Seperti pujian atau kata-kata penyemangat. Yakin deh, sahabatmu pasti senang kalau mereka dipuji olehmu.

7. Hilangkan Rasa Iri

Terkadang, manusia itu suka gak terima kalau ada orang yang lebih jago dibanding dirinya. Alih-alih berusaha keras agar bisa sama-sama sukses, yang ada malah cuma bisa ngedumel dan yah gitu deh. Nah kamu harus hindari nih sifat yang satu ini. Apalagi iri sama sahabat sendiri. Setiap manusia itu unik. Kalau sahabatmu dapat pencapaian membanggakan, kamu juga harus turut merasa bahagia karenanya. Positif yuk.

8. Dapat Dipercaya

Sebuah hubungan tidak akan bertahan lama tanpa pondasi berupa kejujuran yang kuat. Untuk itu kamu harus bisa menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya oleh sahabatmu. Jika sahabatmu yakin untuk mau berbagi cerita dan rahasia dalam hidupnya kepada kamu. Maka kamu juga harus yakin bisa menyimpannya hanya untuk diri sendiri saja. Sebuah rahasia haruslah tetap jadi rahasia sampai kapanpun ya. 

9. Akui Kesalahan dan Minta Maaf

Dalam pertemanan, gak selamanya keadaan berjalan baik sesuai harapan. Terkadang akan ada waktu di mana salah satu dari kalian bikin ulah, dan berdampak pada panasnya hubungan. Gak apa, berantem-berantem kecil itu wajar. Siapapun yang salah, kalian cuma perlu minta maaf dengan tulus dan belajar mengakui kesalahan. Jangan sampai diam saja dan menganggap semua akan selesai jika dibiarkan. Menerima kesalahan dan tulus meminta maaf adalah bagian dari pendewasaan lho. 

Menjaga hubungan pertemanan itu memang tidak semudah kita memperkenalkan diri di awal pertemuan. Sifat dan karakter yang berbeda, menjadikan manusia harus bisa melatih diri menerima segala perbedaan di lingkungan sosial. Tentu dengan tujuan agar hubungan pertemanan berjalan hangat dan langgeng. Love you sahabat!

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: