Kelebihan Mie Shirataki dibanding Mie Biasa

Siapa yang gak suka mie. Dari usia muda hingga tua, mie adalah salah satu makanan yang godaannya paling sukar untuk ditolak. Proses masaknya yang mudah, instan, dan praktis menjadikan mie pilihan yang pas untuk mengisi perut secara cepat. Tapi apa kamu pernah cobain mie shirataki?

Kebanyakan dari kita terbiasa mengkonsumsi mie instan yang komposisi utamanya adalah tepung terigu. Namun saat ini, ada inovasi baru dari mie yang tengah menjadi bahan perbincangan di dunia kuliner khususnya bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan atau diet. Mie itu adalah mie shirataki.

Kelebihan Mie Shirataki dibanding Mie Biasa
ketodietapp

Apa Itu Mie Shirataki?

Mie shirataki adalah mie panjang berwarna putih bening yang hampir mirip seperti bihun atau kwetiau di Indonesia. Mie shirataki sendiri terbuat dari air dan pati akar tanaman konjac yang umum tumbuh di Jepang, China, dan beberapa negara di Asia Tenggara. Sedikit informasi, tanaman konjac merupakan tanaman sejenis umbi-umbian dimana di dalamnya terkandung sejenis serat bernama glukomanan. 

Glukomanan sendiri merupakan serat yang sangat kental, sejenis serat larut yang dapat menyerap air hingga membentuk gel. Glukomanan dapat menyerap hingga 50 kali berat air. Hal inilah yang membuat mie shirataki sangat rendah kalori dan karbohidrat, karena seratnya justru menjadi tambahan energi bagi tubuh.

Mie shirataki mengandung banyak sekali air. Hampir 97% dari kandungan mie shirataki adalah air dan sekitar 3% adalah serat glukomanan. Terkadang, para produsen juga menambahkan sedikit air jeruk nipis ke dalam adonan mie. Jeruk nipis bertujuan untuk membantu mie tetap pada bentuk yang sempurna. Selain diolah menjadi mie, akar tanaman ini juga kerap dibuat menjadi tahu, makanan ringan, makanan pengganti nasi, hingga obat-obatan tradisional. 

Kelebihan Mie Shirataki dibanding Mie Biasa
webconsultas

Kelebihan Mie Shirataki

Kita sudah sedikit tau kandungan apa yang terdapat dalam adonan mie shirataki. Lalu apa aja manfaat dari mengkonsumsi mie shirataki ini bagi tubuh? 

Tinggi Serat

Mie shirataki seringkali disebut sebagai mie konjac atau mie unik. Hal ini karena mie shirataki mengandung pati yaitu glukomanan yang dalam sistem pencernaan, glukomanan bertindak seperti serat makanan. Seperti wujud serat lainnya, mie ini bergerak melalui sistem pencernaan dengan sangat lambat, yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dan menunda penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah. 

Selain itu, serat dalam mie shirataki dapat berfungsi sebagai prebiotik yang berguna memelihara bakteri baik yang hidup di usus besar. Bakteri baik pada usus berperan penting dalam proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Bakteri ini juga dapat mempengaruhi aspek kesehatan lainnya, seperti suasana hati dan berat badan. 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Mie shirataki disebut mampu menjadi alat menurunkan berat badan yang ampuh. Serat glukomanan yang terkandung dalam mie shirataki benar-benar dapat membantu menunda pengosongan perut yang bisa menimbulkan rasa lapar. Kamu jadi merasa kenyang lebih lama dan akhirnya makan dalam jumlah yang lebih sedikit. 

Gak hanya itu, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi serat glukomanan selama 4-8 minggu dapat membantu menurunkan kadar hormon lapar di dalam tubuh yaitu ghrelin. Dengan menurunnya hormon ini, alhasil tubuh lebih bisa menahan diri untuk makan. Tambahan lainnya, berat badan pun terbukti bisa turun sebanyak 1,4-2,5 kg.

Penelitian ini menggunakan 2-4 gram glukomanan yang dikemas dalam wujud tablet atau suplemen. Meski tidak ada penelitian khusus tentang mie shirataki, kemungkinan efek yang dikandung dalam mie bening ini akan sama. 

Aman Bagi Penderita Diabetes

Mie shirataki memiliki indeks glikemik rendah yang berarti tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah memakannya. Serat glukomanan yang ada di dalam mie shirataki juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin. Makanan ini pun boleh dikonsumsi oleh mereka penderita prediabetes, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2 yang mungkin perlu untuk membatasi asupan karbohidrat mereka. 

Hal ini bisa terjadi karena serat glukomanan dapat menunda pengosongan perut sehingga gula darah dan kadar insulin yang masuk ke aliran darah akan meningkat dengan lambat, sedikit demi sedikit. Selain itu, ditemukan dalam penelitian bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi serat glukomanan selama 3 minggu mengalami penurunan fruktosamin atau indikator gula darah yang signifikan

Menurunkan Kolesterol

Serat pada dasarnya memiliki efek menurunkan jumlah kolesterol yang ada dalam aliran darah. Termasuk serat glukomanan yang ada dalam mie shirataki.

Serat glukomanan dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mendorong hati untuk melepaskan empedu yang mengandung kolesterol, yang dikeluarkan oleh tubuh melalui proses buang air besar. Kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah pun menjadi lebih sedikit dan tidak berlebihan. Studi menemukan bahwa mengkonsumsi 3 gram serat glukomanan setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL “jahat” hingga 10%.

Meringankan Sembelit

Beberapa orang punya masalah dalam buang air besar yang jarang bahkan hingga sulit untuk dikeluarkan. Namun kandungan dalam mie shirataki bisa menjadi solusinya. Dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi, glukomanan dalam mie shirataki bisa membantu usus bekerja lebih baik. 

Glukomanan punya efek merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus. Pertumbuhan baik ini dapat menghasilkan lebih banyak aktivitas bakteri baik di usus. Pergerakan usus pun jadi semakin lancar sampai ke pembuangan feses. Bahkan, pemberian serat glukomanan diketahui dapat membantu mengatasi sembelit parah pada anak.

Merangsang Pergerakan Usus yang Teratur

Sama seperti sumber serat lainnya, mie shirataki dapat membantu pencernaan dan melancarkan buang air besar secara teratur. Solusi bagi orang yang kerap mengalami sembelit atau yang ingin meningkatkan asupan serat untuk memperbaiki pencernaan secara umum. 

Pengganti Makanan yang Sehat

Mie shirataki seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang sedang fokus menjalani pola hidup sehat atau program diet. Selain itu, beberapa beranggapan mie shirataki berguna dan bermanfaat bagi kesehatan terutama mereka yang memiliki alergi makanan, intoleransi makanan, atau kondisi pencernaan lainnya. Hal ini tentu berkaitan dengan komposisi yang dikandung oleh mie shirataki. Kandungan tersebut diantaranya tidak mengandung gandum, perekat, dan telur. 

Itu dia kelebihan dari mie bening yang akhir-akhir ini lagi populer. Mie shirataki dapat rutin kamu konsumsi. Namun, di samping itu kamu juga perlu untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi lainnya terutama sumber protein. Rutin berolahraga, perbanyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan berbagai kebiasaan sehat lainnya bisa membantu menopang kebutuhan hidup sehat kamu. 

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: