Mindful Eating untuk Hidup yang Lebih Baik

Siapa sih yang gak senang makan. Ketika dihadapkan dengan makanan, banyak dari kamu pasti langsung gercep alias gerak cepat buat deketinnya. Ya, wajar lah. Namanya juga manusia. Kalau kata pepatah sih, gak makan gak hidup, hihi.

Tapi makan gak selamanya menyenangkan nih. Beberapa dari kamu pasti pernah ngerasain lapar yang gak habis-habis. Porsi udah banyak tapi tetap lapar. Atau menu makanan udah nikmat dan enak banget, tapi pas disantap kok biasa aja ya. Hmm, kira-kira apa yang salah sih?

Tenang-tenang, gak ada yang salah. Kamu mungkin belum kenal aja sama konsep Mindful eating. Konsep menaruh perhatian khusus pada waktu makanmu, agar proses makan terasa lebih nikmat dan kamu pun jadi lebih kenal diri sendiri. Kenal lebih dalam yuk sama Mindful eating.

Apa itu Mindful Eating?

Mindful Eating untuk Hidup yang Lebih Baik
unsplash.com/@bradyn

Mindful eating adalah konsep menaruh perhatian penuh terhadap waktu di saat kita makan, seperti memperhatikan porsi, emosi, isyarat fisik, dan sebagainya. Mindful eating juga bisa disebut sebagai teknik yang membantu kamu dalam mengendalikan kebiasaan makan. 

Seperti tujuan dasar mindfulness yaitu meditasi, tujuan dari konsep ini adalah untuk mengenali diri sendiri serta meresapi kenikmatan rasa dan pengalaman dalam makanan tersebut. Gak hanya itu, mindful eating dapat digunakan untuk mengobati banyak kondisi, seperti gangguan makan, depresi, kecemasan, dan berbagai perilaku terkait kebiasaan makan. 

Pada dasarnya, mindful eating melibatkan beberapa hal:

  • Makan secara perlahan, tidak terburu-buru saat mengunyah makanan 
  • Makan tanpa gangguan, tidak melakukan aktivitas lain saat makan 
  • Makan hanya saat kamu benar-benar lapar dan berhenti makan saat tubuh merasa cukup. Kamu harus sadar akan isyarat fisik yang diberikan oleh tubuh
  • Membedakan antara rasa lapar yang sebenarnya dengan rasa lapar yang tidak dapat memicu makan 
  • Libatkan indera kamu saat makan, seperti memperhatikan warna, aroma, tekstur, suara, dan rasa saat makan
  • Belajar mengatasi rasa bersalah dan kecemasan karena makanan
  • Makan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh
  • Memperhatikan efek makanan terhadap perasaan dan diri kamu
  • Menghargai makanan yang kamu makan

Mengapa Harus Mulai Mindful Eating?

Mindful Eating untuk Hidup yang Lebih Baik
unsplash.com/@alexhaney

Di tengah kehidupan yang modern, manusia dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan dengan cepat dan tidak jarang mesti dilakukan di waktu yang bersamaan juga. Selain itu, banyaknya gangguan yang bisa mengalihkan perhatian, seperti gadget, membuat kita jadi sering melupakan kenikmatan berproses yang sedang terjadi saat waktu makan.

Konsep mindful eating sebenarnya didasarkan pada kebiasaan makan cepat yang saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang. Makan cepat ini merupakan tindakan ceroboh, di mana hal ini bisa membuat sinyal kenyang tidak akan datang sampai kamu sadar sudah makan terlalu banyak. Ini adalah masalah, karena otak perlu waktu hingga sekitar 20 menit untuk bisa menyadari bahwa kamu sebenarnya sudah kenyang. 

Mindful Eating untuk Hidup yang Lebih Baik
unsplash.com/@louishansel

Dengan mindful eating, kamu bisa memulihkan perhatian dan menikmati proses makan yang sedang kamu lakukan. Menyadari bahwa kegiatan makan adalah bagian dari kegiatan hidup sehari-hari, bukan selingan. Kamu juga bisa meningkatkan pengenalan akan rasa lapar fisik dan isyarat kenyang. Gak hanya itu, kamu pun jadi tau tanda lapar seperti apa yang gak harus diselesaikan dengan makanan.

Manfaat lainnya adalah mindful eating terbukti dapat menurunkan berat badan juga membantu pasien dalam penerapan diet penyakit tertentu. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa makan lebih lambat membuat otak merespon kenyang dalam waktu yang benar. 

Bagaimana Cara Menerapkan Mindful Eating?

Mindful Eating untuk Hidup yang Lebih Baik
unsplash.com/@icons8

Setelah kamu membaca dan sudah mempertimbangkan untuk memulai, kamu bisa menerapkannya secara bertahap. Fokus dan melakukan makan dengan kesadaran penuh adalah kunci dalam menerapkan mindful eating. 

Ini tips yang bisa kamu ikuti untuk memulai melakukan mindful eating:

  • Sebelum mengambil makanan, sebaiknya kamu tanyakan pada diri sendiri apakah saat ini benar-benar merasa lapar? Juga apakah makanan yang akan dimakan itu baik dan sehat?
  • Makan dengan perlahan dan tidak terburu-buru
  • Kunyah setiap bagian dari makanan, sampai benar-benar lembut baru ditelan
  • Jauhkan gangguan saat makan, seperti main handphone, menonton tv atau film, ataupun sambil bekerja. Usahakan untuk selalu makan di meja makan untuk menghindari gangguan
  • Tidak makan sambil berbicara
  • Fokus pada makanan dan bagaimana makanan membuat kamu kenyang
  • Berhenti makan saat kamu sudah merasa kenyang

Kamu dapat mulai melakukan mindful eating dengan menerapkan satu tips di atas secara bertahap. Satu kali sehari saat kamu makan. Jika sudah berhasil, kamu bisa tingkatkan lagi menjadi dua hingga semua tips terlaksana. Konsisten adalah kunci. Semoga hal baik ini bisa jadi kebiasaan kamu ya. Semangat hidup sehat!!

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: