Rekomendasi Teh untuk Rileks hingga atasi Insomnia

Ada banyak sekali jenis teh yang tersedia di Indonesia bahkan di dunia. Sama seperti jenisnya, manfaat dari secangkir teh pun juga sangat bermacam-macam. Bisa menenangkan, menyembuhkan, memberi energi, dan masih banyak lagi! Dengan begitu banyak manfaat yang dikandung, teh memang pilihan terbaik dan lebih sehat untuk mengatasi banyak masalah dibandingkan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi kurang baik atau juga minum-minuman beralkohol yang memabukkan.

Beraneka jenis teh dengan kandungan nutrisi yang berbeda-beda tersebut, bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan kebutuhan mu. Butuh teh untuk mengatasi rasa mual? Atau untuk menghilangkan pengar? Yuk cari tahu di bawah!

1. Merasa Mual? Coba Teh Peppermint Yuk

Rekomendasi Teh untuk Relax hingga atasi Insomnia
medicalnewstoday

Rasa mual memang bikin tubuh jadi gak nyaman. Kita jadi gelisah dan khawatir kalau tiba-tiba isi lambung mendadak pengen keluar. Akan terasa mudah kalau berada di rumah dan beristirahat di kasur yang nyaman. Namun akan jadi lebih sulit jika kita lagi di tempat umum yang jauh dari toilet atau gak ada persiapan penampungan sama sekali. 

Selain kamu bisa berbaring atau mengusap perut dengan minyak hangat, minum teh peppermint bisa juga jadi pilihan lho. Teh peppermint berasal dari daun peppermint yang merupakan ramuan aromatik hasil dari persilangan antara watermint dan spearmint. Daun peppermint diketahui mengandung minyak yang disebut mentol. Mentol dikenal memiliki sifat atau rasa dingin yang diyakini dapat membantu meredakan mual hampir dalam waktu seketika. 

Gak hanya meredakan mual dan masalah perut, teh peppermint bermanfaat juga dalam menghilangkan stres, membantu proses tidur, membantu menurunkan berat badan, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta dapat membersihkan kuman penyebab bau mulut.

2. Habis Jam Makan Siang malah Loyo? Tahan dengan Teh Hitam 

Rekomendasi Teh untuk Relax hingga atasi Insomnia
teafloor

Masalah yang sering terjadi di waktu kerja adalah rasa ngantuk yang menyerang selepas jam istirahat makan siang. Orang-orang biasanya akan langsung ke pantry dan menyeduh secangkir kopi sebagai penahan. Tapi kalau kamu lagi dalam kondisi gak minum kopi, teh hitam adalah alternatif terbaik selain minuman berkarbonasi manis. Sebagai salah satu teh yang jumlah kafeinnya paling banyak, teh hitam jadi minuman yang sempurna dan cukup untuk memberi tubuh dorongan energi. Bisa lah sedikit bertahan sampai jam pulang nanti.

Gak hanya bisa membantu menahan rasa ngantuk, teh hitam juga punya beberapa manfaat yang bagus untuk tubuh. Diantaranya, bersifat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, menurunkan kolesterol LDL ‘jahat’, meningkatkan kesehatan usus, menurunkan tekanan dan kadar gula darah, mengurangi resiko kanker, menjaga kesehatan otak, mulut, dan tulang, penghilang stres, serta membantu dalam peningkatan fokus dan energi. 

Meski mengandung kafein lebih banyak dibanding teh lainnya, perlu diketahui bahwa kafein dalam teh hitam tetap berjumlah lebih rendah dari secangkir kopi. Jadi, kamu gak perlu khawatir.

3. Insomnia Melanda? Teh Chamomile Solusinya

Rekomendasi Teh untuk Relax hingga atasi Insomnia
smartsexypaleo

Setelah beraktivitas seharian penuh, penting bagi tubuh untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Kalau tidak, tentunya kamu gak akan bisa tampil maksimal di pagi hari dan jadi mudah jatuh sakit.

Sayangnya, gak semua orang bisa langsung tidur ketika mereka merasa lelah. Mereka yang mengidap insomnia, seringkali sulit untuk bisa tidur tepat waktu dan sudah bisa dipastikan tak punya cukup waktu tidur yang dibutuhkan tubuh. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia. Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan minum teh chamomile. Chamomile merupakan herba yang telah banyak digunakan dan dimanfaatkan selama berabad-abad. Kandungan flavonoid, coumarin, polyacetylenes, dan sesquiterpenes yang ada di dalamnya merupakan senyawa-senyawa yang berfungsi setara obat. Sedikit kafein dan kaya antioksidan dalam teh chamomile dapat membantu mengikat reseptor di otak yang mendorong kantuk dan mengurangi insomnia.

4. Teh Lavender untuk Menenangkan Saraf

Rekomendasi Teh untuk Relax hingga atasi Insomnia
teabreakfast

Bunga lavender atau Lavandula angustifolia adalah salah satu tanaman paling wangi di dunia. Gak heran kalau tanaman yang satu ini seringkali digunakan dalam pembuatan sabun dan produk yang butuh wewangian cantik nan menenangkan lainnya. 

Saking populernya, olahan lavender juga mulai merambah menjadi minuman teh yang bisa menenangkan pikiran setelah seharian beraktivitas. Terbuat dari kuncup lavender kering, teh lavender adalah alternatif alami yang efektif untuk menenangkan saraf. Nilainya pun lebih baik dan aman dibandingkan dengan obat yang dijual bebas. 

Gak hanya aromanya aja yang bermanfaat, khasiat dari teh lavender pun udah terbukti secara ilmiah. Diantaranya, membantu memperbaiki mood, meningkatkan kualitas tidur, meredakan nyeri haid, dan juga menjaga kesehatan kulit. 

5. Tingkatkan Konsentrasi dengan Teh Hijau

Rekomendasi Teh untuk Relax hingga atasi Insomnia
newtimes

Mesti ngejar deadline tapi fokus dan perhatian malah aur-auran? Waduh, bahaya ini. Daripada kena marah atasan, mendingan kamu seduh teh hijau sekarang. 

Kenapa mesti teh hijau? Karena teh ini mampu membantu kamu mengembalikan dan meningkatkan fokus yang sempat hilang. Kandungan L-theanine serta kafein yang bekerja sinergis, diyakini mampu menghasilkan efek yang merangsang, memberi energi, dan meningkatkan kinerja otak.

Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis yang memiliki proses pengolahan yang lebih singkat, jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Gak heran kalau kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga. 

Minuman yang sejak lama digunakan dalam pengobatan Jepang dan Cina ini disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia lho. Diyakini juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Selain membantu meningkatkan fokus, teh yang kaya akan antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan stroke, menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, menstabilkan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

1 Comment

  1. Mindful Eating untuk Hidup yang Lebih Baik | Paola Blog

    […] aja sama konsep Mindful eating. Konsep menaruh perhatian khusus pada waktu makanmu, agar proses makan terasa lebih nikmat dan kamu pun jadi lebih kenal diri sendiri. Kenal lebih dalam yuk sama Mindful […]

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: