Kerja Duduk Seharian? Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Pekerjaan di kota-kota besar kini kebanyakan menuntut pekerjanya untuk duduk seharian menatap layar komputer. Terlebih lagi jika pekerjaan tersebut tidak membutuhkan bertemu orang luar. Siap-siap saja harus berada dalam ruangan yang sama dengan kegiatan yang sama pula selama berjam-jam ke depan. 

Kebiasaan duduk lama dengan tidak banyak bergerak punya dampak yang sangat kurang baik untuk tubuh. Gaya hidup ini dapat memengaruhi tubuh dalam banyak hal, seperti otot kaki yang melemah, penambahan berat badan, hingga bahkan risiko tinggi terkena penyakit kronis.

Dikutip dari artikel Eat This, Not That!, duduk sepanjang hari dapat menyebabkan beberapa kebiasaan makan yang tidak sehat yang meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Terlebih lagi ada banyak penyakit yang mengintai tubuh lewat kebiasaan ini.

Berikut ini adalah kebiasaan yang perlu dihindari jika kamu bekerja duduk sambil menatap layar komputer dalam waktu lama.

Melewatkan Makan

Kerja Duduk Seharian?Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Seringkali kita menemukan orang yang terus-menerus bekerja, sampai-sampai rela melewatkan waktu makan siang hanya agar pekerjaannya selesai dan terpenuhi. Kelihatannya biasa aja ya. Tapi hal ini benar-benar nggak baik lho untuk kesehatan. 

Menurut Cheryl Mussatto, ahli diet klinis dan penulis buku The Nourished Brain, kebiasaan sepele ini hanya akan bikin tubuh menginginkan asupan berlebih di malam hari. Keinginan makan secara berlebihan ini akan menyebabkan berat badan naik dan mengarah ke kegemukan. Ia mengungkapkan, hal benar yang bisa dilakukan adalah dengan merencanakan jadwal makan, termasuk untuk makanan ringan. Selain itu, buat jadwal di akhir pekan untuk memilih beberapa resep sehat bagi untuk dikonsumsi tubuh. Banyak makan buah dan sayuran, daging tanpa lemak, dan biji-bijian juga bisa mulai dilakukan sebagai pilihan makanan bergizi yang mudah.

Minum Minuman Manis sebagai Penambah Energi Instan

Kerja Duduk Seharian?Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Minuman berenergi memang sering diandalkan dikala rasa kantuk menyerang. Namun, menurut Mussatto, terlalu banyak mengonsumsi cairan ini dapat berdampak pada kenaikan berat badan. Lebih parah lagi, meningkatnya berat badan juga diiringi dengan peningkatan risiko penyakit kronis yang membahayakan tubuh. 

Daripada minum minuman seperti ini, lebih baik siapkan sebotol air mineral di meja kerja dan minum itu jika mengantuk. Atau kamu juga bisa mencoba teh herbal agar dapat kembali segar dengan cepat. Minum air mineral atau teh herbal tanpa pemanis akan membuat tubuh merasa lebih kenyang dan terhindar dari godaan ngemil yang kurang sehat.

Menyimpan Permen atau ‘Healthy’ Bar di Laci Meja

Kerja Duduk Seharian?Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Siapa yang sengaja nyimpen beberapa permen dan cemilan kecil di laci meja kerja? Kebiasaan ini nyatanya kurang baik untuk kesehatan lho. Kelebihan gula, lemak, dan zat lain yang nggak sehat bagi tubuh, tentunya bukan hal yang seharusnya kamu pertahankan untuk sebagai kebiasaan. Mussatto menyarankan untuk mengganti makan-makanan kurang sehat itu dengan kacang, buah-buahan kering, atau trail mix. 

Semua ide camilan ini merupakan sumber serat, sumber protein, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Selain sehat dan aman bagi tubuh harganya pun terjangkau.

Jajan Sembarangan

Kerja Duduk Seharian?Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Menurut Amy Goodson, seorang ahli diet dan konsultan kesehatan, duduk sepanjang hari seringkali menyebabkan tubuh menginginkan makan apapun tanpa berpikir jernih. Akibatnya keinginan untuk jajan sembarangan pun tidak tertahankan. Di ujung hari, kamu pun telat menyadari bahwa kamu telah mengonsumsi ratusan kalori. Nyesel deh!

Solusi yang dapat Amy sarankan, agar terhindar dari jajan sembarangan adalah dengan mengatur pilihan snack atau camilan yang akan kamu dikonsumsi. Tentunya camilan yang kaya nutrisi yang mengandung serat dan protein. 

Makan saat Stress

Kerja Duduk Seharian?Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Emosi atau stress ternyata dapat memicu rasa lapar yang hebat. Parahnya nafsu makan yang muncul pun malah berlebihan. Rachel Paul, seorang ahli nutrisi, merekomendasikan untuk siap siaga saat stress dan keinginan makan muncul setelahnya. Kamu juga bisa mengatur beberapa pilihan snack atau camilan yang baik bagi kesehatan. Nggak perlu stress lagi pas ngemil.

Bekerja di Dapur

Kerja Duduk Seharian?Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Bekerja di tempat yang dekat dengan dapur merupakan godaan bagi banyak orang. Keinginan untuk selalu mampir dan mencicipi sesuatu jadi lebih tinggi dan mungkin bisa menghambat pekerjaan. Shannon Henry, seorang ahli diet terdaftar, menyarankan untuk mengatur tempat kerja dan dapur secara berjauhan. Dengan begitu, keinginan untuk pergi ke dapur dan meracik sesuatu pun bisa sedikit berkurang. 

Makan Sambil Kerja

Kerja Duduk Seharian?Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Kerja sambil ngemil-ngemil kecil sih rasanya nikmat ya. Tapi kamu perlu tau, bahwa orang yang makan sambil duduk di meja dan bekerja bisa makan hingga 50% lebih banyak dibanding biasanya. Hal ini tentu terjadi secara tidak sadar. Ujung-ujungnya cuma bisa pasrah dan ketagihan deh. 

Seorang ahli medis, ahli nutrisi dan juga penulis buku, Lisa Young, memberi saran untuk mereka yang sering nggak sadar udah ngemil banyak, untuk bangun dan istirahat sebentar, bisa diam ataupun berjalan-jalan kecil. 

Kurang Minum Air Mineral

Kerja Duduk Seharian?Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Di tengah melakukan pekerjaan, wajar sekali kalau kita merasakan haus yang amat sangat. Namun beberapa orang akan terbagi menjadi dua dalam mengatasi rasa haus mereka. Ada yang haus lalu minum air mineral, ada juga yang mengatasi hausnya dengan mencicipi minuman-minuman berperisa dengan warna yang beragam. Ini dia yang jadi masalah.

Seperti penjelasan di poin kedua, minuman manis justru sama sekali tidak membantu dalam meredakan haus yang muncul. Air mineral adalah pilihan yang sangat baik untuk mengatasi hal ini. Selain itu, air mineral juga punya efek mengenyangkan, berbeda dengan minuman manis yang justru bikin tubuh merasa selalu lapar. Jika memang tetap ingin minum minuman berperisa, kamu bisa membuat minuman dari campuran air putih dan buah-buahan yang direndam selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman di kulkas. Minuman ini dikenal sebagai infused water.

Memilih Makanan Tinggi Kalori

Kerja Duduk Seharian?Hindari Kebiasaan Makan Ini!

Duduk menatap layar komputer dalam waktu yang lama aja udah menjadi sebuah masalah bagi tubuh. Akan lebih parah jika kamu menyelingi kegiatan itu dengan ngemil makanan tinggi kalori. 

Makanan tinggi kalori adalah jenis makanan yang harus kamu batasi konsumsinya, karena jumlah nutrisi yang dikandung lebih sedikit dibandingkan kalori yang ada, biasanya seperti karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan, seperti yang ditemukan dalam kue dan makanan ringan, ternyata punya efek nggak sehat bagi tubuh. Dampaknya adalah bahaya bagi kesehatan usus. Contoh makanan tinggi kalori diantaranya adalah kacang-kacangan, dark chocolate, keju, popcorn, dll.

1 Comment

  1. Rekomendasi Teh untuk Relax hingga atasi Insomnia | Paola Blog

    […] yang sering terjadi di waktu kerja adalah rasa ngantuk yang menyerang selepas jam istirahat makan siang. Orang-orang biasanya akan […]

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: