Kapan Jam Terbaik Minum Kopi?

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Minuman ini mengandung stimulan yang sangat populer dan disenangi banyak orang yaitu kafein. 

Di Indonesia sendiri, kopi mulai banyak diminati oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan, menyukai kopi setelah bermunculan banyak aneka sajian kopi dari kedai kopi kekinian yang rasanya nggak cuma pahit saja. 

Umumnya orang-orang mulai menyeduh kopi mereka di waktu pagi sebelum melakukan rutinitas harian. Efek kafein dalam kopi disebut dapat meningkatkan konsentrasi dalam melakukan kegiatan di sepanjang hari nanti. Karena itulah kopi identik dengan suasana pagi hari. 

Meskipun mayoritas orang berkata demikian, dari sisi medis, ternyata minum kopi terlalu pagi dirasa kurang baik loh bagi kesehatan. Terdapat jam-jam tertentu dalam meminum kopi yang dapat memberikan manfaat besar serta meminimalkan efek buruk dari kopi bagi tubuh. 

Kapan Jam Terbaik Minum Kopi?
https://unsplash.com/@naipo_de

Kortisol dan Kopi

Kopi bisa disebut sebagai minuman berenergi. Hal ini karena kebanyakan orang merasa, belum pas rasanya memulai aktivitas sebelum menyeruput secangkir kopi. 

Sayangnya, minum kopi di pagi hari terlebih saat matahari baru saja naik justru kurang disarankan lho. Alasannya yaitu kondisi hormon kortisol yang sedang berada pada puncaknya di pagi hari. 

Kortisol adalah hormon adrenalin yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Hormon ini berfungsi untuk mengatur emosi, sistem kekebalan tubuh, juga tekanan darah. Selain itu, kortisol berfungsi mengubah energi menjadi gula yang dapat menjadi cadangan bahan bakar bagi tubuh.

Tingkatan hormon kortisol memiliki ritme khusus, di mana kortisol akan mencapai puncak dalam waktu 30-45 menit setelah bangun tidur lalu menurun seiring berjalannya hari hingga akhirnya tidur kembali di waktu malam. 

Kafein yang bertemu dengan hormon kortisol saat kadarnya memuncak dapat menaikkan hormon tersebut lebih tinggi lagi. Peningkatan kortisol yang berlangsung lama dan rutin disebabkan oleh kafein dapat berakibat pada kerusakan sistem kekebalan tubuh serta muncul masalah kesehatan lainnya.

Sayangnya belum ada penelitian lebih lanjut dari masalah kesehatan yang terjadi akibat kenaikan hormon kortisol dari kafein ini.

Kapan Jam Terbaik Minum Kopi?
https://unsplash.com/@hieudoquang

Pertengahan Hari

Jika terhitung waktu bangun tidur setiap orang adalah pukul 06.30 pagi. Maka waktu yang tepat untuk menyeruput kopi adalah pada jam 09.30 hingga 11.30 siang. Di jam inilah hormon kortisol kadarnya sedang menurun dan kafein akan bekerja maksimal untuk membangkitkan rasa “awas” yang sudah mulai kendor.Tubuh pun akan merasa lebih berenergi, bertenaga, dan siap menyelesaikan kegiatan hingga ke sore hari.

Selain di jam tersebut, waktu terbaik untuk minum kopi adalah maksimal pada pukul 14.00 siang. Hindari minum kopi pada malam hari atau di waktu menjelang tidur. Kafein dalam kopi dapat mengganggu kualitas tidur. Rasa kantuk pun akan hilang meski tubuh merasa kelelahan. Hal ini pun tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Kapan Jam Terbaik Minum Kopi?
https://unsplash.com/@jonasleupe

Batasan Minum Kopi

Seperti diketahui bahwa kopi mengandung stimulan berupa kafein. Kafein adalah senyawa yang punya tingkat adiktif lumayan tinggi yang dapat dijumpai pada beberapa makanan dan minuman, salah satunya kopi. Nggak heran kalau banyak peminum dan penikmat kopi akan menghabiskan lebih dari satu cangkir kopi dalam sehari. Bahkan ada yang mampu mengkonsumsi hingga lebih dari enam cangkir dalam satu hari.

Namun kamu harus tau, minum kopi sebanyak lebih dari enam cangkir sehari dan rutin setiap hari dapat mengantarkanmu ke dalam masalah komplikasi kesehatan yang serius. Hal ini pun sudah diteliti oleh The American Journal of Clinical Nutrition. 

Normalnya, orang dewasa diperbolehkan mengonsumsi kafein sebanyak 400 mg atau setara dengan 4 cangkir kopi. Hal ini pun sama dengan kafein dalam sumber lainnya seperti teh, minuman ringan, dll.

Selain itu, penelitian dari Australia mengungkapkan bahwa meminum setengah lusin cangkir kopi dalam sehari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebanyak 22 persen.

Minum kopi pagi hari memang kenikmatan yang tiada tara. Tapi kamu perlu juga peduli sama kesehatanmu kedepannya. Biar bisa minum kopi terus, kan hehe!

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: