Mengenal Aneka Jenis Minuman Kopi Populer

Berbagai Jenis Minuman Kopi

Semua jenis minuman kopi yang ada di dunia ini tercipta hanya dari campuran biji kopi dan air yang luar biasanya, hasilnya sangat bisa bikin orang ketagihan. Latte, cappuccino, americano, dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun kamu adalah salah satu penikmat kopi legend ataupun yang baru aja ketagihan ngopi tiap saat, tentunya ada banyak jenis minuman kopi yang bisa kamu coba. Karena rasa tiap jenisnya pasti beda-beda. Artikel ini akan menjelaskan berbagai macam tentang jenis minuman kopi yang tersebar di seluruh dunia. 

Taste of Home

Latte

Kopi Latte adalah salah satu minuman kopi yang paling populer di seluruh dunia. Rasanya yang nggak pahit, creamy, dan milky bikin beberapa orang merasa cocok dengan minuman ini. Tentu saja begitu, karena komposisi susu dalam kopi latte lebih banyak dibandingkan dengan espressonya, yakni 2:1. Kopi latte juga banyak digemari karena latte art yang selalu menjadi andalannya. 

Cappucino

Cappucino adalah latte namun dengan komposisi foam susu yang lebih banyak dibandingkan susu itu sendiri. Takarannya yaitu ⅓ espresso, ⅓ susu, dan ⅓ foam susu yang dipanaskan di mesin. Seringkali beberapa orang bingung diantara keduanya. Nah untuk lebih membedakan lagi, cappucino biasanya punya tampilan akhir berupa foam padat dengan taburan cocoa di atasnya.

Macchiato

Kopi yang satu ini punya komposisi yang sama dengan latte dan cappucino, hanya saja berbeda takaran. Di tampilan akhirnya, macchiato akan memunculkan foam susu di atas permukaan. Ada dua tipe macchiato, yaitu latte macchiato dan caffè macchiato. Latte macchiato biasa disajikan dingin dengan wadah berukuran tinggi, sedangkan caffè macchiato disajikan hangat menggunakan cangkir kecil. 

Moccacino

Kalau yang satu ini sering jadi pilihan banyak orang yang nggak demen pahit nih. Moccacino adalah minuman kopi, perpaduan antara espresso, susu, dan coklat yang rasanya bikin nagih.

Long Black

Kopi yang satu ini benar-benar hanya terdiri dari air panas dan espresso saja. Cara penyajiannya yaitu dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu di dalam cangkir, baru kemudian bubuk kopi dimasukkan ke dalamnya. Karena hanya mengandung kopi dan air saja, maka kualitas bubuk kopi yang digunakan pun harus yang berkualitas.

Americano

Kopi satu ini komposisinya sama persis dengan long black. Hanya saja yang membedakan adalah cara penyajiannya. Caranya taruh kopi di dalam cangkir baru tuangkan air panas ke dalamnya. Satu lagi yang menjadikan americano berbeda adalah tidak adanya krema yang muncul saat kopi disajikan.

Ps. krema adalah busa coklat yang muncul di permukaan cangkir juga sebagai penanda bahwa kopi yang disajikan masih segar.

Espresso

Minuman kopi jenis ini adalah fondasi dari beragam minuman kopi berbasis espresso lainnya. Kopi espresso bisa diseduh tanpa tambahan apapun. Diekstrak menggunakan mesin penyeduh bertekanan tinggi dan hasilnya berupa kopi hitam kental dengan krema di atasnya.

Ristretto

Ristretto umumnya adalah sebuah minuman espresso. Hanya saja digunakan lebih sedikit air panas dibanding yang seharusnya, sehingga tercipta rasa yang lebih kaya dan manis yang lebih pekat dibandingkan sebuah espresso. Proses ekstrasinya pun hanya kisaran waktu 15 detik saja

Lungo

Kopi ini kebalikannya dari ristretto. Dalam penyeduhannya, setiap satu shot espresso ditambahkan lebih banyak air ke dalamnya. Hal ini pun membuat proses ekstrasinya berjalan lebih lama. 

Doppio

Atau yang lebih sering dikenal dengan double shot espresso. Kopi doppio menggunakan dua kali takaran espresso di setiap satu cangkirnya.

Cortado

Minuman kopi satu ini jika diartikan dalam bahasa Spanyol, artinya adalah memotong. Kandungan di dalamnya adalah espresso dan susu hangat yang punya takaran seimbang. Tujuan dari susu hangat itu adalah untuk “memotong” keasaman yang dihasilkan dari espresso. 

Red Eye

Untuk kopi yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang dalam keadaan ngantuk berat, mata tinggal 2 watt, dan butuh minuman yang bisa menimbulkan efek seperti habis berlari lima putaran di GBK (contohnya ya T_T). Sebenarnya ada banyak nama dari kopi ini. Semua tergantung dari campuran di dalamnya. Tentu tujuannya sama, untuk membuat mata tetap terjaga.

Affogato

Kalau kamu mau menikmati sajian kopi dengan tambahan lainnya, yang satu ini cocok sepertinya. Affogato adalah minuman kopi dengan isian berupa satu sampai dua shot espresso lalu ditambahkan es krim ke dalam kopi. Es krim yang biasa digunakan adalah gelato, es krim khas dari Italia. Akan lebih nikmat lagi jika disantap dengan kue brownies hangat.

Flat White 

Umumnya kopi satu ini adalah minuman berbasis espresso yang terdiri dari dua shot espresso dengan lapisan microfoam diatasnya hasil dari steamed milk. Umumnya disajikan dalam porsi kecil namun punya rasa yang kuat.

Café au Lait

Berupa campuran kopi hitam tajam dicampur dengan susu panas. Cocok untuk kamu yang ingin minum kopi hitam tapi dengan sedikit tambahan rasa.

Itu dia berbagai jenis minuman kopi yang populer dari seluruh dunia. Kamu yang mungkin seorang penikmat atau sekedar peminum kopi, lebih prefer sama minuman yang mana nih? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *