Quirkyalone: Jomblo? Nggak Masalah Kok

Pasti kamu pernah kenal seseorang yang hampir setiap waktu, di usia dewasanya, sering terlihat ‘sendirian.’ Sendirian disini maksudnya adalah sedang tidak memiliki status hubungan dengan siapapun. Saat itu mungkin kamu berpikiran bahwa mereka sepertinya kesepian, merasa sedih karena hubungan percintaan yang tidak berjalan dengan baik. 

Tapi ternyata nggak semuanya ‘semenyedihkan’ yang kamu bayangkan lho. Bisa jadi memang itulah keinginan mereka. Karena ada sebagian orang yang menjomblo dengan alasan sedang fokus pada hal-hal penting lain, betah sendirian, atau malah sengaja tidak sedang ingin mencari kekasih. Dan betah jomblo ini pun punya istilah psikologinya tersendiri, yang disebut sebagai Quirkyalone

Sendiri itu tenang

Quirkyalone adalah kondisi dimana seseorang menikmati masa jomblo atau kesendirian mereka. Ini tidak berarti mereka menentang tawaran cinta yang ada. Melainkan sedang tidak ingin terlibat dalam momen romansa dengan siapapun untuk sementara waktu. 

Orang-orang yang bisa disebut sebagai quirkyalone, cenderung lebih memilih fokus pada hal-hal bermanfaat untuk mencapai tujuan penting tertentu dalam hidupnya. Ini lebih mereka suka lakukan daripada berkutat dalam jalinan asmara dengan seseorang. Selain itu mereka juga tidak akan merasa kesepian akibat kurangnya sosok kekasih, karena mereka punya banyak cara menikmati waktu dalam kesendirian.

Quirkyalone biasanya lebih selektif dalam memilih pendamping dan sebisa mungkin menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Selain karena pengalaman di masa lalu atau juga pengetahuan lebih yang menjadi tameng dalam diri untuk melangkah ke dalam sebuah hubungan bersama orang lain

Kapan nih?

Namun sayangnya, dibalik nyamannya seorang quirkyalone menyendiri. Ada beberapa orang di sekitarnya yang merasa khawatir kalau-kalau ia putus asa karena kesepian dan keadaan sulitnya mencari pasangan. Terlebih lagi pertanyaan tentang ‘pacar mana,’ ‘kapan nikah,’ ‘kok nggak ada yang ngapelin’ dan sederet lainnya lagi yang kadang bikin mulut ingin berucap-ucap.

So, kesendirian saat ini bukanlah suatu masalah besar bagi beberapa orang. Hal ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, yang sebagian orang merasa lebih damai dan nyaman dibanding harus menjalin hubungan seperti orang pada umumnya. Dan kamu pun nggak perlu merasa khawatir, Pal, jika merasa terlalu nyaman dengan kesendirian. Bisa jadi memang saat ini itulah yang diri kamu inginkan, berduaan bersama jiwa sendiri. Juga supaya bisa lebih mengerti diri sendiri dibanding sebelumnya. Cheer Up!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *