Rekomendasi Film Pendek YouTube Keren!!

Rekomendasi Film Pendek YouTube Keren!!

Locker Room (2017)

Locker Room | Award-Winning Short Film Drama by Greta Nash | Short of the Week

Film Australia yang satu ini punya cerita yang diangkat dari sebuah kisah nyata di tahun 2016. Bercerita tentang seorang remaja perempuan bernama Carla yang menemukan sebuah obrolan seluler rahasia milik teman lelakinya. Obrolan tersebut berisikan pembahasan mengenai sekelompok laki-laki dalam tim rugby sekolah yang melecehkan para gadis dengan melakukan penilaian terhadap ‘diri’ mereka. Nggak hanya itu, ada satu video dimana seorang gadis pirang yang sedang tidak sadarkan diri dilecehkan dengan cara disentuh, yang tentunya membuat Carla kaget. Ia juga merasakan dilema antara menyelamatkan temannya dengan berpura-pura tidak tahu apa-apa atau melakukan hal yang seharusnya ia lakukan sebagai sesama perempuan. 

Film ini dibuat oleh Greta Nash yang terinspirasi dari skandal populer di sebuah private school di Melbourne yang sempat menjadi heboh pada pertengahan 2016 lalu. Sedikit informasi, pada saat itu dilaporkan terdapat lebih dari 50 siswa laki-laki kelas 12 yang tampil dalam sebuah video berisikan perilaku diskriminasi gender dan obrolan tentang penilaian mereka terhadap pasangan perempuan dan beberapa gadis lain dengan konteks merendahkan. Hal ini membuat pihak sekolah mengambil langkah yang sangat serius untuk menangani kasus ini.

Menurut pengalamanku, film ini punya suasana ‘tenang’ yang lumayan membuatku nggak nyaman. Seperti bagaimana adegan selanjutnya akan berjalan. Selain karena adegan percakapan yang tidak banyak juga musik yang mendukung dengan latar cerita. Jalan ceritanya termasuk lambat karena hanya berfokus pada bagaimana Carla bisa mengetahui skandal tersebut hingga akhirnya ia melaporkannya kepada guru di keesokan harinya. Keseluruhan film ini berhasil membawa penontonnya ke dalam kejadian sebenarnya 

Forget Me Not (2018)

2 little girls struggle with their mother’s bipolar disorder. | Forget Me Not

Film yang dirilis pada 2018 lalu ini punya tema cerita yang menyentuh banget. Berlatar pada tahun 70-an, di mana ada sepasang kakak beradik bernama Sapphire dan Zoe yang bertumbuh layaknya gadis kecil pada umumnya. Mereka bersekolah, berlatih balet dan bermain bersama, penuh dengan canda tawa. Namun dibalik keriangan tersebut, ada satu rahasia yang menjadikan mereka berbeda diantara temannya yang lain. Seorang ibu yang mengidap gangguan bipolar; dan keadaan tersebut sedikit mengusik kehidupan mereka.

Keadaan ini tentu membuat keduanya harus menjadi lebih dewasa untuk bisa mengurus sendiri kegiatan dan diri mereka. Mengambil peran yang seharusnya belum menjadi urusan orang seusia mereka. Lewat film ini, sutradara dan penulis ingin mengilustrasikan bagaimana gangguan mental punya dampak yang besar. Bisa berdampak tidak hanya bagi yang mengidap, namun juga memiliki efek bagi orang-orang tercinta di sekitarnya. Sayangnya hal penting ini seringkali diabaikan dengan menganggap bahwa si pengidap punya kebiasaan jelek yang mengganggu lingkungan. Sehingga mereka seringkali juga diasingkan dari lingkungan sosial. 

Para pemain dalam film ini mampu memerankan karakter mereka dengan sangat baik. Mereka berhasil menciptakan adegan yang intim dan sensitif layaknya hubungan antara ibu dan anak sungguhan. Nggak hanya itu, cara bagaimana kedua anak tersebut merangkul ibunya dalam keadaan sulit patut untuk diapresiasi. Mereka sukses mengubah keadaan yang sulit menjadi lebih baik. Cerita yang menyentuh!

Di Rumah Sendirian (2020)

DI RUMAH SENDIRIAN (SHORT MOVIE)

Film pendek berikut ini merupakan hasil karya dari sutradara ternama Indonesia, Hanung Bramantyo. Kerennya, pemeran yang terlibat bukanlah aktor aktris kenamaan ibu kota seperti biasanya, melainkan keluarga dari Hanung sendiri. Ia menciptakan film yang tayang di YouTube keluarga miliknya ini saat melakukan self quarantine bersama keluarganya di Yogyakarta.

Di Rumah Sendirian bercerita tentang Kala yang ditinggal sendirian di rumah. Selama sendirian Kala mengalami kejadian yang bikin merinding dan bikin ia terheran-heran. Namun plot twist yang disajikan akan buat kamu sedikit lega. Bisa tenang deh.

Walaupun tanpa kamera mahal dan peralatan yang profesional, film pendek ini tetap menyajikan hasil yang bagus lho. Jalan ceritanya pun disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Meski sedang #dirumahaja, Hanung dan keluarga menunjukkan bahwa siapapun tetap bisa produktif dengan cara apapun. Yuk ditonton.

Istiqlal (2020)

Istiqlal by Kinovia Pictures & Bineka Sinema   Best Story Panasonic Young Filmmaker 2019

Pas banget sekarang lagi bulan Ramadhan. Film yang satu ini pun punya cerita berkaitan Ramadhan lho. Sobari bersama Babeh, ayahnya berencana untuk berbuka puasa di Masjid Istiqlal. Mereka pun berangkat mengendarai sepeda motor sambil ngabuburit dan menikmati suasana jalanan ibukota. 

Sepanjang perjalanan, Babeh menceritakan banyak hal kepada Sobari namun sayangnya ia lupa jalan menuju tujuan mereka karena kondisi jalan yang berubah. Karena keteledoran tersebut, mereka berdua pun gagal sampai di tujuan dan terpaksa berbuka di jalan. Eits tunggu dulu. Keteledoran itu nggak serta merta bikin perjalanan Sobari sia-sia. Ia justru senang bisa punya waktu yang menyenangkan dengan Babeh. 

Alur yang terdapat dalam film ini sangat berfokus pada kedekatan antara Babeh dan Sobari. Cerita yang disampaikan Babeh kepada Sobari membuat perjalanan mereka menjadi lebih berisi dan bermakna. Kisah yang disajikan pun ringan dan menarik, membuat yang menonton tidak kesulitan dalam mencerna. Sangat cocok untuk menjadi pilihan tontonan dalam mengisi kegiatan ngabuburit kamu di bulan Ramadhan ini.

Mudik (2017)

MUDIK (NOMINASI FILM ANIMASI PENDEK TERBAIK FESTIVAL FILM INDONESIA 2017)

Nggak kerasa pandemi sudah berjalan lebih dari satu tahun. Dengan begitu, puasa dan lebaran pun juga harus dirayakan sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Namun sayangnya tahun ini, sama seperti tahun kemarin, mudik terpaksa ditiadakan untuk dapat mencegah penyebaran virus. Tradisi mudik yang sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia pun lagi-lagi tidak terjadi di tahun ini.

Nah buat kamu yang kangen sama suasana saat mudik, mulai dari macetnya, panasnya jalanan, dan berbagai keadaan waktu lagi di kendaraan, film pendek berikut ini boleh banget untuk kamu tonton. Karya animasi ini mengilustrasikan tentang perjalanan seorang bocah laki-laki bersama kedua orang tuanya saat hendak mudik ke kampung halaman. Banyak kejadian yang ia lihat dan alami hingga akhirnya ia sampai dan bertemu sepupu dan keluarga besarnya. 

Melalui film ini, bisa lah sedikit mengobati rasa rindu kamu akan kegiatan mudik yang masih belum bisa terwujud di tahun ini. Ceritanya yang singkat dan seru, ilustrasinya pun menarik. Harus tengok nih.

Dijamin seruuu 😀

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: