Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau
https://unsplash.com/@jamievalmat

Banyak anggapan berupa mitos yang seringkali orang ucapkan dan terus berpindah dari mulut ke mulut lalu dijadikan sebuah keyakinan dan kebenaran oleh orang lainnya walau faktanya belum jelas atau malah sama sekali tidak berdasar. Salah satunya mitos dalam hal diet. Siapa sih yang nggak ingin tujuannya dalam hal menurunkan berat badan tercapai? Hingga ‘menelan’ semua informasi yang salah satunya bahkan hanya sebuah mitos. Buat kamu yang sedang dalam proses diet, berikut ini beberapa fakta yang perlu kamu mengerti biar tahu mana yang benar untuk tubuh kamu

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau
https://unsplash.com/@thenewmalcolm

Mitos: Kurangi karbohidrat jika ingin tubuh turun berat

Fakta: Nyatanya karbohidrat hadir dalam bentuk yang berbeda-beda lho. Ada dua macam karbohidrat yang perlu kamu tahu, yaitu Karbohidrat Simplex/Sederhana serta Karbohidrat Kompleks. Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbo yang lebih cepat diserap tubuh, biasanya hadir dalam wujud makanan seperti cookies dan manisan yang kandungan vitamin, mineral dan seratnya sedikit atau bahkan nggak ada sama sekali. Mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis tersebut adalah jalan terbaik jika kamu ingin beralih ke gaya hidup sehat. 

Berbeda dengan simple carbo, karbohidrat kompleks penyerapannya dalam tubuh lebih lama dan butuh waktu tertentu. Akan tetapi karbohidrat jenis ini diketahui lebih sehat dan bergizi, sehingga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Kamu bisa menjumpai karbohidrat kompleks di makanan seperti roti, kacang-kacangan dan buah-buahan. 

Kesimpulan: Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana dan pertahankan karbohidrat kompleks dalam menu diet kamu.

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau
https://unsplash.com/@neonbrand

Mitos: Jika tertulis pernyataan “no-fat” or “low-fat,” makan sepuasnya dan tidak perlu khawatir akan kenaikan badan.

Fakta: Banyak makanan dan minuman kemasan yang dinyatakan sebagai produk no-fat atau low-fat, telah ditambahkan gula, pati atau garam untuk menggantikan fungsi lemak. Produk “ajaib” ini seringkali punya jumlah kalori yang berlebihan dari takaran biasanya. 

Kesimpulan: Periksa label nutrisi dari produk tersebut untuk melihat berapa banyak kalori yang dikandung. Pastikan juga berat bersih dari produk tersebut sesuai hitungan yang seharusnya ya.

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau
https://unsplash.com/@thoughtcatalog

Mitos: Melewatkan sarapan dapat menambah kenaikan berat badan

Fakta: Mengkonsumsi sarapan yang bergizi dapat membantu kamu mengendalikan rasa lapar serta membantu kamu untuk menolak jauh-jauh cemilan yang tidak sehat. Tidak ada penelitian khusus yang menunjukkan bahwa melewatkan sarapan dapat mengarahkan kamu ke kenaikan berat badan.

Kesimpulan: Kalau kamu nggak lapar, pastikan kalau tubuhmu memang belum ingin makan bukan ‘terpaksa’ ditahan. Saat kamu memang ingin makan, sediakan makanan pilihan terbaik seperti oatmeal agar diet kamu tetap terjaga. 

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau
https://marketwatch.com

Mitos: Makan malam bisa menyebabkan kegemukkan

Fakta: Orang yang gemar makan tengah malam memang cenderung mengalami kelebihan berat badan. Satu alasan yang pasti adalah karena mereka lebih memilih mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi. Mereka yang suka ngemil setelah makan malam biasanya nggak tidur teratur alias berakhir dengan begadang, yang pada akhirnya akan menjadi kebiasaan di kemudian hari.

Kesimpulan: Jika sehabis makan malam kamu masih merasa kelaparan, batasi dirimu dengan hanya mengkonsumsi makanan-makanan rendah lemak seperti yoghurt.

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau
https://theweek.in

Mitos: Kelebihan berat badan tidak bisa dianggap sehat

Fakta: Memang ada beberapa orang yang mengalami kelebihan berat badan namun dengan kondisi tubuh yang tetap terjaga. Sayangnya bagi banyak orang, kelebihan berat badan berarti tubuh dalam keadaan yang kurang baik yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Jika tidak segera ditangani, bisa menjadi lebih buruk kan.

Kesimpulan: Saat kamu sedang mengalami kelebihan berat badan dan sehat, tetaplah waspada. Karena bertambahnya lebih banyak berat akan meningkatkan resiko pada masalah kesehatan di masa mendatang. Tetapi konsumsi makanan yang sehat dibarengi dengan aktivitas yang baik akan bagus untuk tubuh kamu nggak peduli seberapa berat kamu.

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau
https://tribune.com.pk

Mitos: Berpuasa bisa membantu kamu menurunkan berat badan dengan cepat

Fakta: Berpuasa akan menjadi tidak baik untuk kesehatan tubuh jika kamu memilih untuk kelaparan seharian dan ‘membalasnya’ dengan makan besar. Terlebih lagi jika dengan alasan untuk menggantikan kalori yang kamu lewatkan tadi. Dibandingkan dengan orang-orang yang diet dengan makan sedikit kalori, mereka yang mengandalkan diet dengan berpuasa sehari akan kehilangan lebih banyak massa otot dibandingkan lemak.

Kesimpulan: Perhatikan jadwal diet kamu. Lebih baik kamu mengurangi makanan yang mengandung nol kalori dibanding harus tidak makan sama sekali, apalagi tanpa arahan dokter. 

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau
https://unsplash.com/@igapalacz

Mitos: Kamu harus mengatur tujuan sederhana dari diet kamu agar berhasil

Fakta: Dalam teorinya, masuk akal memang jika apabila kamu sudah punya tujuan yang besar namun gagal mewujudkannya, kamu mungkin akan menyerah. Terlebih lagi dalam diet ini. Meski begitu, beberapa orang mampu benar-benar menurunkan banyak berat badan saat mereka membuat tujuan yang memaksa mereka harus melakukannya, seperti pengalaman tidak baik atau lainnya.

Kesimpulan: Setiap orang sudah pasti berbeda-beda. Apa yang cocok untuk seseorang belum tentu pas untuk orang lainnya. Menurunkan berat badan adalah sebuah proses. Pasang tujuan diet kamu dan pintar-pintarlah menyesuaikan diri dan mencari tahu apa yang cocok untuk tubuh kamu.

Mitos dan Fakta Diet yang Mesti Kamu Tau
https://suarasurabaya.net

Mitos: Menurunkan berat badan secara perlahan adalah satu-satunya cara maka pertahankan. 

Fakta: Memang benar bahwa banyak orang yang kehilangan berat badan dengan cepat bisa kembali naik dalam waktu cepat pula, tapi hal ini tidak berlaku untuk beberapa orang lainnya. Beberapa orang dengan berat badan berlebih tersebut malah lebih sukses dalam diet ketika mereka kehilangan berat dengan cepat, secara instan, dalam waktu singkat.

Kesimpulan: Menurunkan berat badan secara cepat mungkin bukan satu-satunya pilihan untuk kamu. Tetap berhati-hati dalam memilih ragam model diet yang menjanjikan kamu hasil yang tidak masuk akal, hal ini bisa jadi berbahaya untuk kesehatan. Jika kamu tertarik dengan diet yang menampilkan hasil yang instan, pastikan tetap berkonsultasi dengan ahlinya agar nutrisi tubuh kamu tetap terpenuhi.

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: