Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
liputan6.com

Sepanjang karir bernyanyinya, Taylor Swift memang dikenal sangatlah berbakat dan sukses. Ia berhasil membawa pulang 10 trofi Grammy Awards, ajang penghargaan musik kelas dunia paling populer. Kemenangan tersebut termasuk diantaranya Album of the Year, Best Country Song, dan masih banyak lagi. 

Pada gelaran Grammy tahun ini yang diselenggarakan pada 14 Maret lalu, Ia mampu menambah satu lagi trofi. Diantara enam kategori nominasi yang dimasuki Taylor Swift, Ia berhasil membawa pulang kemenangan di kategori Album of the Year, untuk album Folklore. Melalui kemenangan ini juga, Taylor Swift berhasil menjadi satu-satunya penyanyi wanita dalam sejarah Grammy yang mampu menang tiga kali di kategori ini. Nggak hanya itu, hanya ada empat penyanyi lho yang bisa seperti Taylor Swift, mereka adalah Paul Simon, Stevie Wonder, dan Frank Sinatra. Wow, bukan main! Dengan lebih dari 40 nominasi dalam 11 tahun, Taylor Swift sudah pasti sangat diakui oleh Recording Academy, begitu juga dengan sejarah yang ia punya berkaitan dengan Grammy.

Lalu kategori Grammy apa aja sih yang pernah dimenangkan Taylor Swift sejak awal karirnya hingga saat ini. 

Album of the Year – 2010

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
capitalfm.com

Taylor Swift pertama kalinya masuk sebagai nominasi Grammy Awards adalah pada tahun 2009 untuk kategori Best New Artist, sayangnya Ia belum berhasil menang. Nggak perlu waktu lama, di tahun berikutnya Taylor akhirnya berhasil menyabet penghargaan populer ini. Nggak tanggung-tanggung, empat piala sekaligus lho dan kategori ini adalah salah satunya. Fearless merupakan album yang dirilisnya pada tahun 2008 yang mampu mengantarkan Taylor pada sejarah awal karir agungnya. Di usianya yang masih 20 tahun saat itu, ia mampu menyingkirkan kompetitornya yaitu Beyonce, Lady Gaga, The Black Eyed Peas, serta Dave Matthews Band, dan memenangkan kategori paling diidam-idamkan oleh banyak penyanyi.

Best Country Album – 2010

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
grammy.com

Lewat album Fearless juga, Taylor Swift berhasil memenangkan kategori berikutnya yaitu Best Country Album mengalahkan penyanyi lain, Zac Brown Band, George Strait, Keith Urban dan Lee Ann Womack. Meski Taylor sudah mulai sepenuhnya beralih menjadi penyanyi pop, namun saat itu ia masih secara penuh menciptakan karya musik bergenre Country yang pada akhirnya bisa memetik kemenangan dalam ajang Grammy.

Best Female Country Vocal Performance – 2010

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
americansuperstarmag.com

Yang satu ini benar-benar merupakan piala Grammy pertama untuk Taylor Swift. Pada Grammy Awards 2010, Taylor sukses meraih piala melalui penampilannya untuk lagu White Horse. Ia menang dari lawan-lawannya yang lain, yaitu Miranda Lambert, Martina McBride, Carrie Underwood, dan Lee Ann Womack. Untuk kategori ini tidak ditayangkan saat acara utama Grammy berlangsung, melainkan masuk dalam pre-televised show before the event.

Best Country Song – 2010

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
insider.com

Melalui lagu White Horse, Taylor Swift lagi-lagi mampu menorehkan kemenangan lewat kategori Best Country Song. Sama seperti kategori di atas, Taylor mendapatkan piala lewat pre-televised show dengan melawan saingannya yakni Trace Adkins, Jamey Johnson, Lady Antebellum dan Billy Currington. Bersama dengan partner menulis lagunya, Liz Rose, Taylor Swift menerima piala tersebut. Ia mengungkapkan bahwa menulis lagu bersama Liz adalah mimpinya sejak kecil dan Taylor merasa senang bahwa Liz menerima permintaan tersebut sebelum Taylor dikenal oleh dunia.

Best Country Solo Performance – 2012

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
stylecaster.com

Di tahun berikutnya pada gelaran Grammy ke-54, Taylor Swift masuk ke dalam tiga nominasi atas kerja kerasnya terhadap album miliknya berjudul Speak Now yang rilis pada 2010. Ia berhasil memenangkan dua diantara tiga nominasi tersebut. Yang pertama yaitu kategori Best Country Solo Performance untuk lagunya yang berjudul “Mean”, yang menjadi salah satu lagu country paling populer sepanjang tahun. Artis lainnya yang masuk dalam kategori ini diantaranya Jason Aldean, Martina McBride, Blake Shelton dan Carrie Underwood.

Taylor Swift disebut-disebut menulis lagu “Mean” atas tanggapannya terhadap seorang blogger bernama Bob Lefsetz, yang mengkritik penampilan Taylor dengan Stevie Nicks di Grammy Awards tahun 2010. Ia menyebutkan dalam pidato kemenangannya bahwa memenangkan Grammy kali ini adalah benar-benar hal yang berarti untuknya. Menulis lagu untuk seseorang yang berlaku jahat di hidupnya dan berhasil mendapat penghargaan atas itu sungguh di luar ekspektasi perempuan kelahiran 13 Desember 1989 ini. Ia menambahkan bahwa nggak peduli dalam hal apapun yang orang lakukan, pasti akan ada pihak yang nggak suka dan mengkritik hal tersebut. Tapi ada banyak cara dalam mengkritik yang bisa dikeluarkan, bukan malah melakukan hal jahat yang terkesan menyerang objek yang dikritisi. Dan dari situlah Taylor mendapat ide menulis lagu ini.

Best Country Song – 2012

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
forbes.com

Lagu “Mean” kembali membawa pulang penghargaannya yang kedua, juga Taylor Swift yang mampu menang kembali atas kategori Best Country Song di Grammy 2012. Dalam kategori ini, Ia mengalahkan Blake Shelton, Thompson Square, Trace Adkins, Vince Gill dan Kenny Chesney. Lagu ini sepenuhnya ditulis oleh Taylor Swift, bersama dengan lagu dalam album Speak Now nya yang lain. 

Best Song Written For Visual Media – 2013

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
popcrush.com

Berlanjut pada gelaran Grammy selanjutnya. Di tahun 2013 Taylor mampu masuk ke dalam tiga nominasi, dan berhasil menang atas satu kategori yaitu pada Best Song Written For Visual Media. Penghargaan ini untuk kolaborasinya dengan film The Civil Wars di lagu “Safe & Sound,” yang juga ditampilkan sebagai soundtrack film The Hunger Games. Sebelumnya Taylor & The Civil War mengalahkan Arcade Fire, Birdy & Mumford & Sons, Katharine McPhee & Megan Hilty dan Jason Segel & Walter untuk bisa menang.

Album of the Year – 2016

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
inc.com

Setelah pada Grammy Awards 2014, album Taylor Swift berjudul Red kalah dalam ‘pertempuran’, ia berjanji akan menulis lagu-lagu dan albumnya dengan lebih baik lagi. Kemudian ia menciptakan album baru berjudul 1989 di tahun 2014 . Hebatnya ia benar-benar patuh pada ucapannya dan berhasil menang besar di Grammy Awards 2016. Taylor kembali meraih Album of the Year keduanya, mengalahkan Alabama Shakes, Kendrick Lamar, Chris Stapleton dan The Weeknd. 

Yang menjadi penting pada kemenangannya kali ini adalah ia sedang dalam perseteruan hebat dengan Kanye West, dengan awal permasalahan berasal dari lagu yang dirilis Kanye berjudul “Famous” yang disebut dibuat Kanye karena telah membantu Taylor Swift menjadi terkenal. Dalam pidato kemenangannya, Taylor tanpa menyebutkan nama, menyindir Kanye West dan mengatakan bahwa akan ada banyak pihak yang berusaha menghalangi kesuksesan kalian, namun jika kita hanya berfokus pada apa yang seharusnya kita kerjakan, saat kelak kalian berhasil dan melihat sekeliling maka hanya akan ada kamu dan orang-orang yang menyayangimu yang membantumu meraih posisi tersebut. Dan hal itu akan menjadi perasaan yang paling hebat di dunia

Pidato Taylor Swift ini dianggap sangat inspiratif oleh banyak orang. Bahkan pihak Grammy Awards mengambil kutipan pidato tersebut untuk dijadikan video penyambutan Grammy Awards 2017 yang berisikan perempuan-perempuan muda dengan berbagai kegiatannya dalam bermusik.

youtube.com/user/TheGRAMMYs

Best Pop Vocal Album – 2016

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
today.com

Selain Album of the Year, 1989 juga menang dalam kategori Best Pop Vocal Album di Grammy Awards 2016. Dalam kategori tersebut, Taylor mampu mengalahkan lawan-lawannya yaitu Kelly Clarkson, Florence & The Machine, James Taylor dan Mark Ronson. Penghargaan ini diberikan dalam pre-event sebelum Grammy Award disiarkan, dan Jack Antonoff, produser sekaligus co-writers Taylor Swift yang menerima piala tersebut. 

Best Music Video – 2016

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
www.cheatsheet.com

Selain itu, music video dari lagu “Bad Blood” milik Taylor Swift mampu meraih kemenangan di tahun tersebut. Pesaing dalam kategori tersebut diantaranya yaitu A$AP Rocky, The Dead Weather, Kendrick Lamar dan juga Pharrell Williams. 

Seperti diketahui video klip Bad Blood menjadi fenomenal setelah Taylor mengundang beberapa teman artisnya untuk terlibat ke dalam video tersebut. Mereka adalah Selena Gomez, Gigi Hadid, Cara Delevingne, Ellie Goulding, Hailee Steinfeld, Lily Aldridge, Ellen Pompeo, Mariska Hargitay dan lainnya. Music video ini dirilis pada tahun 2015.

Album of the Year – 2021

Sejarah Kejayaan Taylor Swift di Grammy Awards
www.digtara.com

Dan yang terbaru dan paling hangat, adalah kemenangan bersejarah Taylor Swift yang menempatkan Ia menjadi musisi perempuan satu-satunya dan keempat di dunia yang berhasil memenangkan Best Album of the Year ketiga kali untuk albumnya yang berjudul Folklore. Bersama dengan partnernya, Taylor Swift naik ke panggung dan menerima piala dari penghargaan tersebut sekaligus mengungkapkan perasaannya yang luar biasa senang bisa menjadi bagian dari sejarah. Dalam pidatonya, ia mengucapkan rasa terima kasih kepada penggemar dan keluarganya, tidak lupa juga kepada kekasihnya, Joe Alwyn, orang pertama yang ia bagikan kabar mengenai lagu terbarunya dalam proses penulisan albumnya.


Reference:

hollywoodlife.com/feature/how-many-grammys-does-taylor-swift-have-4342412/

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: