Tips Skincare-an di Musim Hujan, Hayo Jangan Males-Malesan

Merawat kulit wajah harus rajin dilakukan kalau kamu mau punya penampilan yang segar dan tampak awet muda. Termasuk saat musim hujan, perawatan wajah pun jangan sampai terlewatkan. Di musim hujan seperti sekarang, kulit justru butuh perlindungan dan perawatan super ekstra. Kalau kamu lalai, wah jangan shock jika nanti terlihat banyak perubahan buruk pada kulit kamu. Berikut tips yang bisa kamu ikuti. Yang pasti sesuaikan dengan tipe kulit kamu ya Paolars!!

Konsumsi Banyak Air

https://unsplash.com/@quokkabottle

Ketika musim hujan, udara tentu akan lebih dingin dan lembab dari biasanya. Suhu udara yang dingin akan menyerap kelembaban dari kulit kamu yang pada akhirnya bisa bikin kulit menjadi kering. Untuk menggantikan kelembaban yang hilang, maka kamu harus menjaga kulit agar terhidrasi dengan baik.

Banyak minum air dapat membantu tubuh mendapat asupan cairan yang cukup. Saat keperluan cairan terpenuhi, kulit pun akan menjadi sehat terawat. Sebenarnya tidak hanya saat musim hujan saja, anjuran perbanyak minum air pun sudah sering digaungkan karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Minum air minimal 8 gelas sehari akan menjaga cairan di tubuh kamu tetap terjaga. Kulit ikutan bebas dari kekeringan. Wajah pun nggak kelihatan kusam.

Bersihkan Wajah

gray faucet
https://unsplash.com/@curology

Mencuci wajah saat musim hujan pun ada aturannya lho. Pembersih wajah yang digunakan setidaknya bebas dari alkohol atau zat yang bisa membuat kulit menjadi iritasi dan terasa perih. Gunakan pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami serta tambahkan penggunaan toner yang mampu mengangkat sisa make up, membersihkan pori-pori serta mencerahkan wajah.

Suhu air yang digunakan pun nggak boleh sembarangan. Hindari mencuci wajah menggunakan air panas karena bisa membuat kulit menjadi lebih kering lagi. Gunakan air hangat suam kuku agar kelembaban wajah tetap terjaga. 

Rajin Eksfoliasi

woman holding white labeled bottle
https://unsplash.com/@mathildelangevin

Tidak hanya membersihkan wajah menggunakan sabun saja, ada hal penting lainnya yang mesti kamu perhatikan untuk merawat kulit wajah mu saat musim hujan. Saat udara dingin, kelembaban akan lebih tinggi intensitasnya yang membuat kulitmu akan terasa kering. Kulit yang kering mendorong munculnya sel-sel kulit mati. Satu-satunya cara agar sel kulit mati tersebut terlepas adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi penting dilakukan agar kotoran bisa terangkat dengan lebih mudah serta menghindari terjadinya penyumbatan pori-pori oleh kotoran tersebut. 

Ada dua cara teknik eksfoliasi yang bisa kamu gunakan. Diantaranya yaitu eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah kamu. Lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu, kulit akan terasa halus, cerah, dan bebas dari komedo maupun jerawat.

Lembabkan Wajah dengan Moisturizer

Hasil gambar untuk skin moisturizer
https://health.howstuffworks.com/

Melembabkan wajah adalah salah satu hal penting yang jangan sampai kamu lewatkan. Pelembab merupakan kunci agar wajah tampak kenyal dan selalu segar. Walau musim hujan udara cenderung terasa lembab, pelembab juga wajib digunakan. Kamu bisa pilih moisturizer yang sesuai dengan tipe kulitmu. Kandungannya pun harus diperhatikan agar niat melembabkan nggak berubah jadi mengacaukan

Jangan Lupa Tambah Sunscreen

Hasil gambar untuk sunscreen
https://mimiejay.com/

Walaupun sedang musim hujan dan cuaca jadi mendung bukan berarti radiasi sinar UV tiba-tiba nggak ada di sekitarmu. Menggunakan tabir surya juga tetep perlu meski sedang hujan. Efek sinar UV dalam jangka panjang untuk kulit kamu adalah bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, muncul flek hitam, hingga meningkatkan resiko kanker kulit. 

Hal yang bisa kamu hindari adalah dengan rutin memberikan perlindungan berupa tabir surya ke kulit kamu. Besaran minimal SPF yang bisa kamu pakai yaitu 25, lebih tinggi lebih baik. Jangan lupa untuk selalu touch up ulang agar selalu terlindungi. 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam merawat kulit wajah selama musim hujan. Walaupun udaranya dingin dan bikin mager paraah, jangan sampai malas perawatan ya. Ingattt, kalau bukan dirimu sendiri siapa lagi yang mau peduli sama kamu :’) ehe. STAY BEAUTYYY, PAOLARS!!

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: