Tembus 1000 Episode, Ini 10 Perubahan Luffy Sejak Awal One Piece Hingga Sekarang

Serial manga Jepang karya Eiichiro Oda berjudul One Piece kini telah mencapai 1000 episode. Setelah resmi diperkenalkan pada tahun 1997, serial yang dianggap sebagai anime paling populer sepanjang masa ini masih terus banyak diminati oleh berbagai kalangan. Kepopuleran One Piece pun tidak terlepas dari si pemeran utama, yakni Monkey D. Luffy. Kecintaannya terhadap petualangan dan bajak laut, membuat Luffy mempunyai mimpi menjadi raja bajak laut dan masih ia terus tekuni hingga sekarang. Lalu setelah banyaknya petualangan yang dihadapi selama lebih dari dua dekade ini, apa saja ya perubahan yang terjadi pada Luffy? Yuk disimak paolars.

Jumlah Kru

https://www.cbr.com/

Hal yang paling jelas terlihat berbeda dari Luffy dan mudah disadari oleh penonton yaitu jumlah kru kapal yang ia miliki. Berawal dari kapal kecil di East Blue, Luffy hanya punya kru yang terdiri dari rekannya, ahli navigasi, penembak jitu serta juru masak. Seiring berjalannya waktu ia akhirnya bisa memperkuat tim dengan membawa dokter, arkeolog, teknisi kapal dan bahkan musisi dalam kelompoknya. 

Menghadapi New World bukanlah hal yang mudah. Luffy tahu bahwa hanya kru kapal hebat yang dapat menaklukan tempat yang luas dan kejam tersebut. Dan bersama dengan kelompok topi jerami, ia bisa menjadi salah satu kelompok paling hebat dan kuat.

Jumlah Nilai Buruan

https://www.cbr.com/

Setiap bajak laut sudah pasti punya nilai buruan. Jumlahnya pun tergantung dari apa yang sudah mereka buat sebelumnya dan efek apa yang bisa mereka timbulkan. Mulanya nilai buruan yang berhasil Luffy dapatkan hanya mencapai jutaan Belly, tepatnya 30 juta di episode pertama. Namun setelah banyaknya pertarungan yang ia lewati, ia berhasil menambah jumlah nilai buruan hingga mencapai 1.5 miliar Belly saat ini. Begitu pula yang terjadi dengan krunya yang lain. Nilai ini akan terus bertambah juga seiring dengan berjalannya cerita nanti.

Musuh

https://www.cbr.com/

Pepatah mengatakan ‘semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang menerpanya’. Hal ini juga yang terjadi pada Luffy. Sudah banyak orang serta petualangan yang Luffy hadapi yang membuatnya sekarang semakin terkenal. Dan sudah pasti juga ia memiliki orang-orang yang tidak menyukai dirinya dan menganggap ia sebagai musuh. Mereka-mereka ini sangat menginginkan Luffy mati, akibat kekacauan dan kehancuran yang telah Luffy perbuat. 

Pihak angkatan laut, Pemerintah Dunia, bahkan 3 dari 4 orang Yonko si penguasa lautan adalah contohnya. Smoker, Rob Lucci, dan Sakazuki adalah beberapa orang yang terang-terangan mengincar nyawa Luffy.  Hal ini membuktikan bahwa menjadi bajak laut paling handal sama dengan menjadi bajak laut paling dibenci.

Kepemimpinan

https://www.cbr.com/

Membangun kelompok topi jerami membuat Luffy harus sedikit demi sedikit belajar tentang kepemimpinan. Ada banyak hal yang akan ia hadapi dalam mengatur kelompoknya. Melalui pengalaman tersebut serta bantuan teman-temannya tentu membuat Luffy belajar. Seiring berjalannya waktu, kemampuannya yang satu ini memang tidak bisa diremehkan. Salah satunya ketika muncul konflik internal, dimana saat Usopp memutuskan keluar dari kelompok topi jerami. Kru yang lain menolak kembalinya Usopp akan tetapi dengan kepemimpinan Luffy yang hebat, keadaan kembali seperti semula dan semua menerima keputusan Luffy tersebut. 

Kebijaksanaan

https://www.cbr.com/

Jika ada pertanyaan mengenai hal apa yang belum dimiliki Luffy, jawabannya adalah kebijaksanaan. Awalnya diri Luffy hanya dipenuhi oleh ambisi, keberuntungan dan keselamatan dari penulis. Namun ada banyak hal dalam diri Luffy, sebelum time-skip, yang belum tergali seperti salah satunya kebijaksanaannya dalam menghadapi sebuah situasi atau kondisi. 

Berkat latihannya dengan Sylvers Rayleigh, bukan hanya membuat Luffy handal dalam menguasai Haki tetapi juga membantu ia untuk lebih bijaksana di medan perang. Selain itu Luffy juga diajari bagaimana untuk membuat keputusan secara tepat dan cepat, bagaimana memilih target dengan baik, serta bagaimana lebih pintar dalam mengeluarkan serangan.

Desain Karakter

https://www.cbr.com/

Desain karakter One Piece memang sudah terlihat berwarna sejak awal, namun Oda Sensei sepertinya memang ingin menjadikan setiap karakter punya citra yang kuat. Contohnya seperti Luffy, yang sekarang sudah digambarkan dengan pakaian yang beda di setiap kepentingan. Dia juga tampil dengan lebih dewasa dan jantan sekarang, lengkap dengan bekas luka di dadanya akibat pertarungannya melawan Sakazuki. Tidak jarang juga mereka memakai pakaian tradisional, seperti di arc Wano ini. 

Keluarga

https://www.cbr.com/

Ketika seri dimulai, memang tidak ada cerita resmi mengenai siapa keluarga Luffy sehingga penggemar tidak banyak mengetahui tentang hal ini. Banyak yang mengira kalau Shanks, bajak laut rambut merah, adalah ayahnya. Namun seiring dengan banyaknya kejadian, penggemar pun punya bayangan mengenai silsilah keluarga Luffy. 

Dimulai saat berada di Alabasta, ketika dia mengetahui tentang sosok Ace. Lalu dalam arc Water Seven, penggemar dibuat kaget ketika mengetahui bahwa pahlawan angkatan laut, Monkey D. Garp, dan manusia paling dicari di One Piece, Monkey D. Dragon adalah kakek dan ayah Luffy. Tetapi saat ini masih belum terpecahkan siapa sosok ibu dari Luffy ini.

Ketahanan terhadap Racun

https://www.cbr.com/

Kemampuan ini awalnya tidak diharapkan hadir dalam diri Luffy oleh para penggemar. Karena setiap lawan yang Luffy hadapi jarang ada yang memiliki kemampuan mengeluarkan racun. Sampai pada arc Impel Down dimana dia harus bertarung melawan Magellan yang punya kekuatan buah iblis Doku Doku no Mi. Untungnya ia diselamatkan oleh Empero Ivankov yang punya kemampuan menyuntikkan hormon dan antibodi. Saat ini, Luffy lebih kuat dalam menghadapi efek racun yang dikeluarkan lawannya sehingga mampu melawan lebih lama lagi.

Haki

https://www.cbr.com/

Haki adalah salah satu kekuatan super yang ada dalam anime ini. Konsep Haki baru dimunculkan dan diperkenalkan di sepertiga jalan cerita One Piece. Hal ini terlihat dalam adegan Shanks melawan monster laut yang menyerangnya di awal episode. Dari sinilah mulai diperlihatkan bahwa Luffy juga memiliki kekuatan super ini. Ia pun belum mampu menggunakannya dengan baik sampai pada akhirnya Sylvers Rayleigh muncul dan mengajari Luffy cara mengendalikan kemampuannya tersebut.

Gears

https://www.cbr.com/

Satu hal penting yang bisa membuat penggemar baru kaget adalah bagaimana kemampuan Luffy bisa berubah dengan sangat pesat. Hal ini tentu berkaitan dengan kemampuan Gears yang ia miliki. Sama seperti Haki, Gears adalah salah satu sumber kekuatan yang Luffy miliki dalam melawan musuhnya. Sejauh ini, ia baru memiliki empat Gears dimana Gear 4 adalah yang paling kuat diantara semuanya. Masing-masing memiliki kemampuan dan efek yang berbeda, seperti membesarkan badan atau anggota tubuh lainnya. Jika dikombinasikan dengan Haki, kemampuan Gear yang Luffy miliki bisa menjadi salah satu hal yang mengerikan dari Luffy dan sepertinya masih akan terus berkembang seiring dengan berjalannya cerita. 

Referensi:

www.cbr.com/one-piece-luffy-differences-episode

www.greenscene.co.id/2020/03/17/10-perubahan-terbesar-luffy-sepanjang-sejarah-one-piece/2

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: