Deretan Film Inspiratif untuk Bantu Recharge Mood Kamu

Halo Paolars! Menonton film biasanya jadi salah satu hiburan yang sering banyak orang pilih untuk sekedar mengisi waktu luang bahkan bisa jadi sumber menambah wawasan. Banyak sekali genre yang tersedia, cerita yang disajikan juga beragam sesuai keinginan. Tapi apakah saat ini kamu butuh film-film yang bisa menginspirasi hidup kamu supaya lebih baik? Wah pas banget nih, kali ini minpao mau bagiin deretan film inspiratif lokal yang pastinya tetep seru dan menghibur. Yuk dicek!!

Laskar Pelangi (2008)

id.wikipedia.org

Film yang diangkat dari cerita sebuah novel karya Andrea Hirata ini bercerita tentang perjuangan sekelompok anak-anak di sebuah pulau di Belitung dalam mencapai cita-cita mereka yakni menempuh dunia pendidikan. Dikisahkan terdapat 10  anak dari keluarga kecil dan miskin yang bersekolah di sebuah sekolah Muhammadiyah yang penuh dengan keterbatasan. Dibantu oleh dua orang guru bernama Bu Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranagara) kesepuluh anak tersebut dapat tetap bersekolah walau keadaan bisa dibilang tidak begitu membuat nyaman. Namun dengan semangat yang tinggi, keadaan bisa menjadi lebih indah dan kenangan yang terukir pun jadi menyenangkan.

Film ini dipenuhi dengan adegan dan emosi yang beragam. Berfokus pada kesulitan yang anak-anak hadapi, film ini dapat menjadi pilihan bagi anda yang sedang kehilangan motivasi. Pentingnya menghargai kehidupan, perjuangan dalam mencapai sesuatu, serta selalu mengingat akan apa yang Tuhan berikan.

Cahaya dari Timur (2014)

tribunnewswiki.com

Film menginspirasi selanjutnya yaitu film yang diperankan oleh Chicco Jerikho. Chicco berperan sebagai Sani yang diceritakan merupakan mantan pemain tim nasional sepak bola yang beralih profesi menjadi seorang tukang ojek. Pemuda yang berasal dari Ambon ini merasa sedih atas keadaan yang terjadi pada para pemuda di kampungnya yang sering melakukan tawuran. Ia kemudian berinisiatif mengajak mereka melakukan hal positif lain yakni berlatih sepakbola yang kemudian tanpa disangka hal ‘iseng’ ini menjadi berkah setelah berhasil memenangi Kejuaraan Nasional di Jakarta. Namun segala perjalanan yang Sani mulai untuk menjadikan nasib anak-anak tersebut menjadi lebih baik tidaklah mudah. Konflik di antara ia dengan keluarga dan lingkungan serta keluarga anak-anak tersebut mewarnai cerita dalam film ini.

Film arahan Angga Dwimas Sasongko ini memuat banyak nilai yang dapat dicontohkan kepada anak-anak muda Indonesia. Mengangkat kisah nyata yang terjadi pada hidup warga Ambon yang mencekam pada masa kerusuhan yang marak kala itu, film ini menginspirasi untuk dapat membantu mengalihkan trauma dengan hal-hal positif. Selain itu juga seruan untuk jangan pernah takut bermimpi bagi semua kalangan terutama anak-anak serta pentingnya memperkenalkan lingkungan serta budaya Indonesia yang ada agar tetap terlestarikan.

Kartini (2017)

imdb.com

Siapa yang tidak asing dengan tokoh Kartini. Untuk dapat melekatkan kesan akan Kartini pada semua generasi, Hanung Bramantyo menggandeng Dian Sastrowardoyo sebagai sosok Kartini untuk dapat menciptakan film ini. Berlatar pada zaman kolonial, Kartini tumbuh besar dan melihat langsung ibunya sebagai contoh orang yang terbuang di rumahnya sendiri. Hal ini terjadi karena pada masa itu ibunya bukanlah merupakan keturunan ningrat yang membuat ia terpaksa harus menjadi pembantu. Ayah Kartini, Raden Sosroningrat, bahkan tidak dapat menolong banyak. Oleh karena itu, Kartini berjuang untuk dapat menyetarakan hak bagi semua kalangan, baik ningrat maupun bukan.

Melalui film ini serta sosok Ibu Kartini, perempuan diajarkan untuk dapat menjadi pribadi yang cerdas dan pandai. Selain itu juga perempuan harus bisa menjadi mandiri serta berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain. Kemampuan dalam mengeluarkan pendapat serta berani dalam menentukan pilihan juga dapat menjadi nilai positif bagi diri perempuan.

Imperfect (2019)

nusantarapos.co.id

Film menginspirasi kali ini adalah film besutan komika handal, Ernest Prakasa. Mengangkat cerita tentang rasa insecure yang menjadi hal menakutkan bagi banyak orang serta realita body shaming yang masih menjadi masalah serius di lingkungan masyarakat. Rara (Jessica Mila) yang terlahir dengan gen gemuk dan kulit sawo matang warisan dari sang ayah harus menerima perlakuan tidak menyenangkan setiap hari akibat keadaan fisiknya. Berbanding terbalik dengan adiknya, Lulu (Yasmin Napper) yang hidupnya terasa sempurna karena kecantikannya yang diturunkan dari sang ibu. Sebenarnya hal ini sudah tidak terlalu memusingkan bagi Rara, karena pacarnya selalu mendukung ia dalam keadaan apapun. Sampai suatu ketika, saat ia ditawari naik jabatan oleh sang atasan dengan syarat mengubah penampilannya. Hal ini membuat Rara dilema, begitupun kekasih Rara.

Dilihat sekilas, film ini tampak hanya menunjukkan sisi tidak percaya diri dari Rara saja karena penampilannya yang dianggap kurang sesuai dengan standar sosial. Akan tetapi jika dilihat lebih dalam, semua pemeran dalam film ini memiliki sisi insecurity nya tersendiri. Seperti adik Rara, Lulu yang insecure terhadap komentar jelek yang muncul di sosial medianya, pacar Rara, Dika yang takut akan kehilangan Rara jika ia sudah mengubah penampilan, serta sederet ketakutan lain yang dirasakan oleh masing-masing pemeran. Sebagai film akhir tahun, Imperfect melalui tagline populernya yakni “Ubah insecure jadi bersyukur” memberi pengajaran akan pentingnya bersyukur terhadap hal-hal yang dianugerahkan Tuhan kepada kita. Bukan hanya soal fisik, tetapi juga orang-orang sekitar, rejeki dan masih banyak lagi. Selain itu juga pentingnya menjaga lisan ditekankan dalam film ini. Body shaming sungguh perbuatan yang seharusnya dihindari setiap manusia. Apa sesulit itu menghargai seseorang dengan diam dan menghindari omongan tidak baik

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Liputan6.com

Salah satu film menginspirasi satu ini menceritakan tentang Keluarga Narendra (Donny Damara) bersama dengan istri (Susan Bachtiar) dan ketiga anaknya yakni, Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara Aisha) dan Awan (Rachel Amanda). Mereka dikisahkan sebagai keluarga yang harmonis. Namun dibalik keharmonisan tersebut, tersimpan rahasia besar yang mereka pendam. Bermula dari perbedaan perlakuan yang diberikan oleh Narendra kepada ketiga anaknya yang membuat ketiganya merasa tidak nyaman. Berlanjut pada mulai bertumbuhnya ketiga anak Narendra yang mulai beranjak dewasa hingga pada akhirnya timbul konflik yang menjadi awal terbongkarnya rahasia besar masing-masing anggota keluarga.

Film pembuka tahun ini memiliki cerita yang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari dalam sebuah keluarga. Sulitnya mengungkapkan perasaan satu sama lain antar anggota keluarga menjadi salah satu masalah yang kerap ada di banyak keluarga. Namun sebesar apapun masalah yang dimiliki, keluarga adalah ‘rumah’ yang bisa menyambut kita kembali dengan tulus.

Itu dia 5 film menginspirasi yang bisa jadi rekomendasi tontonan buat kamu di weekend ini Paolars. Sesulit apapun masalahmu, yakinlah akan ada jalan keluar dalam menyelesaikannya. Happy watching!

Referensi:

  • https://www.popbela.com/career/inspiration/niken-ari/review-film-imperfect/3
  • https://www.popbela.com/career/inspiration/niken-ari/review-film-nkcthi-kisah-keluarga-manis-yang-sukses-bikin-nangis/5
  • https://www.haibunda.com/moms-life/20181027105159-68-27683/3-pelajaran-untuk-anak-dari-film-cahaya-dari-timur-beta-maluku
  • https://mommiesdaily.com/2017/04/18/membawa-pulang-5-pelajaran-penting-sebagai-perempuan-usai-menonton-film-kartini/
  • https://abylala.wordpress.com/2014/04/29/review-film-laskar-pelangi/

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: