Mengenal genre musik LoFi

Hi Paolars,

pernah gak sih kalian ngerasa butuh musik untuk menemani aktivitas kalian supaya menjadi lebih produktif?  Biasanya musik yang direkomendasikan untuk membantu kalian fokus dalam mengerjakan sesuatu adalah musik klasik, namun gak harus melulu mendengarkan genre musik tersebut agar bisa merasa tenang dan rileks loh!

Ada genre musik yang masih terbilang baru dikalangan permusikan yang dapat membuat diri kalian rileks dan tenang, genre tersebut dinamakan ‘LoFi’ atau merupakan singkatan dari Low Fidelity. Seperti namanya, music LoFi terbentuk dari Instrumen sederhana yang menghasilkan sebuah lagu dengan standar instrument yang rendah.

Rappler.com

Sejarah genre LoFi

Meskipun genre ini sangat ‘In’ akhir-akhir ini, LoFi sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950-an loh! Berawal dari sebuah lagu yang berjudul “My Song” yang disebut sebagai lagu bergenre LoFi pertama di dunia yang diaransemen oleh David Mattis, lagu tersebut memiliki sedikit unsur LoFI didalamnya, lalu akhirnya mencapai tangga lagu teratas pada Billboard R&B chart pada tahun 1952. Namun tak berlangsung lama, music LoFi tidak terlalu diapresiasi dan diminati oleh banyak orang.

Kemudian pada tahun 1980-an, music LoFi pun kembali muncul dari sebuah musik DIY atau Do It Youself. Musik-musik DIY dibuat secara sederhana dan dibuat tanpa bantuan orang banyak. Dengan munculnya konsep DIY inilah, LoFi seringkali dikaitkan dengan musik ‘Rekaman Rumah’ dengan menggunakan peralatan murah dan seadanya. Dengan proses pembuatan yang sederhana itulah menimbulkan kualitas music yang rendah dibandingkan dengan musik-musik hasil rekaman studio. Sejak saat itupun LoFI terus berkembang hingga saat ini semakin eksis dan diminati banyak kalangan anak muda.

Karakteristik Genre LoFi

Reddit.com

Genre LoFi seringkali disebut sebagai musik untuk menemani belajar, hal ini disebabkan karena komponen-komponen yang terdapat pada music LoFi mengandung irama yang mellow, tanpa memiliki lirik dan memiliki beat yang pelan sehingga dapat membantu para pendengarnya menjadi fokus. Selain itu juga terdapat unsur-unsur suara yang nyata yang membuat music LoFi semakin unik, seperti potongan percakapan, suara hujan, suara ombak, suara adukan sendok pada gelas, suara anak-anak yang sedang bermain dan berbagai suara interaksi lainnya. LoFi memiliki berbagai macam jenis, namun pada umumnya LoFi memiliki campuran genre Jazz dan Hip Hop.

Rekomendasi musik LoFi di Spotify ala minpao

·         Habits – Allem Iversom

·         Sun – kudo

·         Sheets – E I S U

·         Under Your Skin – BluntOne, Baen Mow

·         Small Things – softy

·         Wakeup – Altair Blake

·         Sleep Well – SPEECHLESS

·         Fall Vibes – LoFi Waiter

·         Akira – Nathan Kawanishi

·         Reassuring Drops – Jes Nil

·         Ocean – Gradient Island

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Lo-fi_music

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: