Beragam Ciri Khas Natal di Berbagai Negara

Hi Paolars!

Tak terasa kita semua sudah berada di pengunjung tahun nih.. Beberapa hari lagi sebagian umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan hari raya Natal!

Hari raya Natal identik dengan berkumpul bersama keluarga, baik ketika makan malam bersama di malam Natal dan menikmati kegiatan bersama pada hari Natal seperti bertukar kado, berbagi angpao dan menikmati hidangan khas Natal bersama. Kegiatan keluarga pada hari Natal tergantung kepada setiap keluarga masing-masing.

Setiap negara juga memiliki tradisi Natal yang berbeda-beda loh, kali ini minpao mau kasih tahu perbedaan-perbedaan tradisi yang dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari berbagai negara, yuk check it out!

BELGIA

amazingbelgium.be – paulinaontheroad.com – ipanematravels.com – epicurus.com

Perayaan Natal di Negara Belgia sebenarnya masih mengikuti khas negara Jerman, Prancis dan Belanda. Anak-anak dari Belgia dikunjungi oleh 2 Santa, Santa Claus dan St. Nicholas yang dipercayai datang pada hari Natal pertama. Hidangan yang khas di Belgia pada hari Natal biasanya terdiri dari daging rusa, babi hutan dan kelinci. Makanan penutup yang biasa disajikan pada malam Natal adalah Yule Log (kue bolu yang dilapisi krim mentega cokelat dengan bentuk menyerupai kayu). Tak hanya itu, Belgia yang terkenal dengan cokelatnya  juga memproduksi cokelat dengan isian kacang, krim atau liquor untuk edisi Natal.

Pasar Natal pun diadakan disetiap kota besar di Belgia, biasanya pasar natal tersebut diselenggarakan jauh hari sebelum hari Natal, jadi banyak sekali warga Belgia yang mendatangi pasar Natal tersebut untuk berbelanja perlengkapan Natal seperti dekorasi untuk hari Natal, berbagai jenis kado Natal, hingga oleh-oleh khas Belgia. Tak hanya menjual pernak pernik Natal, pasar Natal Belgia juga biasanya menyuguhkan berbagai atraksi atau pertunjukan seperti konser musik, wahana seluncur es, dan lain-lain. 

JEPANG

livejapan.com – timeout.com – japancentre.com – savvytokyo.com

Orang-orang Jepang memilih Fried Chicken dari KFC sebagai makanan spesial di hari Natal. Hal tersebut sudah menjadi tradisi sejak tahun 1970an karena pada tahun 1974 terdapat sebuah kampanye iklan yang disebuah ‘Kentucky for Christmas!’. Dan biasanya mereka membeli Strawberry Shortcake dengan hiasan Santa Claus kecil di atasnya sebagai sajian penutup pada malam Natal. 

Seperti kebanyakan tempat di Eropa, Jepang juga mengadakan pasar Natal dengan khas gaya Eropanya.  Tak ketinggalan dengan tampilan iluminasi cahaya yang sudah menjadi suatu hal biasa pada landmark-landmark terkenal, seperti stasiun Tokyo dan akuarium Kaiyukan. Selain dapat menikmati suasana Natal di sepanjang jalan di beberapa daerah Jepang, orang-orang Jepang juga biasanya menikmati suasana natal di Disneyland karena terdapat sebuah parade Natal yang diadakan di sana setiap bulan Desember. 

SPANYOL

surinenglish.com – acrossa-spain.ea – pinterest.com – bbc.co.uk

Di Negara Spanyol tidak ada Santa Claus, mereka mendapatkan hadiah dari The Three Wise Men dengan julukan Los Reyes Magos yang masing-masingnya bernama Melchior, Caspar, dan Balthazar. Anak-anak Spanyol mengirim surat untuk mereka yang kemudian akan membawakan hadiah untuk anak-anak tersebut. Makanan utama Natal dihidangkan pada malam Natal yang biasanya terdiri dari ham Iberia dan berbagai hidangan laut. Dilengkapi juga dengan kue berbentuk mahkota dengan julukan ‘Kue Raja’ yang memiliki isian krim dan dilengkapi oleh manisan buah diatasnya.

Selain perayaan hari Natal di tanggal 25 Desember, Spanyol juga mengadakan festival dengan menyangkut cerita Natal dengan sebutan Epiphany dimana dalam acar festival tersebut menggambarkan perayaan ketika para raja membawakan hadian untuk bayi Yesus. 

Menjelang hari Natal, kalian akan mendapatkan banyak toko makanan penuh dengan camilan berbahan dasar kacang yang dikenal sebagai turrón dimana makanan tersebut terdiri dari campuran kacang, madu dan telur. Pada beberapa hari setelah Natal, orang-orang Spanyol mengikuti ‘Día de los santos inocentes’ atau yang disebut juga sebagai ‘Day of the Innocent Saints’ dimana orang-orang akan mencoba menipu satu sama lain, seperti April Mopnya Amerika dan Inggris. 

HAWAII

tripster.com – kitv.com – leisuremartini.com – hawaii.edu

Orang-orang Hawai membuat dekorasi pohon Natal dengan menggunakan pohon palem untuk ditaruh diluar rumah. Tak jarang orang-orang Hawaii menghias pohon Natal mereka dengan hiasan bernuansa tropis. Makanan khas Natal di Hawaii berupa nasi ketan dengan babi Kalua, sashimi dan halo halo. 

Di Hawaii, Santa Claus tidak datang dengan mengendarai kereta seluncur dengan rusanya melainkan dengan kano cadik yang ditarik oleh lumba-lumba. Meskipun bulan Desember menginjak musim dingin, suhu di Hawaii sangatlah hangat dan menyenangkan. Bahkan sang Santa berpakaian khas Natal dengan potongan pendek. DIsaat para anak membuat snowman di negara-negara yang mengalami musim dingin, anak-anak Hawaii membuat sandman pada bulan Desember. Dan juga terdapat bunga yang cantik bernama Poisenttia yang mekar dan tumbuh hingga hampir seperti pohon sepanjang bulan Desember. 

NORWEGIA

en.wikipedia.org – wonderbag.ie – saltandlavender.com – norwaynutshell.com

Hiasan pohon Natal yang biasa digunakan oleh orang-orang Norwegia berupa hiasan berbentuk hati bernama ‘Julekurver’ dengan isian berbagai makanan khas Norwegia yang kemudian digantung di pohon. Makanan populer ketika Natal di Norwegia adalah iga babi. Salah satu hidangan penting hari Natalnya yaitu risengrynsgrøt yang merupakan bubur dengan campuran almond rebus, dimana makanan tersebut biasa dihidangkan pada siang hari. 

Acara makan malam Natal biasanya disajikan antara jam 5 hingga jam 8 malam. Beberapa cemilan kue dan biskuit juga populer menjelang Natal, salah satunya adalah Julekake yang mengandung kismis dan kapulaga di dalamnya. Anak-anak kecil biasanya memakan marzipan atau sejenis permen yang terbuat dari gula dan badam yang memiliki rasa pahit dan dibentuk menjadi berbagai macam bentuk seperti buah-buahan, bunga, dan lain-lain, Marzipan juga seringkali dijadikan sebagai isian cokelat. 

Merry Christmas and Happy New Year, Paolars! 🙂

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: