Deretan Band Metal yang dikenal horror

Paolars..

Setiap musisi pasti memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Mereka seringkali menciptakan konsep tersendiri untuk ditampilkan kepada para penggemarnya. Biasanya konsep tersebut tergantung kepada lagu yang akan dibawakan pada performance mereka di atas panggung.

Musisi yang mengusung genre metal dalam musiknya tak jarang juga dikenal oleh aksi-aksi panggungnya yang anti-mainstream dan kontroversial. Pada aksi-aksi ekstrimnya, para band-band metal kerapkali dicap sebagai band horror. Band apa saja sih? Apa aja aksi yang mereka lakukan di atas panggung? Yuk disimak postingan minpao kali ini!

MAYHEM

Metalmofos.com

Merupakan Band Black Metal asal Norwegia yang dibentuk pada tahun 1983. Mayhem bisa dibilang sebagai salah satu band metal yang sering melakukan aksi kontroversial. Mereka seringkali terlibat dalam aksi pembunuhan, bunuh diri, pembakaran gereja, dan tindakan kekerasan lainnya.

Salah satu aksi kontroversial yang terkenal dari Mayhem terjadi pada tahun 1991, dimana sang vokalis lama Mayhem bernama Dead ditemukan mati akibat bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri dan juga ditemukan beberapa luka di pergelangan tangannya dan juga ditemukan surat yang ditulis Dead sebelum kematiannya dengan isi “Excuse all the blood, Cheers” dan juga “The knife was too dull to finish the job so I had to use the shotgun”.

Member Mayhem lain yaitu Euronymous menemukan jasad Dead untuk pertama kali. Alih-alih menelepon polisi, Euronymous malah mengambil gambar penampakan kematian Dead untuk kemudian dijadikan Cover album Mayhem dengan judul ‘Dawn of the Black Hearts’. Tak selesai dengan mengambil foto, Euronymous dikabarkan mengambil serpihan otak dan tengkorak Dead dan mengirimkannya kepada beberapa musisi lain, dan personil band Marduk bernama Evil dikabarkan menerima kiriman bagian otak Dead tersebut.

GORGOROTH

Aminoapps.com

Band Black Metal yang memiliki tampilan menyeramkan ini disebut-sebut sebagai Satanic Band. Band ini memiliki beberapa kontroversi, beberapa diantaranya adalah ketika mereka membuat rekaman konser DVD di Polandia. Pada konser tersebut terjadi pertumpahan 80 L darah domba, kepala binatang yang dipenggal untuk dijadikan pajangan dan empat model yang disalibkan dengan telanjang.

Selain itu, salah satu member Gorgoroth yang paling dikenal, Gaahl yang telah dikenal sebagai seorang homoseksual ini pernah kedapatan telah menganiaya seorang pria paruh baya pada pesta yang diadakan dirumahnya. Pada awalnya Gaahl dan pria tersebut berseteru hingga berakhir dengan tersungkurnya pria tersebut sampai tak sadarkan diri karena dikabarkan telah menerima pukulan dari Gaahl ke bagian belakang kepalanya. Hal ini mengakibatkan Gaahl divonis hukuman tahanan atas aksi penyiksaan.

WATAIN

Nordicmetal.com

Watain merupakan band Black Metal asal Swedia Band ini seringkali menuai banyak kontroversi, dimulai dari kegiatan konser yang melibatkan bangkai hewan dan menumpahkan darah babi pada penontonnya, hingga pandangan mereka terhadap Anti-Kristen dan Satanisme yang terkandung dalam lirik lagu mereka. Para anggotanya dikabarkan kerap membunuh burung merpati dan anjing yang dibeli dari para tunawima sebagai sumber darah yang akan digunakan dalam pertunjukan konser mereka.

Dengan banyaknya kontroversi tersebut, Singapur memutuskan untuk menolak konser mereka disana beberapa jam sebelum acara musik itu dimulai pada tahun 2019 lalu. Kementrian Dalam Negeri Singapur telah sepakat membatalkan konser band black metal tersebut agar tidak mengundang pertentangan dari berbagai sumber.

MARDUK

Nordicmetal.com

Band Black Metal asal Swedia ini seringkali membawakan musik yang bertemakan darah, anti-Kristen, kematian dan Satanisme. Selain itu juga band ini penuh dengan referensi Pro Nazi dimana mereka telah merilis lagu yang diberi nama perwira SS dan Divisi Panzer Jerman.

CANNIBAL CORPSE

Seleb-tempo.co

Cannibal Corpse merupakan band yang berasal dari Amerika dan terbentuk pada tahun 1988. Band ini mungkin tidak memiliki tampilan seram seperti band Death Metal lainnya. Meskipun begitu, band yang memiliki lima member ini disebut-sebut sebagai band yang kontroversial.

Band ini memasukan unsur kejahatan, kekerasan pada manusia dan juga kelainan seksual dalam lagu-lagu mereka. Sampul-sampul album mereka pun dikenal sangat horror karena banyak mengandung tampilan ilustrasi tengkorak, darah dan potongan-potongan tubuh.

Beberapa negara seperti Australia dan Jerman pernah melarang penjualan album Cannibal Corpse karena lagu-lagu mereka dinilai terlalu kontroversial.

CRADLE OF FILTH

Louder.com

Band asal Inggris yang dibentuk pada tahun 1991 ini mengusung banyak genre metal pada lagunya, seperti black metal, gothic metal, symphonic metal  dan lain-lain. Menurut salah satu majalah, band metal yang satu ini merupakan band metal tersukses setelah Iron Maiden. Meksipun begitu, banyak dari penggemar mereka meninggalkan kecintaanya terhadap Cradle of Filth karena dinilai telah menciptakan lagu yang mengandung lirik yang kontroversial.

Band ini dikenal dengan unsur Satanisnya. Bisa dilihat dari tampilan mereka yang menggunakan aksesoris bertemakan Satanisme seperti tanduk kambing, kalung berbentuk bintang terbalik dan banyak lagi yang lainnya. Cradle of Filth juga dikenal akan seringnya pergantian personil mereka. Beberapa orang menganggap bahwa mantan personil Cradle of Filth telah dijadikan tumbal karena keberadaanya tidak terdengar.  

Sumber :

https://supermusic.id/supernews/superbuzz/5-album-rock-kontroversial

Leave A Comment

%d blogger menyukai ini: