Mengenal makanan-makanan khas zaman perang dari berbagai negara

Paolars..

Makanan yang biasa kita nikmati sehari-hari merupakan anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri di setiap harinya. Dengan memakan makanan yang lezat mengartikan bahwa kita masih bisa menikmati nimat Tuhan yang sudah Ia berikan.

Apakah kalian pernah membayangkan jika makanan-makanan yang kalian makan di keseharian itu sulit untuk didapatkan? Mungkin beberapa diantara kalian sedang merasakannya saat ini karena dampak pandemi yang tak kunjung usai..

Tapi Paolars.. pada zaman perang dulu, orang-orang bisa sangat kreatif untuk menciptakan makanan yang sederhana namun tetap lezat loh! Yuk di simak sampai akhir makanan apa saja dan dari mana makanan tersebut berasal 😊

Nasi Jagung – Indonesia

Food.detik.com

Makanan khas perang yang pertama berasal dari negeri kita sendiri nih Paolars..

Nah.. makanan ini adalah Nasi Jagung. Nasi jagung merupakan makanan pengganti nasi beras tetapi meskipun namanya nasi, makanan ini sama sekali tidak berasal dari beras ataupun campuran beras. Nasi jagung terbuat dari jagung yang diolah dengan cara ditumbuk. Jagung yang dipakai pada makanan yang sering disebut juga dengan nasi ampok ini adalah jagung yang sudah tua atau bisa disebut juga sebagai jagung pipil. Para masyarakat Indonesia kala perang memakan nasi jagung karena dinilai memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti Vitamin B1, B6, A, B12, C dan E. Selain itu juga nasi jagung mengandung mineral dan serat yang bagus, sehingga masyarakat Indonesia memilih makanan ini agar kuat melawan penjajah.

Budae Jjigae – Korea Selatan

Sbs.com.au

Makanan yang satu ini bisa dibilang salah satu makanan Korea terkenal di seluruh dunia loh Paolars.. Budae Jjigae atau yang disebut juga sebagai Army Base Stew ini diciptakan oleh rakyat Korea Selatan yang kala itu sedang merasakan kemiskinan dan kelaparan akibat perang.

Pada awalnya rakyat Korea Selatan ini mengambil sisa-sisa bahan makanan yang dimiliki oleh tantara Amerika di pangkalan militer Amerika. Sisa-sisa makanan tersebut berupa keju dan makanan kalengan seperti Spam dan juga ham. Mereka kemudian mencampurkan sisa-sisa bahan makanan tersebut dengan bahan-bahan makanan Korea yang mereka miliki dan juga Gochujang menjadi makanan berkuah yang dimasak di dalam panci. Campuran antara bahan Amerika dan Korea ini tanpa disangka menghasilkan cita rasa yang luar biasa, dan hingga saat ini makanan ini masih digemari oleh rakyat Korea Selatan.

Hoto – Jepang

Ja.m.wikipedia.org

Hoto merupakan makanan yang berasal dari Yamanashi, Jepang. Makanan terdiri dari mie yang lebar dan tipis dengan dicampuri dengan sayur-sayuran juga berbagai toping dan disajikan didalam hot pot. Sup yang terdiri dari kuah miso ini disebut sebagai pengganti nasi yang mulai langka pada zaman Perang Dunia II. Makanan ini dinilai bergizi dan juga mengenyangkan, sehingga cocok untuk orang-orang yang sedang dilanda perang.

Potato Pastry – Inggris

Kirbiecravings.com

Makanan khas Inggris ini pada tercipta saat Perang Dunia II. Makanan yang berbahan dasar kentang ini pada mulanya dibuat oleh para orang Inggris yang menyukai makanan manis kala itu. Namun sayangnya pada Perang Dunia II ini bahan-bahan baku seperti mentega, terigu dan telur sangat susah untuk didapatkan. Pemerintah Inggris memutuskan kepada para rakyat Inggris untuk mengolah kentang menjadi berbagai jenis makanan karena kentang dinilai mudah tumbuh dimana saja sehingga mudah untuk didapatkan.

Eggless Mayonnaise – Amerika

Feenix.co.in

Eggless Mayonnaise merupakan makanan alternatif yang dibuat oleh rakyat Inggris pada zaman Perang Dunia II. Orang Inggris suka memakan Mayonnaise sebagai saus dan salah satu bahannya menggunakan telur. Namun pada saat Perang Dunia II, telur menjadi makanan yang dijatah di Inggris. Sehingga para rakyat Inggris memikirkan alternatif penggantinya dengan Mayonnaise tanpa telur. Pada dasarnya Eggless Mayonnaise ini terbuat dari kentang rebus, mustard, minyak salad, garam dan cuka. Karena makanan ini tidak mengandung bahan dasar dari hewan, maka makanan ini seringkali disebut sebagai Vegan Mayonnaise. Boleh dicoba tuh untuk kalian yang ingin diet!

Kulesh – Rusia

123rf.com

Kulesh merupakan makanan yang disebut-sebut sebagai makanan pejuang. Makanan ini menjadi makanan pokok untuk para tantara Uni Soviet pada zaman Perang Dunia II. Kulesh dapat dimasak dengan mudah di atas api terbuka, sehingga ini memudahkan para tentara dalam keadaan perang. Makanan ini memiliki bahan dasar Millet atau biji-bijian yang biasanya tumbuh di negara yang hangat. Selain Millet, bahan lain yang digunakan untuk membuat Kulesh adalah kentang, wortel, daging ham, telur dan minyak zaitun. Kulesh dihidangkan secara hangat lebih nikmat.

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: