Perbedaan krayon dengan pastel


“Krayon itu untuk mewarnai, pastel itu warna” gak salah sih, tapi pastel yang dimaksud disini adalah oil pastel. Masih banyak yang beranggapan Oil pastel itu sama dengan crayon / krayon karena bentuknya dan cara pemakaiannya yang hampir sama. Tetapi ternyata banyak sekali perbedaan dari crayon dengan oil pastel.

Perbedaan crayon dengan oil pastel terutama terletak dari bahan pembuatnya. Crayon dibuat dengan menggunakan wax / lilin sedangkan oil pastel dibuat dengan bahan minyak yaitu non drying oil dan wax binder atau pengikat lilin.

Sedangkan untuk cara pengaplikasian atau pemakaiannya crayon lebih cenderung tebal, keras, dan lebih sulit melakukan blending warna. Kamu harus sedikit mengeluarkan tenaga ekstra jika memakai crayon sebagai media mewarnai karena sifatnya yang cenderung keras ini. Sisi baiknya, crayon tidak akan menghasilkan debu yang banyak saat dipakai.

Berbanding terbalik dengan oil pastel, oil pastel memiliki sifat yang lebih lembut dan creamy. Kamu tidak harus menekan kuat kuat jika memakai oil pastel untuk mewarnai. Dibandingkan dengan memakai crayon, kamu akan dengan mudah melakukan blending warna, layering, shading dengan menggunakan oil pastel. Dikarenakan sifatnya yang lebih soft, oil pastel akan lebih mudah mengotori tangan kamu. Oil pastel dapat dipakai kering seperti crayon atau basah dengan menggunakan media minyak untuk mencairkannya.

Perbedaan yang cukup jelas dari fisiknya, crayon lebih shiny dan glossy, sedangkan oil pastel lebih matte.

Berikut adalah contoh produk crayon dan oil pastel :

CRAYON

OIL PASTEL

Oil pastel lebih mudah diaplikasikan di berbagai macam permukaan seperti kertas, kanvas, kaca, kayu, batu, bahan metal. Sedangkan Crayon hanya bisa kamu aplikasikan di kertas.

Selera seorang artist dalam memakai suatu alat berbeda, beberapa orang lebih suka dengan crayon dan lainnya memilih oil pastel. Pada dasarnya oil pastel lebih mudah untuk dipakai mewarnai dan menghasilkan hasil yang lebih realistik dan menambahkan tekstur seperti 3d, sedangkan krayon akan membantu kamu untuk membuat detail detail karena teksturnya yang solid.

That’s it, itu saja perbedaan dari crayon dan oil pastel, semoga membantu kamu dalam memilih media mewarnai yang pas untuk style kamu. Bye and have a colorful day! 🙂

Oh iya satu lagi kamu bisa menemui produk produk tersebut di web kita loh..
langsung klik aja : https://www.paola.id/products?q=crayon
dijamin murah dan ori!

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: