Karakteristik fandom K-pop, apakah kamu termasuk salah satunya?

Hi Paolars!

Apakah kalian bagian dari pecinta K-pop? 😀

Seperti yang sudah kita tahu bahwa K-pop kini sudah berhasil mendominasi dunia. Bahkan di Indonesia sendiri penggemar K-pop atau yang lebih dikenal sebagai K-popers ini memiliki jumlah yang luar biasa banyak lho..

Di dalam industri K-pop terdapat sebuah istilah bernama ‘fandom’ yang mana merupakan kumpulan para penggemar grup idol tertentu. Para anggota fandom K-pop ini pada umumnya berasal dari kalangan remaja, tapi tak jarang jika ada yang berasal dari kalangan anak-anak atau bahkan orang tua.

Para fandom K-pop ini ­biasanya sangat suportif kepada sang Idol, mereka rela menguras tenaga, waktu dan uang untuk mendukung para Idol. Mereka juga memiliki fanchant atau yel-yel yang biasanya dipakai untuk menyemangati sang Idol ketika perform sambal mengangkat lightstick sebagai identitas fandom.

Nah kali ini minpao mau sharing beberapa ciri khas yang dimiliki oleh beberapa fandom yang bisa dibilang memiliki banyak anggota. Yuk di simak! 😉

ARMY

Sumber gambar : redbubble.com

ARMY adalah julukan dari fandom BTS atau yang juga dikenal sebagai Bangtan Boys. ARMY sendiri memiliki kepanjangan Adorable Representative for M.C Youth, MC yang dimaksud disini merupakan istilah lain untuk menyebut rapper. Jadi ARMY berarti rapper yang mewakili generasi muda.Saat ini ARMY merupakan fandom terbesar di seluruh dunia, wow!

KarakteristikARMY :

  • Warna khas fandom   : Ungu
  • Fanchant                     : “Kim Namjoon! Kim Seokjin! Min Yoongi! Jung Hoseok! Park Jimin!  Kim Taehyung! Jeon Jungkook! BTS!”
  • Lightstick                     : ARMY Bomb
  • Logo                            : Memiliki logo yang hampir sama dengan sang Idol yang mana jika digabungkan kedua logo tersebut akan membentuk sebuah shield dengan artian bahwa ARMY dan BTS akan sama-sama melindungi satu sama lain.
  • Ciri khas lainnya         : Gemar mengoleksi merchandise BT21 yang merupakan karakter yang dibuat oleh member BTS. Karakter BT21 ini sangat terkenal bahkan diluar kalangan fandom K-pop loh. Selain itu ARMY juga seringkali melakukan galang dana untuk kegiatan positif seperti penghijauan, menyumbang ke sekolah-sekolah, menyumbang untuk pasien COVID-19 dan masih banyak yang lainnya.. Patut dicontoh!

Loox.io | Instagram.com/kthcollector | Instagram.com/95psyche | jullie.travel.eroim.com

NCTZEN

Sumber gambar : knetizen.com

NCTzen merupakan julukan resmi untuk fandom NCT (Neo Culture Technology). NCTzen memiliki kepanjangan NCT citizen dengan artian bahwa seluruh anggota fandom ini merupakan penduduk, jadi bisa dibilang NCTzen merupakan bagian penduduk dari sang pemimpin, NCT.

Karakteristik NCTzen :

  • Warna khas fandom               : Hijau
  • Fanchant                                 : “Taeil.. Johnny.. Taeyong.. Yuta.. Kun.. Doyoung.. Ten.. Jaehyun.. WinWin.. Jungwoo.. Lucas.. Mark.. Xiaojun.. Hendery.. Renjun.. Jeno.. Haechan.. Jaemin.. YangYang.. Chenle.. Jisung.. Shotaro.. Sungchan”
  • Lightstick                                 : Adudubong
  • Ciri khas lain                           : Dengan banyaknya member yang tergabung dalam NCT, NCTzen biasanya tidak akan pernah kehabisan topik pembicaraan mengenai para Idolnya. Meskipun Idol yang mereka dukung berjumlah 23, tapi seringkali para NCTzen mengaku pernah ‘oleng’ ke salah satu personil bernama Mark.

Kpopletsgo.store | weheartit.com/peachy_jae_ | Instagram.com/tqalondon | wattpad.com/najaeminNCT13

CARAT

Sumber gambar : redbubble.com

CARAT merupakan nama fandom dari Seventeen. Nama CARAT ini diambil dari salah satu lagu Seventeen yang berjudul ‘Shining Diamond’ dengan artian bahwa sebuah permata akan berkilau karena adanya karat. Sebelum resmi dengan nama CARAT, Seventeen juga memberikan kesempatan voting dengan pilihan nama fandom Tinkerbell, Same dan Wish. CARAT dalam bahasa Korea memiliki pronounciation yang hampir sama dengan Carrot atau wortel, maka dari itu kebanyakan dari para CARAT juga seringkali mengoleksi hal yang berbau wortel.

Karakteristik fandom CARAT

  • Warna fandom                        : Rose Quartz & Serenity
  • Fanchant                                 : “Choi Seungchol! Yoon Jeonghan! Hong Jisoo! Moon Junhui! Kwon Soonyoung! Jeon Wonwoo! Lee Jihoon! Lee Seokmin! Kim Mingyu! Seo Myeongho! Boo Seungkwan! Choi Hansol! Lee Chan! Say the name, Seventeen!”
  • Lightstick                                 : Caratbong
  • Logo                                        : Memiliki logo permata/diamond sebagai bentuk representasi dari nama fandomnya.
  • Ciri khas lain                           : Karena ke-13 member Seventeen memiliki visual yang luar biasa, seringkali para CARAT mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat memilih salah satu member untuk digemari “sering oleng kesana kemari” katanya. Para CARAT pun memiliki selera humor yang sama seperti sang Idol, tak jarang dari mereka mengatakan bahwa mereka bukan menggemari sebuah Idol melainkan pelawak. Kebanyakan dari mereka berbakat dalam bernyanyi dan menari, ini dikarenakan mereka terinspirasi dari sang Idol yang merupakan self-produced idol atau bisa berarti Idol yang memproduksi musik, lirik, koreografi atau bahkan konsepnya sendiri.

Imgur.com | Instagram.com/xwonwoo | twitter.com/fairywons | pinterest.com/oliveiramaria38182

ONCE

Sumber gambar : twitter.com/jypetwice

Grup Idol TWICE memiliki fandom dengan mana ONCE. Makna dari kata ONCE ini ada hubungannya dengan nama sang Idol yang mana ketika kalian ‘sekali’nya kalian masuk ke dalam fandom ini, kalian akan mendapatkan cinta sebanyak ‘dua kali’ lipat dari sang Idol. Menarik ya!

Karakteristik fandom ONCE :

  • Warna fandom            : Apricot & Neon Magenta
  • Fanchant                     : “Im Nayeon! Yoo Jeongyeon! Momo jjang! Sana jjang! Park Jihyo! Mina jjang! Kim Dahyun! Son Chaeyoung! Chou Tzuyu! One in a million! sesangaedan, hanabbunin, teu-wa-ai-seu”
  • Lightstick                     : Candy Bong
  • Logo                            : Fandom ONCE memiliki logo berbentuk lollipop yang memberikan kesan feminim dengan adanya kolaborasi warna official mereka.
  • Ciri khas lain               : Didalam fandom ONCE terdapat dominan fans lelaki dan anak-anak, hal ini dikarenakan TWICE memiliki member dengan visual cantik, imut dan menggemaskan.

pinterest.com/azaliamaritza196 | pinterest.com/thesejin | pinterest.com/nassteaa | pinterest.com/cynthiathach

BUDDY

Sumber gambar : kindpng.com

Buddy merupakan julukan fandom dari grup idol Gfriend. Gfriend memilih nama Buddy untuk pada fansnya karena memiliki arti ‘teman’ dimana Gfriend menganggap para fansnya sebagai teman yang selalu ada untuk mereka.

Karakteristik fandom Buddy :

  • Warna fandom                        : Cloud Dancer, Scuba Blue & Ultra Violet
  • Fanchant                                 : “Kim So Jung, Jung Yerin, Jung Eunbi, Choi Yuna, Hwang Eunbi, Kim Yewon, Yeojachingu!
  • Lightstick                                 : Glass Marble
  • Ciri khas lainnya                     : Fandom Buddy dikenal menjadi fandom yang jarang mengikuti perang antar fandom. Mereka sangat solid. Bahkan ketika Gfriend mengadakan konser di Indonesia, para Buddy merubah fanchant lagu Gfriend sehingga membuat semua personil Gfriend terkesan.

Kpopmap.com | Instagram.com/taicihi.umumumji | Instagram.com/_.hugfriend._ | twitter.com/risegfriend

REVELUV

Sumber gambar : grid.id

Grup Idol Red Velvet memilih nama ReVeluv untuk para penggemarnya. Kata ReVeluv merupakan gabungan antara kata ‘Red Velvet’ dengan ‘Love’, yang berarti para penggemar akan selalu mendapatkan cinta dari Red Velvet dan sebaliknya.

Karakteristik fandom ReVeluv :

  • Warna fandom                        : Pastel Coral
  • Fanchant                                 : “Bae Joo Hyun, Kang Seulgi, Son Seungwan, Park Sooyoung, Kim Yerim, Redeu bel bet!”
  • Lightstick                                 : Kim Man Bong
  • Ciri khas lainnya                     : Sama seperti Buddy, fandom ReVeluv juga sangat terkenal sebagai fandom yang paling ‘adem’, jarang melakukan perang antar fandom.

Altselection.com | pinterest.com/joycieSV | pinterest.com/kyphucxuandao0561 | pinterest.com/sanamodel

Paolars, menjadikan K-pop Idol sebagai panutan kalian gak melulu memberikan dampak negatif kok, banyak dari mereka yang berkumpul dan mengadakan kegiatan sosial yang juga berpengaruh positif untuk orang lain.. Hal-hal seperti itu perlu kita contoh nih!

Jika kalian K-popers, dari ke-6 fandom yang minpao sebut di atas kalian termasuk ke fandom yang mana nih?

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: