Tempat-tempat di berbagai negara ini memiliki kisah sejarah, Indonesia salah satunya!

Tempat-tempat di berbagai negara ini memiliki kisah sejarah, Indonesia salah satunya!

Hi Paolars!

Mengunjungi tempat wisata merupakan kegiatan yang mengasyikan bukan? Apalagi jika tempat wisata tersebut menyuguhi pemandangan yang menawan.

Tapi paolars, pemandangan indah yang disuguhkan oleh tempat-tempat wisata itu tak jarang memiliki kisah sejarah di baliknya loh. Beberapa tempat berhasil menjadi perekam kejadian romantis, mengharukan hingga kelam dan berhasil memunculkan aura mistis.

Kali ini minpao mau ajak kalian untuk mendapatkan informasi tempat-tempat di dunia yang mempunyai kisah sejarah menarik, yuk disimak.. Siapa tau kalian tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut setelah pandemi berakhir! 😉

  • Hiroshima Peace Memorial Park – Jepang
Japan-experience.com

Mendengar kata Hiroshima pasti kalian sudah nggak asing lagi kan Paolars? Yup, Tempat ini merupakan saksi ketika Hiroshima diserang oleh Amerika Serikat dengan cara menjatuhkan bom atom sehingga kota Hiroshima menjadi lautan api pada tahun 1945.

Ketika kalian berkunjung ke Hiroshima Peace Memorial Park, kalian akan mendapati  kubah bom atom sebagai bentuk monumen dari peristiwa tersebut, selain Itu kalian juga akan melihat sisa-sisa kerangka bangunan lemari yang saat peristiwa tersebut terjadi berhasil terselamatkan dan menjadi jejak sejarah bagi kota tersebut.

  • Red Square Moskow – Rusia
getyourguide.co.uk

Tempat ini disebut Red Square karena berasal dari kata ‘Krasnaya’ yang memiliki arti Keindahan atau Merah. Tetapi selain berasal dari kata tersebut, memang warna dari bangunan itu sendiri berwarna merah, warna merah tersebut berasal dari batu bata yang melekat pada bangunannya. Red Square menjadi bangunan bersejarah karena memiliki kaitan dengan hal-hal atau peristiwa-peristiwa pada abad ke-13.

Tempat ini pun dulu sering dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul, merayakan sesuatu, dan bahkan menjadi tempat untuk melihat para tahanan penjara dihukum.

Terdapat banyak makam tokoh-tokoh penting di luar area Red Square, selain itu kalian juga dapat melihat mayat dari seorang Raja Vladimir Lenin yang sudah diawetkan dari tahun 1924.

  • Alcatraz – Amerika
Mercurynews.com

Alcatraz merupakan pulau yang dulu pernah dijadikan penjara yang berisikan tahanan-tahanan kelas berat. Bagaikan Nusa Kambangannya Indonesia. Penjara ini ditutup lantaran dikabarkan memiliki biaya ng cukup besar untuk perawatan dan pemeliharaan penjara. Penjara ini juga dikenal sebagai “The Rock” yang berarti penjara ini berdiri di atas sebuah pulau karang.

Di penjara ini tidak ada tahanan yang bisa kabur, tidak lain karena penjara tersebut memiliki penjagaan yang ketat dan juga letaknya yang di atas pulau membuat para tahanan yang mencoba melewati laut tersebut akan menyerah di tengah jalan.

  • Jomblang Cave – Indonesia
Goa-jomblang.com

Memiliki pemandangan yang sangat indah bak cahaya surga, goa Jomblang yang terletak di Yogyakarta ini merupakan tempat wisata yang tenyata memiliki sejarah kelam loh, paolars.. Di zaman dulu, goa ini pernah dijadikan sebagai tempat untuk membantai ratusan orang yang dituduh sebagai pengikut Partai Komunis Indonesia atau PKI. Mereka dikabarkan dibunuh dengan cara dijejerkan di bibir goa, lalu tangan mereka diikat satu sama lain sehingga ketika ada satu orang yang tertembak maka yang lain pun akan ikut jatuh ke dalam goa tersebut. Dengan adanya kisah sejarah ini, orang-orang percaya bahwa goa ini tak hanya menyuguhkan keindahan saja tetapi juga menyimpan kisah horror di balik kejadian pilu tersebut.

  • Battlebox – Singapura
Traveller.com.au

Battlebox merupakan tempat bersejarah dimana tempat tersebut dulu pernah dijadikan sebagai bunker anti-bom oleh Markas Besar Inggris Komando Malaya dalam perang dunia II. Di dalam tempat ini pula keputusan-keputusan penting di buat. Salah satunya adalah ketika Inggris menyerahkan Singapura ke tangan Jepang pada tahun 1942. Di samping kisah sejarahnya, tempat ini memiliki struktur bangunan yang unik ya, paolars..

  • Terracotta Army – China
Thoughtco.com

Tentara Terracotta merupakan situs yang terdiri dari sekumpulan patung tantara terracotta dimana patung-patung tersebut merupakan gambaran dari pasukan tantara kaisar Qin Shi Huang di tahun 259-210. Patung-patung ini ditemukan  secara tidak sengaja oleh seorang petani pada tahun 1974 yang mana para patung tersebut terkubur sedalam 7 m. Patung-patung ini pun merupakan hasil dari perintah kaisar Qin Shi Huang pada saat ia membangun makamnya.

  • Dohány Street Synagogue – Hungaria
Dailynewshungary.com

Tempat bersejarah ini merupakan pusat ajaran Neolog Yudaisme dan juga tempat ibadah terbesar bagi umat Yahudi. Di dalam tempat ini terdapat berbagai macam hal yang berkaitan dengan agama Yahudi seperti Museum, Pemakaman dan juga terdapat monumen peringatan Holocaust. Paolars yang berkunjung kesini dijamin gak akan bosen deh! Selain karena dapat memperoleh wawasan tentang agama Yahudi, kalian juga akan disuguhkan oleh keindahan bangunan dan jejak sejarah dari tempat ini loh..

Bagi paolars yang udah menanti-nanti liburan, yuk masukin tempat-tempat di atas ke dalam wishlist liburan kalian, selain dapat memanjakan mata dan pikiran, kalian juga akan mendapatkan banyak ilmu dari kisah-kisah sejarah yang ada di tempat tersebut 😉

Sumber :

https://explorerguidebook.blogspot.com/2014/05/patung-tentara-terracotta-army-warrior-di-xian-cina.html
https://singaporeguidebook.com/2018/10/03/mengunjungi-bangunan-bersejarah-di-singapura/

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: