Mengenal sejarah K-Pop hingga akhirnya mendunia

Halo Paolars!
Siapa sih yang gak tau K-pop? Sepertinya semua warga Indonesia dari berbagai kalangan sudah tahu K-pop ya.. Dan pasti banyak di antara para Paolars yang juga menyukai K-pop kan?
Tapi sebenarnya kalian tahu gak sih bagaimana sejarah K-pop hingga akhirnya bisa sangat di sukai oleh banyak orang hingga mendunia? Kalian perlu tahu nih sejarah dari Industri yang satu ini. Untuk mengetahui sejarahnya yuk simak postingan minpao kali ini! 😉

twitter.com

Mengenal arti K-Pop
Paolars, bagi kalian yang masih belum tahu pasti, K-Pop merupakan singkatan dari Korean Pop atau Musik Pop Korea. K-pop telah di kenal oleh banyak kalangan di seluruh dunia. Yang membuat K-Pop di kenal oleh banyak kalangan ialah karena Industri K-Pop identik dengan Idol Group yang membawakan musik pop yang enerjik dan juga seringkali di iringi dengan tarian. Selain itu para anggtoa Idol Group K-Pop memiliki ciri fisik yang menarik dan juga berbakat. Inilah yang menjadi alasan bahwa banyak sekali anak muda yang menyukai Industri ini.
Apa itu K-Popers?
K-Popers adalah julukan untuk orang-orang pecinta K-Pop. Para K-Popers pada umumnya memiliki umur sekitar 13-20 tahun. Mereka tidak hanya menikmati musik K-pop tapi juga mencintai setiap karakter dari Idol Group K-Pop. Selain karena menjadikan musik K-Pop sebagai penyemangat dalam beraktivitas, mereka juga rela menyisihkan waktunya untuk mendukung para Idol kesayangan mereka lewat berbagai forum media sosial.
Cara yang biasa para K-popers lakukan untuk mendukung para Idolanya bisa dengan cara streaming lagu dan video para Idol, membeli merchandise sang Idol, memberikan vote untuk sebuah acara, membeli album atau datang ke konser dan fanmeeting. Para K-Popers biasanya rela berkorban untuk para Idolanya agar sang Idol dapat makin di kenal oleh banyak orang, bagi mereka hal ini adalah kepuasan tersendiri loh, Paolars..

Sejarah K-Pop hingga akhirnya mendunia
Awal mula munculnya aliran Pop di negara Korea merupakan pengaruh dari negara Jepang dengan aliran musiknya yang di sebut sebagai J-Pop pada sekitar tahun 1930-an. Namun hal ini tidak langsung memunculkan Pop di negara Korea menjadi terkenal.
Di tahun 1950-an mulai banyak anak muda yang terpengaruh oleh gaya hidup Amerika, dari sini aliran musik Pop Korea mulain menciptakan music yang lebih ringan dari musik-musik sebelumnya. Sekitar tahun 1989, seorang mantan penyanyi folk dan rock bernama Lee Soo Man membangun sebuah studio yang dinamakan SM Studio yang kemudian mengubahnya menjadi SM Entertainment.
Lee Soo Man lalu mendebutkan Idol Group pertamanya dengan terinspirasi dari konsep Seo Taiji and Boys yang merupakan sebuah grup beranggotakan 3 orang dimana mereka disebut-sebut sebagai awal dari K-Pop karena berhasil menghibur banyak penonton. Idol Group pertama yang di debutkan oleh Lee Soo Man adalah HOT (High Five of Teenagers) yang kemudian di susul dengan debutnya SES yang merupakan singkatan dari Sea, Eugene dan Shoo, para anggotanya.
Bisa di bilang SM Entertainment lah yang membuat musik K-Pop meledak dimana HOT dan SES lah yang menjadi bintang utamanya kala itu. Tak hanya di Korea, K-Pop mulai dikenal di beberapa negara di Asia. Musik yang mendominasi K-Pop sendiri terdiri dari Instrumen Gitar, Bass, Drum, Synthesizer, Sekuenser, Turntable, Sampler, Keyboard, Flute dan Grand Piano.
Kemudian pada awal era 2000an, beberapa Idol Group yang berdiri di bawah naungan SM Entertainment berhasil merintis kepopuleran mereka, diantaraya adalah BoA, TVXQ, Super Junior, Girls’ Generation ,f(x), EXO, Red Velvet dan NCT.
Banyaknya Idol Group yang suksed dikenal oleh banyak orang membuat K-pop terus menerus melahirkan generasi Idol Group baru. Selain sukses mendominasi industri musik dunia, kelahiran generasi Idol Group baru di lakukan untuk menyesuaikan generasi anak muda yang terus menerus berganti. Seiring berjalannya waktu, para anggota Idol Group tentunya akan terus menua, sama halnya dengan penggemarnya. Oleh karena itu Industri K-Pop akan selalu melahirkan Idol Group baru untuk menyesuaikan generasi manusia. Idol Group yang mendominasi era sekarang antara lain BTS, NCT, Red Velvet, TWICE, Seventeen, GFriend, ITZY, Treasure, Blackpink, dan Ateez.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/K-pop
https://tirto.id/legenda-di-balik-penciptaan-k-pop-ctX4

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: