Masker Scuba di larang? Ini alasannya!

Halo Paolars!

Pandemi virus corona kini telah semakin menyebar luas. Sudah banyak sekali warga Indonesia yang tumbang akibat terkena wabah mengerikan ini. Dengan adanya pandemi virus corona kita semua di wajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah di perintahkan. Menggunakan masker dan sering mencuci tangan adalah hal yang wajib di turuti oleh semua kalangan karena cara ini merupakan cara yang paling tepat untuk mencegah terpaparnya virus corona.

Tetapi kita tidak bisa sembarangan memilih bahan masker untuk di pakai. Banyak sekali masker yang masih sering orang pakai tetapi kenyataanya tidak efektif dalam mencegah dari paparan virus. Salah satunya adalah Masker Scuba. Masker yang satu ini menjadi opsi untuk di pakai banyak orang. Selain harganya murah, masker ini juga sangat mudah untuk di dapatkan.

Hikenrun.com

Kemenkes juga sudah melarang para warga untuk tidak memakai masker scuba loh Paolars.. Sebenarnya apa sih yang membuat masker ini gak boleh untuk di pakai?

  • Meskipun masker ini tebal, tetapi nyatanya masker ini memiliki pori-pori yang besar. Jadi percikan dahak dan liur masih tetap bisa menembus masker.
  • Hanya memiliki satu lapisan yang tentunya sangat tidak efektif dalam menghalau virus.
  • Menurut PT KCI masker scuba hanya memiliki efektifitas sebesar 0%-5% saja.

Dengan alasan-alasan di atas tentu saja kita semua perlu memulai untuk stop penggunaan masker scuba. Meskipun banyak sekali pedagang yang menjual masker jenis ini, tetapi tetap saja kita harus tegas dalam mencegah diri kita dari paparan virus ya Paolars..

Jadi apa aja sih masker yang layak untuk di pakai?

Masker yang layak di pakai untuk pencegahan  infeksi virus antara lain :

  • Disposable Mask
Homedepot.com

Masker yang satu ini sering juga disebut sebagai Surgical Mask atau masker bedah. Masker jenis ini biasanya terdiri dari 2 ply dan 3 ply. Masker bedah 3 ply merupakan masker yang lebih efektif menyaring droplet yang keluar dari hidung atau mulut penderita virus corona. Masker ini hanya untuk sekali pakai ya Paolars, tidak bisa di cuci.

Efektivitas menurut PT KCI : 80%-95%

  • N95 Mask
Buxibo.com

Masker N95 ini memiliki tingkat keefektifitasan yang lebih tinggi di banding dengan masker bedah karena masker ini tidak hanya dapat menyaring percikan-percikan air liur saja melainkan dapat menyaring partikel udara yang mengandung virus. Meskipun begitu, masker N95 kurang cocok untuk di pakai untuk sehari-hari nih Paolars, karena masker ini ketat dan sedikit membuat pemakai sulit untuk bernapas.

Efektivitas menurut PT KCI : 95%-100%

  • Reusable Cloth Mask
Popsugar.com

Disebut juga sebagai masker kain. Masker kain yang di maksud adalah masker kain yang memiliki minimal 2 lapisan dan memiliki ketahanan air pada lapisan luarnya. Caral lain untuk menguji masker kain yang kalian punya efektif dalam mencegah virus atau tidak, pakailah masker kain kalian dan nyalakan lilin, lalu tiup lilin tersebut. Jika lilin yang kalian tiup mati, maka kemungkinan masker kalian tidak efektif dalam menghalau virus.

Efektivitas menurut PT KCI : 50%-70%

Yuk paolars mulai maksimalkan diri kita dalam pencegahan wabah virus corona ini 😊

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: