Berencana ke luar negeri? Yuk pahami peraturan unik yang ada di beberapa negara ini!

Halo Paolars..

Lagi pandemi seperti ini rasanya pengen banget liburan dan cari hal baru gak sih?

Beberapa dari kalian mungkin sudah berencana untuk pergi refreshing dan menjadwalkan acara liburan kalian, tapi sayang sekali dengan adanya pandemi yang kini sudah tersebar di seluruh dunia mengharuskan kita untuk tetap berada didalam rumah agar aman dari penyebaran virus dan mengurangi angka kenaikan kasus COVID-19.

Meskipun demikian, kalian tidak perlu terlalu bersedih dengan keadaan ini ya Paolars, kita semua harus tetap semangat dan melakukan hal-hal menyenangkan di rumah!

Jadi paolars, sembari nunggu pandemi ini selesai dan keadaan kembali normal   kalian simak dulu yuk peraturan-peratusan unik yang wajib kalian taati ketika ke negara tersebut! 😊

JEPANG

Sumber : flashpackingjapan.com
  • Dilarang mengekspos tato

Orang Jepang seringkali terlihat tanpa tato, tapi bukan berarti Jepang melarang warganya memiliki tato ya.. Hanya saja tidak boleh memperlihatkan tato kalian di depan umum. Bukan tanpa alasan, memiliki tato bisa menimbulkan stigma negative karena bisa dikira sebagai Yakuza! Jadi berhati-hati ya kalian yang memiliki tato, bisa saja orang-orang akan terpancing untuk menyerang kalian jika berada di Jepang.. Jika kalian memiliki tato sebaiknya pakailah pakaian yang dapat menutup tato kalian ya!

  • Dilarang berbicara dengan suara yang keras ketika berada dalam kereta

Orang Jepang terkenal memiliki pribadi yang mandiri dan tertutup. Jika kalian menaiki kereta, sebaiknya tidak usah mengobrol dengan teman-teman kalian, apalagi jika kalian berbicara dengan suara yang keras, itu akan mengganggu para penumpang Jepang loh! Jadi jangan lupa terapkan etika ini ya..

  • Menggunakan eskalator pada sisi kiri saat tidak terburu-buru

Di Jepang, banyak sekali orang yang berjalan kaki ketika akan menaiki transportasi umum untuk bekerja. Jika kalian merasa orang-orang Jepang seringkali mengosongkan sisi bagian kanan eskalator, itu artinya mereka sedang memprioritaskan orang yang sedang terburu-buru loh.. Jadi orang yang sedang terburu-buru akan mudah melewati jalan.

  • Dilarang memberikan uang tips

Orang Jepang juga dikenal memiliki tanggung jawab dan disiplin yang tinggi. Ketika kalian makan di restoran Jepang, kalian tidak perlu memberikan uang tips kepada pelayannya. Pelayan Jepang akan menganggap bahwa kalian telah merendahkan mereka. Bagi mereka, melayani pelanggan dengan baik adalah sebuah kewajiban, jadi tak perlu diberi tips ya..

  • Dilarang memetik bunga sakura

Bunga Sakura memang sangat indah dan memang menjadi satu ikon menarik dari negara Jepang. Tetapi kalian sama sekali tidak boleh memetik bunga sakura ya! Hal ini dikarenakan bahwa bunga sakura hanyalah muncul secara musiman. Jika kalian memetiknya, itu sama saja tidak menghargai dan mensyukuri adanya bunga cantik ini. Jika kalian ini mengambil bunga sakura, sebaiknya ambil bunga yang sudah gugur saja ya Paolars..

KOREA SELATAN

Sumber : English.visitkorea.or.kr        
  • Gunakan sumpit dengan benar

Sebagai negara yang memiliki budaya makan dengan menggunakan sumpit, orang-orang Korea Selatan tidak suka jika ada orang yang menusukan sumpit kedalam makanannya, hal ini akan menyebabkan rasa tersinggung yang dirasakan oleh orang yang memasak makanan tersebut. Bisa dibilang tidak sopan dan tidak mengharagai makanan. Selain itu, kalian tidak boleh menaruh sumpit secara maupun membenamkan sumpit di dalam nasi secara vertikal, karena dianggap mengingatkan orang-orang Korea Selatan terhadap dupa yang ada pada pemakaman.

  • Jangan menyisakan makanan

Orang Korea Selatan sangat peduli dengan kisah nenek moyangnya yang dulu kesusahan dalam mendapatkan makanan, oleh karena itu, ketika kalian makan di Korea Selatan, makanlah makanan tersebut hingga habis tanpa menyisakannya. Jika tidak kalian bisa mendapat teguran dari sang pemberi makanan. Nikmati saja makanannya meskipun tidak kalian suka, ini juga menjadi cara menghargai orang yang masak..

  • Dilarang menyeberang jalan sembarangan

Ketika kalian ingin menyeberang dan mendapati jalanan Korea Selatan yang sepi dan lenggang, jangan sembarangan menyeberang jalan ya.. di Korea Selatan, kita harus menunggu lampu merah loh.. Jadi meskipun dijalanan tidak ada kendaraan lewat, kita harus menaati peraturan disana ya!

SINGAPURA

Sumber : art.com
  • Dilarang berjualan atau memakan permen karet

Masa sih ada hukum tentang permen karet? Sampe segitunya ya? Ets..bukan gitu Paolars, Negara Singapura melarang orang-orang melakukan hal tersebut dikarenakan mereka paham tentang kebiasaan orang-orang sebelumnya. Jika kita mengunyah permen karet, biasanya orang-orang akan membuang sampahnya dimana saja. Inilah yang menjadi faktor dilarangnya mengonsumsi permen karet.

  • Dilarang Merokok di beberapa tempat

Singapura melarang warganya merokok di banyak tempat loh Paolars, dan jika kalian kesana, pastinya kalian juga tidak boleh merokok di sembarang tempat, merokoklah jika ingin,tetapi harus di tempat dengan sign Smoking Area ya! Jika kalian ketahuan merokok,kalian akan terkena denda sebesar 150 USD hingga 1000 USD.

  • Wajib menyiram kloset di toilet umum

Jika kalian pernah kelupaan dalam menekan flush di toilet, ketika kalian ke negeri ini, kalian akan diberi denda loh.. kita tahu bahwa tidak menyiram bekas kotoran sendiri merupakan hal jorok kan Paolars, jika kalian kelupaan, otomatis kalian akan mendapat denda sekitar 500 USD.

THAILAND

Sumber : cntraveler.com
  • Dilarang menginjak mata uang Thailand

Jika kalian ingin mengunjungi Thailand, kalian perlu tahu bahwa Thailand memiliki rasa hormat yang tinggi pada simbol-simbol negaranya, termasuk uang. Menginjak Baht secara sengaja maupun tidak disengaja dianggap sebagai aksi kriminal loh disana.. Jadi sebaiknya kalian jaga dan perhatikan uang kalian selama di sana ya!

  • Dilarang bercanda tentang Kerajaan

Raja Thailand memiliki kuasa yang besar, jangan coba-coba bercandain tentang kerajaannya ya, karena itu adalah hal yang sangat amat tidak sopan. Jika kalian melakukan hal ini, tentunya akan kena denda sebanyak jutaan rupiah bahkan hukuman penjara loh!

  • Diam ketika lagu kebangsaan Thailand diputar

Dengan kalian diam ketika lagu kebangsaan Negara Thailand berkumandang, itu berarti kalian menghormati.

Paolars.. setelah mengetahui aturan-aturan diatas, kalian wajib mentaatinya ya! Jika kalian malas mentaati aturan yang berlaku, siap-siap saja terkena sanksinya..

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: