Makanan-makanan ini diciptakan secara tidak sengaja, lho!

Paolars, kita tahu bahwa makanan yang ada di dunia ini sangat beragam. Setiap negara memiliki ciri khas makanan masing-masing. Dari mulai bentuk, rasa, hingga bahan yang digunakan. Tapi, apakah kalian tahu bahwa ternyata ada banyak makanan yang diciptakan secara tidak sengaja? Makanan-makanan tersebut bahkan menjadi popular hingga saat ini loh, Paoalrs.. Mau tahu apa saja? Yuk disimak sampai akhir! 😊

  • Cone Es Krim
Sumber : markbittman.com

Es Krim sudah sangat popular dari dahulu loh, Paolars.. Dikperkirakan semenjak tahun 1904, Es Krim menjadi makanan yang laris ketika musim panas. Suatu hari ada seorang penjual waffle bernama Ernest Hamwi membantu seorang penjual Es Krim bernama Arnold Fornachou yang sedang kehabisan tempat untuk menaruh Es Krim karena pembelinya sangat banyak. Ernest memutuskan untuk membuat wafflenya tergulung untuk menempatkan Es Krim jualan Arnold, dari situlah Cone Es Krim tercipta. Tak disangka, hingga saat ini Ice Cream Cone masih menjadi jajanan yang sering diburu anak kecil..

  • Yogurt
Sumber : minimalistbaker.com

Yogurt berasal dari Bahasa Turki ‘Yogurtmak’ yang berarti Adonan. Hal ini diperkirakan karena wujud Yogurt yang mirip seperti adonan. Sejarah ketidaksengajaan pembuatan Yogurt dimulai dari seorang pengembala yang membawa Susu yang disimpan didalam kantung yang terbuat dari lambung Kambing untuk bekal perjalanan, kemudian setelah ia ingin meminum susu tersebut, ia sadari bahwa susu yang ia bawa berubah menjadi kental, ini dikarenakan susu tersebut tercampur oleh bakteri yang terdapat pada kantung lambung kambing tersebut. Dan setelah kemudian dicoba oleh sang pengembala, rasa susu tersebut berubah menjadi asam. Dan dari sinilah asal muasal terciptanya yogurt.

  • Kerak Telor
Sumber : tripsavvy.com

Siapa sangka bahwa makanan khas Betawi yang satu ini merupakan salah satu makanan yang tidak sengaja diciptakan? Kerak Telor tak sengaja tercipta oleh Sekawanan Pemuda Betawi Menteng yang ‘iseng’ mencampurkan bahan-bahan seperti Telur, Ketan,Kelapa Parut, dan lain-lain dan kemudian dimasak. Makanan itu telah tercipta menjadi Makanan yang sangat lezat dan dinamakan Kerak Telor ini. Setelah tak menyangka bahwa makanan tersebut terasa lezat, mereka pun menjual makanan ini pertama kali di daerah Monas pada tahun 70an silam. Dari situlah, Kerak Telor menjadi laku keras dan hingga saat ini dikenal sebagai makanan khas Betawi.

  • Tahu
 sumber: creativemarket.com

Tahu tercipta dengan tidak sengaja oleh Liu An, seorang Pangeran Huainan, dimana Huainan sendiri merupakan tempat penghasilan Kedelai dengan jumlah melimpah. Dengan melimpahnya jumlah kedelai, Liu An merasa bosan dengan makanan yang biasa ia santap, lalu ia memiliki ide untuk merebus kedelai yang sudah ditumbuk dan dikeringkan sebelumnya, kemudian ia menambahkan garam kedalamnya. Tanpa Liu An tahu, garam yang ia tambahkan kedalam rebusan kedelai tersebut membuatnya menjadi padat. Setelah Liu An coba, ternyata rebusan yang sudah padat tersebut terasa enak dan bertekstur lembut! Kemudian ia memberi nama makanan tersebut dengan Tao-hu, Tao artinya Kedelai dan Hu artinya hancur menjadi bubur.

  • Kopi
Sumber : blackincoffe.com

Sejarah awal ditemukannya Kopi dimulai di Ethiopia, dimana terdapat seorang pengembala yang melihat kambing-kambingnya tidak tidur atau terjaga sepanjang hari,ia menyadari bahwa kejadian tersebut diakibatkan oleh kambing-kambingnya yang memakan biji-bijian yang mirip seperti buah berry. Melalui hal itulah sang pengembala mencoba untuk mengolah biji tersebut danmemakannya, ternyata iapun menjadi terjaga sama seperti yang dialami oleh kambing-kambingnya tersebut. 500 Tahun setelah penemuan tersebut, ditemukanlah alat penghancur biji tersebut yang kemudian lanjut diolah sebagai minuman. Dimulai dari situ pula minuman bernama Kopi tercipta.

  • Donat
Sumber : prettysimplesweet.com

        Siapa sangka makanan popular yang satu ini merupakan salah satu makanan yang tak sengaja diciptakan. Makanan yang tak sengaja tercipta ini memiliki beberapa versi sejarah. Versi pertama mengatakan bahwa dulu, seorang kapten kapal yang berasal dari Denmark bernama Hanson Gregory yang saat itu merasa kerepotan untuk memegang roti yang disediakan awak kapal, ditambah keadaan kapal yang sering terkena gelombang dan kadang diterpa badai membuat sang Kapten perlu mengemudikan kapal dengan dua tangan, kemudian ia memutuskan untuk menusukkan roti tersebut kedalam roda kemudi kapal yang membuat tengah roti tersebut menjadi berlubang, dan darisitulah versi awal terciptanya donat.

Versi kedua muncul dari kejadian jaman dahulu dimana orang-orang Belanda yang suka sekali membuat kue minyak ‘olykoeks’ yang berbentuk bulat dan digoreng dengan lemak hewan. Akan tetapi, bagian tengah kue minyak  tersebut seringkali tidak matang, dengan begitu orang-orang Belanda ini memutuskan untuk menambahkan isian pada bagian tengah kue minyak tersebut.

Nah Paolars, diantara deretan makanan diatas, pasti ada kan makanan favorit kamu.. Makanan-makanan yang tdak sengaja tercipta tersebut bisa jadi sangat enak , juga jadi makanan yang popular dan bertahan hingga saat ini. Jadi, yang mana makanan favoritmu?

Sumber :

https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/17/12/15/p0ztox328-sejarah-yogurt-dimulai-tak-sengaja-oleh-penggembala
https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/sista-noor-elvina/makanan-yang-ditemukan-secara-tidak-sengaja-c1c2/4
https://www.makanabis.com/post/article/donat-tercipta-karena-tidak-sengajahttps://juara.bolasport.com/read/321493236/mengenal-sejarah-kerak-telor-makanan-yang-tidak-sengaja-diciptakan-kawanan-anak-muda-betawi-menteng

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: