Buat kalian generasi 90an, Yuk nostalgia permainan jadul ini!

Halo Paolars! Kalian termasuk generasi tahun berapa nih? Bagi kalian yang lahir di tahun 1990an sampai tahun 2000an, pasti senang banget kan main Bersama teman-teman di luar rumah? Kira-kira permainan apa aja sih yang sering banget kalian mainin sama temen-temen?

Kali ini Paola ingin mengajak kalian untuk bernostalgia Kembali 5 Permainan Tradisional di tahun 1990an hingga 2000an yang udah jarang banget dimainin sama anak zaman sekarang nih, Yuk disimak sampai  akhir! 😊

  • Gundu / Kelereng
Sumber : sangpengajar.com

Gundu atau yang lebih sering disebut Kelereng. Mengapa permainan ini bisa disebut sebagai Kelereng? Karena permainan ini merupakan permainan tradisional yang memerlukan bola  yang terbentuk dari kaca bening yang disebut sebagai Kelereng. Permainan ini cenderung dimainkan oleh para anak laki-laki. Cara bermain Gundu/Kereleng yaitu dengan cara mengumpulkan kelereng lawan lalu menyentilkan kelereng milik kita kepada kelereng yang sudah dikumpulkan tersebut. Lalu jika ada kelereng lawan yang terkena sentilan kelereng kita, maka kelereng lawan tersebut akan menjadi milik kita. Permainan ini biasanya terdiri dari 2 sampai 7 pemain.

  • Egrang
Sumber : Indonesia.go.id

Egrang merupakan permainan tradisional yang terbuat dari sepasang batang bambu lalu kemudian di tambahkan batang bambu yang lebih tebal pada satu bagian sisi sebagai tempat untuk memijakkan kaki. Memainkan egrang sangat membutuhkan keseimbangan agar batang bambu yang berdiri tidak miring dan menyebabkan jatuh. Inilah yang membuat permainan egrang sangat menyenangkan. Bermain egrang juga termasuk berolahraga loh Paolars..

Pada zaman dulu, sering diselenggarakan perlombaan egrang. Perlombaan ini membutuhkan kecepatan dan ketepatan sehingga siapa yang duluan mencapai garis Finish, dialah pemenangnya.

  • Bentengan
Sumber : majalahsuarapendidikan.com

Permainan bentengan merupakan permainan sekaligus olahraga tradisional dimana permainan ini membutuhkan 2 Tim yang berlawanan dan harus memiliki benteng. Kedua tim tersebut bisa berjumlah 5 orang atau lebih. Bermain bentengan cukup simple, namun membutuhkan skill berlari dan cekatan. Cara bermainnya adalah masing-masing tim harus menjaga benteng dan anggota tim dari tim musuh. Jika tim musuh menyerang anggota tim, maka sang anggota tim tersebut akan masuk ke dalam penjara dimana lokasi penjara tersebut harus ditentukan dekat benteng, sehingga anggota tim yang lain bisa menyelamatkannya. Jika benteng terkena serangan lawan, maka tim tersebut akan kalah.

  • Rangku Alu
Sumber : Indonesia.go.id

Permainan yang satu ini mungkin agak asing ya Paolars, karena hanya beberapa daerah saja yang bermain Rangku Alu. Permainan ini juga sering dimainkan pada saat pramuka. Rangku Alu membutuhkan 4 buah batang bambu yang disusun dan dibentuk kotak oleh 4 orang lalu ada satu pemain yang harus lompat dan masuk kedalam kotak tersebut, Bambu tersebut akan digerakkan dan membuat kotak yang harus dilompati menjadi terbuka dan tertutup sesuai irama. Maka si pemain yang loncat ini perlu skill keseimbangan dan kecepatan karena Iramanya akan semakin cepat dan bamboo yang digerakanpun akan menjadi cepat.

  • Pletokan
Sumber : permainantradisionalindonesia.blogspot.com

Pletokan merupakan permainan tradisional yang menggunakan batang bambu kecil yang memiliki Panjang 15-20 cm  dan berdiameter hanya sekitar 1 cm. Dan sebuah penyodok sepanjang 10cm untuk menyodokkan peluru yang terbuat dari kertas yang dibasahi. Cara bermain permainan ini adalah masukkan kertas yang sudah dibasahi ke dalam lubang bambu sampai padat dan masukkan sodokan ke dalam lubang bambu tersebut lalu dorong dengan kuat hingga menimmbulkan bunyi ‘Pletok’.

Nah Paolars, Sudah mulai kangen permainan-permainan diatas belum nih? 😀

Permainan apa sih yang suka kalian mainin bareng temen-temen masa kecil kalian?

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: