Suka Genre EDM? Kamu Wajib Tahu Sejarah Genre Ini!

Halo Paolars..

Siapa yang gak bisa hidup tanpa musik? Genre apa sih yang kalian suka? Apakah genre EDM atau Electronic Dance Music menjadi salah satu genre favorit kalian?

Nah kebetulan kali ini Paola akan Bahasa mengenai sejarah genre tersebut nih.. Supaya kalian juga mengerti sejarah genre ini dan bisa kalian bagikan infromasi ini ke teman-teman kalian yang cinta EDM juga!

Electronic Dance Music atau yang sering kita sebut EDM merupakan sebuah genre musik yang biasa dipakai orang untuk dance. Musik EDM biasanya dipakai oleh para Disc Jockey (DJ) di klub malam, rave atau festival-festival. Biasanya music EDM diproduksi melalui Teknik remix atau playback untuk menghasilkan irama baru.

EDM pertama kali dikenal di benua Eropa. Namun tidak banyak orang yang minat pada genre music ini karena penggunaan music ini identik dengan penggunaan narkoba.

Pada awal muncul, EDM tidak langsung dilabeli sebagai Elektronic Music tetapi berawal dari beberapa genre yang kemudian memunculkan genre EDM tersebut.

  • Musik Eletronik lahir di tahun 1960an, musik eletronik hanya terdiri dari Instrumen Bass dan Synthesizer. Pada masa ini genre Pop dan Rock mulai disisipi  oleh kedua instrument tersebut. Tetapi pada masa ini EDM masih belum banyak didengarkan.

Lagu yang mulai terdiri dari music EDM pada masa tersebut adalah lagu Good Vibrations dari The Beach Boys pada tahun 1966.

Sumber : Wikipedia.com
  • Pada tahun 1970an, munculah aliran Musik Disco yang kemudian menjadi popular di tahun tersebut. Beberapa artis terkenal mulai memproduksi suara Euro Disco. Kemudian selain Musik Disco, muncul pula subgenre yang mulai diminati oleh para masyarakat yaitu subgenre Synthpop.

Pada era ini, lagu yang berhasil menjadi hit disko pertama adalah lagu berjudul “I Feel Love” yang dibawakan oleh artis Amerika bernama Donna Summer.

Sumber : wnyc.org
  • Lanjut ke tahun 1980an, genre EDM menjadi semakin mendominasi. Instrumen Synthesizer menjadi instrument yang dominan di era ini. Pada era ini munculah sebuah budaya DJ dan lahir DJ-DJ terkenal.

Salah satu lagu yang tersusun dari aliran musik elektro adalah lagu “Rockit” oleh Herbie Hancock pada tahun 1983.

Sumber : Wikipedia.org
  • Di tahun 1990an, Musik eletro mulai dapat diproduksi melalui computer. Dengan begini, semakin banyak orang yang dapat memproduksi music elektro sehingga musik Elektro semakin popular. Pada era ini DJ dan para produser ternama kebanyakan berasal dari Eropa.

Lagu “Love Stimulation” karya Humate dan Lagu hits Paul Van Dyk berjudul “For an Angel” merupakan lagu eletronik hits pada masa itu.

     Sumber : soundcloud.com  
  • Menginjak tahun 2000an, musik EDM terus berkembang hingga munculah beberapa subgenre seperti trap, dubsteb, nu-disco, dan electro house. Lalu banyak sekali DJ dan musisi yang mulai terkenal, bahkan mendunia dengan mempopulerkan musik EDM ini, beberapa diantaranya adalah Daft Punk, Calvin Harris, David Guetta dan Avicii.

Lagu eletronik karya Daft Punk yang berjudul “Face to Face” merupakan lagu EDM yang dirilis pada tahun 2003.

Sumber : Wikipedia.org
  • Hingga saat ini genre EDM masih tetap menjamur, subgenre dubstep juga semakin digemari oleh para anak-anak muda dan semakin banyak musisi yang merilis karyanya dengan subgenre ini karena bisa dibilang mudah proses produksinya. Hingga pada tahun 2013, Billboard pun merilis playlist yang berfokus pada EDM. Banyak bermunculan DJ-DJ baru dan musisi yang bahkan memberlokkan genre khasnya menjadi memproduksi lagu-lagu EDM. Diantarnya adalah Skrillex, Zedd, Alan Walker dan Marshmello.

Salah satu lagu bergenre EDM yang sangat populer di era ini adalah “Faded” yang dipopulerkan oleh Alan Walker dan juga salah satu Lagu lokal perpaduan antara music tradisional dan EDM berjudul “Lathi” karya Weird Genius.

Sumber : youtube.com
Sumber : Wikipedia.org

Nah Paolars, Itulah tadi sedikit sejarah yang Paola rangkum untuk kalian nih, semoga bermanfaat ya! 😊

Sumber :

https://cewekbanget.grid.id/read/06871721/kronologi-sejarah-lengkap-musik-edm-wajib-tahu?page=all
https://cewekbanget.grid.id/read/06871721/kronologi-sejarah-lengkap-musik-edm-wajib-tahu?page=all

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: