“CARA MENGATASI DAMPAK NEGATIF BERMAIN GAME ONLINE”

Hai paolars, Happy New Year ya. Gak kerasa udah 2020 lagi ya paolars 😊

happynewyear.best

Oiya paolars, karena paola.id akan mengadakan event e-sports maka pembahasan blog dan media sosial kita temanya sharing seputar e-ports baik itu info-info equipment, jenis-jenis esports, pemain esports dan lain-lain.

Pada bahasan blog kali ini, paola.id akan membahas dampak negatif dari game online, selain dari dampak positif yang banyak banget ternyata ada juga loh dampak negatif yang bisa terjadi saat kita “kecanduan” main game online.

lifestyle.okezone.com

Paolars, sebelumnya kita bahas sedikit dulu yuk apa itu game online. Game online merupakan salah satu jenis hiburan yang dimainkan oleh semua kalangan pada zaman sekarang. Seiring perkambangan game online yang semakin beragam menimbulkan para pemainnya untuk berlama-lama dalam bermain game online.

Nah, berbicara dampak bermain game online sebenarnya terdapat dua sisi yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatif yang bisa terjadi adalah perilaku menolak, menahan diri sampai menerima dan ada juga efek emosional seperti ketakutan dan phobia sampai efek melawan. Kemudian efek merusak pada tatanan sikap (norma personal).

Dampak itu kan bisa terjadi pada pemain dalam level mana saja, apalagi yang sudah benar-benar kecanduan. Paolars, yuk kita analisis diri kita termasuk pada tipe pemain game apa sih? Menurut Eddy Lim terdapat tiga tipe pemain game online yaitu:

  1. Maniac gamer : para user yang bermain hingga lupa waktu.
  2. Pro gamer : para user yang benar-benar suka bermain game namun belum sampai kecanduan seperti maniak.
  3. Casual gamer: para user yang bermain hanya karena iseng dan mengisi waktu.

Nah, dari ketiga tipe gamer diatas, paolars termasuk pada tipe yang mana nih?. Fungsinya kita tau tipe pemain game online supaya kita dapat membuat strategi yang tepat untuk mengatasi dampak negatif yang bisa ditimbulkan.

 Sebagian dari kita mungkin lagi struggle gimana caranya untuk mengontrol diri dari “kecanduan”  terhadap game online. Sekarang kita mau sharing nih tahapan yang bisa paolars lakukan untuk mengatasi dampak negatif dari bermain game, yuk simak…

  • Memiliki niat yang kuat.

Segala sesuatu itu diawali dengan niat, jika kita berniat pasti kita bakal berhasil mencapainya. Kita pribadi harus mengakui masalah yang dihadapi sehingga kita dapat pulih dari masalah yang kita hadapi. Kita harus yakin kalau kita dapat sembuh dari dampak negatif kecanduan game online.

  • Memahami pemicu.

Main game online biasanya merupakan bentuk pelarian dari masalah yang sedang dihadapi. Tugas kita adalah mencari tahu dan memahami masalah yang dihadapi sehingga kita dapat memecahkan masalah tersebut yang kemudian akan berimbas pada menurunnya intensitas kita dalam bermain game online.

  • Membuat jadwal kegiatan.

Mengurangi kecanduan game online bisa dilakukan secara bertahap dan konsisten. Membuat jadwal kegiatan harian akan membuat kalian teratur & mengeliminasi kegiatan-kegiatan yang tidak perlu dilakukan. Hal tersebut akan sangat bisa mengontrol intensitas bermain game online kalian ya paolars.

  • Membuat budgeting.

Atur keuangan kalian untuk main game ya paolars!. Hal tersebut akan sangat ampuh untuk membatasi kalian dalam bermain game online. Sehingga kalian dengan sendirinya akan teratur dalam bermain game.

  • Perbanyaklah aktifitas produktif.

Paolars, cobalah untuk melakukan aktifitas-aktifitas yang memerlukan fisik & produktif. Misalkan ikut komunitas sosial atau komunitas lain yang concern kepada hal-hal yang memerlukan kehadiranmu secara fisik. Sehingga kamu akan mengurangi penggunaan handphone termasuk game online.

  • Melakukan terapi.

Jika paolars udah ditahap kecanduan yang sulit untuk dihilangkan, paolars bisa mengikuti sesi terapi ya. Ini penting loh paolars, jangan pernah anggap remeh masalah mental illness karena ini akan menentukan masa depanmu!.

  • Susun kembali target hidup.

Mempunyai tujuan hidup yang jelas akan mengarahkan kamu kepada hal-hal yang teratur. Termasuk hidup kamu yang ternyata kecanduan game online bisa banget buat dipikir ulang, apa sih tujuan hidup kamu sebenarnya. Hal tersebut akan sangat efektif untuk membantu kamu menyusun kembali hal-hal yang perlu kamu capai dan meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat atau menunjangmu untuk mencapai target!.

Paolars, itu tadi bahasan tentang gimana cara kita mengatasi dampak negatif dari bermain game online atau biasa dibilang esports. Yu kita kenali, pahami dan lakukan perubahan untuk masa depan kita yang lebih baik! 😊

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: