Sekilas tentang Esport di Indonesia

Hai paolars, udah pada tau belum tentang Esport? Kali ini kita mau sharing tentang Esport nih…

Perkembangan teknologi saat ini udah ngga bisa kita dihindari apalagi dalam bidang teknologi dan internet yang terus mengalami perkembangan setiap harinya. Paolars, tau kan kalau saat ini ada salah satu cabang olahraga yang merupakan cerminan perkembangan teknologi saat ini?.

Yup! Namanya Esport. Esport atau Electronic Sport sekarang justru mengalami pergeseran makna menjadi  Electronic Device. Nah, Esport ini merupakan suatu kegiatan adu ketangkasan antar individu atau kelompok yang tidak terbatas hanya pada kegiatan fisik dan dilakukan, kegiatannya menggunakan alat yang menjalankan fungsinya secara elektronik.

Sebenernya Esport itu udah diakui di berbagai belahan dunia loh paolars bahkan Esport udah resmi menjadi salah satu cabang olahraga di SEA Games 2019 (Liputan6, 2018). Walaupun di Indonesia sendiri regulasi mengenai Esport masih di perdebatkan karena dampak buruk yang bisa ditimbulkan contohnya seperti kecanduan, tapi tenang paolars itu masih dikaji sama pemerintah dan pakar di Indonesia ko.

Bekraf melihat peluang besar dari Esport ini yaitu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat maka dari itu pemerintah Indonesia yaitu melalui Bekraf, KSP, Kemenpora dan Kemkominfo bekerja sama mendukung Esport dengan mendirikan Indonesia e-sports Essociation (IeSPA). IeSPA merupakan asosiasi yang menaungi komunitas gaming dari berbagai kalangan (Esportnesia, 2018). Paolars ada yang ikutan IeSPA ga nih?

Kolaborasi Bekraf, KSP, Kominfo dan Kemenpora ini mendukung Piala Presiden Esports 2020 loh paolars. Salah satu games yang akan dipertandingkan adalah Free Fire dan eFootball PES 2020 yang memiliki jenjang Internasional kemudian satu game casual Mobile Premier League dan satu game nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional (Bekraf, 2019).Kalian yang ikuta komunitas Esport udah siap-siap belum ikut perlombaannya?

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: