Bagaimana Sih Cara Gabung Komunitas untuk Seorang Introvert ?

Halo paolars, kali ini kita akan bahas mengenai komunitas…

Komunitas di Indonesia semakin hari semakin bertambah dan seperti yang kamu tau biasanya komunitas – komunitas rutin mengadakan acara kopdar alias kopi darat atau beberapa komunitas melakukan kegiatannya bersama-sama seperti gowes bareng untuk komunitas sepeda, mabar untuk komunitas game online dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan bersama-sama.

Untuk seorang extrovert yang emang dasarnya gampang bergaul sih mungkin akan sangat merasa nyaman ketika mengikuti sebuah komunitas..

Tunggu dulu, sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara-cara seorang introvert untuk gabung komunitas, aku jelasi dulu ya apa itu introvert dan extrovert..

Menurut C.G Jung, introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya. Kepribadian introvert cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru. Sedangkan extrovert memiliki sifat atau kebiasaan yang menyenangkan dari luar diri mereka sendiri. Bagi mereka, aktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, bertukar informasi dengan banyak orang dan senang bergaul adalah hal yang menyenangkan. Jadi extrovert itu kebalikan dari introvert karena kalau seorang introvert itu lebih senang menyendiri, sedangkan seorang extrovert lebih menyukai lingkungan yang interaktif dan senang bergaul.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai introvert dan extrovert kamu bisa baca banyak referensi atau mungkin ada diantara kamu ada yang belum tau kepribadiannya termasuk sebagai introvert atau extrovert, kamu bisa melakukan test kepribadian ya paolars.

Jika kamu merupakan orang yang termasuk Introvert tapi pengen banget ikut komunitas, berikut ini tips agar kamu bisa nyaman berkomunitas…

1. Ikut komunitas yang kamu sangat minati

Alasan utama kamu ikut komunitas pasti karena sebelumnya kamu punya hobi atau minat terhadap sesuatu maka dari itu kamu harus mengikuti komunitas yang berhubungan dengan hobi atau minat kamu agar bisa merasa nyaman dan bertahan lama. Selain itu, kamu juga harus memilih komunitas dengan melihat informasi secara rinci tentang komunitas tersebut. Pasti kamu ga mau kan salah masuk komunitas dan harus berhenti di tengah jalan, jadi pastikan komunitas tersebut udah sesuai sama kebutuhan dan kepribadian kamu.

2. Tentukan tujuan kamu untuk ikut komunitas

Tentukan tujuan kamu untuk mengikuti komunitas sedari awal, sehingga hal tersebut akan menbuat kamu merasa nyaman ketika menjalaninya. Dan sebisa mungkin jangan keluar dari tujuan kamu. Contohnya jika kamu bertujuan untuk menambah ilmu terkait dengan minat maka kamu harus serius menjalaninya.

3. Buat diri senyaman mungkin di dalam komunitas

Buat diri kamu berbaur dengan komunitas, walaupun sifat introvert itu sangat sulit membuka diri minimal kamu mau berkenalan atau berbagi atau bertukar ilmu terkait dengan komunitas tersebut. Jangan “Jutek” dan Ramah terhadap sesama anggota komunitas

4. Jangan “jutek” dan ramah terhadap sesama anggota komunitas

Kalau kamu udah gabung sama komunitas udahakan untuk bersikap ramah ya. Minimal nih, kalau ada yang senyum ya kamu senyum balik. Kalau ada yang nanya-nanya juga jawab sebaik mungkin.

5. Jauhi drama dalam komunitas

Kalau di komunitas yang kamu ikutin ada drama-drama yang gak jelas sebaiknya kamu pikir lagi deh untuk bertahan di komunitas itu. Karena biasanya orang yang introvert gak nyaman kalau berada di lingkungan yang penuh drama. Tapi, kalau kamu udah merasa cocok banget sama komunitas ini, kamu cukup menjauhi diri aja dari drama itu dan bersifat netral.

6. Bertindak apa adanya

Sebaiknya kamu bertindak apa adanya sesuai dengan kepribadian kamu, kecuali kalau hal itu buruk kamu harus berbenah diri dan pelan-pelan merubah sikap kamu itu.

7. Banyak mendengarkan

Kalau kamu gak nyaman atau ngerasa grogi untuk banyak bicara coba deh untuk banyak mendengarkan aja. Namun agar pembicaraan terus berlanjut kami bisa coba untuk tanya-tanya mengenai lawan bicara kamu. Misalnya nih dia baru aja post kalau dia abis liburan, kamu bisa tanya ke dia mengenai liburan dia. Tujuannya sih supaya kamu gak baca bicara, tapi mereka yang bicara sehingga kamu hanya perlu mendengarkan saja.

8. Aktiflah berinteraksi secara online

Jika kamu merasa tidak nyaman untuk banyak komunikasi secara langsung kamu bisa melakuakn interaksi dengan anggkota komunitas lain secara online terlebih dulu. Tujuannya agar kamu bisa mendekatkan diri terlebih dahulu dengan senyaman mungkin.

9. Jangan memaksakan diri

JIka kamu tidak merasa nyaman di lingkungan tersebut jangan terlalu memaksakan diri apalagi jika kamu sudah merasa banyak hal yang malah membuat kamu tidak menjadi diri kamu sendiri. Kamu bisa mencari komunitas lain yang akan membuat kamu lebih nyaman. Atau jika kamu merasa waktu bersosialisasi di komunitas tersebut terasa lama dan membuatmu tidak nyaman, kamu bisa pulang lebih awal sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan kamu dalam bersosialisasi. Yang terpenting adalah lakukan senyaman dan sebisa kamu saja tetapi secara rutin sehingga kamu akan terbiasa.

Nah itulah cara-cara untuk seorang introvert bergabung di komunitas… Oiya, karena banyaknya orang di komunitas tidak semuanya memiliki kepribadian extrovert banyak juga seorang introvert yang bergabung di komunitas tersebut.

Leave A Comment

Related Post

Read More
Read More
Read More
Read More
%d blogger menyukai ini: